Translate

7 Pilihan Platform Terbaik Investasi Reksa Dana yang Wajib Diketahui

The Best Choice Mutual Fund Investment Platform You Must Know

Nirwana Tunggal
- Investasi reksa dana adalah salah satu investasi yang banyak diminati masyarakat. Selain dinilai minim risiko, investasi reksa dana juga bisa dilakukan di berbagai platform investasi yang tersedia.

Artikel ini akan membahas lebih dalam seputar pilihan platform terbaik investasi reksa dana yang wajib diketahui calon investor. Sebelum mengulas platform investasi reksa dana, Anda akan mengenal lebih dalam tentang investasi reksa dana dan manfaat yang didapat dari investasi ini.

Apa Itu Investasi Reksa Dana?

Investasi reksa dana adalah media untuk menghimpun dana dari investor untuk diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek yang akan dilakukan oleh manajer investasi. Tugas manajer investasi ini sebagai pengatur alokasi dana apakah dana ini akan masuk dalam saham, pasar uang atau surat utang.

Manajer investasi memiliki tugas untuk menentukan komposisi saham apa saja yang harus dibeli. Jika tertarik melakukan investasi reksa dana, Anda bisa berinvestasi reksa dana melalui sekuritas, manajer investasi atau bank yang menjadi agen penjual reksa dana.
 
Pembukaan rekening awal untuk memulai investasi reksa dana sangat terjangkau. Cukup dengan nominal Rp 100 ribu Anda sudah bisa berinvestasi reksa dana. Akan lebih baik lagi jika kegiatan investasi reksa dana dilakukan secara berkelanjutan setiap bulannya dengan menambah jumlah nominal pada investasi reksa dana Anda.

Jenis-Jenis Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana memiliki berbagai jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan investor dalam berinvestasi. Berikut jenis investasi reksa dana yang bisa dipilih diantaranya meliputi:

  1. Reksa Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana jenis ini menempatkan dana investasi minimal 80 persen pada instrumen investasi yang memberikan pendapatan tetap seperti obligasi atau surat utang. Reksa dana pendapatan tetap ini sangat cocok untuk investasi jangka menengah dalam kurun waktu 1-3 tahun.

Investor yang memilih jenis reksa dana pendapatan tetap adalah investor dengan tipe konservatif. Investor tipe konservatif adalah investor yang memiliki karakter tidak terlalu berani mengambil investasi dengan konsekuensi high risk.

  1. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang 100 persen investasi ada pada instrumen pasar uang atau surat berharga yang akan jatuh tempo dalam waktu kurang dari 1 tahun. Investasi reksa dana jenis ini cocok untuk jenis investasi jangka pendek.

Investor yang memilih investasi reksa dana jenis ini adalah tipe investor yang sangat konservatif yang tidak ingin berspekulasi dengan risiko tinggi. Reksa dana pasar uang adalah investasi reksa dana yang sangat minim risiko, karena sangat minim risiko maka keuntungan yang didapat juga tidak terlalu besar.

  1. Reksa Dana Saham

Investasi reksa dana saham adalah jenis investasi yang mengalokasikan dana investasi sebesar 80 persen pada instrumen saham. Reksa dana jenis ini cocok untuk investasi jangka panjang dalam kurun waktu 5 tahun. 

Umumnya profil investor yang memilih investasi reksa dana saham adalah investor yang memiliki karakter agresif. Investor dengan karakter ini menganut paham investasi high risk high return. Risiko yang diambil dalam investasi reksa dana saham memang besar tapi timbal balik yang didapat juga besar.

  1. Reksa Dana Campuran

Investasi reksa dana campuran memiliki porsi investasi 79 persen pada instrumen pasar uang seperti obligasi dan saham. Investasi ini cocok untuk jangka panjang 3-5 tahun. Profile investor yang memilih reksa dana campuran adalah investor dengan karakteristik moderat.

  1. Reksa Dana Syariah

Investasi reksa dana syariah adalah jenis investasi reksa dana versi syariah mengikuti jenis investasi reksa dana yang sudah ada sebelumnya. Pada prinsipnya, jenis investasi reksa dana syariah adalah semua kegiatan investasi mengikuti prinsip dan ketentuan syariah dalam pengelolaanya.

Manfaat Investasi Reksa Dana

Ada banyak instrumen investasi yang ada saat ini, tapi investasi reksa dana masih menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dipilih masyarakat. Hal ini tentu tidak lepas dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari investasi reksa dana. Berikut manfaat investasi reksa dana, diantaranya:

  1. Mudah Mengelola Aset

Ketika pertama kali ingin melakukan investasi, hal pertama yang dilihat adalah seberapa mudah investasi tersebut dapat dikelola. Investasi reksa dana adalah salah satu investasi yang mudah dalam hal pengelolaan aset.

Saat memutuskan investasi reksa dana, investor akan didampingi oleh manajer investasi. Manajer investasi akan mengarahkan dana untuk ditempatkan pada aset yang memiliki prospek keuntungan tinggi.
 
Anda cukup mempersiapkan dana investasi selebihnya biarkan manajer investasi yang melakukan tugasnya. Kelebihan lain yang dimiliki investasi reksa dana adalah investor memiliki kesempatan belajar pada manajer investasi untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana membaca pasar atau bagaimana cara melihat emiten perusahaan yang memiliki kinerja baik.
  1. Modal Terjangkau

Kendala yang sering ditemui investor pemula dalam berinvestasi adalah besarnya modal yang harus disiapkan. Investasi reksa dana memberikan kemudahan, cukup dengan modal Rp 100 ribu investor sudah bisa mulai berinvestasi pada reksa dana.

Modal yang terjangkau membuat siapapun dapat investasi reksa dana karena tidak perlu menunggu memiliki modal dalam jumlah besar ketika ingin memulai investasi. Selama ini kendala investor untuk investasi karena kekurangan modal. Investasi reksa dana jadi investasi yang cocok untuk Anda yang memiliki modal minim.

  1. Investasi Minim Risiko

Diantara berbagai jenis investasi yang ada, investasi reksa dana adalah jenis investasi yang paling minim risiko. Mengapa investasi ini minim risiko? Ini terjadi karena adanya diversifikasi aset yang disebar di beberapa instrumen investasi. Diversifikasi aset akan melindungi investor dari kerugian dalam jumlah yang cukup besar.

  1. Fleksibel

Kecanggihan teknologi membuat segala jenis transaksi investasi mudah dilakukan. Tidak terkecuali dengan jenis investasi reksa dana. Investasi reksa dana sangat fleksibel karena investasi dapat dimulai menggunakan aplikasi dalam smartphone.

Investor sukup mendownload platform investasi reksa dana, saat itu juga investor dapat mengakses perkembangan tentang investasi reksa dana, kondisi pasar keuangan dan mulai melakukan investasi.

Pilihan Platform Terbaik Investasi Reksa Dana

Keputusan untuk memulai investasi tentu harus diikuti dengan faktor pendukung yaitu memilih platform yang tepat untuk memulai investasi reksa dana. Berikut 7 pilihan platform terbaik investasi reksa dana yang dapat Anda pilih, diantaranya:

  1. Bibit

Salah satu platform terbaik investasi reksa dana yang bisa dipilih calon investor adalah platform bibit. Platform bibit mendapatkan lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan pada 2018. Hal ini akan membuat investor semakin aman dan nyaman dalam berinvestasi.

Salah satu keunggulan bibit adalah memiliki fitur robo advisor yang memungkinkan pembelian reksa dana disesuaikan dengan tingkat risiko yang dimiliki. Sehingga investor tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian secara mendadak dalam jumlah besar.

  1. Bareksa

Aplikasi bareksa menjadi satu dari sekian banyak platform investasi reksa dana yang banyak diminati investor. Platform yang berdiri sejak 2013 ini memiliki berbagai macam produk reksa dana.

Platform bareksa sangat memudahkan investor karena transaksi penjualan dan pembelian reksa dana bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Investor tidak perlu repot datang ke bank atau ke manajer investasi.

Keunggulan lain yang dimiliki platform bareksa adalah selalu update urutan rekomendasi produk reksa dana terbaik berdasarkan jenis investasi reksa dana. Investor juga bisa melihat produk reksa dana apa saja yang menjanjikan nilai keuntungan yang besar.

  1. Tanamduit

Bagi generasi milenial yang akan memulai investasi, tanamduit jadi pilihan platform investasi reksa dana yang patut dicoba. Sejak awal kemunculannya, platform ini memang menyasar target anak muda yang melek investasi.

Tak hanya melayani pembelian produk reksa dana, tanamduit juga melayani transaksi surat berharga negara, emas batangan, dan investasi. Tanamduit memiliki fitur unggulan yaitu one view portofolio.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan perbandingan 3 produk reksa dana untuk melihat bagaimana kinerjanya sebelum investor membeli produk reksa dana. Tidak hanya itu, platform investasi ini juga banyak memberikan edukasi tentang investasi pada generasi muda.

  1. Ajaib

Aplikasi Ajaib jadi salah satu platform investasi reksa dana yang banyak diminati anak muda. Platform yang pernah menggandeng aktor kenamaan Korea Selatan, Kim Seonho saat itu sukses membuat anak muda berbondong-bondong memulai investasi reksa dana.

Selain karena modal yang terjangkau, investasi reksa dana bisa dijadikan pembelajaran bagi anak muda yang baru pertama kali ingin mengenal dunia investasi dengan risiko yang terbilang minim.

Keunggulan platform ajaib adalah investor pemula bisa langsung mendapat rekomendasi saham yang bisa dibeli. Namun sebelum melakukan pembelian terlebih dahulu investor akan diberikan 6 pertanyaan terkait penentuan profil risiko investasi.

  1. Poems Id

Platform investasi poems id dijalankan oleh Philips sekuritas yang memiliki rekam jejak dan integritas tinggi dalam pengelolaan aset investasi. Meski poems id lebih dikenal dengan platform Investasi Saham tapi platform ini juga melayani transaksi investasi reksa dana.

Pembelian produk reksa dana diberikan melalui fitur bernama profunds, fitur ini diibaratkan seperti supermarket reksa dana online yang memiliki lebih dari 100 produk reksa dana. Investor bisa melakukan investasi mulai dari Rp 50 ribu dan bisa memantau pergerakan reksa dana secara real time.

Platform poems id juga memiliki fitur smart start, fitur ini memberikan rekomendasi produk reksa dana bagi calon investor yang akan disesuaikan dengan profil risiko. Apakah calon investor ini tipe investor konservatif, agresif atau moderat.

  1. Invisee

Platform terbaik investasi reksa dana selanjutnya adalah platform invisee. Calon investor yang memiliki budget terbatas tapi ingin berinvestasi, invisee adalah pilihan tepat. Cukup dengan modal Rp 10 ribu investor sudah bisa membeli produk reksa dana.

Invisee memiliki fitur pengingat yang berfungsi sebagai pengingat pada investor untuk mengatur jadwal investasi sesuai kondisi keuangan investor. Contohnya, Anda menerima gaji setiap tanggal 1, fitur pengingat invisee akan mengingatkan waktu untuk berinvestasi pada tanggal yang dikirim melalui email.

  1. Raiz

Jika investor menginginkan produk investasi reksa dana yang beragam, Anda bisa menggunakan platform raiz untuk memulai investasi. Platform raiz menawarkan 5 portofolio yang bisa dipilih investor.

5 portofolio tersebut adalah reksa dana profil konservatif dalam bentuk reksa dana pasar uang, reksa dana profil moderat dalam bentuk reksa dana pendapatan tetap, reksa dana profil agresif dalam bentuk indeks saham LQ45, dan produk reksa dana amanah berupa pasar uang syariah dan sukuk syariah.

Tips Memilih Platform Investasi Reksa Dana

Salah satu unsur penting dalam berinvestasi adalah menentukan pilihan platform terbaik investasi reksa dana. Jangan sampai Anda salah memilih platform investasi karena akan membuat investor tidak mendapatkan hasil keuntungan maksimal. Berikut tips memilih platform investasi reksa dana:

  1. Minim Risiko

Tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Keuntungan memang hal penting tapi jangan sampai salah langkah yang akhirnya membuat Anda rugi besar dan sama sekali tidak menikmati keuntungan investasi.

Salah satu tips memilih platform investasi adalah pilih platform investasi yang minim risiko. Jika investor adalah pemain pemula dengan alokasi dana investasi yang belum terlalu besar sebaiknya hindari platform investasi trading valas dan foreign exchange karena platform investasi ini sangat berisiko.

  1. Mudah Dilakukan

Pilih platform investasi yang mudah dilakukan, contohnya investor bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan transaksi pembelian produk investasi reksa dana.

Saat ini semua hal dilakukan dengan sistem digital termasuk investasi, pilih platform yang memberikan layanan digital secara praktis, cepat dan aman dalam setiap proses transaksi. Tak hanya cepat dalam proses pembelian, proses pencairan pun bisa dilakukan dengan mudah.

Demikian penjelasan artikel tentang 7 pilihan platform terbaik investasi reksa dana yang bisa dijadikan rekomendasi sebelum mulai berinvestasi. Semoga dengan adanya artikel ini masyarakat lebih memahami sistem investasi reksa dana dan bisa mulai memikirkan investasi untuk masa depan yang lebih baik.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar