Translate

Asuransi Pendidikan, Solusi Raih Masa Depan Gemilang Anak Indonesia

 

Education Insurance, Solution to Achieve a Bright Future for Indonesian Children

Nirwana Tunggal
- Kian hari, biaya pendidikan untuk anak memang semakin mahal. Bayangkan saja, di kota besar seperti Jakarta, biaya  pendidikan untuk strata sekolah dasar sudah mencapai 50 juta sekali masuk.

Ini belum termasuk biaya tambahan seperti uang pangkal, kegiatan, buku dan lain-lain. Hingga jika di global, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai hampir ratusan juta.

Bagi sebagian orang, biaya tersebut memang terasa mencekik perekonomian. Padahal kita pasti ingin memberikan semua yang terbaik untuk anak khususnya dalam hal pendidikan.

Berkaca dari keadaan ini, bisa disimpulkan bahwa keberadaan asuransi pendidikan memang sangat dibutuhkan. Salah satu jenis perlindungan finansial ini seolah menjadi angin segar untuk kita yang kembang-kempis dalam hal membiayai anak sekolah.

Pertanyaannya, adakah perusahan asuransi pendidikan yang benar-benar memberikan apa yang kita butuhkan? Untuk menjawabnya, baca artikel di bawah ini hingga selesai!

Mengapa Asuransi Pendidikan Itu Penting?

Dari semakin mahalnya biaya pendidikan, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus asuransi pendidikan yang bisa dijadikan solusi? Apakah tabungan pendidikan saja tidak cukup untuk mengcover biaya pendidikan anak? Menjawab hal tersebut, berikut alasan mengapa asuransi pendidikan sangat dibutuhkan:

  1. Dana Pendidikan Jadi Lebih Teralokasi

Menabung untuk dana pendidikan memang tidak ada salahnya karena juga memiliki manfaat untuk masa depan. Namun perlu diingat, bahwa asuransi pendidikan tidak sama dengan kita setor uang ke bank untuk ditabungkan.

Anda yang mengikuti program ini, sudah pasti akan mendapatkan tanggungan dari semua biaya pendidikan anak ketika terjadi hal tidak diinginkan. Biaya yang dibayarkan oleh pihak asuransi pun tidak main-main karena bisa mengcover semua biaya pendidikan hingga perguruan tinggi.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan Anda yang menabung di Bank. Karena meskipun rutin, jumlah uang yang akan diambil sama nilainya dengan uang yang kita tabungkan. Dan ketika terjadi hal yang merugikan, Anda tidak akan mendapatkan klaim seperti saat mendaftarkan asuransi.

  1. Sebagai Sarana Investasi

Selain sebagai perlindungan biaya sekolah anak, Anda juga bisa memanfaatkan asuransi pendidikan sebagai sarana investasi. Terlebih saat ini banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan program investasi dengan keuntungan yang menggiurkan.

Untuk asuransi pendidikan dengan investasi ini biasanya adalah program bundling antara asuransi berjangka dan tabungan. Dimana setoran dana serta imbalan dari hasil investasi akan dialokasikan ke jaminan pendidikan anak.

  1. Memberikan Ketenangan Di Tengah Ketidakpastian

Dengan banyaknya manfaat dari asuransi pendidikan, akan memberikan ketenangan di tengah ketidakpastian masa depan. Karena kita sadar ada banyak hal tak terduga yang akan terjadi baik terkait kesehatan maupun pekerjaan.

Kita ambil contoh pada kasus Gala Sky yang merupakan anak dari pasangan selebritis Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Di usianya yang belum genap dua tahun, Gala menjadi yatim piatu lantaran kedua orang tuanya meninggal dalam insiden kecelakaan pada 2021 lalu.

Namun meskipun begitu, biaya kehidupan Gala mulai dari kesehatan hingga pendidikan sudah ditanggung oleh asuransi. Sehingga dari segi materi ia sudah mendapat jaminan hingga nanti usia dewasa.

Berkaca dari kejadian tersebut, dapat kita simpulkan bahwa jenis asuransi apapun itu sangat bermanfaat untuk kehidupan kita di masa depan. Sehingga tidak ada alasan untuk mengulur waktu atau enggan mendaftar produk asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Pendidikan

Secara umum asuransi pendidikan dibagi menjadi dua macam yaitu asuransi dwiguna dan unit link. Namun selain itu, ada juga jenis asuransi lain dari lembaga syariah yang biasanya berporos pada syariat Islam. Berikut penjelasannya:

  1. Asuransi Dwiguna

Asuransi dwiguna adalah produk perlindungan yang akan menjamin semua biaya pendidikan anak ketika orang tua sebagai pencari nafkah mengalami insiden hingga cacat total atau meninggal dunia.

Endowment atau asuransi dwiguna sebenarnya merupakan bundling dari tabungan dan jaminan pendidikan. Dimana Anda sebagai peserta asuransi wajib membayar premi bulanan dengan jangka waktu yang telah disepakati. 

  1. Asuransi Pendidikan Unit Link

Kedua ada asuransi unit link yang merupakan gabungan dari investasi dan asuransi jiwa. Dimana premi bulanan dari asuransi ini tidak hanya bermanfaat untuk pendidikan anak tetapi juga bisa digunakan sebagai sarana investasi.

Keuntungan dari investasi ini nantinya biasanya diberikan sesuai dengan jenjang pendidikan anak, misalnya SD, SMP maupun SMA. Meski terkesan menguntungkan, namun asuransi unit link juga sarat akan risiko jika tidak dijalankan dengan baik.

  1. Asuransi Pendidikan Syariah

Sebenarnya asuransi pendidikan syariah tak jauh beda dengan dua jenis asuransi sebelumnya. Letak perbedaannya hanya ada pada bentuk transaksi serta perjanjian yang dilakukan atas dasar syariat Islam.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Belakangan ini isu tentang penipuan berkedok asuransi memang cukup meresahkan. Akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab, banyak orang yang justru ragu untuk menggunakan berbagai produk asuransi salah satunya asuransi pendidikan. 

Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, mungkin perlu membaca beberapa tips memilih perusahaan asuransi pendidikan di bawah ini:

  1. Sudah terdaftar OJK
  2. Perusahan memiliki kredibilitas dan trade record yang baik
  3. Memberikan informasi yang jelas, detail dan transparan
  4. Menyediakan premi yang sesuai dengan keuangan kita
  5. Memiliki website resmi dan kantor resmi

Selain lima tips diatas, Anda juga harus memperhatikan hal lain yaitu tentang polis asuransi. Agar tidak salah pilih, sebaiknya periksa terkait ketentuan, hak dan kewajiban hingga risiko dari masing-masing polis asuransi. 

Pastikan juga bahwa tertanggung, uang pertanggungan, besaran premi, durasi asuransi, biaya dan instrumen lain dijelaskan secara transparan dan telah mendapatkan kesepakatan bersama. Hal ini berguna untuk menghindari kejadian tidak diinginkan di masa depan yang akhirnya merugikan Anda sebagai pemegang polis.

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia

Buat anak kok coba-coba adalah istilah universal yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan tak terkecuali memilih asuransi pendidikan. Alih-alih menjamin masa depan anak, kita justru mengalami kesusahan gara-gara memiliki asuransi pendidikan abal-abal.

Agar tidak salah pilih, berikut ada 5 rekomendasi perusahaan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi:

  1. Mandiri

Mandiri Sejahtera merupakan produk asuransi dwiguna yang berada dibawah naungan Bank Mandiri. Asuransi ini memiliki manfaat dan keuntungan untuk penggunanya seperti:

  • Bentuk perlindungan atas risiko cacat tetap maupun risiko penyakit kritis
  • Sebagai bentuk perlindungan terhadap biaya pendidikan mulai jenjang dasar hingga perguruan tinggi
  • Memberikan manfaat berupa pembebasan pembayaran premi terhadap nasabah dengan risiko cacat tetap ataupun penyakit kritis
  • Memberikan loyalty bonus dengan durasi seumur hidup mulai dari tahun ke-7 hingga pada usia 100 tahun

Cara Pembelian Asuransi Mandiri Sejahtera:

  • Kunjungi situs AXA Mandiri
  • Pilih menu Asuransi Kami>Proteksi Pendidikan>Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera
  • Isi data diri pada menu halaman produk
  • Tunggu hingga pihak perusahaan asuransi menghubungi Anda terkait pendaftaran
  1. Prudential

Selain asuransi kesehatan, Prudential juga memiliki produk asuransi pendidikan dengan nama PRUlink Edu Protection. Keunggulan dari PRULink Edu Protection ini ialah jumlah premi yang dibayarkan cukup ringan yaitu hanya Rp. 500.000/bulan.

Dari segi manfaat, PRULink Edu Protection akan memberikan perlindungan bagi anak dan orangtua dalam satu polis. Dimana manfaat ini bisa didapatkan hingga anak berusia 18-25 tahun.

Selain itu, PRULink Edu Protection juga memiliki durasi perlindungan hingga tertanggung meninggal dunia (dengan batas usia 99 tahun) dan catat permanen untuk usia kurang dari 70 tahun.

Cara Pembelian Asuransi PRULink Edu Protection:

  • Kunjungi situs resmi Prudential 
  • Pilih menu Produk
  • Tunggu hingga muncul menu dari berbagai produk asuransi lalu pilih Pendidikan
  • Setelah itu, pilih produk PRULink Edu Protection 
  • Klik Ingin tahu lebih lanjut jika sudah yakin dan membaca terkait detail produk
  • Pilih buat janji dengan Prudential Indonesia 
  • Isi data yang diperlukan
  • Klik submit dan tunggu hingga pihak asuransi menghubungi Anda
  1. Manulife

Ketiga ada Manulife yang menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Perusahaan ini memiliki produk asuransi pendidikan unit link dengan nama Manulife Education Protector. 

Karena jenisnya unit link, Anda tidak hanya mendapatkan jaminan pendidikan namun juga manfaat investasi. Produk-produk investasi yang bisa dipilih antara lain adalah Manulife Dana Pasar Uang, Manulife Ekuitas, Manulife Dana Ekuitas Syariah dan lain sebagainya.

Manulife Education Protector sendiri mempunyai masa pertanggungan yang berlaku hingga tertanggung berusia 70 tahun. Selain itu, premi yang dibayarkan juga terbilang ringan dengan jangka waktu mulai dari 5 hingga 10 tahun.

Dengan mengikuti program asuransi ini, Anda berhak mendapatkan dana pendidikan hingga 170%. Dana pendidikan tersebut nantinya akan diberikan sesuai dengan usia saat anak masuk sekolah.

Tak hanya itu, ketika orang tua selaku tertanggung mengalami cacat permanen atau tutup usia maka berhak mendapatkan tambahan polis hingga 100% dari target dana pendidikan. 

Cara Pembelian Asuransi Pendidikan Manulife Education Protector Online:

  • Kunjungi situs Manulife.co.id
  • Masuk ke halaman utama lalu pilih “Solusi” kemudian “Proteksi dan Investasi”
  • Setelah itu pilih “Manulife Education Protector Online”
  • Pilih produk sesuai kebutuhan Anda
  • Isi data diri untuk pengajuan asuransi
  • Ceklis kolom kecil untuk menyetujui lalu pilih “Kirim”
  • Tunggu hingga pihak asuransi menghubungi Anda
  1. Sequis

Edu Plus adalah salah satu produk asuransi milik Perusahaan Sequis yang bekerja sama dengan Bank BRI. Komitmen dari perusahaan ini ialah memberikan proteksi berupa dana pendidikan serta jaminan keselamatan jiwa. Dimana Anda hanya dibebankan untuk membayar premi hingga 10 tahun namun bisa menikmati manfaat asuransi hingga 16 tahun.

Tak jauh beda dengan sebelumnya, Edu Plus bakal memberikan dana pertanggungan hingga 150% jika tertanggung meninggal dunia namun bukan disebabkan oleh kecelakaan. Sedangkan jika tertanggung meninggal akibat kecelakaan, maka dana yang diberikan bisa mencapai 200%.

Cara Pembelian Asuransi Pendidikan Sequis Life:

  • Kunjungi situs resminya di Sequis Life
  • Masuk ke mobile menu lalu pilih menu Asuransi Jiwa
  • Tunggu hingga muncul menu Solusi Kumpulan dan Solusi Individu
  • Pilih Solusi Individu lalu pilih Asuransi Pendidikan
  • Pilih Edu Plus
  • Baca detail produk yang akan dipilih lalu klik Hubungi Kami
  • Isi data diri pada halaman lembar agensi
  • Tunggu hingga perusahaan menghubungi Anda
  1. BCA 

Terakhir ada BCA yang juga memiliki produk asuransi pendidikan dengan nama EduPlan atau Proteksi Edukasi Maksima. EduPlan merupakan layanan perlindungan dwiguna yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Hongkong.

Karena jenisnya dwiguna, produk asuransi ini memiliki manfaat yaitu membantu para orang tua dalam hal mempersiapkan biaya pendidikan anak. Untuk premi yang dibayarkan bervariasi mulai dari 3 tahun, 10 tahun hingga 15 tahun.

Dengan memilih produk asuransi EduPlan, nasabah berkesempatan untuk mendapatkan jaminan pendidikan hingga 200%. Dan jika pemegang polis mengalami cacat permanen atau meninggal, maka pihak tertanggung akan diberikan kebebasan dalam hal pembayaran premi.

Bukan hanya itu saja, jika nasabah masih hidup hingga masa polis berakhir, maka ia berhak mendapatkan manfaat akhir polis, bonus akhir polis dan juga bonus tahunan. Jika Anda tertarik, maka bisa membeli produk EduPlan dengan cara berikut ini:

  • Silakan datang ke kantor BCA cabang terdekat di Kota Anda
  • Anda juga bisa menghubungi customer care di 021 3000 1980 atau 1500980
  • Atau bisa menghubungi di aplikasi Welma pada fitur Leave Contact Asuransi

Cara Mendaftar Asuransi Pendidikan

Sudah mantap untuk menggunakan asuransi pendidikan untuk anak? Jika iya, kini saatnya Anda mendaftar dengan mengikuti prosedur berikut ini:

  1. Tentukan jenis asuransi pendidikan yang sesuai dengan keadaan finansial
  2. Daftar melalui website resmi atau datang langsung ke kantor asuransi yang dipilih 
  3. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan
  4. Tunggu hingga perusahan melakukan survei data
  5. Jika pengajuan disetujui maka Anda akan mendapatkan polis asuransi dan menyepakati membayar premi bulanan.

Panduan Klaim Asuransi Pendidikan

Bagaimana cara klaim asuransi pendidikan? Tak jauh beda dengan asuransi lain, Anda akan melewati beberapa prosedur yaitu:

  1. Menghubungi perusahaan terkait pengajuan klaim
  2. Mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan
  3. Datang ke kantor asuransi  untuk pengajuan klaim
  4. Perusahaan akan menerima berkas lalu melakukan survei
  5. Jika disetujui, diteruskan Anda akan diberikan waktu untuk pencairan klaim
  6. Peserta menerima klaim asuransi

Sampai disini pembahasan terkait rekomendasi perusahaan yang melayani produk asuransi pendidikan. Tak hanya tentang perusahaan saja, Anda juga mendapatkan edukasi terkait manfaat, jenis hingga cara memilih produk asuransi pendidikan yang tepat. 

Nah, sekarang apakah sudah semakin yakin untuk menjadikan asuransi pendidikan sebagai bentuk perlindungan untuk masa depan anak? Tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga:

Posting Komentar