Translate

Seberapa Penting Asuransi Bisnis Bagi Perusahaan? Ini Penjelasannya

Seberapa Penting Asuransi Bisnis Bagi Perusahaan? Inilah Penjelasannya

Nirwana Tunggal
- Pentingnya asuransi bagi perusahaan mungkin menjadi hal yang jarang didengar khususnya oleh orang awam. Sebab kebanyakan mereka hanya memahami tentang asuransi dasar namun tidak dengan asuransi bisnis untuk perusahaan. 

Sesuai dengan namanya, asuransi bisnis atau perusahaan merupakan salah satu produk perlindungan atas risiko yang ditimbulkan dari sebuah bisnis. Risiko ini dapat berupa kerugian, kerusakan, kehilangan keuntungan hingga biaya yang timbul nantinya.

Risiko lain juga dapat berasal dari tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin saja diderita oleh tertanggung. Tertanggung di sini adalah pemegang polis asuransi dimana risiko sendiri adalah terjadinya suatu peristiwa yang tidak dikehendaki atau diinginkan. 

Manfaat Asuransi Bagi Perusahaan atau Bisnis

Ada lima manfaat asuransi bagi perusahaan yang perlu pelaku bisnis ketahui. Manfaat tersebut antara lain adalah:
  1. Menggantikan Kerugian Perusahaan

Pada kenyataannya tidak ada sebuah bisnis atau perusahaan lepas dari masalah atau risiko. Namun risiko ini bisa berbeda tergantung besar kecilnya bisnis atau faktor yang mempengaruhinya. Sehingga sebagai seorang pebisnis, harus selalu siap menanggung dampak yang akan ditimbulkan dari berbagai risiko tersebut. 

Kesiapan sikap atas risiko tersebut bisa diwujudkan dengan mendaftar asuransi bisnis dan perusahaan. Jadi, jika di kemudian hari perusahaan Anda mengalami kerugian maka pengaruhnya tidak akan terlalu besar. Selain itu, produk asuransi bisnis juga bermanfaat sebagai langkah antisipasi agar proses bisnis tetap bisa berjalan meskipun tengah menghadapi sebuah masalah atau risiko.

  1. Perlindungan Aset Perusahaan

Bagi seorang pengusaha yang bergerak di bidang transportasi maupun properti, maka dapat mempertimbangkan menggunakan asuransi bisnis. Sebab, produk asuransi ini dapat digunakan untuk melindungi aset perusahaan dari peristiwa tak terduga di masa depan. Dimana peristiwa tersebut bisa berupa kebakaran, bencana alam, pencurian aset hingga kecelakaan kerja.

  1. Menjadikan Pebisnis Lebih Berani Dalam Menjalankan Bisnisnya

Sebagai pelaku usaha, kita pasti menginginkan adanya pertumbuhan yang signifikan dalam sebuah bisnis. Namun untuk mencapai hal tersebut, risiko yang bakal kita tanggung juga akan semakin besar. 

Sebagai contoh, Anda adalah pebisnis yang ingin melakukan ekspansi dengan membuka cabang perusahaan di beberapa daerah. Karena merupakan cabang baru, pasti ada kekhawatiran akan berhasil dan tidaknya ekspansi tersebut.
 
Akan tetapi, kekhawatiran tersebut dapat diminimalisir bila pebisnis lebih dulu mendaftarkan usahanya ke produk asuransi bisnis. Karena sudah tercover, semua bentuk kerugian atas ekspansi tidak terlalu mengganggu pikiran Anda. Selain itu, Anda juga lebih memiliki keberanian untuk memaksimalkan pergerakan bisnis ke arah lebih baik. 
  1. Memiliki Jaminan Pengiriman Barang

Asuransi bisnis tidak hanya berfokus pada usaha offline namun juga sudah merambah ke bisnis online. Dalam menjalankan bisnis daring ini, pengiriman hal penentu kesuksesan sebuah usaha. 

Jika proses pengiriman barang ke pembeli kerap mengalami kendala, maka ini akan sangat berdampak pada kredibilitas pada usaha Anda. Selain mendapat respon buruk dari pelanggan, buruknya pelayanan tersebut tentunya akan berakibat pada menurunnya penjualan dalam bisnis Anda.
 
Untuk menghindari hal tersebut, maka harus ada siasat bisnis yang dilakukan yaitu menggunakan asuransi bisnis. Dengan asuransi bisnis, produk yang akan dikirimkan ke customer sudah mendapatkan perlindungan atas risiko barang hilang, kerusakan dan lain-lain. 
  1. Menjadi Sebuah Fondasi yang Kuat Untuk Sebuah Bisnis

Dengan mendaftarkan bisnis ke produk asuransi, secara otomatis Anda sudah membangun sebuah fondasi yang kuat. Dengan asuransi ini, segala risiko bisnis sudah bisa diantisipasi sehingga bisa melakukan berbagai inovasi dalam bisnis.

Risiko yang Ditanggung Dalam Asuransi Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi bisnis hadir untuk menjamin berbagai risiko yang terjadi dalam sebuah bisnis. Risiko tersebut bisa berupa:

  • Kerugian akibat mogok kerja
  • Kerugian akibat bencana alam
  • Kerugian akibat kecelakaan kerja 
  • Kerugian akibat kebakaran
  • Kerugian akibat tindakan pencurian

Jenis-jenis Asuransi Bisnis Untuk Perusahaan

Setelah mengetahui beberapa manfaat pentingnya asuransi bisnis bagi perusahaan maka Anda juga harus tahu apa saja jenis dari produk asuransi yang satu ini. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis asuransi bisnis yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan, berikut adalah beberapa jenis asuransi bisnis secara umum:

  1. Asuransi Properti

Jenis asuransi ini berlaku untuk properti seperti tempat usaha baik itu milik sendiri maupun sewa. Selain itu asuransi properti juga mencakup aset seperti peralatan, kendaraan kantor, barang berharga kantor dan sebagainya.

Dengan begitu tempat usaha dan aset bisnis Anda akan tercover bila mengalami kerusakan atau kehilangan akibat bencana alam, pencurian hingga kebakaran. Namun umumnya untuk perlindungan dari bencana maka perusahaan asuransi akan meninjau lokasi perusahaan terlebih dahulu.

  1. Asuransi Tanggung Jawab Hukum Terhadap Publik

Jenis asuransi ini dapat digunakan pelaku usaha yang memproduksi barang atau produk untuk dijual ke pasar umum. Manfaat dari asuransi ini adalah untuk melindungi bisnis perusahaan dari tuntutan pihak ketiga bila terjadi kecelakaan maupun kerugian terhadap orang lain.

Sebagai contoh, Anda mempunyai bisnis produksi frozen food yang dijual bebas ke berbagai supermarket atau pasar tradisional. Suatu hari, ada konsumen yang mengalami sakit atau keracunan karena mengkonsumsi produk yang Anda jual.
 
Konsumen tersebut lalu menuntut perusahaan Anda karena dianggap lalai dalam menjaga kualitas produk. Buntut dari tuntutan tersebut, perusahaan Anda mungkin akan rugi besar hingga mengalami krisis kepercayaan.
 
Namun karena sudah mendaftarkan ke asuransi tanggung jawab hukum terhadap publik, maka biaya tuntutan akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak asuransi. Selain itu, citra perusahaan Anda juga akan diselamatkan dengan memberikan jaminan atas risiko yang ditimbulkan.
  1. Asuransi Kompensasi Pekerja

Produk asuransi ini akan melindungi karyawan pada suatu perusahaan dalam hal tunjangan perawatan medis, kecacatan hingga kematian karena risiko pekerjaan. Dengan memiliki asuransi ini maka berbagai biaya untuk kompensasi tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi.

  1. Asuransi Gangguan Bisnis

Terakhir ada asuransi gangguan bisnis yang hadir untuk melindungi perusahaan dari kerugian akibat bencana. Bila sewaktu-waktu terjadi bencana, operasional bisnis perusahaan otomatis akan sangat terganggu.

Jika sistem operasional terganggu, maka perusahaan juga dapat kehilangan pemasukan karena tidak mampunya staf atau pekerja untuk bekerja di kantor. Namun jika Anda sudah mendapatkan bisnis ke jenis asuransi ini, maka segala risiko atau kerugian dapat ditanggulangi dan laju perusahaan pun tetap dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:

Contoh Asuransi Bisnis di Indonesia

Dari sedikit pembahas diatas tentu kita telah tahu seberapa pentingnya asuransi bagi perusahaan bila Anda seorang pebisnis. Lantas bila Anda ingin menggunakan produk asuransi ini, berikut adalah beberapa rekomendasinya di Indonesia:

  1. Adira Insurance

Pertama ada Adira Insurance yang menawarkan beberapa produk asuransi untuk perusahaan atau bisnis. Contohnya adalah asuransi harta benda yang dapat melindungi aset perusahaan seperti bangunan, gedung, mesin, stok barang, kendaraan kantor, dll.

Anda juga dapat memilih Asuransi Kesehatan Medicillin untuk karyawan atau pekerja. Ada juga Asuransi Corporate Travel sebagai bentuk perlindungan menyeluruh bagi karyawan yang sedang dalam perjalanan bisnis.

  1. Allianz Indonesia

Allianz juga menawarkan produk asuransi bisnis bernama Allianz UsahaKu. Manfaat utama dari asuransi ini adalah memberi perlindungan untuk pengembangan bisnis sejak awal dari berbagai risiko musibah seperti kebakaran hingga bencana alam. Tak hanya itu, produk asuransi ini juga memberikan jaminan ganti rugi atas kerusakan akibat kerusuhan, terorisme, pemogokan, huru-hara dan lain sebagainya. 

Dengan proteksi ini, lajur perusahaan sudah pasti dapat berjalan lebih lancar dan teratur. Sebab semua kemungkinan risiko telah diantisipasi termasuk dalam antisipasi terhadap cash flow bisnis. Cash flow yang sehat tentunya menjadi hal yang harus dijaga dalam bisnis, dan hal ini bisa kita amankan dengan menggunakan asuransi bisnis.

  1. Avrist Property All Risk

Keempat ada Avrist Property All Risk yang memberikan pertanggungan dari berbagai jenis bangunan seperti pabrik, kantor dan rumah usaha. Dengan produk asuransi ini, tempat usaha Anda akan mendapatkan ganti rugi jika terkena dampak bencana alam hingga kerusuhan. 

  1. ACA Asuransi Semua Risiko Properti atau Industri

Sama seperti sebelumnya, asuransi ini juga memiliki manfaat untuk melindungi gedung atau tempat usaha Anda. Cara kerja dari asuransi ACA adalah memberikan upaya ganti rugi atas risiko kerusakan properti atau aset akibat bencana alam, kebakaran, ledakan dan lain sebagainya. Tak hanya itu, asuransi ini juga memiliki manfaat lain yaitu memberikan pertanggungjawaban hukum dari gugatan pihak ketiga.

  1. Askrindo Asuransi Tanggung Gugat

Jenis asuransi ini sangat dikhususkan untuk pelaku bisnis perhotelan, rumah sakit maupun pusat perbelanjaan. Selain bentuk bangunan, Askrindo Asuransi Tanggung Gugat juga bermanfaat untuk melindungi seseorang dengan berbagai profesi seperti pengacara, arsitek, dokter dan direktur.

Askrindo Asuransi Tanggung Gugat juga memiliki cakupan perlindungan lain yaitu Public Liability, Professional Indemnity, Asuransi Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara hingga Directors and officers (D&O) Liability.
 
Ketimbang jenis asuransi sebelumnya, Askrindo Asuransi Tanggung Gugat terbilang memiliki manfaat jauh lebih lengkap. Karena selain yang disebutkan diatas, Anda juga masih akan mendapatkan manfaat lain mulai dari tuntutan atas kerugian keuangan, kehilangan keuntungan, penggantian biaya pendampingan pengadilan hingga penggantian biaya perkara. 
  1. Tugu Pratama Product Liability Insurance

Sama seperti sebelumnya, Tugu Pratama Product Liability Insurance adalah asuransi tanggung gugat yang khusus untuk bidang usaha ritel, manufaktur dan distribusi. Manfaat dari asuransi ini adalah memberikan perlindungan atas risiko dari tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Dimana perlindungan atas risiko ini bisa disebabkan oleh cedera fisik, kerusakan harta benda lantaran produk yang dibuat atau diproduksi oleh tertanggung.

Cara Mendaftar Asuransi Bisnis

Bagaimana, sudah yakin untuk memproteksikan usaha Anda dengan menggunakan produk asuransi bisnis? Jika iya, segera lakukan pendaftaran dengan mengikuti beberapa prosedur pendaftaran di bawah ini:

  • Datang ke agen asuransi bisnis terdekat dikota Anda jika ingin melakukan pendaftaran secara offline

  • Siapkan dokumen untuk persyaratan pendaftaran sesuai dengan permintaan perusahaan

  • Jika berkas sudah lengkap, perusahaan akan melakukan audit terkait lolos dan tidaknya pengajuan Anda

  • Jika sudah sesuai, perusahaan akan memberikan polis asuransi untuk Anda pelajari

  • Lalu jika Anda setuju dengan ketentuan polis, maka bisa langsung melakukan pembelian dan mulai membayar premi pertama.

Itulah pembahasan mengenai asuransi bisnis mulai dari pengertiannya, jenis-jenis hingga rekomendasi perusahaan. Dari sini kita tentu akan lebih memahami tentang pentingnya asuransi bisnis bagi perusahaan. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di masa mendatang, kita akan jauh lebih siap karena semua kerugian sudah bisa diatasi oleh perusahaan asuransi.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar