Translate

Asuransi Umum di Indonesia Ada Apa Saja

Asuransi Umum di Indonesia Ada Apa Saja

Nirwana Tunggal
- Jenis asuransi umum di Indonesia kini tak sebatas tentang asuransi pendidikan, kesehatan maupun jiwa. Hal ini sejalan dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya produk perlindungan yang satu ini. 

Beberapa tahun sebelumnya, menggunakan produk asuransi dianggap sebagai hal yang sulit untuk dilakukan dengan alasan tak terlalu butuh, terlalu mahal dan alasan lainnya.

Namun seiring dengan kemajuan teknologi, pemahaman risiko dan kesadaran diri, masyarakat mulai tergerak untuk memahami bahwa asuransi memang penting untuk dimiliki.

Manfaat Mempunyai Asuransi

Meskipun poin utama dari artikel ini adalah membahas tentang jenis asuransi umum di Indonesia, namun tidak ada salahnya jika kita menyinggung juga tentang manfaat dari memiliki produk asuransi. Berikut penjelasan lengkapnya:
  1. Dapat Mengurangi Risiko Kerugian

Salah satu manfaat menggunakan produk asuransi yaitu meminimalisir terjadinya kerugian. Risiko kerugian bisa dialami oleh siapa saja dan kapanpun. Dengan ikut mendaftar asuransi kerugian dari benda atau aset yang didaftarkan dapat memperoleh jaminan.

  1. Menciptakan Rasa Aman dan Tenang

Asuransi hadir dengan banyak pilihan produk yang tujuannya untuk menghadirkan rasa aman dan tenang. Dengan mempunyai asuransi, kita akan jauh lebih siap untuk menghadapi segala macam risiko yang terjadi di masa depan. 

  1. Sebagai Investasi

Banyaknya pilihan asuransi umum di Indonesia juga bisa dijadikan investasi masa depan. Ini dikarenakan beberapa perusahaan asuransi setelah kontrak berakhir dapat mengembalikan dana investasi tersebut. Tentu dalam hal ini terdapat syarat dan ketentuannya. Pada umumnya untuk pengembaliannya ini terdapat jangka tertentu, bisa dalam waktu mulai dari 5 tahun.

  1. Membantu Perencanaan Finansial

Saat Anda mendaftar asuransi apa pun tentu terdapat premi yang harus dibayarkan. Nah, untuk berapa besarannya tentu tergantung dengan jasa dan pilihan program asuransi. Namun, untuk jumlah pembayarannya setiap bulan pasti sama nominalnya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam melakukan perencanaan keuangan.

  1. Jaminan Finansial Untuk Ahli Waris

Terakhir, asuransi juga memiliki manfaat sebagai jaminan finansial untuk ahli waris. Contohnya jika pemegang polis adalah kepala keluarga yang mengalami kejadian merugikan yang akhirnya menghambat finansial atau bahkan merenggut nyawa.

Karena sudah mendaftarkan asuransi, ahli waris akan mendapatkan dana santunan berhak melakukan klaim sesuai dengan premi yang dibayarkan pemilik polis. Klaim dan dana santunan ini bisa digunakan untuk menyambung hidup bahkan membiayai pendidikan ahli waris.

Jenis-Jenis Asuransi Umum

Selain pemerintah atau perseroan, pihak swasta juga memiliki produk asuransi umum yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia. Meski tujuan utamanya sama, namun asuransi umum memiliki jenis yang bermacam-macam mulai dari perlindungan diri, aset hingga properti. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis asuransi secara umum di Indonesia:
  1. Asuransi Rumah

Produk asuransi umum yang bisa Anda pilih dari jasa perusahaan swasta adalah asuransi rumah. Seperti yang Anda ketahui, rumah berfungsi sebagai tempat tinggal dan merupakan aset penting bagi si pemilik.

Keberadaan rumah yang memegang peranan penting rupanya juga tidak luput dari bahaya. Selain karena bencana alam, bahaya yang ditimbulkan bisa berupa tindakan pencurian, kebakaran bahkan penggusuran lahan. Oleh sebab itu, kita sebagai pemilik wajib memberikan proteksi dengan mendaftarkan asuransi rumah.
 
Sebagai salah satu jenis asuransi umum di Indonesia, produk perlindungan yang satu ini memang masih terdengar awam.  Namun dibalik itu, ada banyak manfaat yang ditawarkan dan pastinya akan menguntungkan Anda sebagai nasabah.
 
Program asuransi rumah sendiri memiliki dua pilihan jaminan. Program jaminan pertama yaitu berupa ganti rugi terhadap seluruh risiko kehilangan atau pencurian. Polis dengan manfaat yang semacam ini biasa disebut dengan Property All Risk.
 
