Translate

Pentingnya Asuransi Pengangkutan Barang Baik Dalam dan Luar Negeri

Pentingnya Asuransi Pengangkutan Barang Baik Dalam dan Luar Negeri

Nirwana Tunggal
Pentingkah asuransi pengangkutan barang baik dalam dan luar negeri? Pertanyaan tersebut sangat relevan dengan era perdagangan internasional seperti sekarang. Dimana setiap orang bebas melakukan pembelian tanpa terbatas wilayah.

Di era sekarang, Anda bisa bebas membeli barang apapun yang diinginkan baik di dalam maupun luar negeri. Prosedurnya juga sangat mudah, karena cukup memesan barang secara online dan melakukan pembayaran.

Setelah itu, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Paypal, kartu kredit, maupun jenis pembayaran lain. Jika sudah, barang akan dikirimkan ke alamat tujuan dengan jasa pengiriman.

Namun, selama proses pengiriman barang tersebut, pihak ekspedisi tidak dapat menjamin total keamanan barang Anda. Oleh karena itu, demi menjaga keamanan barang, Anda bisa membeli asuransi pengangkutan barang atau asuransi cargo.

Apa Itu Asuransi Pengangkutan Barang?

Asuransi pengangkutan barang merupakan salah satu jenis produk perlindungan yang khusus untuk mengcover keselamatan barang selama dikirim ke pemiliknya.

Asuransi ini dapat memberikan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan barang yang dikirim melalui jalur darat, laut, maupun udara.
 
Jenis Asuransi ini juga kerap digunakan oleh pengusaha eksportir maupun importir, logistik, freight forwarder, produsen, maupun untuk perdagangan nasional (domestik) dan internasional yang melalui jalur darat, laut, dan udara.

Jenis Asuransi Pengangkutan Barang Berdasar Jalur Pengiriman

Asuransi pengangkutan barang dibagi menjadi tiga jenis. Pembagian tersebut berdasarkan pengiriman yang dilakukan apakah melalui jalur darat, laut, atau udara.

Nah, berikut ini Anda bisa simak jenis asuransi pengangkutan barang dan perbedaannya:

  1. Marine Cargo

Jenis asuransi pengangkutan barang yang pertama adalah marine cargo. Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini berguna untuk memberikan jaminan atas risiko pengiriman pada jalur air meliputi laut, sungai, dan danau.

  1. Air Cargo

Jenis asuransi pengangkutan barang yang kedua adalah air cargo. Sesuai dengan namanya, produk ini akan jaminan atas risiko pengiriman melalui jalur udara.

  1. Good in Land Transit

Terakhir, jenis asuransi pengangkutan barang yaitu good in land transit. Asuransi ini berguna untuk memberikan jaminan atas risiko pengiriman melalui jalur darat.

Jenis Asuransi Pengangkutan Barang Berdasarkan Wilayah Pengiriman

Sedangkan berdasarkan wilayah pengirimannya, asuransi pengangkutan barang dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. New Marine Policy Form (NMPF)

Jenis asuransi ini bisa digunakan jika Anda melakukan pengiriman atau pengangkutan antar negara. Atau bisa dikatakan bahwa asuransi ini kerap digunakan untuk proses ekspor maupun impor.

  1. Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia (PSAPBI)

Berbeda dengan jenis asuransi pengangkutan barang yang pertama, jenis asuransi ini digunakan untuk proses pengiriman atau pengangkutan nasional (dalam negeri).

Manfaat Asuransi Pengangkutan Barang

Asuransi pengangkutan barang menjadi hal sangat penting dalam proses pengiriman barang baik dalam maupun luar negeri. Pasalnya, tidak ada yang dapat menjamin tentang keselamatan dan keamanan barang yang Anda kirim.

Segala kemungkinan bisa saja terjadi selama proses pengiriman tersebut. Berikut ini beberapa manfaat asuransi pengangkutan barang baik melalui jalur darat, air, maupun udara:

  1. Total Loss Only

Asuransi pengangkutan barang memiliki manfaat dasar yaitu dapat menanggung semua kerugian jika terjadi kerusakan barang secara keseluruhan (actual total loss). Selain itu, Anda juga bisa klaim asuransi untuk biaya perbaikan agar kondisi barang mencapai keadaan semula. Hal ini dapat dilakukan jika melebihi harga yang sesungguhnya (constructive total loss).

  1. Manfaat Dasar - ICC A

Asuransi pengangkutan barang bertanggung jawab untuk menanggung semua kerugian/kerusakan pada barang yang diakibatkan oleh semua risiko kerugian/kerusakan atas barang yg diasuransikan. Kecuali jika ada hal-hal yang diatur dalam pengecualian.

  1. Manfaat Dasar - ICC B

Asuransi pengangkutan barang dapat menanggung kerugian maupun kerusakan barang yang diakibatkan:

  • Adanya gempa bumi, gunung meletus, Tsunami, dan petir

  • Barang yang dikirim ikut tersapu ombak ke laut

  • Air laut/danau/sungai masuk ke dalam tempat penumpukan barang

  • Kerugian keseluruhan karena barang hilang/terlempar/terjatuh pada saat proses pemuatan maupun pembongkaran

  1. Manfaat Dasar - ICC C

Pihak asuransi akan menanggung kerugian atau kerusakan yang terjadi pada barang yang diakibatkan:

  • Adanya kebakaran atau ledakan

  • Kapal pengangkut mengalami kandas, terdampar atau tenggelam

  • Kendaraan pengangkut barang tergelincir, keluar dari rel, maupun terbalik

  • Kapal atau alat pengangkut bertabrakan dengan benda lain

  • Terjadi pembongkaran barang dipelabuhan darurat

  • Terjadi pembuangan barang-barang ke laut yang disengaja untuk penyelamatan kapal

  • Pengorbanan dalam kerugian umum

  1. Manfaat Perluasan

Selain empat manfaat utama yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda memberikan tambahan premi, maka pihak asuransi juga akan memberikan tambahan perlindungan. Berikut ini tambahan perlindungan yang diberikan yaitu menanggung kerusakan atau kerugian yang disebabkan karena:

  • Kerusuhan maupun adanya huru hara

  • Adanya perbuatan jahat yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang

  • Adanya perang

Cara Klaim Asuransi Pengangkutan Barang

Sesuai dengan manfaatnya, asuransi pengangkutan barang dapat digunakan untuk mengcover segala kerugian atau kerusakan barang yang Anda kirim baik melalui jalur darat, laut, maupun udara. Ketika Anda mendapati barang Anda mengalami kerusakan karena proses pengiriman, maka Anda bisa ajukan klaim asuransi.

Proses klaim asuransi pengangkutan barang juga sebenarnya mudah namun Anda perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk klaim asuransi pengangkutan barang:

  • Laporkan kerugian yang Anda alami pada pihak asuransi dengan segera

  • Lakukan tuntutan resmi kepada pihak ketiga atau yang bertanggung jawab atas kerugian pengiriman barang

  • Selanjutnya, pihak asuransi akan melakukan survey di lokasi penyimpanan cargo

  • Jika permintaan klaim disetujui, maka proses klaim asuransi akan segera dilaksanakan.

Lantas, pentingkah asuransi pengangkutan barang baik dalam dan luar negeri?

Setelah melihat manfaat dari asuransi pengangkutan barang, maka dapat disimpulkan bahwa asuransi ini sangat penting untuk melindungi barang yang Anda kirim. Karena segala sesuatu bisa saja terjadi selama proses pengiriman barang tersebut, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar