Translate

Kenali Apa Itu Baby Blues dan Cara Mengatasinya Dengan Tepat

Nirwana Tunggal - Banyak orang yang mungkin baru mendengar istilah baby blues, khususnya bagi ibu baru atau yang belum menikah. Serta bertanya-tanya apa itu sih sebenarnya baby blues syndrome. Baby blues adalah perasaan sedih bagi ibu yang baru melahirkan. Biasanya terjadi pada hari ke-2 atau 3 pasca persalinan.

Jika tidak ditangani secara tepat, hal itu akan berdampak serius. Bahkan bisa membuat sang ibu menjadi depresi akut dan ingin melihat, menyentuh, hingga melukai sang anak. Bahkan juga bisa mengancam keselamatan sang ibu itu sendiri.

Pada artikel ini, kita akan membahas pengertian secara lengkap terkait sindrom tersebut dan akan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu Baby Blues?


Ilustrasi apa itu baby blues. Sumber (istockphoto).

Baby blues adalah kondisi psikologis yang umum dialami oleh ibu setelah melahirkan. Kondisi ini menyebabkan ibu menjadi lebih emosional dan sensitif, seperti mudah sedih, cemas, lelah, lekas marah, sering menangis, kurang nafsu makan, sulit tidur, dan sulit konsentrasi.

Baby blues biasanya menyerang dalam beberapa hari setelah melahirkan dan biasanya hilang dalam 10 hari setelah melahirkan. Meski begitu, gejala baby blues juga sering mempersulit ibu untuk menyusui, bahkan merawat bayi.

Penyebab pasti dari baby blues ini tidak diketahui. Namun, kondisi ini nampaknya berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dan terjadi lagi setelah bayi lahir. Setelah lahir, tubuh ibu mengalami fluktuasi hormonal yang ekstrim untuk membantu memulihkan dan merawat bayi, menyusutkan rahim kembali ke ukuran normal dan meningkatkan laktasi.

Perubahan hormonal ini dapat memengaruhi kondisi pikiran ibu pasca melahirkan. Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalami gejala-gejala ini, sangat penting untuk mencari bantuan medis.

Meskipun baby blues biasanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya, gejalanya bisa sangat mengganggu dan dalam beberapa kasus bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih serius seperti depresi, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Baby Blues Dengan Tepat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baby blues:

1. Berikan waktu untuk diri sendiri.

Jangan membebani diri kamu untuk mengerjakan segalanya sendiri dan kerjakan apa yang sanggup kamu kerjakan.

2. Cukupi waktu tidur

Pastikan waktu tidur kamu tercukupi dengan baik. Manfaatkan waktu tidur Si Kecil untuk juga melakukan istirahat. Istirahat dan tidur saat bayi tidur Ini bisa membantu Anda merasa lebih segar dan berenergi

3. Konsumsi makanan bernutrisi

Konsumsi makanan bernutrisi, kamu bisa perbanyak makan sayuran, buah, dan daging secara seimbang. Makanan sehat juga dapat membantu tubuh kamu pulih dari melahirkan dan memberi kamu energi yang dibutuhkan untuk merawat bayi.

Olahraga secara rutin juga bisa mengatasi baby blues, kamu disarankan untuk berolahraga secara rutin meski dalam waktu sebentar. Olahraga sebagai bagian dari rutinitas normal Anda Olahraga dapat membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur Anda.

4. Minta bantuan pada keluarga

Jika kamu merasa kewalahan, baik saat mengurus Si Kecil atau pekerjaan rumah, jangan sungkan untuk meminta bantuan pasangan atau orang-orang terdekat.

Demikianlah penjelasan mengenai baby blues dan cara mengatasinya dengan tepat. Jika gejala-gejala ini berlanjut atau memburuk, segera untuk mencari bantuan medis. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Posting Komentar