Sedangkan untuk pilihan jaminan perlindungan yang kedua adalah PSAK. Dimana produk ini akan memberikan jaminan sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh AAUI (Asosiasi Asuransi Umum Indonesia).
  1. Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi umum yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pasalnya, banyak pemilik kendaraan yang sudah mendaftarkan ke jasa asuransi untuk memperoleh perlindungan. 

Asuransi kendaraan sendiri terbagi ke dalam beberapa bagian mulai dari asuransi mobil, kendaraan berat dan motor. Sedangkan untuk jenisnya ada tiga macam yaitu All Risk, Total Loss Only dan Campuran.
 
All Risk adalah jenis asuransi kendaraan dimana jaminan yang ditawarkan meliputi pertanggungjawaban atas kerusakan ringan dan berat. Sedangkan Total Loss Only, tanggungan yang akan di cover pada produk ini hanya kerusakan berat saja. Terakhir adalah Campuran yang merupakan gabungan dari program All Risk dan TLO.
  1. Asuransi Kesehatan

Kesehatan adalah hal tidak ternilai harganya. Dalam artian, siapapun yang sakit dan apapun jenis penyakitnya pasti membutuhkan biaya perawatan. Nah, selain terdapat asuransi kesehatan milik pemerintah, perusahaan swasta juga menawarkan jenis asuransi ini.

Tentunya dengan beragam pilihan dan macam rekanan rumah sakit lebih luas. Pasalnya beberapa jasa penyedia asuransi umum kesehatan ada yang menjalin mitra dengan rumah sakit di Luar Negeri. Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan budget sendiri-sendiri.
  1. Asuransi Jiwa

Selain asuransi kesehatan, jenis asuransi umum di Indonesia berikutnya adalah asuransi jiwa. Dilihat dari namanya tentu Anda bisa mengetahui proteksi apa yang ditawarkan dari jenis asuransi satu ini. Asuransi ini tidak hanya memberikan manfaat bagi terdaftar saja, melainkan juga terhadap keluarganya.

Pada dasarnya asuransi jiwa memberikan proteksi terhadap kondisi finansial yang mengalami kerugian. Penyebabnya tentu bisa dari hal-hal tidak terduga. Dengan memiliki asuransi ini, maka baik terdaftar ataupun keluarganya akan merasa lebih tenang.
  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi ini memberikan proteksi dana pendidikan bagi anak, apabila orang tua sudah tidak bisa membiayai. Dengan asuransi ini tentu menolong saat terjadi keterpurukan finansial oleh hal-hal tidak terduga.

Asuransi umum di Indonesia ini juga dapat dicairkan berdasarkan jenjang pendidikan anak. Biasanya asuransi ini dapat diberikan hingga anak memasuki usia 25 tahunan. Di Indonesia sendiri banyak pilihan asuransi pendidikan yang disediakan oleh perusahaan umum (BUMN) dan swasta.
  1. Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi ini mampu memberikan jaminan apabila Anda sedang melakukan perjalanan baik didalam negeri maupun luar negeri. Bahkan untuk yang sering bepergian ke luar negeri, sangat diwajibkan untuk memiliki asuransi perjalanan. Alasannya, karena ini termasuk ke dalam syarat untuk mendapatkan visa. 

Selain itu, Anda sebagai pendaftar asuransi perjalanan juga akan mendapatkan manfaat jangka pendek. Mengapa demikian? Karena jaminan yang diberikan adalah selama perjalanan Anda berangkat hingga kembali pulang bertemu keluarga tercinta.

  1. Asuransi Jaminan Hari Tua

Jenis asuransi umum di Indonesia selanjutnya adalah jaminan hari tua. Sesuai namanya tentu manfaat dari mengikuti asuransi ini adalah untuk kenyamanan hidup di hari tua. Tidak heran jika sebagian orang juga menyebutnya sebagai dana pensiun. Tujuan hadirnya asuransi ini tentu memberikan keamanan finansial di masa tua. Penyedia asuransi ini pun banyak  pilihannya di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu kerepotan dalam mencarinya.

  1. Asuransi Properti

Jenis asuransi ini dapat memberikan jaminan terhadap kerusakan dari propertI yang didaftarkan. Umumnya jenis properti yang bisa di ikut sertakan pada jenis asuransi ini seperti bangunan perkantoran dan rumah. Beda properti yang didaftarkan maka untuk ketentuannya pun juga tidak sama.

3 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, Ini Listnya

Ingin menggunakan produk asuransi namun ragu dengan kredibilitas perusahaannya? Tenang, di bawah ini ada tiga perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang sudah mendapatkan jaminan pelayanan, manfaat dan perizinan OJK. Berikut tiga diantaranya:

  1. PT Allianz

Perusahaan asuransi ini sudah cukup lama beroperasi di Indonesia. Berdasarkan informasi yang ada, PT Allianz Life Indonesia sudah terdaftar di OJK sejak tahun 1996. Jenis asuransi umum di Indonesia yang ditawarkan oleh perusahaan ini seperti kendaraan, bangunan, perjalanan, personal care dan TCI (Total Credit Insurance).

Produk asuransi kendaraan Allianz ini terbagi menjadi dua yaitu Automobile Liability dan Allianz Mobilku. Jika Anda mencari asuransi perjalanan yang banyak pilihannya maka bisa memilih Allianz. 

Pilihan asuransi perjalanan yang disediakan juga tidak hanya dua atau tiga melainkan ada empat pilihan. Anda bisa memilih mulai dari Travelpro, Annual Travel Pro, Group Travel Pro, dan AlliSya New TravelPro.

  1. PT MNC Life Assurance

Perusahaan asuransi umum yang berpusat di Jakarta ini memiliki beragam jenis produk asuransi. Produk yang ditawarkan yaitu asuransi pendidikan, kesehatan, jiwa, kecelakaan, dan investasi. Khusus untuk asuransi jiwa, perusahaan ini menawarkan lima macam jenis produk yaitu MNC Safe Pro, MNC Pro Pasti, Jiwa Sejahtera, Optima serta warisan keluarga. 

  1. PT Asuransi Jiwa Taspen

Berikutnya perusahaan asuransi yang telah terdaftar resmi di Indonesia adalah PT Asuransi Jiwa Taspen. Produk asuransi umum di Indonesia ini memiliki cukup banyak pilihan. Beberapa pilihannya seperti Tespen Hospital Cash Plan, Taspen Bright Life, Taspen Smart Save Proteksi Beasiswa, Dwiguna Sejahtera, Taspen Group Term Life, Personal Accident dan lain sebagainya.

Asuransi ini mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 2014 awal. Tentunya sudah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan dalam pelaksanaannya. Mudah menemukan anak cabang perusahaan asuransi ini yang tersebar di seluruh Indonesia. Setidaknya terdapat 54 kantor yang bisa Anda datangi dan melakukan pendaftaran.
Selain tiga perusahaan diatas, masih ada rekomendasi perusahaan asuransi lainnya yang kegunaan dan manfaatnya hampir sama. Berikut nama-nama dari perusahaan tersebut:
  1. AIA Financial
  2. Prudential
  3. Axa Mandiri
  4. BRI Life
  5. Cigna
  6. Ciputra Life
  7. Jiwasraya
  8. Manulife
  9. Prudential Syariah
  10. Zurich
  11. Astra Life
  12. Takaful Keluarga
  13. Generali

Memilih Asuransi Secara Tepat, Ikuti Tips Ini!

Memang banyak asuransi umum di Indonesia yang bisa Anda pilih. Namun, tentu tidak semua jenis asuransi ini akan Anda ikuti bukan? Karena beberapa asuransi tersebut biasanya untuk kepentingan bisnis. Nah, agar Anda tidak bingung saat memilih asuransi bisa menyimak tips di bawah ini.
  1. Kenali Perusahaan Asuransi

Pertama yang perlu diperhatikan adalah perusahaan asuransi. Banyak perusahaan asuransi umum di Indonesia dengan aneka produk. Nah, pastikan track record perusahaan tersebut bagus dan sudah mendapatkan izin resmi dari OJK. Dengan mendaftar asuransi di perusahaan yang legalitasnya jelas maka ini jauh lebih aman.

  1. Pilih Produk Berdasarkan Kebutuhan

Sesuai dengan penjelasan di atas, tentu bisa Anda ketahui bahwa banyak jenis produk asuransi. Nah, pastikan Anda memilih dari asuransi umum di Indonesia berdasarkan tingkat urgensinya. Dalam hal ini setiap orang tentu berbeda prioritasnya. 

Namun, penting bagi Anda salah satu yang perlu didahulukan adalah asuransi kesehatan. Selain itu pendidikan, asuransi jiwa dan kendaraan juga bisa menyusul di daftarkan.

  1. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Tidak kalah pentingnya dengan tips sebelumnya, dalam memilih asuransi Anda juga harus menyesuaikan dengan budget. Ini dikarenakan dengan memiliki asuransi berarti Anda harus siap dengan biaya bulanan. 

Jangan sampai Anda memilih produk asuransi umum yang mengganggu keadaan finansial. Akibatnya jika itu Anda lakukan maka hadirnya asuransi bukan memberikan rasa tenang, melainkan menjadi beban.

Sampai disini pembahasan tentang jenis asuransi umum yang ada di Indonesia. Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa asuransi dalam bentuk apapun penting untuk kita miliki. Namun sebelum menggunakannya, pastikan sudah menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita sebagai pemegang polis.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar