Translate

Hal yang Perlu Diketahui Ketika Memilih Investasi Emas Untung & Ruginya

 

Keungungan dan Kekurangan Investasi Emas

Nirwana Tunggal
- Emas selalu menjadi pilihan investasi yang paling disukai oleh investor, selain sebagai instrumen paling aman, juga dianggap sebagai pilihan terbaik untuk menghindari risiko tinggi. Sehingga sebagian besar investor terutama investor baru akan lebih memilih untuk berinvestasi emas. 
Hal yang paling dicari dalam menyimpan aset atau kekayaan adalah keunggulan fleksibilitas yang didapat investor yaitu kemudahan dalam jual beli.

Hal lainnya juga didukung dengan berbagai keuntungan yang tentunya tidak didapatkan dari jenis instrumen investasi lain yang ada. Terkait dengan banyaknya kemudahan dalam berinvestasi emas adalah munculnya berbagai penawaran pembelian emas menggunakan platform sebagai bentuk tabungan.

Dengan berbagai bentuk kemudahan tersebut, banyak peminat akan lebih memilih emas dalam berinvestasi, salah satu penawaran menarik yang diberikan adalah bisa melakukan pembelian dengan nominal kecil atau dengan dana terbatas. Di situlah letak keuntungan yang bisa diperoleh siapa saja, baik tua maupun muda. Keuntungan emas tetap akan diraih dengan melihat pergerakan harga emas yang selalu naik mengikuti kecenderungan tingkat inflasi setiap saat. Semakin tinggi tingkat inflasi, biasanya harga emas akan semakin mahal.

Di sisi lain, ketika memilih investasi emas, harga emas sendiri selalu terjaga nilainya meski terjadi inflasi dan deflasi. Nilai ini dapat dibuktikan secara riil pada saat situasi ekonomi sedang tidak menentu atau dalam kondisi perekonomian yang sedang lesu. Emas merupakan investasi dengan bentuk fisik yang memiliki keterbatasan namun permintaan akan emas selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Ketika jatuh pada pilihan investasi emas ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu terkait untung & ruginya, hal tersebut akan sangat penting dipelajari supaya jalannya investasi bisa berjalan lancar tanpa mengalami kegagalan apalagi dalam segi pemahaman yang kurang luas.

✓ Dibawah Ini beberapa hal umum yang perlu diketahui dan apa saja keuntungan dan kerugian yang didapat investor pada saat berinvestasi emas?

Ketika memilih jenis investasi ada beberapa hal umum yang perlu diketahui bagi siapa saja yang melakukannya, karena apapun jenis investasi yang mereka pilih di dalamnya tidak lepas dari keuntungan dan kerugian yang didapat investor ketika berinvestasi, termasuk emas jatuh pada pilihannya. Berikut ulasannya.

A. Keuntungan Investasi Emas (Advantages of investing in Gold)

Emas adalah salah-satu logam mulia paling populer didunia dengan adanya nilai intrinsik didalamnya, sifatnya yang mudah dicairkan dengan bentuk uang tunai secara cepat & mudah, juga tentunya fleksibel  daripada investasi lain yang ada. Maka jika ditanya apakah ada alat pembayaran selain uang? maka paling tepat adalah emas sebagai alat transaksinya. Bahkan dengan melihat dari seluk beluk atau riwayat emas sejak dahulu sudah menjadi alat pembayaran dan pertukaran secara sah yang ada dikehidupan manusia.

Sebelum adanya uang kertas yang saat ini digunakan dalam bertransaksi dahulunya diawali dengan menggunakan beberapa jenis logam termasuk emas sebagai alat pembayarannya, tentunya sistem pembayaran menggunakan emas adalah bentuk alat transaksi paling tua yang ada didunia. Maka tidak heran emas menjadi suatu alat transaksi & penukaran yang bisa dilakukan disemua negara dengan berbeda belahan dunia.

Kabar baik bagi orang ketika jatuh pada pilihan berinvestasi pada emas batangan adalah terhindarnya dari Biaya Pajak. Tentu dengan adanya bebas pajak akan memberikan Effect yang sangat besar bagi para peminat-peminatnya. Menjadikan emas benar adanya seperti yang didengar telinga manusia menjadi suatu barang istimewa yang ada saat ini.

Pemerintah sendiri memberi fasilitas bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk emas batangan & bahan dasar pembuatan emas atau dikenal dengan emas granula. Keputusan pemerintah tersebut adalah dengan mencontoh negara lain. Dinegara lain yang menganut VAT (Value Added Tax) dalam bertransaksi emas dibebaskan dari adanya pertambahan nilai (PPN). Emas batangan sebagai bentuk barang yang akan terkecualikan dari pengenaan pertambahan nilai, yaitu dengan melihat emas adalah salah-satu alat transaksi pembayaran. Pengenaan pertambahan nilai hanya akan di terapkan pada bentuk pecahan emas perhiasan.

Keuntungan lain selain yang disebutkan diatas adalah emas menjadi aset dalam melindungi kekayaan. Dengan melihat kecenderungan nilainya yang meningkat dari tahun ke tahun. Maka ketika investor memilih berinvestasi pada emas adalah suatu hal dalam investasi yang paling dapat diandalkan dalam menjaga atau melindungi aset kekayaan seseorang.

Emas mempunyai suatu penilaian yang sangat unik/keistimewaan tersendiri yaitu adanya dorongan energi positif dari perspektif pandangan budaya masyarakat. Emas dijadikan suatu makna atau simbol dalam kehidupan manusia yaitu dengan makna kewibawaan, kekayaan, kemakmuran, cinta & juga kasih sayang. Nilai-nilai tersebut tidak akan ditemui dalam jenis investasi lainnya.

✓ Hal Lain yang Perlu Diketahui Ketika Seseorang Ingin Berinvestasi Emas atau Memilih Untuk Berinvestasi Logam Emas adalah.
  1. Emas Bisa Menjadi Alat Tukar (Gold Can Be A Medium Of Exchange)
  2. Emas Menjadi Dana Darurat (Gold Becomes an Emergency Fund)
  3. Emas Dijadikan Diversifikasi Investasi (Gold Is Used As Investment Diversification)
  4. Pembelian Emas Bisa Sesuai Keinginan (Gold Purchases Can Be As You Wish)
  5. Tidak Adanya Potongan Bunga (No Flower Cut)
Penjelasan / Explanation

1. Emas Bisa Menjadi Alat Tukar (Gold Can Be A Medium Of Exchange)
Inilah keuntungan paling menonjol yang didapatkan ketika memilih investasi emas, pasalnya emas bisa dijadikan sebagai alat tukar dengan berbagai kebutuhan secara umum seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Apalagi segala bentuk kebutuhan lain dimasa depan tentu tidak dapat diprediksikan secara pasti, dengan memiliki emas akan sangat membantu menyelesaikan persoalan apalagi disaat terjadinya suatu krisis ekonomi.

Maka dengan keuntungan itu pemilik emas dapat dengan mudah melakukan transaksi/jual beli dengan bentuk lain. Tentu hal itu bisa terjadi disebabkan emas adalah barang yang tidak terpengaruh oleh inflasi.

2. Emas Menjadi Dana Darurat (Gold Becomes an Emergency Fund)
Keuntungan kedua ketika memilih investasi emas tentunya dapat dijadikan emas sebagai kebutuhan darurat yang sudah dibahas sebelumnya yaitu sifatnya yang akan sangat mudah dicairkan dengan mengikuti laju inflasi, maka emas akan disetarakan dalam bentuk uang tunai setiap waktu.

Logam emas akan sangat diperhitungkan dalam melakukan atau dijadikan sebagai alat pembayaran baik ketika situasi ekonomi sedang baik terlebih saat keadaan situasi krisis ekonomi.

3. Emas Dijadikan Diversifikasi Investasi (Gold Is Used As Investment Diversification)
Dalam mencapai tinggat keuntungan dalam berinvestasi adalah dengan melakukan penyebaran pendanaan dari banyaknya produk yang tersedia. Emas menjadi keputusan paling tepat dalam melakukan diversifikasi dalam portofolio investasi seseorang. Hal tersebut adalah strategi untuk menghindari dari kemungkinan terjadinya atas segala risiko yang kemungkinan terjadi.

Dengan membagi dana dengan menanamkan dalam bentuk emas akan meminimalisir atas terjadinya risiko tinggi dari produk investasi lain yang dibeli. Saat produk lain sedang mengalami penurunan/kerugian, aset/dana dalam bentuk emas tentu tidak mengalami hal yang serupa. Itulah kenapa emas menjadi pilihan diversifikasi investasi terbaik yang ada dalam dunia investasi yang ada. Terlebih emas sendiri kadang mengalami pergerakan harga yang terbalik dengan pergerakan pasar saham atau nilai mata uang.

4. Pembelian Emas Bisa Sesuai Keinginan (Gold Purchases Can Be As You Wish)
Tidak ada lagi suatu batasan ketika seseorang berkeinginan berinvestasi, baik emas atau jenis instrumen investasi lain seperti saham, obligasi, reksadana, dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi membawa perubahan nyata yang semakin maju khususnya untuk pertumbuhan investasi emas. Beli emas masa kini tidak perlu dengan mendatangi toko perhiasan, hanya dengan berupa aplikasi bisa melakukan pembelian emas dalam bentuk tabungan.

Dengan banyaknya aplikasi penyedia pembelian emas secara digital atau online akan semakin mempermudah jalannya investasi. Hal Menariknya adalah pembelian emas secara digital melalui aplikasi bisa dengan nominal kecil atau sesuai keinginan. Maka membeli emas yang sudah serba modern akan bisa disesuaikan dengan arus keuangan bagi setiap orang. Nominal pembelian emas sekarang ini bisa dimulai dengan hanya beberapa rupiah saja.

5. Tidak Adanya Potongan Bunga (No Flower Cut)
Keuntungan lain yang berbeda dalam investasi emas/menabung emas adalah tidak adanya potongan bunga. Walaupun beberapa tabungan emas masih menerapkan sistem bunga, namun beberapa penyedia layanan tabungan emas tidak menerapkan adanya bunga seperti yang diterapkan oleh perusahaan umum (Perum) yaitu di pegadaian, siapapun yang memiliki tabungan emas didalamnya tidak akan mengalami potongan karena bunga, hanya saja adanya biaya lain yaitu biaya administrasi & pengelolaan.

Itulah beberapa manfaat & keuntungan ketika memilih investasi emas, terlebih emas memiliki tingkat keamanan tinggi daripada investasi lainnya. Dikatakan paling aman sebab emas mampu terhindar dari sebuah inflasi & suku bunga yang tinggi.

B. Kerugian Investasi Emas (Gold Investment Disadvantages)

Emas adalah barang yang populer juga terkenal mahal namun memiliki daya tarik istimewa. Maka emas sendiri selain memiliki banyak manfaat & keuntungan juga memiliki beberapa kelemahan yang dapat menjadikan suatu bentuk kerugian. Terlebih emas selalu dikaitkan dengan simbol atau makna "Cinta & Kasih Sayang", dan lain sebagainya, tidak heran terjadinya suatu kasus tindakan yang menjadi titik penyebab kerugian emas maupun menjadi awal penyebab kerugian tersembunyi dibalik perasaan manusia.

Sebab barang dengan nilai tinggi tidak hanya dicari atau diinginkan oleh para investor melainkan juga dicari oleh orang-orang yang mempunyai kepentingan lain & tujuan lain yaitu dalam mendapatkan keuntungan besar dengan cara yang buruk.

✓ Berikut Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Tentang Bentuk kerugian Saat Memilih Investasi Logam Emas, adalah.
  1. Risiko kehilangan (Risk of losing gold)
  2. Kategori Investasi Jangka Panjang (Long-Term Investment Category)
  3. Dampak Terhadap Ekonomi Secara Rill yang Sangat Kecil (Very Small Impact on the Real Economy)
  4. Harga Fluktuatif (Prices Fluctuate)
  5. Harga Emas Melambat Ketika Situasi Ekonomi Stabil (Gold Price Slows When Economic Situation Stable)
Penjelasan / Explanation

1. Risiko kehilangan (Risk of losing gold)
Apapun model investasi emas yang dipilih baik dalam bentuk emas perhiasan maupun emas batangan masih tetap adanya potensi kehilangan. Emas batangan dengan jumlah yang banyak juga masih sangat berisiko tinggi yaitu adanya kasus perampokan. Maka upaya untuk melindungi aset tersebut investor harus bersedia membayar lebih yaitu dengan menyewa safe deposit box yang merupakan fasilitas sebuah bank untuk menyimpan berkas maupun barang milik nasabah yang dirasa memiliki nilai yang cukup tinggi.

Hal tersebut juga berlaku ketika pembelian lewat platform masa kini yang banyak tersedia, yaitu dengan adanya biaya administrasi dan biaya pengelolaan (penitipan) sebagai bentuk melindungi aset emas yang dimiliki oleh para nasabah. Maka risiko kehilangan emas akan sangat bisa terhindarkan.

2. Kategori Investasi Jangka Panjang (Long-Term Investment Category)
Disinilah hal yang perlu diketahui ketika memilih investasi emas yaitu dari jenis investasi itu sendiri yang merupakan suatu jenis pilihan investasi jangka panjang, hal tersebut tentu bukan alternatif yang tepat jika menginginkan keuntungan dalam waktu dekat. Walapun emas sudah dijelaskan sebelumnya adanya banyak manfaat juga keuntungan namun disisi berbeda emas bukan lagi hal yang bagus dilakukan ketika tujuan investasi seseorang menginginkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

3. Dampak Terhadap Ekonomi Secara Rill yang Sangat Kecil (Very Small Impact on the Real Economy)
Hubungan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi secara nyata akan menjadi suatu daya dorong meningkatnya kemajuan perekonomian secara global. Investasi menjadi alur kesinambungan antar dunia bisnis dengan manfaat nyata secara keseluruhan, tapi hal berbeda dengan memiliki investasi emas tidak bisa memberikan kontribusi secara positif bagi pertumbuhan ekonomi secara rill & nyata.

Hal tersebut disebabkan keuntungan yang didapatkan cenderung hanya untuk kepentingan pribadi investors saja.

4. Harga Fluktuatif (Prices Fluctuate)
Disinilah hal akan sangat perlu untuk diketahui ketika memilih investasi emas, meski memiliki kecenderungan harga yang selalu maningkat namun tidak semerta-merta kenaikan harga emas terjadi setiap beberapa jam dan hari. Emas populer terkenal memiliki kecenderungan peningkatan harga jika tujuan investasi yang dipilih untuk dilakukan dalam waktu panjang atau beberapa tahun kedepan.

Maka jika tujuan berinvestasi emas untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat bisa merubah tujuan investasi dengan mencari instrumen lain yang lebih sesuai. Mengambil keuntungan cepat dalam berinvestasi cenderung memiliki return rendah juga berisiko tinggi seperti menjadi seorang trader yang dapat mengambil keuntungan cepat dari jual & beli saham sebanding dengan segala risiko didalamnya.

5. Harga Emas Melambat Ketika Situasi Ekonomi Stabil (Gold Price Slows When Economic Situation Stable)
Terakhir bentuk kerugian yang perlu diketahui adalah adanya hubungan dari no. 4. Harga dan peningkatan emas akan cenderung lambat ketika keadaan ekonomi sedang baik, biasanya harga emas akan sedikit sekali mengalami kenaikan harga saat situasi ekonomi baik, namun emas akan cenderung mengalami peningkatan harga saat situasi keadaan sebaliknya yaitu saat keadaan ekonomi tidak stabil.

Kurang lebih seperti itu beberapa hal yang sangat perlu untuk diketahui bagi orang-orang sebelum memilih investasi logam emas. Beberapa hal itu terkait dengan manfaat istimewa yang didapatkan juga beberapa keuntungan lengkap dengan bentuk risikonya ketika jatuh pada pilihan investasi emas. Untuk itu pelajari semua hal tersebut sebelum berinvestasi khususnya investasi pada logam emas. Apalagi perancanaan tersebut adalah sebuah tujuan untuk masa depan yang lebih baik, maka mulailah dari sekarang karena usaha dan keberanian tidak cukup tanpa adanya tujuan dan perencanaan.

Baca Juga :

6 komentar

  1. Mantap !
  2. Terimakasih sudah mampir di Nirwana Tunggal
  3. Harga emas naiknya lama banget 1 tahun paling naik berapa rupiah doang
  4. Tapi inves emas gaada ruginya ya
  5. Investasi yang biasa kadang untung kadang rugi, tapi kalau emas jangka lama pasti untung kalau ga dicuri
  6. Beli Insyaallah tetep untung