Translate

Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka : Jenis Hingga Manfaatnya

Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka : Jenis Hingga Manfaatnya

Nirwana Tunggal
- Pernah mendengar istilah asuransi jiwa berjangka? Kabarnya, ini adalah salah satu jenis asuransi yang akan memberi manfaat untuk anggota keluarga pasca si pemegang polis meninggal dunia.

Karena sifatnya berjangka, klaim asuransi ini dapat dicairkan sesuai keinginan baik bulanan, triwulanan, maupun tahunan. Bahkan, jika pemegang polis dinyatakan meninggal sebelum jangka waktu berakhir, perusahaan akan memberikan pertanggungan sesuai dengan manfaat dan kesepakatan di awal.

Bagaimana, tertarik daftar asuransi berjangka? Tunggu dulu, sebelum mendaftarkan diri, ada baiknya Anda cari tahu tentang seluk-beluk dari asuransi berjangka mulai dari jenis, manfaat hingga rekomendasi perusahaannya.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Berjangka

Berdasarkan kebutuhan nasabah maupun pemegang polis, asuransi jiwa berjangka dibagi kedalam lima jenis yang berbeda. Berikut diantaranya:

  1. Asuransi Jiwa YRT

Jenis asuransi berjangka pertama ada Asuransi YRT atau sering disebut dengan Yearly Renewable. Sesuai dengan namanya, jaminan perlindungan ini hanya memiliki jangka atau masa aktif satu tahun saja.

Setelah masa aktifnya habis, barulah asuransi dapat diperbarui hingga mencapai usia tertentu. Biasanya, pemilik asuransi dapat memperbarui masa aktif sampai usia 65 atau 70 tahun.

Karena memiliki jangka waktu yang cukup singkat, premi asuransi jiwa YRT terbilang mahal. Hal tersebut lantaran usia nasabah yang memegang polis asuransi akan semakin bertambah sehingga risiko yang ditanggung oleh perusahaan juga akan semakin berat.

  1. Asuransi Jiwa Berjangka Meningkat

Jenis asuransi ini juga disebut sebagai Increasing term insurance. Asuransi berjangka meningkat merupakan salah satu produk asuransi yang memberi proteksi terhadap polis asuransi dari kemungkinan inflasi.

Inflasi tersebut disebabkan karena beban perlindungan yang diberikan perusahaan asuransi meningkat kepada pemberi nasabah. Karena alasan inilah, tak heran jika periode pembayaran premi asuransi ini terus meningkat secara berkala. 

Kita ambil contoh, polis asuransi yang Anda miliki saat ini akan naik hingga 3 persen setiap tahunnya. Meskipun mengalami kenaikan, namun uang pertanggungan yang akan didapat nasabah juga akan meningkat. Sehingga Anda sebagai nasabah tetap mendapatkan keuntungan maksimal meskipun premi mengalami kenaikan.

  1. Asuransi Jiwa Berjangka Tetap

Jenis asuransi ini berbeda dengan asuransi YRT yang dapat diperbarui setiap tahunnya. Untuk asuransi berjangka tetap atau yang juga disebut level term insurance, pengguna tidak dapat melakukan pembaruan khusus.

Artinya, jangka waktu polis asuransi tidak bisa lebih dari satu tahun lamanya. Polis asuransi jiwa ini merupakan kontrak asuransi jiwa berjangka khusus. Yang mana setiap pengguna mendapat manfaat pertanggungan ketika mengalami beberapa risiko. 

Hanya saja, tertanggung atau pengguna asuransi harus masih pada masa perlindungan yang berlaku tadi. Atau kata lainnya, Anda yang menggunakan polis asuransi jiwa berjangka tetap sudah mempunyai masa atau waktu perlindungan dan tertulis di polis asuransi utama.

  1. Asuransi Jiwa Berjangka Menurun (Decreasing term insurance)

Sederhananya, dengan asuransi ini Anda akan mendapat manfaat pertanggungan yang terus menurun. Pertanggungan tersebut berlaku selama polis asuransi masih aktif hingga nanti tidak aktif lagi.

Dengan sistem yang semacam ini, pengguna asuransi kadang tidak akan mendapat manfaat pertanggungan pada akhir polis. Namun meski begitu, pengguna tetap mendapat manfaat tambahan yang ada kaitannya dengan pinjaman atau kredit serta penghasilan keluarga. Terutama ketika kepala keluarga (tertanggung) telah meninggal dunia pada masa pertanggungan.

  1. Family Income Benefit

Hingga saat ini, tidak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan family income benefit untuk nasabah. Asuransi family income benefit menjadi bagian tambahan yang sifatnya melekat untuk polis asuransi tetap. 

Manfaat yang ditawarkan di asuransi ini juga beragam. Diantaranya seperti penghasilan bulanan, kuartalan hingga tahunan kepada keluarga. Family income benefit cocok untuk Anda yang tidak hanya ingin mendapatkan manfaat perlindungan namun juga pemasukan rutin tiap bulannya. 

Manfaat Utama Menggunakan Asuransi Jiwa Berjangka

Setelah membahas tentang jenis asuransi berjangka, mari kita lanjut ke poin selanjutnya yaitu tentang manfaat asuransi jiwa berjangka. Berikut diantaranya:

  1. Mendapat Keuntungan Kematian

Asuransi jiwa berjangka memberi perlindungan ketika pemegang polis dinyatakan meninggal selama waktu tertentu. Jumlah klaim kematian dari asuransi ini cukup tinggi meskipun biaya preminya juga tinggi.

Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa seumur hidup, manfaat dari asuransi berjangka memang jauh lebih sedikit. Hanya saja pertumbuhan investasinya lebih lebih rendah sehingga banyak orang lebih memilih produk asuransi berjangka. Belum lagi, produk dari asuransi ini juga lebih bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

  1. Cakupan Risiko

Ciri utama dari asuransi berjangka adalah cakupan risiko yang akan pengguna atau nasabah dapatkan di kemudian hari. Anggota yang menjadi tanggungan dalam polis ini akan mendapatkan manfaat perlindungan sesuai ketetapan awal. Tak hanya itu, asuransi berjangka juga tidak membayar dividen untuk setiap tahun namun tetap melindungi tanggungan pada pemegang polis tersebut.

  1. Lebih Fleksibel

Apabila berhenti membayar premi untuk pertanggungan yang ada, maka otomatis pertanggungan juga ikut berakhir. Jika pengguna asuransi jiwa berjangka dapat menyelesaikan premi hingga jatuh tempo, polis akan membayar sebesar premi yang telah dibayarkan tersebut.

Jika pengguna asuransi menghentikan polis sebelum jatuh tempo, otomatis pengguna tidak mendapat manfaat jatuh tempo yang sudah ditentukan. Hanya saja, Anda tetap menerima polis dari premi yang telah dibayarkan selama ini. Artinya, sistem kerja asuransi ini lebih fleksibel dan tidak ribet.

  1. Pembayaran Premi Dapat Disesuaikan Dengan Kemampuan

Tidak jarang produk asuransi jiwa mempunyai jumlah premi besar. Hal tersebut tentunya membuat nasabah sulit mendapat pertanggungan yang mereka inginkan. Tapi tenang saja karena asuransi jiwa berjangka memberi premi sesuai kemampuan masing-masing nasabah tersebut. 

Dengan begitu, pengguna tidak usah khawatir dengan perlindungan yang mau diberikan untuk keluarga. Dengan adanya premi yang terjangkau, Anda tetap dapat memberi yang terbaik untuk anggota keluarga.

Cara Mudah Klaim Asuransi jiwa Berjangka Yang Harus Diketahui

Polis asuransi jiwa berjangka merupakan kontrak asuransi yang telah berisi informasi mengenai ketentuan asuransi, nominal pertanggungan hingga pembayaran premi. Dengan begitu, Anda bebas mengklaim asuransi sesuai ketentuan yang telah ada di polis.

Seluruh ketentuan dan informasi asuransi juga telah diatur di UU asuransi dengan jelas. Jadi, bagi yang ingin klaim asuransi pasti tidak akan bingung nantinya. Lantas, bagaimana cara untuk klaim asuransi jiwa berjangka? Bagi yang masih awam, simak ketentuan berikut ini:

  1. Terlebih dahulu, Anda harus mengisi formulir klaim pada tempat dimana membeli produk asuransi pertama kali.

  2. Biasanya klaim asuransi ini dapat dilakukan online maupun offline dengan mendatangi langsung ke agen maupun kantor asuransi di dekat tempat tinggal Anda.

  3. Lengkapi juga berbagai dokumen yang sudah ditentukan di sertifikat asuransi sebelumnya.

  4. Biasanya penanggung juga berhak untuk meminta dokumen lain yang diperlukan sebelum melakukan klaim asuransi

  5. Berikutnya, Anda dapat mengirim dokumen yang telah disiapkan ke kantor asuransi yang diikuti maupun agen yang terdaftar.

  6. Tunggu hingga proses pengajuan klaim tersebut selesai.

Selain dapat melakukan klaim menggunakan metode online, perusahaan asuransi jiwa resmi juga kerap memberi fitur perpanjangan polis sesuai keinginan pengguna. Jadi, Anda dapat dengan mudah memperpanjang asuransi jiwa setelah proses klaim diselesaikan oleh perusahaan.

Rekomendasi Pilihan Asuransi Jiwa Berjangka Yang Dapat Digunakan

Masih awam di dunia asuransi? Tenang saja karena ada beberapa rekomendasi produk yang dapat digunakan. Langsung saja, berikut produk asuransi jiwa jenis berjangka yang bisa Anda pilih:

  1. Asuransi Simas Jiwa
  2. Asuransi Sequis Life
  3. Asuransi Takaful Keluarga
  4. Asuransi CAR Life
  5. Asuransi Ciputra Life
  6. Heksa Insurance
  7. Asuransi Jiwa Allianz
  8. Asuransi Chubb Life
  9. Heksa Insurance
  10. Asuransi Pacific Life

F.A.Q Terkait Asuransi Jiwa Berjangka

Meski termasuk asuransi paling recomended dan populer untuk saat ini, asuransi jiwa berjangka tetap sulit dipahami oleh beberapa pengguna. Terutama mereka yang baru ingin memulai asuransi. 

Ada beberapa pertanyaan umum yang banyak dilontarkan oleh calon pengguna asuransi ini. Bagi yang ingin tahu, berikut kami rangkumkan beberapa pertanyaan yang dimaksud:

  1. Apa saja manfaat yang diberikan ketika membeli asuransi jiwa berjangka?

Adanya asuransi ini dapat mengcover berbagai kerugian yang terjadi karena suatu hal seperti  kematian kepala keluarga sebagai pemegang polis asuransi. Selain itu, asuransi berjangka ini juga dinilai lebih fleksibel dengan cakupan risiko luas dan premi terjangkau.

  1. Bagaimana cara untuk mengklaim asuransi jiwa berjangka bagi pemula?

Caranya sangat mudah karena pengguna cukup mengisi formulir klaim yang telah disediakan di tempat membeli produk asuransi saja. Proses klaim asuransi juga tidak ribet apalagi dipersulit. Anda bahkan bisa melakukan klaim asuransi secara online maupun offline dengan datang ke kantor asuransinya langsung. 

Untuk dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan klaim biasanya sudah ditentukan oleh perusahaan asuransi. Selain dokumen utama, perusahaan juga akan meminta dokumen tambahan kepada pengguna asuransi.

Setelah semua dokumen dan syarat terpenting terpenuhi, Anda bisa mengirimkannya ke kantor maupun agen asuransi tersebut. Tunggu hingga ada balasan klaim yang tengah Anda lakukan. 

  1. Kenapa asuransi jiwa berjangka sangat cocok untuk keluarga?

Karena asuransi jiwa dapat mengcover seluruh biaya hidupnya anggota setelah kepala keluarga meninggal dunia. Jumlah dana pertanggungan yang dibayarkan oleh perusahaan juga lumayan besar sehingga dapat menanggung biaya kehidupan dari keluarga yang ditinggalkan.

Sekian pembahasan terkait asuransi jiwa berjangka sebagai bentuk perlindungan untuk Anda dan keluarga tercinta. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang saat ini sedang mencari jenis asuransi jiwa terbaik. Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang yang teredukasi ya!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar