Translate

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Nirwana Tunggal
- Asuransi mobil merupakan salah satu produk asuransi yang berfungsi melindungi kendaraan mobil pribadi Anda dari suatu risiko yang merugikan. Misalnya, kerusakan parah karena kecelakaan atau bencana, pencurian, pembobolan, hingga lecet.

Tak sedikit masyarakat yang sadar akan keselamatan kendaraan mobil mereka, sehingga memutuskan untuk membeli produk asuransi tersebut. Nah, sebelum membeli asuransi mobil, pastikan Anda ketahui dulu jenis-jenisnya.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Secara umum, ada dua jenis asuransi mobil terbaik di Indonesia yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Berikut perbedaan dan pertimbangannya.

  1. Asuransi mobil TLO

Jenis asuransi ini hanya memberikan manfaat, apabila kerugian senilai lebih dari 75% harga mobil. Misalnya, harga mobil Anda sebesar Rp 200 juta. Nah, saat terjadi kerusakan, maka klaim hanya bisa Anda lakukan saat kerugiannya mencapai Rp 150 juta.

Soal premi bulanan, asuransi jenis Total Loss Only terbilang cukup terjangkau. Namun, untuk kerusakan seperti baret atau lecet, Anda tidak bisa mengajukan klaim.

  1. Asuransi mobil all risk

Jenis asuransi kedua yaitu all risk. Sesuai namanya, asuransi ini menanggung seluruh risiko, bahkan baretan kecil pun akan ditanggung. Mengingat perlindungan asuransi all risk cukup luas, maka biaya premi jauh lebih mahal daripada TLO. Besarnya pun bisa mencapai tiga kali lipat premi TLO, tergantung perusahaannya.

Selain kedua jenis asuransi kendaraan mobil di atas, ada beberapa varian jenis asuransi lainnya, seperti gabungan, rider, collision, liability, dan kecelakaan diri.

  1. Gabungan

Asuransi jenis ini merupakan gabungan dari all risk dan TLO. Mekanismenya, satu tahun pertama sejak pembelian mobil akan mendapatkan pertanggungan all risk. Setelah itu, berlanjut ke asuransi TLO. Contoh asuransi ini yaitu pada pembelian mobil secara kredit.

  1. Rider

Jenis asuransi ini tergantung permintaan dari nasabah untuk menambah manfaat tertentu yang lebih spesifik. Sebagai gantinya, Anda harus membayar tambahan premi dan manfaat atas permintaan tersebut. Misalnya, untuk risiko banjir, kerusuhan, kecelakaan diri, hingga gempa bumi.

  1. Kecelakaan diri

Asuransi ini tidak hanya mengcover kendaraan mobil Anda, namun juga risiko kesehatan pemegang polisnya.

  1. Collision

Asuransi collision juga menanggung biaya ganti rugi akibat tabrakan yang disebabkan pengemudi.

  1. Liability

Terakhir, asuransi liability yang hampir sama dengan collision. Bedanya, asuransi ini memiliki manfaat tambahan berupa penggantian biaya medis, apabila pemegang polis mengalami cedera karena tabrakan.

Asuransi Mobil All Risk Atau TLO, Lebih Baik Mana?

Jawabannya yaitu tergantung dari kondisi dan prioritas masing-masing individu. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan kapasitasnya masing-masing. Nah, untuk memastikan manakah asuransi kendaraan mobil yang tepat bagi Anda, pertimbangkan dua hal berikut ini.

  • Budget

Budget merupakan faktor utama yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli asuransi kendaraan mobil, termasuk menentukan jenis TLO atau all risk. Apabila budget yang tersedia tidak terlalu banyak, sebaiknya pilih TLO. Namun, jika budget mencukupi, all risk lebih disarankan.

Ingat, pembayaran premi ini berlangsung terus menerus setiap tahun. Jadi, pastikan faktor budget tidak menjadi penghalang setelah Anda menentukan jenis asuransinya.

  • Kebutuhan Anda

Kedua, pertimbangkan kebutuhan Anda. Bagaimana kondisi kota Anda? Apakah padat penduduk? Jika iya, maka asuransi all risk lebih cocok. Namun, jika menitikberatkan pada kondisi mobil Anda yang sudah tua, maka lebih baik TLO karena jika all risk hanya mengcover usia mobil hingga 12 tahun.

Berapa Harga Premi Asuransi Mobil?

Premi asuransi mobil all risk dan TLO sudah pasti berbeda jauh. Misalnya, jika TLO berkisar mulai dari Rp 400 ribu per tahun, maka asuransi all risk berada di angka Rp 3 juta per tahun. Ya, untuk premi asuransi kendaraan mobil ini biasanya jatuh per tahun.

Secara khusus, besarnya premi juga dipengaruhi oleh harga mobil Anda. Semakin mahal harganya, maka preminya pun semakin mahal. Berikut ini cara perhitungan premi asuransi kendaraan mobil.

Biaya premi = Persentase x Harga mobil

Nah, untuk presentasi di atas tergantung kebijakan setiap perusahaan asuransi, jenis asuransi, wilayah pertanggungan, dan kategori harga mobil.

Berdasarkan ketentuan OJK, berikut ini pengelompokan wilayah pertanggungan dan kategori harga mobil.

Ketentuan premi sesuai wilayah pertanggungan, dibedakan menjadi tiga wilayah yaitu:

  • Wilayah I untuk Sumatera & Kepulauan sekitarnya
  • Wilayah II untuk Banten, Jakarta, dan Jawa Barat
  • Wilayah III untuk daerah lain yang tidak termasuk wilayah I dan II.

Sementara, kategori harga mobil dibedakan menjadi lima yaitu:

  • Kategori I untuk harga dibawah Rp 125 juta
  • Kategori II untuk harga Rp 125 juta s/d Rp 200 juta
  • Kategori III untuk harga Rp 200 juta s/d Rp 400 juta
  • Kategori IV untuk harga Rp 400 juta s/d Rp 800 juta
  • Kategori V untuk harga di atas 800 juta.

Manfaat Membeli Asuransi Mobil

Selain manfaat khusus yang diperoleh dari jenis asuransi kendaraan mobil di atas, kepemilikan asuransi ini juga memberikan berbagai manfaat menyeluruh terhadap aset milik Anda, diantaranya:

  • Menutup biaya perbaikan mobil

Manfaat kepemilikan asuransi kendaraan mobil yang pertama yaitu menjadi pelindung bagi pemilik mobil dari kerugian dengan menutup biaya perbaikan saat terjadi kerusakan. Misalnya, saat terjadi kebakaran, akibat perbuatan jahat sekelompok orang, dan sebagainya.

Maka, kerusakan tersebut bisa menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Biasanya, perusahaan asuransi telah bekerjasama dengan bengkel rekanan. Dengan menyertakan dokumen pendukung, maka Anda bisa melakukan klaim asuransi.

  • Perlindungan mobil dari risiko kecelakaan

Siapapun pasti tidak menginginkan mengalami kecelakaan. Namun, proteksi dini terhadap risiko kecelakaan sangat penting Anda miliki. Caranya dengan membeli asuransi kendaraan mobil.

Perlindungan yang ditawarkan mencakup kerusakan akibat tabrakan, terbalik, benturan, tergelincir, hingga terperosok.

  • Proteksi akibat pencurian

Begitu pula proteksi akibat pencurian mobil. Dengan membeli asuransi yang sesuai, maka Anda bisa mendapatkan penggantian unit baru. Tentu saja dalam proses pengajuan klaim mobil hilang harus disertai dokumen pendukung, seperti CCTV dan bukti lainnya.

  • Memberikan rasa tenang

Selanjutnya, kepemilikan asuransi kendaraan memberi rasa tenang dan aman selama berkendara karena Anda sudah terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kendati demikian, Anda tetap harus berhati-hati demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Sebelum memilih perusahaan asuransi mobil, perhatikan tips membeli produk asuransi mobil berikut ini. Jangan sampai, budget yang Anda keluarkan untuk membayar premi tidak sebanding dengan manfaat dan pelayanan yang diberikan.

  • Tentukan jenis asuransi kendaraan mobil yang Anda butuhkan

Sebelum memilih perusahaan asuransi, tentukan dulu jenis asuransi kendaraan mobil yang Anda butuhkan. Cermati lagi kriteria masing-masing jenis asuransi, lalu pertimbangkan berbagai risikonya.

Misalnya, berapa usia kendaraan mobil Anda? Jika sudah tua, maka TLO lebih disarankan. Seberapa padat kondisi jalanan kota Anda selama berkendara? Jika padat, lebih baik pilih all risk. Seberapa parah tingkat kriminalitas di kota Anda? Jika parah, sebaiknya pilih TLO.

  • Cari referensi perusahaan lebih dari satu yang kredibel

Setelah mengetahui jenis asuransi yang Anda butuhkan, cari perusahaan asuransi yang menyediakan produk tersebut. Ingat, jangan hanya cari satu atau dua perusahaan, melainkan banyak pilihan perusahaan sebagai referensi. Pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar OJK dan memiliki sertifikat ISO 27001.

Kemudian, bandingkan manfaat yang akan Anda peroleh dari setiap perusahaan tersebut beserta harga preminya. Jika sudah menemukan yang paling oke, lanjut ke poin berikutnya.

  • Perhatikan rekanan bengkelnya

Seperti halnya produk Asuransi Kesehatan, jenis asuransi ini pasti bekerjasama dengan bengkel rekanan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui dimana saja bengkel rekanan tersebut. Apakah resmi dari brand mobil atau tidak? Bagaimana jaraknya dari rumah atau kantor Anda?

  • Ketahui syarat berasuransi mobil

Terakhir, pastikan Anda mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan sebagai persyaratan asuransi mobil. Umumnya, syarat berasuransi mobil memerlukan dokumen seperti formulir pendaftaran, fotokopi STNK & SIM, fotokopi identitas, dan NPWP (jika ada).

Periksa kembali semua data yang Anda isi. Pastikan sudah benar dan akurat. Sebab, jika terdapat kesalahan, akan berpengaruh terhadap tahap pengajuan klaim.

Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Sekarang, mari kita simak perusahaan asuransi mobil terbaik mana saja yang menyuguhkan produk asuransi kendaraan terbaik di Indonesia.

  1. Tugu Pratama Indonesia

Perusahaan asuransi kendaraan Tugu Pratama Indonesia terbilang cukup populer di Indonesia karena menawarkan harga premi terjangkau. Untuk jenis TLO, premi mulai dari Rp 35 ribu per bulan, sementara all risk mulai dari Rp 170 ribu per bulan. 

Tidak hanya itu, perusahaan ini juga sudah bekerjasama dengan 307 bengkel rekanan di seluruh wilayah Indonesia,

  1. ABDA Auto Insurance

Selanjutnya, ada perusahaan ABDA Auto Insurance yang menyediakan perlindungan jenis TLO dan all risk dengan jaminan layanan Road Assistance 24 jam berupa layanan derek, fuel delivery, battery boosting, serta locksmith dan flat tire.

Selain itu, ada juga jaminan perlindungan tambahan personal accident bagi pengemudi dan penumpang dengan harga premi cukup terjangkau.

  1. Asuransi Mobil Sinarmas

Ketiga, ada perusahaan asuransi mobil Sinarmas yang sudah berizin OJK. Perusahaan ini memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap jasa asuransi mobil, baik offline maupun online.

Salah satu produk asuransi mobil Sinarmas yaitu TLO. Produk asuransi TLO ini menawarkan harga premi mulai dari Rp 35 ribu per bulan dan all risk mulai dari Rp 175 ribu per bulan. Bagi Anda yang memiliki mobil tua, boleh menjadikan produk TLO Sinarmas ini sebagai pertimbangan.

  1. ACA Auto Insurance

Perusahaan ini memberikan jaminan dasar dan perluasan sekaligus. Untuk jaminan dasar, ACA Auto Insurance menawarkan jaminan gabungan dan TLO atas kerusakan lebih berat dari 75%. Sementara, untuk jaminan perluasan, perusahaan ini bersedia menanggung kerugian akibat musibah peserta asuransi. Misalnya, kerusakan kendaraan karena banjir, kebakaran, tanah longsor, dan sebagainya. Namun, tetap dengan biaya tambahan premi asuransi.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan tersendiri terkait cara klaim asuransi mobil. Namun, secara umum, ada tiga hal yang perlu Anda lakukan untuk mengajukan klaim asuransi ini.

  • Laporkan kecelakaan

Langkah pertama yaitu segera melaporkan diri saat mengalami kecelakaan terhadap pihak berwajib. Minta surat keterangan dari polisi, jika memang kendaraan mobil Anda mengalami kerusakan karena kecelakaan maupun tindak kriminal.

  • Ajukan klaim

Setelah itu, segera beritahu pihak perusahaan asuransi, bahwa Anda akan mengajukan klaim atas kerusakan yang menimpa kendaraan mobil Anda. Pihak perusahaan biasanya akan memberikan dokumen yang perlu Anda persiapkan.

  • Siapkan dokumen

Terakhir, siapkan dokumen yang diperlukan dan pastikan sudah benar dan sesuai dengan polis. Lalu, kumpulkan ke pihak perusahaan asuransi. Tunggu perusahaan menginformasikan kapan klaim Anda disetujui.

Nah, itulah sejumlah informasi terkait asuransi mobil, mulai dari jenis-jenis asuransi mobil, harga, manfaat, tips memilih perusahaan asuransi terbaik, rekomendasi perusahaan asuransi, hingga cara klaim asuransi kendaraan mobil. Semoga bermanfaat!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar