Translate

Apakah Buah Nanas Sebabkan Keguguran? Berikut Faktanya!

Does Pineapple Cause Miscarriage?

Nirwana Tunggal
- Apakah buah nanas bisa menyebabkan keguguran? Anda tentu sering mendengar mitos bahwa nanas bisa sebabkan keguguran pada ibu hamil, khususnya trimester pertama.

Meski sering dianggap mitos, namun faktanya hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Sebab diketahui buah nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang mampu memecah protein di dalam tubuh.

Lalu apakah enzim bromelain berbahaya pada kehamilan? Diketahui bahwa enzim bromelain berbahaya bagi kehamilan terutama saat janin masih di trimester awal. Janin yang berusia di trimester awal masih berupa sekumpulan sel protein sederhana sehingga belum cukup kuat.

Jadi, saat ibu hamil konsumsi buah nanas atau enzim bromelain bisa meningkatkan risiko terjadinya pendarahan atau keguguran. Tak hanya itu, enzim bromelain juga dapat merangsang bagian leher rahim sehingga lebih lunak dan longgar. Kondisi tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya persalinan dini.

Kehamilan dan Buah Nanas

Dari pernyataan sebelumnya bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa enzim bromelain berpengaruh pada ibu hamil, terutama saat kehamilan masih berusia pada trimester awal.

Khusus untuk kondisi ibu hamil konsumsi enzim bromelain dalam bentuk tablet atau kapsul sangat tidak dianjurkan. Sebab, hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya pendarahan abnormal, kontraksi dini, dan risiko terjadinya keguguran.
 
Namun, ibu hamil masih bisa atau boleh untuk konsumsi enzim bromelain pada buah nanas segar dengan catatan usia kehamilan sudah mumpuni dan kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat.

Kandungan enzim bromelain pada satu buah nanas segar tidak lebih banyak dari kandungan enzim bromelain dalam bentuk tablet atau kapsul. Sehingga tingkat risiko ibu hamil mengalami keguguran lebih kecil.

Selain itu, enzim bromelain pada buah nanas sebagian besar akan rusak saat diolah menjadi jus. Hal ini menyebabkan dalam satu buah nanas yang di jus hanya memiliki enzim bromelain sekitar 16 miligram. Sehingga dengan jumlah tersebut, ibu hamil masih bisa mengkonsumsi jus buah nanas dengan aman.

Buah nanas berbahaya bagi ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah banyak yaitu sekitar 7 hingga 10 buah nanas. Tentu dengan jumlah tersebut ibu hamil akan mengalami tingkat risiko keguguran lebih tinggi. 

Kondisi Ibu Hamil Tidak Boleh Konsumsi Buah Nanas

Sebelum memutuskan untuk konsumsi buah nanas, kondisi ibu hamil juga perlu mendapatkan perhatian khusus. Meski sebelumnya telah dijelaskan bahwa ibu hamil boleh konsumsi buah nanas dalam jumlah yang cukup atau kecil.

Namun beberapa kondisi khusus mewajibkan ibu hamil untuk mengurangi atau bahkan tidak boleh konsumsi buah nanas sama sekali, berikut diantaranya:

  • Ibu Hamil Memiliki Riwayat Asam Lambung

Apakah buah nanas mengakibatkan asam lambung? Sebagai salah satu buah tropis dengan rasa asam yang menyegarkan, ibu hamil dengan riwayat asam lambung tinggi harus waspada sebelum mengkonsumsi buah nanas. Sebab, penyakit asam lambung sangat sensitif dengan rasa asam yang segar.

Rasa asam yang ada di buah nanas dapat menjadi pemicu refluks asam lambung, hingga mengakibatkan diare. Ibu hamil dengan riwayat asam lambung sangat tidak disarankan untuk konsumsi buah nanas, apalagi dalam bentuk jus buah nanas segar.

  • Ibu Hamil Memiliki Diabetes Gestasional

Apakah aman konsumsi jus nanas bagi ibu hamil yang memiliki diabetes gestasional? Jus nanas termasuk salah satu sumber gula alami dengan konsentrasi tinggi. Sehingga ibu hamil dengan riwayat diabetes gestasional tidak direkomendasikan untuk konsumsi jus nanas.

Sebab, saat konsumsi jus nanas dalam satu waktu dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh dengan cepat. Sehingga bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tersebut sebaiknya mengurangi atau coba beralih untuk mengkonsumsi jus buah lainnya.

  • Ibu Hamil Alergi Buah Nanas

Kondisi yang satu ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada ibu hamil, bagi siapa saja yang memiliki alergi terhadap buah nanas juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah tersebut.

Biasanya gejala alergi buah nanas, akan muncul setelah mengkonsumsi buah tersebut sekitar 2-5 menit setelahnya. Ciri-ciri alergi buah nanas, antara lain sebagai berikut:

  • Kulit mengalami gatal hingga bagian mulut

  • Adanya perubahan warna kulit setelah konsumsi buah nanas

  • Mengalami gangguan pernapasan misalkan asma

  • Gatal di area hidung

  • Perut panas hingga diare

Jika Anda mengalami gejala atau ciri-ciri tersebut, maka segera periksa ke dokter terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Manfaat Konsumsi Buah Nanas Bagi Ibu Hamil

Meski menimbulkan risiko saat dikonsumsi ibu hamil dalam kondisi tertentu. Buah nanas juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, termasuk ibu hamil. Berikut manfaat buah nanas bagi kesehatan ibu hamil:

  1. Kekebalan Tubuh

Menurut beberapa penelitian membuktikan bahwa satu potong buah nanas mengandung vitamin C lebih dari 21 mg yang bermanfaat untuk produksi kolagen di dalam tubuh.

Produksi kolagen dalam tubuh ibu hamil bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan kulit dan tulang bayi. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama dalam masa kehamilan.
 
Sesuai angka kecukupan gizi, umumnya ibu hamil membutuhkan sekitar 85 mg asupan vitamin C dalam sehari.
  1. Mencegah Sembelit

Salah satu penyebab sembelit saat hamil adalah terjadinya perubahan hormon, kondisi rahim yang membesar, serta pola makan. Untuk mencegah sembelit, maka ibu hamil bisa mengkonsumsi buah nanas.

Buah nanas dikenal kaya akan serat sehingga efektif untuk mencegah atau mengatasi gejala sembelit. Kandungan enzim bromelain pada buah nanas bermanfaat untuk membantu pencernaan agar lebih lancar.

Buah Nanas juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Seperti, vitamin A dan B6, kalium, folat, besi, niacin, magnesium, thiamin, riboflavin, asam pantotenat, dan mangan.

  1. Mengurangi Peradangan Usus Besar

Manfaat lain konsumsi buah nanas bagi ibu hamil yaitu dapat membantu mengurangi peradangan usus besar, karena adanya enzim bromelain.

Dari banyaknya pertanyaan apakah buah nanas sebabkan keguguran? Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa buah nanas tidak dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi dalam kondisi dan jumlah yang tepat untuk ibu hamil.

Jadi bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi buah nanas, sangat diperbolehkan asalkan dalam jumlah atau porsi yang kecil serta kondisi kandungan dan tubuh dalam keadaan sehat.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar