Translate

Benarkah Durian Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Is it true that pregnant women cannot eat durian?

Nirwana Tunggal
- Durian adalah salah satu buah yang paling banyak peminatnya khususnya di negara-negara Asia Tenggara. Buah musiman ini memiliki bau menyengat namun rasanya sangat manis jadi bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

Sebagai buah favorit sejuta umat, durian rupanya memiliki banyak kandungan yang dapat memenuhi nutrisi pada tubuh. Contoh nutrisinya adalah niasin, tiamin, vitamin A, E, C, folat, magnesium, serat, kalsium, dan sebagainya. Namun benarkah buah durian tidak boleh dikonsumsi ibu hamil?

Durian Untuk Ibu Hamil Amankah?

Pernyataan mengenai apakah ibu hamil diperbolehkan untuk mengkonsumsi masih simpang siur. Durian memang memiliki banyak nutrisi untuk tubuh tetapi apakah buah dengan bau menyengat itu boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ternyata durian untuk ibu hamil diperbolehkan karena mengandung serat yang bermanfaat bagi ibu hamil jika mengalami sembelit, selain itu kandungan folatnya bermanfaat untuk mencegah kecacatan pada bayi.
 
Tak hanya itu, kandungan buah durian dinilai memiliki sifat anti jamur, anti mikroba dan anti bakteri sehingga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Terdapat antioksidan yang dapat menangkal serangan radikal, namun disarankan untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Berapa Takaran Durian yang Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

Apabila Anda sedang mengandung, buah durian yang dikonsumsi takarannya sedang saja, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jika dikonsumsi berlebihan, memang tidak akan terjadi masalah serius, namun berat badan bayi bisa bertambah.

Apabila bobot bayi meningkat akan sulit saat proses melahirkan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula dan kalori yang tinggi dalam durian. Oleh karenanya jika mengkonsumsinya penting untuk mengatur takarannya agar bobot tidak bertambah.

Ibu mengandung normalnya mengalami kenaikan berat badan 12 sampai 16 kilogram. Dan jika Anda ragu untuk mengkonsumsi durian bisa mengkonsultasikan kepada dokter atau mengonsumsi buah-buahan lain.

Fakta Mengkonsumsi Durian Saat Sedang Mengandung

Ternyata masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa buah durian tidak baik untuk ibu hamil padahal kenyataannya tidak begitu. Selain itu masih belum ada penelitian yang mengatakan bahwa durian berbahaya bagi janin.

Berikut beberapa fakta jika mengkonsumsi buah durian pada ibu hamil.

  1. Menambah Asupan Kandungan Folat Pada Tubuh

Durian memiliki kandungan folat yang cukup tinggi dan folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk janin. Folat adalah kandungan yang digunakan untuk menunjang tulang belakang, pembentukan saraf dan otak, serta mencegah bayi terlahir cacat.

Tidak hanya itu folat memiliki fungsi untuk menghasilkan sel darah merah sehingga sangat membantu ibu hamil yang memiliki penyakit anemia. Anemia adalah penyakit kurang darah dan gejalanya seperti pusing, mudah lelah, sakit kepala, dan lemas.

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Fakta selanjutnya tentang durian untuk ibu hamil adalah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Durian termasuk jenis buah dengan indeks glikemik rendah, artinya tidak akan meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh kandungan nutrisinya yang tinggi berupa kalium, serat, lemak yang bersifat antioksidan. Walaupun menyehatkan Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi durian secara berlebihan.

  1. Menjaga Kolesterol Agar Tetap Normal

Durian aman untuk ibu hamil karena dapat membantu menjaga kadar kolesterol normal. Durian memang memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun lemak ini tidak meningkatkan kadar kolesterol tubuh.

Kolesterol hanya berasal dari lemak hewani sedangkan durian memiliki kandungan lemak nabati. Selain lemak, durian juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan berfungsi untuk mengontrol kolesterol agar tetap aman.

  1. Menambah Energi

Rasa lelah yang dialami saat hamil biasanya akan bertambah, apalagi jika harus melakukan aktivitas rumah tangga dan mengurus pekerjaan. Inilah peran buah durian yaitu untuk menambah energi dalam tubuh sehingga segar kembali.

Durian memang mengandung gula, kalori dan karbohidrat, namun ketiga kandungan ini bermanfaat untuk mengatasi rasa lelah. Namun tetap harus mengontrol durian yang dikonsumsi dan jangan terlalu sering.

  1. Mengurangi Risiko Terjadinya Kelahiran Bayi Cacat

Durian apakah baik untuk ibu hamil? Jawabannya iya! Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada buah durian hal ini bisa bermanfaat agar tidak terjadi kelahiran bayi cacat. Kandungan folat di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bayi dalam perut Anda.

Kebanyakan ibu hamil mengkonsumsi suplemen sebenarnya tidak ada salahnya, hanya saja untuk mendapatkan asam folat bisa dengan mengkonsumsi durian. Jumlah asupan folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil sekitar 600 mcg per harinya.

  1. Kaya Akan Mineral dan Vitamin

Selain serat dan asam folat, durian juga dinilai memiliki kandungan berupa vitamin dan mineral. Apabila mengkonsumsi buah tersebut kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil akan terpenuhi dan bayi bisa lahir dengan sehat.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Fakta berikutnya tentang buah durian buat ibu hamil yang jarang diketahui adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada durian sangat bermanfaat sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa durian juga memiliki kandungan berupa organosulfur serta triptofan yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut dapat melindungi ibu serta bayi.
 
Masih banyak mitos yang mengatakan bahwa buah dengan warna kuning ini dapat membahayakan janin. Mitos ini akhirnya terpecahkan dengan beberapa fakta di atas karena durian ternyata menyehatkan.

Tips Mengkonsumsi Durian Saat Hamil

Sudah dijelaskan di atas bahwa buah durian untuk ibu hamil sangat aman karena ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Namun tetap memperhatikan porsinya dengan mengikuti tips di bawah ini:

  • Mengkonsumsi durian sesuai dengan porsi yang dianjurkan oleh dokter kandungan Anda. Biasanya untuk ibu hamil hanya boleh memakan 1 sampai 2 biji saja

  • Sebaiknya hindari mengkonsumsi durian terlalu sering

  • Pilih buah durian yang dagingnya tidak terlalu tebal dan matangnya tepat

  • Setelah mengkonsumsi durian minum air putih agar menetralisir sisa rasa di mulut. Rasa dan bau buah durian bisa menyebabkan ibu hamil merasa mual atau muncul rasa panas

  • Apabila muncul rasa panas pada mulut Anda bisa mengkonsumsi jus sirsak atau buah manggis.

Perlu diperhatikan apabila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, obesitas, gestasional sebaiknya hindari mengkonsumsi durian. Anda bisa mencari buah-buahan lain yang bisa dikonsumsi.

Selain itu apabila sudah memasuki trimester ketiga juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian lagi. Pada saat trimester ketiga Anda bisa meminta rekomendasi dari dokter mengenai buah atau makanan apa yang boleh dikonsumsi.

Memasuki trimester ketiga perut sudah mulai membesar, jika masih mengkonsumsi durian dikhawatirkan bobot tubuh akan bertambah dan menyulitkan proses persalinan. Dalam hal ini penting untuk memperhatikan kesehatan janin.

Sekarang Anda sudah tahu fakta bahwa durian tidak boleh dikonsumsi ibu hamil itu adalah mitos. Buah durian memiliki banyak kandungan sehat yang dapat memberikan nutrisi bagi ibu hamil beserta bayinya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar