Translate

Jenis Investasi Properti yang Cocok di Indonesia

 

Investasi properti yang cocok di Indonesia

Nirwana Tunggal - Properti suatu jenis investasi dengan pola capital gain yang jauh lebih besar jika dilihat dari sisi lain dalam berbagai instrumen investasi lainnya. Di Indonesia sendiri jenis investasi properti akan sangat bagus diterapkan selain dari return of investment (ROI) yang menguntungkan juga peluang tersebut terdukung secara tidak langsung dari program negara khususnya disektor pembangunan Infrastruktur dan Industri.

Indonesia sendiri adalah negara berkembang istilah lainnya developing countries. Dilihat dari perkembangannya "Indonesia", sejauh ini masih terus melakukan pembangunan insfrastruktur & industri. Hal tersebut upaya pemerintah ingin mensejahterahkan masyarakat secara merata baik dikota maupun didaerah-daerah.

Dan effect yang ditimbulkan adalah terbukanya peluang pekerjaan yang lebih besar juga menimbulkan effect berkesinambungan bagi para investor untuk membangun jenis properti yang sekiranya akan sangat dibutuhkan lebih besar lagi.

Dengan negara menciptakan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah, tentu akan menciptakan peluang emas bagi para pelaku bisnis, khususnya di sektor properti. Tentunya hal ini menjadi bagian langkah inovasi dalam memperkuat perekonomian lebih maju. Sehingga dalam waktu dekat akan semakin banyak kesempatan kerja dan berbagai ruang usaha lain. Tentu saja, properti akan semakin dibutuhkan untuk menyeimbangkan segala kebutuhannya.

Di lain hal yang membuat investasi properti cocok di Indonesia adalah jumlah penduduk yang terus bertambah. Indonesia, nilai pertumbuhan penduduk mencapai 3,26 juta jiwa setiap tahunnya, bahkan jika dilihat dari data tahun 2010 hingga 2020 mengalami peningkatan sebesar 1,25% pertahun.

Dan kemungkinan besarnya sudah dipastikan populasinya akan terus mengalami kenaikan setiap waktu. Bahkan Indonesia sendiri ditahun 2022 mencapai angka 3,5% dari total penduduk di dunia. Data tersebut diambil dari berbagai sumber terbaru dan terpercaya yang salah-satunya dari worldmeter PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Dengan berbagai situasi dan kondisi tersebut, investasi properti akan semakin diminati oleh masyarakat luas, baik dari kalangan bawah, menengah, maupun elite bisnis. Apalagi properti itu sendiri berkaitan langsung dengan bentuk pembelian, penyewaan, penjualan, kepemilikan, pengelolaan, serta berbagai macam properti untuk mendapatkan keuntungan baik dalam bisnis real estate maupun dalam bentuk real estate properti untuk dilakukan.

Dengan keragaman data tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam memilih jenis properti. Dalam berinvestasi properti, hal yang harus diprioritaskan adalah faktor penentu, yaitu faktor lokasi properti itu sendiri.

Meski ada beberapa faktor lain yang tak kalah bagus untuk dipertimbangkan seperti harga dan kenyamanan, juga faktor lain yang tak kalah menarik. Belum lagi investasi properti dikenal dengan instrumen investasi yang berisiko rendah, aman, dan harga properti akan selalu naik.

Dalam memilih investasi properti yang cocok di Indonesia adalah dengan melihat jenis properti itu sendiri, karena tidak semua jenis properti bagus untuk dilakukan di Indonesia, apalagi mengingat kondisi Indonesia sebagai negara berkembang.

Untuk itu, hal terpenting dalam memilih jenis properti adalah melihat dari berbagai sisi, terutama kinerja sebuah properti dalam menghasilkan cash flow yaitu pendapatan keuntungan setiap bulannya. Apapun jenis properti yang Anda pilih, setidaknya harus menghasilkan keuntungan yang tidak terlalu jauh dari target awal properti yaitu Return of invesment (ROI).

Di bawah ini adalah pilihan jenis investasi properti yang dapat Anda pilih sesuai dengan tujuan investasi masing-masing. Apapun jenis properti yang Anda pilih, semuanya akan sangat cocok dilakukan di Indonesia dengan melihat kondisi dan situasi.

Jenis-Jenis Investasi Properti yang Cocok dan Paling Populer di Indonesia

  1. Properti Indekos/Kost atau Kos-Kosan
  2. Properti Rumah Kontrakan
  3. Properti Apartement
  4. Properti Ruko Bisnis Ritel
  5. Properti Tanah
  6. Properti Gedung Dengan Fasilitas Olahraga
  7. Properti Rumah Villa
  8. Properti Gudang/Pergudangan
  9. Properti Kios Toko
  10. Properti Kantor/Perkantoran
Dibawah Ini Berupa Penjelasan & Pembahasan Dari Jenis-Jenis Investasi Properti

1. Kost
Indekost (Kost/kos-kosan) jika dilihat dari segi kebutuhan selain dari kewajiban tentunya, properti ini akan sangat cocok untuk dilakukan di Indonesia. Sebab apa, kebutuhan tempat tinggal sementara khususnya kamar kost selalu dijadikan prioritas utama dalam aktivitas kehidupan seseorang apalagi biasanya kost selalu dicari oleh orang yang sedang bekerja.

Umumnya kost akan selalu dicari untuk setiap waktu sebagai kebutuhan dalam memenuhi aktivitas sehari-hari, kost ibarat tempat special bagi para penghuninya baik dari kalangan bawah maupun kalangan menengah, umumnya para penghuni kost adalah orang-orang daerah yang melarikan diri dari tempat asalnya. Penyebab utamanya biasanya sulitnya lowongan pekerjaan, potensi yang kurang bagus untuk bisnis ataupun hal lain seperti sengaja ingin mencari ketenangan hidup dari berbagai masalah pribadi mereka.

Kenapa kost selalu dibutuhkan setiap waktu, semua itu disebabkan tidak seimbangnya lapangan kerja disemua daerah, maka pusat-pusat kota yang masih memiliki cukup peluang untuk bekerja menjadi target utama bagi mereka. Kost sendiri selain dijadikan tempat meraka istirahat dan nongkrong dari lelahnya aktivitas kerja, juga menjadikan tempat kembalinya meraka termenung atas apa yang dirasakan dalam hidupnya selama ini.

Maka properti kost akan sangat menjanjikan untuk dilakukan khususnya didaerah-dareah maupun kota-kota yang memiliki cukup banyak potensi untuk meraih keuntungan dari investasi properti, tentunya akan potensi kesetabilan keuangannya jika dilihat dari ramainya pasar ekonomi.

Kelebihan lain dari jenis investasi properti kost adalah "prioritas", hal yang dimaksud adalah biasanya para penghuni kost akan selalu memperioritaskan kost pertama kali dari segi keuangan mereka sebelum kebutuhan lainnya yaitu pembayaran setiap waktunya yang sudah disepakati diawal. Bisa setiap 1 bulan, 3 bulan, atau setiap tahun, namun umumnya pembayaran akan dilakukan untuk setiap bulan.

Jika diambil contoh sederhana anda memiliki 30 kamar kost dengan harga sewa 700.000 ribu perbulan, maka setiap bulannya akan mendapatkan 21.000.000 juta, angka yang lumayan besar. Namun tentunya ada biaya lain yang harus dikeluarkan setiap bulan seperti listrik, air, dan pengelolaan. Disamping pengeluaran wajib setiap bulan juga ada biaya lain bentuk warganegara yang baik dalam hal ini "Pajak" dan jika sewaktu-waktu diperlukan renovasi perbaikan atau hal lain untuk menambah nilai properti untuk semakin baik dalam segi kualitasnya.

Belum lagi jika dalam pembuatan kamar kost dibuat berbagai versi kamar, seperti kelas reguler dan premium untuk penyewa. Tentunya dapat memberikan peningkatan potensi keuntungan yang berbanding lurus dengan dana yang dikeluarkan untuk pembaharuan. Namun hal tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan terutama dari segi kenyamanan, baik secara internal maupun eksternal.

Apapun strategi yang Anda ambil untuk mencoba menyediakan tempat dengan kuantitas & kualitas yang lebih baik, maka ini adalah langkah tepat dalam mewujudkan tujuan investasi. Dengan meningkatkan kualitas properti, jika sewaktu-waktu Anda ingin menaikkan harga sewa properti setiap bulannya akan diterima dengan baik oleh para penghuninya.

2. Rumah Kontrakan
Properti lain yang cocok dilakukan di Indonesia adalah properti rumah kontrakan yang mirip sekali dengan properti kost sebelumnya, baik dari segi kebutuhan juga tentang pembayarannya yang selalu didahulukan, kecuali memang ada niat kurang baik oleh para penyewanya. Bedanya hanyalah terletak pada bentuk ruangan yang agak lebih besar layaknya rumah pada umumnya. Hanya saja dibuat sedemikian rupa untuk kebutuhan bisnis investasi properti.

Dalam jenis properti rumah kontrakan yang perlu dipertimbangkan adalah selain dari fasilitas dalam penataan ruangan yang bagus, juga fasilitas umum disekitarnya. Hal tersebut menjadikan nilai plus dalam investasi properti tempat tinggal sementara, faktor tersebut juga dibutuhkan untuk setiap jenis investasi properti lainnya.

Kenapa rumah kontrakan termasuk jenis investasi properti yang bagus? Properti rumah kontrakan masih sangat dicari dan dibutuhkan oleh banyak orang layaknya kamar kost, namun umumnya rumah kontrakan sangat dibutuhkan bagi orang yang sudah berkeluarga dan belum mampu untuk membeli rumah sendiri.

Apalagi bagi orang yang sudah berkeluarga, mereka cenderung memilih tempat yang sedikit lebih luas, serta kenyamanan untuk keluarga mereka. Orang-orang yang memilih rumah kontrakan sebagai tempat tinggal sementara selain dari tempat yang luas, nyaman, juga mencari ketenangan dalam istirahat yang tidak terganggu oleh aktivitas sekeliling seperti halnya tinggal dikost yang cenderung lebih ramai.

Dalam memilih investasi properti rumah kontrakan, dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk mendapatkan properti rumah sewa juga bisa dengan cara mencari langsung penjual rumah, dengan begitu tidak perlu membangun dari awal, hanya perlu sedikit renovasi agar tampilannya lebih bagus dan terlihat menarik.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah status dari harta tersebut terutama status kepemilikannya, pastikan sertifikat tanah dan bangunannya, yang nantinya transaksi yang Anda lakukan benar-benar dengan pemilik yang sah dari properti tersebut.

Walaupun investasi rumah kontrakan membutuhkan biaya yang cukup besar, namun semua itu akan terbayarkan dengan berjalannya waktu, sebab properti akan selalu mengalami kenaikan harga setiap waktunya.

Dalam memilih properti rumah kontrakan/rumah tapak memang hal yang paling sulit adalah mencari dan menentukan faktor lokasi properti, apalagi target properti yang diinginkannya dipusat-pusat kota besar yang semakin sulit didapatkan. Maka dengan keadaan itu bisa menggunkan alternatif lain yang tidak kalah bagus dengan mencari lokasi yang tidak terlalu jauh dari pusat kota yang dituju, bisa mencari lokasi pinggiran atau daerah-daerah penyangga kota tersebut yang masih menyimpan cukup besar atas segala potensinya.

3. Apartement
Jenis properti yang selanjutnya, ini akan sangat menarik untuk dilakukan di Indonesia, sebab jenis properti ini bisa anda lakukan dengan biaya yang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan jenis properti sebelumnya, namun tetap akan memiliki potensi keuntungan yang tidak kalah bagus.

Di dalam pusat kota sudah banyak pengembang terpercaya membangun properti dititik-titik lokasi strategis kota supaya menjangkau segala bentuk kebutuhan. Sebab pihak pengembang melakukannya bagian dari bentuk marketingnya supaya properti memiliki daya tarik juga dilirik oleh para pembeli.

Maka jika berminat dengan jenis properti ini pilihlah pihak pengembang terpercaya dengan melihat dari sisi properti itu sendiri tentunya fasilitas pendukung didalamnya, akan lebih bagus lagi jika fisilitas didalamnya terdapat berbagai macam fasilitas memadai seperti kolam renang, lapangan olahraga, dan lain sebagainya.

Kenapa apartement termasuk jenis properti yang bagus? apartement masih sangat dicari khususnya oleh kaum milenial yang membutuhkan tempat yang bagus, terkesan mewah, juga nyaman, namun dengan harga yang lumayan murah.

Dengan anda membeli beberapa unit apartement lengkap dengan fasilitas yang bagus, maka anda dapat menyewakan properti anda pada seseorang yang membutuhkan tentunya dengan biaya sewa yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Dengan begitu anda akan mendapatkan keuntungan dari bentuk sewa properti anda sesuai kesepakatan bersama, bisa sewa harian, mingguan, bulanan, ataupun selama 1 tahun.

4. Ruko Bisnis Ritel
Berbagai kebutuhan ruang bisnis khususnya bisnis ritel & perdagangan. Apalagi di Indonesia sendiri dengan istilah negara developing countries, menjadikan investasi properti yang berhubungan dangan pusat perdagangan semakin baik, menjadikan jenis properti semacam ruko semakin dicari dan dibutuhkan lebih besar lagi. Apalagi terkait faktor lokasi yang punya cukup besar peluang dalam meraih segala keuntungannya, maka properti ini akan sangat cocok di Indonesia.

Apalagi dilihat dari berbagai keperluan dalam usaha berbisnis, permintaan terhadap properti ritel menandakan pesatnya pasar ekonomi. Sehingga jika berminat investasi properti dengan ruko ataupun tempat yang difungsikan untuk ritel dan perdagangan akan sangat ditunggu ataupun dicari oleh banyak orang yang ingin menyewanya.

Jika dilihat dari perspektif ekonomi tentunya investasi properti ruko ditempat-tempat pusat perdagangan maupun dipingir-pinggir jalan besar akan memiliki cukup besar potensinya. Maka jika anda memilih ruko sebagai investasi untuk jangka panjang anda, maka hal yang paling menguntungkan adalah tingkat pengembalian yang stabil juga harga properti tersebut cepat mengalami kenaikan harga.

5. Tanah
Tanah menjadi salah-satu jenis aset investasi yang bisa dikatakan selalu menuai banyak keuntungan. Tanah adalah kunci pertama yang harus bisa dimiliki untuk meningkatkan seberapa besar dalam mengembangkan segala potensi yang ada. Sejak dulu sampai sekarang tanah selalu dicari oleh banyak orang, baik individu perorangan, pengusaha, perusahaan ataupun lembaga instansi tertentu upaya untuk meningkatkan aset yang dimilikinya.

Apalagi dengan melihat kondisi & situasi di Indonesia sendiri yang termasuk salah-satu jajaran negara berkembang. Maka tanah khususnya dikota-kota besar maupun didaerah-daerah masih memiliki beragam keuntungan dan kelebihannya, baik untuk saat ini maupun pada masa yang akan datang. Maka jika ingin memilih jenis investasi properti ini adalah langkah yang tepat dan sebisa mungkin dimulainya dari sekarang.

Dengan anda memiliki tanah setidaknya jika belum cukup dana untuk membangun properti diatasnya untuk usaha ataupun bisnis lainnya, bisa dilakukan dengan anda menawarkan pada orang lain dalam bentuk sewa, dengan perjanjian hak sewa-menyewa dan anda akan memiliki pendapatan setiap bulannya.

Namun jika tidak menginginkan tanah tersebut disewa orang lain, maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain yang bermanfaat juga menguntungkan dari segi materi, seperti difungsikan sebagai lahan parkir, sewa olahraga, ataupun lainnya. Tentunya semua itu disesuaikan dengan lokasi tanah tersebut sebagai pilihan atas semua pertimbangan akankah lebih baik disewakan atau tidak.

6. Gedung Dengan Fasilitas Olahraga
Nah dalam memilih jenis properti memang harus pintar melihat keadaan sekitar, baik properti semacam kost, rumah, apartement dan lainnya, membeli dikota maupun daerah.

Beberapa jenis investasi yang sebelumnya sudah dibahas akan sangat bagus dilakukan dikota-kota besar yang ramai dilihat dari ramainya pasar ekonomi juga terdukung dengan tingkat kepadatan penduduk. Untuk itu dengan mencoba sesuatu yang baru jenis properti yang lain yang sebenarnya masih cukup besar keuntungannya yaitu jenis properti yang difungsikan sebagai kebutuhan olahraga.

Untuk jenis investasi properti ini walaupun juga bagus diterapkan di kota juga tentunya menarik untuk dilakukan didaerah-daerah yang sudah ramai, biasanya fasilitas olahraga sangat dicari dari beberapa kalangan khususnya anak muda.

Tempat yang difungsikan untuk olahraga umumnya masih memiliki cukup potensi untuk dilakukan melihat kegiatan olahraga sendiri sudah seperti kebutuhan pokok yang wajib setiap harinya. Manusia sekarang sudah lebih sadar akan menjaga kesehatan tubuh mereka, setiap hari atau dihari-hari tertentu akan menyempatkan waktu untuk berolahraga bersama keluarga, sahabat, maupun rekan kerjanya.

Orang yang sudah sadar dalam menjaga kesehatan tubuh, mereka berani membayar lebih daripada membayar mahal pada sesuatu yang lain yang sekiranya kurang bermanfaat. Jenis investasi ini yaitu membuat rumah/gedung dengan memfungsikannya dengan fasilitas olahraga, seperti, futsal, voli, bulutanggis, fitness, dan lain sebagainya.

Dalam membangun dan mengelola jenis properti ini juga harus memperhatikan lebih pada penataan ruangan istilahnya "special room", membagi ruangan olahraga dengan ruangan-ruangan khusus sebagai fasilitas pendukung lainnya seperti ruangan khusus belanja makanan dan minuman.

Apapun bentuk yang dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan bisa dari penataan dan lainnya yang nantinya bisa menguntungkan dari berbagai sisi keuntungannya.

7. Rumah Villa
Villa dengan suasana pantai
 
Rumah villa juga perlu dipertimbangkan dari beberapa jenis investasi properti yang ada, sebab villa adalah sebuah aset kekayaan ke-2 selain emas yang selalu dikesannya dengan kemewahan, kemakmuran juga terkesan bagaikan simbol kasih sayang & cinta ataupun dengan makna lain, entah apalah itu.

Rumah villa sendiri selain dari harga yang selalu stabil juga populer memiliki nilai istimewa sepanjang waktu juga menyimpan segala potensi besar yang akan didapatkan.

Kenapa rumah villa masuk jenis investasi properti yang menjanjikan? hal tersebut jika dilihat dari berbagai keuntungannya layaknya properti lain yang sudah disebutkan.

Keuntungan rumah villa yang dimaksud adalah :
  1. Harga semakin naik setiap waktu
  2. Bisa disewakan
  3. Menghemat biaya berlibur pribadi
  4. Proteksi terhadap inflasi
  5. Sebagai agunan pada bank
  6. Dapat diwariskan
  7. Lifestyle dan simbol status
  8. Nilai jual yang tinggi
  9. dan lain sebagainya
Dari beberapa kelebihan villa tersebut sudah cukup menjadi tolak ukur betapa menariknya jenis properti ini. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, villa/rumah villa memang rumah dengan penuh kesan simbolik special yang begitu menawan, apalagi properti tersebut dibangun di lokasi yang dekat dengan objek-objek wisata populer seperti wisata pantai, gunung maupun pulau. Menjadikan villa tersebut memiliki nilai keistimewaan yang sama seperti wisata yang ada disekitaran tempat tersebut.

Rumah villa juga menjadi sebuah kebutuhan dari orang-orang yang menginginkan perjalanan semakin indah dan bermakna, biasanya orang akan memilih tempat tinggal sementara yang nyaman serta berbagai kemewahan untuk acara-acara traveling/rekreasi pada waktu-waktu liburan, baik kesempatan diwaktu libur panjang maupun singkat yang dilakukan hanya beberapa hari saja.

Villa bagi orang-orang yang sedang berlibur adalah dijadikan tempat terakhir dalam mengobati segala lelahnya realitas kerja dan keluh kesah permasalahan hidup selama ini, duduk santai dengan beberapa cemilan disandingkannya segelas kopi hangat dipagi hari, villa dijadikan pilihan penting dari perjalanan mereka.

Sampai disini mungkin sudah cukup jelas dan puas jika memilih villa menjadi bagian pilihan jenis investasi properti yang ada, maka hal tersebut bisa terlaksana dimulai saat ini, menata sesuatu untuk tujuan berbisnis anda mencoba hal baik dengan sesuatu yang baru dimasa depan anda.

8. Gudang/Pergudangan
Jenis gudang atau pergudangan tentunya layak dimasukan menjadi salah-satu jenis pilihan investasi properti yang menarik untuk dilakukan di indonesia. Apalagi jika dilihat dari gejolak ekonomi beberapa tahun terakhir sebelumnya disebabkan masa pandemi yang dimana tingkat ekonomi mengalami penurunan secara signifikan secara penjualan dari segala aspek.

Namun kebutuhan akan properti gudang mengalami hal sebaliknya yang dimana mengalami peningkatan secara drastis. Hal tersebut disebabkan belanja online semangkin meningkat baik produk lokal maupun produk impor luar negeri.

Maka jenis investasi properti gudang akan sangat menarik jika diilirik dari aktivitas ekonomi yang begitu banyak peluang untuk mendapatkan keuntungan, kalaupun gudang atau kebutuhan pergudangan meningkat disebabkan terkena imbasnya dari masa pandemi, namun kedepannya gudang akan masih memiliki cukup besar potensinya disebabkan tren bisnis khususnya logistik dan lainnya yang tentunya sudah menjadi arus kebutuhan yang selalu terikat oleh perputaran bisnis online maupun bisnis offline.

Apalagi gudang sangat dicari oleh kalangan pengusaha pembisnis yang membutuhkan tempat luas untuk menyimpan stock barang sekaligus menjadi tempat pemasarannya. Walaupun gudang jatuh kepada pilihan jenis investasi properti yang tentunya membutuhkan jenis ruangan khusus juga dana yang cukup besar, namun jika adanya budget yang memadai kenapa anda tidak melakukannya.

Gudang memang jenis investasi properti yang kurang dilirik oleh kalangan investor namun hal tersebut disebabkan pergudangan harus memiliki spesifikasi bentuk bangunan khusus juga dana tentunya, tapi dari semua hal tersebut diatas bisa dikesampingkan dengan adanya kabar baiknya yaitu jenis investasi properti yang tetap potensial disaat properti lain mengalami penurunan.

9. Kios Toko
Apapun jenis investasi properti yang dipilih semua itu harus mempertimbangkan dari segi pasar ekonomi juga dari tingkat daya beli masyarakat itu sendiri yang dipengaruhi oleh tingkat kepadatan penduduk. Nah kios menjadi pilihan jenis properti yang mempunyai daya fleksibilitas tinggi baik dikota maupun didaerah. Kios toko sangat perlu diperhitungkan dalam dunia investasi properti layaknya ruko & indekost.

Properti kios akan sangat bagus dilakukan dipusat-pusat perbelanjaan khususnya dipasar-pasar tradisional daerah. Dalam memilih kios toko juga tetap memperhitungkan faktor penentu utama yaitu faktor lokasi, anda harus mencari lokasi yang benar-benar bagus yang disesuaikan dengan kebutuhan "target market", sesuai apa yang diharapkan.

Kesempatan tersebut bisa terlaksana dengan membangun properti kios toko disekitaran pasar baik pasar tradisional daerah maupun pasar modern tentunya hal itu bisa anda sesuaikan sendiri seperti tujuan investasi anda.

Jika lokasi tersebut cukup potensial untuk kebutuhan masyarakat yang membutuhkan kios, maka sebaiknya jangan menundanya selagi budget yang disiapkan mencukupi. Dan dalam mencapai keuntungan tentunya dengan menyewakan satu unit atau beberapa unit kios yang sudah disesuaikan dari segi harga dengan fasilitas yang ada juga dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Pada dasarnya harga sebuah kios akan berbeda dengan melihat kondisi sekitar, terutama harga kios tentu berbeda antara kios di pasar tradisional dan kios yang berfokus pada pasar modern.

Kios toko tentunya punya status profit yang menjanjikan seperti jenis properti lainnya yaitu dalam jangka panjang, namun jika berkeinginan menjualnya sangat disarankan untuk menundanya beberapa tahun kedepan minimalnya 5 tahun atas kepemilikannya, jika menjualnya kurang dari waktu tersebut walaupun properti selalu memiliki harga jual yang tinggi namun keuntungannya akan berasa kurang maksimal dan tentunya anda tidak lagi mendapatkan pendapatan setiap waktunya dari biaya sewa properti tersebut.

10. Kantor/Perkantoran
Terakhir, dalam memilih jenis investasi properti adalah properti perkantoran, meskipun jenis investasi properti ini cocok untuk pusat kota besar seperti ibu kota negara. Namun, properti ini masih memiliki berbagai potensi, karena seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi akan terus meningkat, semakin maju dan ketatnya persaingan bisnis. Tentunya investasi unit perkantoran di masa depan juga akan baik dilakukan di seluruh kota besar di Indonesia.

Jika memilih kantor sebagai investasi properti Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor lokasi dalam memilihnya. Akan lebih baik memilih lokasi di titik-titik strategis kota, dalam hal mencari lokasi properti di Kawasan Pusat Bisnis / Central Business District (CBC).
Lokasi yang tepat juga strategis, akan menarik perhatian perusahaan nasional dan internasional yang bonafid. Secara umum, beberapa perusahaan besar akan mencari unit ruang kerja (kantor) secara langsung dan dalam jangka panjang, setidaknya untuk 5 tahun ke depan. Maka dengan waktu tersebut tentunya Anda akan mendapatkan penghasilan yang pasti dari unit properti kantor yang anda miliki.
 
Baca Juga :

Posting Komentar