Translate

Raih Kebahagiaan dengan Tips Sederhana Berikut Ini

Nirwana Tunggal - Hidup bahagia merupakan impian dan tujuan hampir semua manusia yang hidup di dunia ini. Orang-orang akan melakukan apapun demi mencapai kebahagiaan tersebut, mulai dari bekerja keras, belajar lebih rajin dan lain sebagainya.

Namun sebagai seorang manusia, kita seringkali menghadapi berbagai permasalahan yang membuat kita hidup tertekan dan tidak bahagia. Ada banyak tuntutan sosial yang harus dipenuhi. Tuntutan hidup inilah yang memberikan efek negatif bagi kehidupan manusia salah satunya tidak merasa bahagia.

Artikel ini akan membahas tentang cara simple mendapatkan kebahagiaan.


Sumber: Unplash

Memperbanyak Tersenyum Kepada Orang Lain

Pernah mendengar istilah senyum adalah sedekah? Ternyata selain bagian dari ibadah senyum kepada sesama memiliki efek positif tersendiri. Saat seseorang berusaha senyum kepada orang lain, hal ini menandakan ia memiliki hati yang senang dan juga bahagia.
 
Selain berdampak untuk diri sendiri, senyum kepada orang lain juga membuat suasana orang tersebut jauh lebih baik. Hati yang senang dan bahagia dapat dilihat dari ada lengkungan mulut seseorang yang membentuk senyum.

Pada saat manusia tertawa, tubuh secara langsung akan menghasilkan sebuah hormon bernama endorfin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. Selain itu tertawa juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan lebih efektif hingga mencapai 87%.
 
Oleh sebab itu perbanyaklah tersenyum dan tertawa serta berbahagialah ketika memulai hari, setelah Anda bangun tidur di pagi hari. Tiga aktivitas tersebut telah berhasil dipercaya banyak orang untuk meningkatkan kebahagiaan dalam hidup.

Rutin Berolahraga

Selanjutnya yaitu rajin berolahraga, olahraga bukan hanya dapat meningkatkan kekuatan, kesehatan dan juga kebugaran tubuh, namun olahraga diyakini sebagai salah satu cara untuk mencapai hidup lebih bahagia.

Pada saat sedang berolahraga, hal ini akan memicu hormon dopamin atau senyawa dalam tubuh yang dapat membuat kita merasa lebih senang atau bahagia. Setelah hormon dopamin dilepaskan, kadar hormon serotonin atau hormon stres dalam tubuh juga akan berkurang.

Bagi Anda yang suka stress, overthinking dan depresi, olahraga merupakan salah satu cara paling sehat dan aman untuk meningkatkan mood. Selain bahagia, hal ini juga dapat meningkatkan denyut jantung dan regulasi hormon dalam tubuh.

Setelah berolahraga biasanya tubuh akan merasa lebih bahagia yang juga berdampak pada kepercayaan diri, setelah berolahraga dan mood meningkat secara alami kepercayaan diri juga akan meningkat. Orang yang bahagia biasanya memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Istirahat Yang Cukup

Perasaan bahagia biasanya juga dipicu oleh stress yang membuat orang tersebut tidak bisa tidur sampai larut malam, karena tidak punya pilihan lain akhirnya mereka pun memilih begadang sementara besok hari ada banyak hal yang harus dikerjakan.

Tidur yang cukup dan kadar stress dalam tubuh manusia sebenarnya memiliki keterkaitan satu sama lain, untuk dapat membuat hati merasa menjadi lebih bahagia, Anda bisa mencoba memperbaiki kualitas dan waktu untuk tidur. Salah satu tips agar bisa mendapatkan kebahagiaan dalam hidup adalah memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.

Mengonsumsi Makanan Yang Sehat

Kualitas perasaan seseorang juga dapat dipengaruhi oleh makanan yang dimasukkan ke tubuh karena ada beberapa zat gizi tertentu yang sangat berkaitan erat hingga memberikan pengaruh kepada kondisi psikologis seseorang, misalnya seperti makanan yang mengandung karbohidrat cenderung melepas serotonin atau hormon kebahagiaan.

Selain karbohidrat, Makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa digunakan untuk meningkatkan konsentrasi. Makanan berprotein tinggi dapat membuat otak melepaskan senyawa yang baik seperti dopamin dan norepinefrin.

Sedangkan, makanan yang dihasilkan melalui proses pengolahan yang panjang malah bisa menimbulkan suasana hati yang buruk. Selain itu, makanan yang digoreng juga cenderung dapat lebih menimbulkan efek suasana hati yang buruk.

Memberikan Pujian Kepada Orang Lain

Layaknya seperti memberi senyuman, untuk membuat hidup dengan bahagia, Anda bisa sering memberikan pujian yang tulus kepada orang lain. Memberikan pujian bukan hanya bisa menyenangkan hati orang lain, pujian kepada orang lain ternyata juga sangat bermanfaat untuk diri sendiri.

Setiap pujian yang kita sampaikan biasanya akan mempengaruhi suasana hatinya, kemudian perasaaan bahagia ini juga akan berpengaruh terhadap si pemberi pujian itu sendiri. Tidak perlu repot-repot memikirkan kalimat apa yang harus disampaikan, Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana seperti memuji penampilannya, perilakunya, tutur katanya, pemikirannya dan lain sebagainya.

Pujian-pujian kecil yang kita sampaikan kepada orang lain ini bukan hanya membuat mereka merasa bahagia, jika pujian tersebut adalah hal positif mereka akan terus mempertahankan hal-hal positif tersebut.

Jangan Larut dalam Kesendirian

Setiap manusia memerlukan orang lain untuk bersosialisasi dan bercerita, namun sayangnya tidak sedikit orang dengan tipe kepribadian tersebut memilih untuk menyendiri dan memendam semua yang mereka rasakan.

Salah satu cara untuk menjadi orang yang bahagia adalah dengan tidak larut dalam kesendirian dan kesedihan, cobalah untuk bersosialisasi dan bertemu orang-orang. Ceritakan semua keluh kesahmu dan beban yang ada dalam pikiranmu, percaya atau tidak saat berbagi dengan orang lain, perasaanmu akan menjadi lebih baik.

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka bersosialisasi mungkin Anda bisa memilih satu atau dua orang terdekat, habiskan waktu bersama mereka dan berbagilah dengan mereka. Jangan terlalu suka menyendiri apalagi sampai memendam semua masalah.

Selain itu salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar merasa tidak sendirian yaitu dengan memelihara hewan, beberapa hewan rumahan yang direkomendasikan adalah seperti kucing dan anjing. Merawat hewan peliharaan akan sangat berdampak positif bagi pemilik hewan itu sendiri. Keberadaan hewan peliharaan juga akan memiliki pengaruh yang cukup signifikan dan bisa membahagiakan karena membuat hati Kamu menjadi lebih tenang dan bahagia.

Self Care

Self care diartikan sebagai perawatan diri yaitu sebagai salah satu tindakan manajemen kesehatan secara individual tanpa bantuan tenaga kesehatan, dengan kata lain self care sendiri merupakan perawatan diri yang dilakukan oleh diri sendiri.

Self care sendiri merupakan sebuah upaya untuk kita lebih peduli terhadap diri kita sendiri, self care merupakan salah satu cara mengurangi depresi dan kecemasan, meredakan stress dan diyakini meningkatkan kebahagiaan dan energi agar kita lebih bersemangat dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari.

Selain self care ada banyak istilah yang digunakan untuk hal tersebut seperti self reward, self healing dan lain sebagainya, pada saat Anda sedang merasa galau atau gelisah sehingga butuh menaikkan mood.

Anda bisa mencoba untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai, seperti membeli makanan kesukaanmu, memasak sendiri, membersihkan rumah, jalan-jalan sembari bertemu banyak orang baru, atau bahkan membeli barang yang Anda inginkan.

Berbagi Kepada Orang Lain

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan berbagi kepada orang lain, Anda bisa mengalokasikan waktu dan rezeki yang Anda miliki untuk orang lain. Tidak perlu banyak-banyak Anda bisa berbagai makanan kepada orang-orang di jalanan yang membutuhkan.

Hal ini juga merupakan salah satu cara membuktikan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Jika Anda tidak punya cukup uang untuk berbagi, mungkin Anda bisa mengalokasikan waktu untuk mereka yang membutuhkan. Kalian bisa bergabung menjadi relawan ataupun membantu orang-orang disekitar yang membutuhkan tenaga Anda.

Bersyukur

Terdengar sederhana namun penyebab dari banyaknya seseorang merasa tidak bahagia adalah kurang bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepadanya. Mereka sering kali membandingkan diri mereka dengan orang lain, padahal belum tentu semua orang dapat menikmati apa saja yang telah Tuhan berikan.

Ada banyak hal yang membuat kita lupa bersykur, salah satunya adalah seperti kita yang selalu terjerat dalam hal-hal rutin sehingga gagal dalam menghargai hal-hal kecil. Orang yang berbahagia harusnya bersyukur atas nikmatnya makanan mereka, tempat tidur nyaman mereka hingga nikmat kesehatan sehingga bisa keluar ruangan di pagi hari dan menghirup udara segar.

Penutup

Itulah beberapa tips sederhana bahagia yang bisa Anda lakukan. Berbahagialah atas segala hal yang Anda miliki, bahagia tercipta dari bagaimana hati Anda dapat menerima ketidaksempurnaan. Kebahagiaan tidak dapat diukur seberapa banyak uang yang Anda miliki dan membeli apapun barang yang Anda inginkan, percayalah bahagia adalah hal yang sangat sederhana, ya sesederhana itu.

Posting Komentar