Translate

Kehilangan Ide Menulis? Kenali Apa Itu Writer's Block dan Solusinya

Nirwana Tunggal - Menjadi seorang penulis merupakan sebuah profesi yang cukup berat, karena setiap harinya mereka dituntut untuk selalu kreatif dan menciptakan ide-ide baru.

Setiap penulis pasti pernah mengalami saat-saat sulit dimana mereka tidak sanggup melanjutkan ide tulisan atau yang dikenal sebagai writer's block. Bagi Anda yang pernah mengalami hal ini, mari mengenal apa itu writer's block dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa itu Writer’s Block?


Ilustrasi writer's block
sumber: Unplash

Writers’s block merupakan istilah yang populer di dunia kepenulisan. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika seorang penulis mengalami kebuntuan atau kesulitan dalam menghasilkan tulisan baru, baik itu penulis artikel, novel, cerpen dan lain sebagainya.

Writer’s block dapat disebabkan oleh beberapa faktor tertentu, seperti kurangnya inspirasi, kelelahan mental atau tekanan untuk menghasilkan karya yang sempurna.

Writer’s block layaknya seperti tembok tak terlihat yang tiba-tiba muncul dan menghentikan aliran kata-kata dan ide penulis. Pada saat writer’s block ini terjadi, penulis akan merasa terjebak dan kehabisan bahan bakar kreatifnya.

Cara Mengatasi Writer’s block

Writer's block merupakan bagian alami dari proses kreatif dan hampir terjadi pada setiap penulis. Jadi Anda tidak perlu malu jika hal ini terjadi pada Anda. Setiap penulis yang mengalami writer’s block pastinya harus mencari cara bagaimana caranya agar hal ini tidak terjadi lagi.

Mengembalikan ide pada saat writer's block terjadi dalam waktu singkat bukanlah hal yang mudah, Jika Anda pernah atau sedang dalam fase writer’s block, berikut ini tips-tips yang dapat Anda lakukan.

Rutin Menulis Setiap Hari

Menjaga kreativitas layaknya seperti berolahraga, semakin sering Anda melakukannya, maka semakin baik dan semakin terbiasa. Latihan yang tadinya terasa berat akan menjadi ringan jika dilakukan secara konsisten. Menulis diibaratkan seperti berolahraga, semakin rutin dilakukan maka semakin baik.

Jadi, hal untuk menghindari writer’s block hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu menulis secara rutin dan konsisten. Luangkan waktu Anda setiap hari untuk menulis, tidak perlu panjang atau banyak, cukup beberapa paragraf atau beberapa kalimat saja tidak menjadi masalah.

Aktivitas menulis secara konsisten setiap hari dapat melatih otak untuk tetap fokus dan membuat ide tulisan mengalir .

Buat Outline Sebelum Menulis

Langkah selanjutnya untuk menghindari writer’s block adalah dengan membuat outline sebelum menulis. Outline berguna untuk memberikan gambaran apa saja yang akan Anda masukkan ke dalam tulisan. Outline ini akan berguna saat Anda merasa buntu.

Pada saat membuat outline, Anda bukan hanya membuat gambaran apa saja yang dimasukkan ke dalam tulisan, namun juga rencanakan struktur tulisan Anda sebelumnya, membuat struktur tulisan akan membantu Anda tetap fokus pada tujuan penulisan.

Jika Anda punya waktu luang, Anda juga dapat membuat planner apa saja yang akan Anda tulis selama beberapa waktu ke depan. Membuat planner dapat membantu para penulis untuk tetap berkarya tanpa takut kehilangan ide secara tiba-tiba.

Jangan Takut Salah

Beberapa orang berhenti menulis karena takut salah atau tulisan mereka tidak menarik untuk dibaca. Cobalah untuk mengambil risiko dan tulis apa saja yang ingin Anda tulis, keluarkan semua ide dalam bentuk tulisan. Biarkan kata-kata mengalir tanpa hambatan saat menulis draf pertama.

Jangan terlalu khawatir tentang kesalahan atau ketidaksempurnaan. Jika memang tulisan tersebut belum sempurna, Anda dapat melakukan pengeditan nanti setelah ide-ide telah tertuang dengan baik.

Eksplorasi Ide dari Sumber Lain

Beberapa penulis mengalami writer’s block karena kehabisan ide. Untuk mengatasi hal ini penulis tersebut tidak perlu malu untuk melakukan ekplorasi dari sumber lain karena kita tidak tahu ide bisa berasal darimana saja.

Luangkanlah waktu untuk mencari ide dari sumber lain seperti membaca buku, tinjau artikel atau menonton film untuk mendapatkan inspirasi. Ide-ide seringkali muncul dengan cara yang tidak terduga. Jika ide tersebut sudah muncul, jangan lupa untuk mencatat atau membuat outline.

Pilih Tempat yang Inspiratif

Lingkungan tempat Anda menulis dapat memengaruhi kreativitas Anda. Lingkungan yang kurang mendukung dapat mempengaruhi ide atau cara berpikir Anda.

Jika Anda sedang terjebak dalam writer’s block, disarankan agar mencari tempat yang menenangkan dan menginspirasi, baik itu di taman, kafe yang ramai, atau ruang kerja yang rapi. Perubahan suasana dapat merangsang imajinasi dan memunculkan ide-ide baru.

Beristirahat

Seperti yang telah dijelaskan di awal, salah satu penyebab writers block yaitu mengalami kelelahan mental karena teru-menerus di tuntut untuk menciptakan ide baru. Jika Anda merasakan hal ini, cobalah untuk beristirahat sebentar untuk menenangkan pikiran.

Jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu memaksakan untuk mencari ide baru karena biasanya hal tersbeut akan sia-sia. Anda bisa beristirahat dari kegiatan menulis dengan berjalan-jalan, minum kopi, atau lakukan kegiatan fisik ringan.

Kadang-kadang, ide segar muncul ketika Anda memberi otak Anda kesempatan untuk beristirahat. Namun perlu diingat, jangan beristirahat terlalu lama, karena istirahat yang terlalu lama dari kegiatan menulis juga membuat otak menjadi buntu.

Belajar Dengan Penulis Lain

Setiap penulis pasti memiliki ciri khas masing-masing dalam berkarya, jika Anda mengalami writer’s block cobalah untuk berdiskusi dengan sesama penulis. Berdiskusi dengan sesama penulis diyakini dapat memberikan motivasi dan inspirasi tambahan.

Jika perlu bergabunglah dengan komunitas penulis online atau offline untuk berbagi pengalaman dengan mereka. Bergabung dengan komunitas penulis dapat memberikan keuntungan satu sama lain karena bisa saja Anda juga menginspirasi mereka.

Belajar dari Pengalaman

Setiap penulis pasti mengalami writer’s block dalam hidup mereka karena hal ini meruapakan sebuah proses yang alami dalam dunia kepenulisan. Jika Anda mengalami hal ini, cobalah untuk mengingat apa penyebab Anda mengalami writer’s block.

Setiap penulis pasti memiliki hambatan yang berbeda-beda, jika Anda sudah mengetahui dimana letak penyabab Anda mengalami hal ini. Identifikasi pola-pola yang muncul selama masa sulit ini dan temukan strategi yang paling efektif untuk mengatasinya.

Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu writer’s block dan bagaimana cara mengatasinya. Writer’s block merupakan sebuah gejala umum yang dihadapi para penulis dimana mereka tiba-tiba kehilangan ide untuk melanjutkan tulisan.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan dapat membantu Anda membantu mengatasi ketika writer’s block terjadi.

Baca juga:


Posting Komentar