Translate

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik dan Cara Menentukan Pilihan

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik dan Cara Menentukan Pilihan

Nirwana Tunggal
- Sesuai namanya, asuransi kesehatan syariah adalah produk perlindungan yang berjalan menggunakan prinsip syariat Islam. Sistem asuransi ini memungkinkan pesertanya untuk berbagi risiko (sharing of risk) dengan menghibahkan dana kontribusi (disebut dengan dana tabarru’). 

Dana yang telah dikumpulkan oleh peserta asuransi nantinya akan dipakai untuk saling membantu pemegang polis asuransi syariah. Selain itu, dana tersebut juga akan dialokasikan ke berbagai instrumen investasi syariah.

Di dalam asuransi syariah juga ada istilah prinsip dana tabarru'. Ini adalah dana gotong royong antar anggota asuransi dimana premi yang dibayarkan menjadi milik peserta asuransi. Selain itu, asuransi syariah juga tidak mengenal prinsip dana hilang atau hangus. Artinya, ada pengembalian premi apabila tidak ada klaim yang dilakukan peserta. 

Rekomendasi Pilihan Asuransi Kesehatan Syariah

Di Indonesia, asuransi kesehatan syariah ada banyak macam. Masing-masing produk punya kelebihan dan manfaat yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Bagi Anda yang membutuhkan referensi, berikut beberapa pilihan produk asuransi kesehatan prinsip syariah:

1. Asuransi Kesehatan Syariah Takaful Keluarga
2. Asuransi Kesehatan FWD Syariah
3. Asuransi Kesehatan JMA Syariah
4. Asuransi Kesehatan Prudential Syariah
5. Asuransi Kesehatan Syariah Sinarmas MSIG Life
6. Asuransi Kesehatan Allianz Syariah
7. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Syariah
8. Asuransi Kesehatan Syariah Manulife

Keterangan

  1. Asuransi Kesehatan Syariah Takaful Keluarga

Takaful Keluarga merupakan perusahaan asuransi terkemuka yang menyediakan perlindungan kesehatan berbasis syariah. Dengan nama Takafulink Salam asuransi ini memiliki manfaat sebagai akses perlindungan terhadap penyakit kitis, penyakit jiwa bahkan investasi. 

Tak hanya sebatas itu saja, produk asuransi Takafulink Salam juga memiliki beberapa kelebihan seperti:

  • Memberi pertanggungan biaya rawat inap, rawat gigi, rawat jalan, pembedahan hingga persalinan ICU sekaligus.

  • Menawarkan perlindungan pembayaran berbagai jenis penyakit kritis. Setidaknya ada perlindungan sebanyak 49 penyakit yang tersedia di asuransi ini.

  • Memberi santunan meninggal dunia serta nilai tunai investasi kepada pemegang polis.

Takafulink Salam dianggap sebagai salah satu produk asuransi terbaik dengan manfaat super lengkap. Anda sebagai nasabah dapat menikmati seluruh manfaat tersebut hanya dalam satu asuransi saja. Pendaftaran keikutsertaannya pun juga fleksibel dengan biaya premi yang terjangkau.

  1. Asuransi Kesehatan FWD Syariah

Di nomor dua ada asuransi kesehatan milik perusahaan FWD dengan nama Asuransi Bebas Handal FWD Syariah. Dilihat dari manfaat dan keunggulannya, produk perlindungan satu ini memiliki premi termurah diantara produk serupa lainnya.

Bayangkan saja, premi yang perlu dibayarkan oleh pemegang polis hanya sekitar Rp75.000 setiap bulannya. Meski terbilang murah, namun manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan FWD ini tergolong tinggi.
 
Anda sebagai pemegang polis berhak atas manfaat yang bisa mencapai angka RP. 100 juta per tahun. Ini belum termasuk manfaat lain seperti santunan meninggal dunia, pertanggungan terhadap COVID-19 dan lain sebagainya. 
  1. Asuransi Kesehatan JMA Syariah

Selanjutnya ada asuransi kesehatan bernama JMA Syariah yang diklaim dapat memberikan manfaat yang tergolong lengkap. Fokus utama dari asuransi ini adalah menjamin kesehatan gigi nasabah mulai dari cek up hingga perawatan secara keseluruhan.

Layaknya asuransi kesehatan pada umumnya, JMA Syariah juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan seperti:

  • Adanya santunan kematian yang diberikan kepada pemegang polis.

  • Tanggungan biaya rawat inap sampai pembedahan.

  • Menanggung seluruh biaya perawatan gigi pemegang polis.

Dengan manfaat yang ditawarkan, asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang sangat peduli dengan kesehatan gigi. Karena kita tahu, hampir tidak ada perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang menyediakan manfaat selengkap JMA Syariah.

  1. Asuransi Kesehatan Prudential Syariah

Prudential menjadi salah salah perusahaan asuransi ternama di dunia yang juga menawarkan produk asuransi kesehatan syariah. Produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah PRUprime Healthcare Syariah. 

Dengan klaim perlindungan hingga usia 85 tahun, asuransi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam kelebihan seperti:

  • Memfasilitasi biaya kesehatan dalam bentuk cashless yang tersedia di tiga negara, diantaranya Indonesia, Singapura dan Malaysia.

  • Memberikan santunan untuk peserta atau pemegang polis yang dinyatakan meninggal dunia 

  • Nasabah asuransi berhak mendapat manfaat 10-50% apabila tidak ada klaim.

Selain itu, asuransi ini juga memiliki keunggulan lain seperti adanya batas manfaat tahunan hingga Rp 35 miliar. Bahkan, PRUprime Healthcare Syariah mengklaim akan memberikan tanggungan rawat inap yang mencapai Rp 8 juta setiap harinya.

  1. Asuransi Kesehatan Syariah Sinarmas MSIG Life

Di nomor lima ada Asuransi Kesehatan Syariah Sinarmas MSIG Life milik perusahaan Sinarmas MSIG Life. Keunggulan dari produk perlindungan kesehatan ini adalah berani memberi tanggungan kepada nasabah hingga usia 90 tahun. 

Ada berbagai kelebihan yang ditawarkan asuransi syariah Sinarmas MSIG Life diantaranya sebagai berikut:

  • Ada pertanggungan biaya kamar rawat inap sampai Rp1,5 juta per hari. 

  • Ada tanggungan biaya pembedahan sesuai tagihan rumah sakit berapapun nominalnya.

  • Limit tahunan polis yang cukup besar karena mencapai Rp1,4 miliar.

  • Pendaftaran mudah

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, Asuransi Kesehatan Syariah Sinarmas MSIG Life terbilang paling recomended untuk dipilih. Karena selain punya kelebihan di atas, produk ini juga menawarkan pertanggungan yang cukup lengkap sehingga sangat menguntungkan pemegang polis. 

  1. Asuransi Kesehatan Allianz Syariah

AlliSya Care adalah produk asuransi kesehatan bertipe syariah yang dikelola oleh Perusahaan Allianz. Dari asuransi ini setidaknya ada delapan plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan nasabah. Selain itu, AlliSya Care juga dilengkapi oleh berbagai keunggulan seperti:

  • Pemberian santunan kematian kepada anggota maupun pemegang polis.

  • Ada pembagian surplus underwriting yang adil apabila tidak ada klaim atau ingin perpanjang polis.

  • Ada diskon hingga 5 persen kepada setiap tambahan anggota keluarga yang ikut didaftarkan.

Sama dengan asuransi kesehatan pada umumnya, AlliSya Care juga memiliki manfaat lain berupa biaya kamar mulai dari Rp100 ribu hingga Rp1 juta. Premi bulanan yang dibebankan oleh nasabah terbilang ringan dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan.

  1. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Syariah

Rekomendasi asuransi kesehatan selanjutnya datang dari perusahaan AXA Mandiri dengan nama AXA Mandiri Syariah. Dari sekian banyak bentuk perlindungan kesehatan di Indonesia, AXA Mandiri Syariah dinilai sebagai produk dengan keunggulan dan manfaat terlengkap.

Salah satu keunggulan dari asuransi ini adalah adanya santunan meninggal dunia hingga 50 kali lipat dari kontribusi dasar tahunan yang dibayarkan pemegang polis. Selain itu juga ada santunan rawat inap dari Rp 750 ribu serta santunan ICU harian dari Rp1,5 juta.
 
Asuransi ini juga menawarkan dana kontribusi atau premi askes syariah yang tergolong terjangkau. Pemegang hanya perlu membayar Rp 4 juta tiap tahun atau kira-kira Rp 300 ribuan per bulan saja.
  1. Asuransi Kesehatan Syariah Manulife

Manulife Syariah juga mengelola asuransi kesehatan bernama Berkah Medicare Plus. Produk asuransi ini sangat recomended untuk Anda yang mencari bentuk perlindungan dari risiko penyakit kritis.

Selain memberi manfaat berupa akses perawatan terhadap penyakit kritis, asuransi ini juga memiliki keunggulan lain seperti:

  • Adanya santunan harian rawat inap kepada pemegang polis

  • Pemberian santunan kepada pemegang polis yang mendapatkan perawatan di ICU

  • Ada pertanggungan biaya perawatan kanker sampai cuci darah dengan nominal milyaran rupiah.

Selain beberapa produk asuransi kesehatan di atas, sebenarnya masih banyak produk lain yang dapat Anda nikmati. Namun jika mencari pilihan terbaik, kedelapan produk asuransi kesehatan diatas patut dijadikan pilihan. Apalagi masing-masing dari produknya memiliki manfaat dan keunggulan yang sangat berguna untuk Anda sebagai calon nasabah.

Tips Menentukan Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Di negara kita, asuransi kesehatan yang berprinsip syariah memang sangat populer. Hal ini menjadi lumrah karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama muslim dan mulai memahami tentang hukum mempraktekkan riba. 

Sayangnya, tidak sedikit yang kurang paham dalam menentukan asuransi kesehatan syariah terbaik. Apalagi untuk Anda calon peserta baru yang belum paham tentang seluk beluk dunia asuransi.

Nah, untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekkan sebelum memilih asuransi kesehatan syariah:

  1. Cek Masalah Perlindungan Dari Asuransi yang Akan Dipilih

Umumnya, biaya premi asuransi kesehatan untuk keluarga syariah lebih terjangkau dibanding mendaftarkan anggota keluarga ke asuransi individunya. Biasanya, asuransi kesehatan keluarga juga memberi berbagai diskon yang menarik untuk pemegang polis. Bahkan ada beberapa asuransi yang berani dan menanggung biaya melahirkan juga. 

Oleh karena itu, cek secara detail perlindungan keluarga yang ditawarkan oleh asuransi tersebut. Jangan sampai melewatkan beberapa hal penting yang sebenarnya dapat Anda nikmati di asuransi tersebut.

  1. Jangan Lupa Untuk Mengecek Klausul Pengecualian

Di asuransi kesehatan syariah, nantinya Anda akan menemukan istilah pengecualian pre-existing condition serta masa tunggu. Pre-existing condition merupakan penyakit yang sudah diderita (diketahui atau tidak diketahui) sebelum polis asuransi dibeli.

Biasanya, perusahaan asuransi tidak menanggung jenis penyakit yang seperti ini. Namun, ada juga perusahaan yang menanggung hanya saja dengan biaya premi yang lebih besar dari biasanya.

Sedangkan untuk masa tunggu merupakan masa di mana pemegang polis belum dapat melakukan klaim yang ingin dilakukan. Umumnya masa tunggu tersebut berkisar antara 30 hari sampai 60 hari.

Hanya saja, ada beberapa jenis penyakit tertentu yang baru dapat diklaim 12 bulan setelah membeli asuransi tersebut. Jadi, sebelum daftar ke asuransi, perhatikan dua bagian penting ini.

  1. Pastikan Memilih Asuransi Murni

Umumnya, asuransi murni lebih murah dari pada polis rider atau asuransi tambahan. Produk asuransi kesehatan syariah keluarga murni yang bisa dipilih diantaranya seperti Allianz Allisya Care. Produk asuransi ini cocok untuk yang sudah mempunyai asuransi jiwa. Serta ingin memproteksi diri dengan asuransi proteksi kesehatan.

Dengan memilih asuransi kesehatan murni syariah, tentunya biaya yang harus dikeluarkan lebih terjangkau. Juga ada berbagai tanggungan yang diterima sehingga membuat pemegang jadi lebih diuntungkan nantinya.

  1. Pahami Dengan Baik Ketentuan Syariah yang Berlaku 

Di asuransi kesehatan syariah, semua peserta polis bakal menanggung risiko dengan menyumbangkan sebagian atau seluruhnya dana tabarru’ yang berlaku. Selanjutnya, asuransi kesehatan juga melarang unsur Gharar/ketidakpastian atau ketidakjelasan) serta Maisir (perjudian) pada asuransi yang dijalankan. Unsur riba atau pengambilan tambahan melebihi jumlah serta Zulmu (penganiayaan) juga dilarang.

Jadi, sebelum mendaftar di asuransi kesehatan, usahakan sudah mengecek seluruh ketentuan dan aturan di asuransi tersebut dengan baik. Pastikan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan di Dewan Pengawas Syariah (DPS).

  1. Pastikan Memilih Perusahaan yang Sudah Terpercaya dan Resmi

Saat menentukan pilihan perusahaan asuransi kesehatan syariah, pastikan juga mempelajari lama berdiri dan bergerak perusahaan tersebut di bidang asuransi syariah. Perhatikan juga kualitas pelayanan perusahaan yang nanti bakal Anda terima. 

Jangan lupa  untuk mempelajari bagaimana pelayanan perusahaan dalam pembayaran klaim yang dilakukan. Segera batalkan pendaftaran jika perusahaan sering mengalami kendala saat melakukan klaim.  

Anda bisa mencari informasi asuransi kesehatan terpercaya lewat website maupun dari nasabah yang telah mendaftar. Jangan lupa untuk memperhatikan review yang diberikan oleh nasabah sebelum daftar. 

Sekian pembahasan terkait perusahaan asuransi kesehatan syariah sebagai bentuk perlindungan Anda dan keluarga. Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda dan keluarga untuk mendapatkan manfaat dan perlindungan terkait kesehatan secara lebih maksimal.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar