Translate

Pilihan Jenis Investasi Fisik yang Aman dan Mudah

Pilihan jenis investasi fisik yang aman dan mudah

Nirwana Tunggal
Membahas dunia investasi tidak akan ada habisnya dan tidak adanya suatu batasan selain harus mendukungnya. Ketika juga membahas jenis investasi fisik, suatu jenis investasi yang sudah sangat populer. Investasi adalah pedoman untuk mencapai kehidupan yang lebih sempurna. Dalam hidup, tentu saja semuanya memiliki tujuan yang berbeda-beda atau yang lain tetapi tetap pada arah tujuan sama dalam hal memenuhi segala kebutuhan. 

Di dunia yang dialami orang-orang, salah satu tujuan hidupnya tidak lepas dari memperoleh berbagai keuntungan dan manfaat. Tidak lain adalah investasi itu sendiri. Dan untuk mencapai apa yang menjadi titik fokus hidup bahagia adalah dengan memilih jenis investasi fisik yang telah dipercaya oleh berbagai kalangan yang telah melakukannya dan sukses dengannya.

Jenis investasi fisik memiliki banyak kelebihan yang tentunya jika Anda memilih & mau melakukannya, Anda akan mendapatkan bentuk keuntungan yang berbeda dari jenis investasi aset keuangan (Financial). Dalam berinvestasi terkadang hati merasa senang jika bentuk investasi yang dipilih terlihat dengan secara nyata (Real). Hal ini membuat suatu kesenangan tersendiri bagi setiap orang yang melakukannya. Kebahagiaan yang seolah memberikan penguatan mental untuk terus berkembang lebih jauh.

Terlebih nilai mata uang yang terus menurun membuat kehidupan setiap orang harus bijak dalam mengelola keuangannya. Apalagi di dunia modern saat ini. Cara jitu adalah cara terbaik untuk bisa mengelola keuangan dan mampu memberikan hasil (Passive income) adalah dengan berani mengambil apa yang disebut dengan berinvestasi (Investment). Ada beberapa jenis investasi fisik yang dapat Anda pilih juga dapat diandalkan setiap saat.

Jenis investasi fisik bisa dikatakan cukup sederhana untuk dibahas, dan akan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja asalkan memiliki keinginan yang tinggi untuk mencapai tujuannya. Apapun model dan cara berinvestasi yang berbeda, semuanya memiliki tujuan yang jelas untuk melakukannya.
 
Investasi fisik adalah jenis investasi yang banyak disukai kebanyakan orang karena bisa dipegang langsung, dilihat langsung, dan ada juga yang langsung dapat Anda menggenggamnya.

Beberapa jenis investasi fisik yang aman dan mudah dilakukan dan apa saja cara khusus untuk pemula memulainya? Berikut pembahasannya.

Pengertian Investasi Secara Umum

Secara umum, pengertian investasi adalah cara untuk mendapatkan keuntungan atau mengembangkan aset dalam jangka waktu tertentu. Dalam prosesnya, ada sejumlah dana atau modal yang ditanamkan pada satu atau beberapa instrumen investasi.

Berdasarkan Bentuk Investasi Hanya Terbagi Menjadi 2 Pilihan, Yakni :

1. Investasi aktiva riil (Investasi aset riil), yang memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat dan diraba. Ada beberapa contoh jenis investasi aset riil seperti tanah, properti, emas, dan lain sebagainya. Jenis investasi ini juga lebih populer dikenal sebagai jenis investasi fisik.

2. Investasi aktiva finansial / Investasi pada aset keuangan yang bentuknya tidak dapat diraba dan dilihat, apalagi terasa seperti digenggamnya secara langsung. Misalnya jenis investasi pada deposito, saham, surat berharga, dan sebagainya. Sehingga jenis investasi ini oleh masyarakat lebih dikenal dengan jenis investasi nonfisik.

Itulah jenis-jenis investasi dan contohnya yang populer di telinga masyarakat. Jadi, mengapa banyak investor memilih untuk berinvestasi secara fisik, tentu ada beberapa alasan untuk melakukannya dan adanya suatu dorongan. Salah satu alasannya adalah untuk melindungi nilai terhadap kerugian akibat ketidakpastian ekonomi, terutama ketika situasi ekonomi sedang kacau.

Setelah mengenal jenis-jenis investasi berdasarkan bentuknya, kini saatnya melihat penjelasan sejumlah peluang besar yang bisa Anda peroleh dari memilih berinvestasi secara fisik.

Apa Saja Jenis-Jenis Investasi Fisik

Setidaknya ada 4 jenis investasi fisik yang dikenal hingga sekarang, yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan manfaat dan keuntungan yang berbeda, juga aman untuk dicoba.

Selain itu, 4 jenis investasi fisik ini juga cukup mudah untuk Anda lakukan dan pelajari satu per satu. Sehingga nantinya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk memilih sesuai dengan tujuan dan kepribadian Anda masing-masing.

Jenis Investasi Fisik yang Aman dan Mudah
  1. Investasi Fisik Tanah
  2. Investasi Fisik Properti
  3. Investasi Fisik Logam Mulia : Emas
  4. Investasi Fisik Barang Antik, Klasik, & Perhiasan
Penjelasan

1. Tanah
Contoh pertama dari jenis investasi fisik adalah tanah. Ada berbagai alasan menarik mengapa investasi tanah menjadi salah satu pilihan terbaik hingga saat ini, padahal kita tahu tanah adanya suatu batasan yaitu tidak adanya pertambahan atau perluasan tanah setiap waktu.

Namun jenis investasi fisik ini, dilihat dari permintaannya selalu meningkat setiap saat, disitulah letak daya tarik yang terus menuntutnya. Nah, untuk memaksimalkan keuntungan dalam investasi ini, ada beberapa hal yang harus dipelajari. Apalagi bagi yang sudah memiliki keinginan besar, diperlukan pemahaman yang bisa membantu Anda untuk mencapai apa yang menjadi targetnya. Berikut ulasannya.
  • Memilih investasi fisik (Tanah), keuntungan pertama adalah tidak memerlukan biaya perawatan yang berlebih. Hanya saja sebidang tanah kosong mungkin diperlukan & membutuhkan perawatan sederhana, yaitu pembersihan harian atau mingguan. Bahkan terserah Anda kapan ingin melakukannya.
  • Investasi fisik (Tanah) jika hanya berdasarkan harga tanah tentu lebih murah daripada properti bila luas tanah hanya sebagai patokan. Namun keuntungan besar yang bisa didapatkan adalah dengan jumlah uang yang sama, Anda bisa membeli tanah dengan ukuran yang lebih luas. Dan sepertinya masa depan tidak hanya tertuju pada Anda, tetapi pada keluarga bahagia Anda.
  • Investasi fisik (Tanah), keuntungan yang Anda dapatkan adalah harga tanah akan naik setiap tahunnya. Bahkan, harganya bisa dua kali lipat atau lebih dari harga beli awal. Apalagi jika tanah yang dibeli merupakan bagian dari proyek tertentu. Maka segala potensi keuntungan besar berada dekat dengan diri Anda.
  • Investasi fisik (Tanah), selain menaikkan harga, berinvestasi tanah atau memiliki tanah juga dapat memberikan Passive Income bagi setiap pemiliknya. Dengan catatan difungsikan dengan hal-hal yang memberikan penghasilan. Ambil contoh jika Anda memilih untuk menyewakan tanah kosong tersebut untuk berbagai kegiatan atau bisnis. Contoh paling sederhana adalah dengan menyewakannya sebagai tempat parkir atau menyewakannya untuk keperluan olahraga.
  • Investasi fisik (Tanah), jika Anda memiliki lahan kosong tentunya keuntungan yang anda dapatkan adalah potensi dan sifatnya yang stabil jika dibandingkan dengan Property atau Real Estate.
  • Investasi fisik (Tanah) telah menjadi rahasia umum oleh banyak orang untuk menjadi alternatif terbaik ketika Anda membutuhkan jenis investasi yang siap menghadapi inflasi yang dapat terjadi kapan saja.
  • Investasi fisik (Tanah) berbeda bila diukur dengan properti atau multiple property dimana kemungkinan terjadi “Pencurian” atau perusakan, berupa tanah kosong tidak akan dihadapkan atau mengalami 2 jenis permasalahan tersebut.
Selain itu, ada keuntungan lain yang sangat istimewa jika Anda memilih jenis investasi fisik ini. Anda dapat menikmati hidup dengan sangat nyaman yaitu memberi warna hidup Anda dengan berkebun, tanah kosong juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati hobi berkebun.
 
Semakin banyak lahan yang Anda miliki, maka semakin banyak jumlah atau jenis tanaman yang dapat ditanamnya. Dan di situlah manfaat memiliki lahan tanah, bisa saja Anda menjadi bos dengan banyak karyawan.

2. Properti
Investasi fisik seperti yang telah dibahas sebelumnya, investasi fisik adalah jenis investasi yang tidak lain dengan adanya bentuk dan tampilan nyata yang bahkan dapat diraba dengan lembut. Jenis investasi fisik berikutnya yang bisa Anda pilih dan masih berkaitan dengan tanah adalah properti.

Karena jika kita melihat laju pertumbuhan penduduk yang terus bertambah, maka kebutuhan akan tempat tinggal (Hunian) akan terus mengalami peningkatan. Analoginya, jika ketersediaan terbatas, tetapi permintaan terus meningkat. Otomatis harga sebuah rumah atau tanah menjadi lebih mahal (Tinggi), sedangkan di sisi lain properti termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi untuk menyeimbangkan segala kebutuhan.

Keuntungan Investasi Fisik Pada Properti
  • Investasi fisik properti mampu bertahan lama dan tidak menurunkan harga dan nilai investasi. Harga unit properti akan terus melambung. Harga jual belinya cukup menguntungkan, karena properti merupakan investasi yang dapat memberikan hasil maksimal jika dilihat dari jenis investasi lain yang ada.
  • Investasi fisik di bidang properti, meskipun membutuhkan dana yang cukup besar, namun investasi properti memiliki risiko yang minimal. Bahkan jenis ini dianggap sebagai jenis investasi yang paling menjanjikan namun terkesan tanpa risiko yang mengkhawatirkan kecuali jika terjadi bencana dan faktor besar lainnya. Properti memiliki pergerakan harga yang stabil dari waktu ke waktu sehingga risikonya menjadi sangat minim.
  • Memilih jenis investasi properti, keuntungannya jika diambil contoh dengan membeli sebidang tanah, kemudian membangun rumah, gudang, atau bangunan lainnya. Anda dapat menjual kembali tanah dan bangunan dengan harga yang jauh lebih tinggi. Atau dengan memilih untuk menyewakan properti kepada orang yang membutuhkan dan Anda bisa mendapatkan penghasilan setiap bulannya atau sesuai kesepakatan antara Anda dengan penyewa properti.
  • Investasi fisik properti bila digunakan dalam bentuk sewa/kontrak ditambah tidak ada keinginan untuk menjualnya di kemudian hari, maka yang Anda dapatkan adalah passive income untuk semua kebutuhan Anda. Dan jika itu dilakukan, Anda bisa menikmati kenaikan harga properti setiap tahun atau kenaikan harga properti yang Anda tentukan sendiri. Namun semuanya harus proporsional dengan kualitas properti yang Anda kelola.
Selama ini harga properti terus meningkat, namun untuk mencapai maksimal ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti kondisi bangunan yang Anda miliki harus dijaga, lingkungan aman, dan bebas banjir.

Jadi investasi fisik properti harus selalu menjaga kondisi bangunan yang ada dalam kondisi terawat dengan baik. Termasuk cat atau tembok yang kusam dan bagian lain yang rusak pasti akan mengurangi nilai dari sebuah properti/beberapa unit properti berbeda yang Anda miliki.

Itulah beberapa alasan dan kelebihan investasi fisik di bidang properti. Ada beberapa pilihan investasi properti lain yang bisa dipilih, seperti apartemen & lainnya terutama di kota-kota besar. Berbeda dengan rumah pada umumnya apartemen tidak memiliki ukuran yang besar. Namun kelebihan dari apartemen ini adalah lokasinya yang sangat strategis. Beberapa apartemen bahkan sangat dekat dengan pusat perbelanjaan untuk menuai banyak keuntungan, tentunya para pengembang sudah memikirkan hal itu.

Dari beberapa jenis properti yang telah disebutkan sebelumnya. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pilihan jenis investasi properti yang ada dan populer.
  • Tanah
  • Rumah Kost (Indekost)
  • Rumah Kontrakan
  • Ruko
  • Apartemen
  • Kantor (Perkantoran)
  • Villa (Rumah Villa) dan
  • Gedung yang difungsikan dengan berbagi kebutuhan & keperluan bisnis (Doing business)
3. Emas
Selain investasi tanah dan bidang properti, ada jenis investasi fisik lainnya yang mudah, bahkan sangat cocok untuk orang yang belum terlalu mengenal dunia investasi. Investasi jenis ini, Anda bisa memulainya dengan jumlah dana yang kecil. Yaitu dengan memilih investasi emas.

Kita semua tahu bahwa emas adalah investasi yang tradisinya diturunkan dari generasi ke generasi. Namun, di saat platform digital sedang booming di berbagai sektor, mungkin timbul pertanyaan di benak Anda: Apakah lebih baik memilih emas sebagai jalan pilihan atau mengikuti orang-orang generasi sebelumnya.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan segala bentuk investasi emas yang disimpan sejak lama oleh orang-orang sebelumnya seperti : emas perhiasan, koin emas, dan berbagai catatan pembelian emas yang masih mereka simpan hingga saat ini.

Apapun bentuk investasi yang Anda lakukan baik secara digital lewat platform atau memilih secara fisik, semuanya adalah pilihan yang bagus jika  dilakukannya.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi secara fisik pada logam mulia seperti emas, Anda tidak perlu melakukan survei lokasi atau bahkan memeriksa bangunan secara fisik. Di sisi lain, juga tidak perlu menawar, karena emas sudah memiliki standar harga tersendiri.
 
Emas biasanya dipandang sebagai aset 'Safe Haven' ketika jenis investasi lain berada di ambang ketidakpastian. Apalagi jika dibandingkan dengan pasar investasi lain seperti pasar saham yang terkesan kurang stabil, maka emas tentunya menjadi produk unggulan tersendiri.

Apalagi dengan melihat berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh saat memilih berinvestasi emas, sebagai berikut :
  • Aman untuk jangka panjang
  • Terlindungi dari inflasi
  • Mudah dicairkan setiap waktu
  • Menguntungkan
  • Risiko rendah
  • Harganya stabil
  • Tidak perlu modal besar
  • Dapat dijadikan agunan pada bank
  • Dapat diwariskan
  • dll
Di era modern sekarang ini, memilih untuk berinvestasi emas online sangatlah mudah dilakukan. Anda bahkan tidak perlu repot keluar rumah. Duduk saja termenung dan bersantai dengan secangkir kopi di teras rumah, ambil ponsel Anda, dan Anda sudah bisa berinvestasi emas. Bagaimana? sangat mudah bukan?

Melalui berbagai aplikasi yang tersedia (Trusted) Anda bisa mulai berinvestasi emas dari nilai yang sangat kecil. Namun tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya, dan syaratnya juga cukup mudah.

Dalam melakukan pendaftaran, ada beberapa persyaratan yang umumnya diminta oleh pihak layanan, seperti foto e-KTP, foto diri, dan terakhir nomor handphone yang aktif.

Lalu bagaimana jika tetap ingin berinvestasi emas dengan bentuk fisik? tidak hanya terdengar mewah & bagus untuk dilakukan. Namun harus disadari kembali, tentunya memegang emas secara fisik memiliki kekurangan tersendiri. Hal ini terkait dengan biaya pengangkutan dan bentuk penyimpanan emas fisik yang lebih tinggi untuk diwaspadai.

Selalu ada risiko pencurian mengintai di sekitar Anda. Selain itu, pembelian dengan nilai tertentu akan dikenakan pajak kekayaan. Namun sebanding lurus dengan keuntungannya.

Jika Anda lebih condong melalui jalur modern, sudah banyak platform perdagangan emas yang berlisensi (Berizin) dan terdaftar OJK. Diantaranya :
  • Pegadaian digital
  • Tokopedia emas
  • Indogold
  • Shopee
  • Buka emas (Bukalapak)
  • Dana eMas
  • Pluang
  • Laku emas
  • Tamasia
  • Dan lain sebagai yang terpercaya
Platform (Aplikasi) pembelian emas tersebut di atas dapat dicabut karena faktor-faktor tertentu, izin & pendaftarannya dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi yang perlu diingat adalah selalu jeli dalam memilih platform yang akan digunakan.
4. Barang Antik, Klasik & Perhiasan
Jenis Investasi fisik lainnya yang bisa Anda pilih yang hubungannya dengan barang antik, klasik, termasuk perhiasan. Memiliki hobi yang unik juga ternyata bisa menjadi peluang besar untuk berinvestasi dan mendapatkan uang banyak. Anda mungkin pernah mendengar orang menjual perangko dengan harga fantastis sebelumnya. Selain itu, ada juga yang bisa menjual koin lama, koin kuno masa lalu, dengan nilai yang sangat tinggi dan terkadang harganya tidak terduga sebelumnya.

Tidak ada salahnya mencoba jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa memilih untuk berinvestasi pada sebuah karya seni seperti lukisan, barang antik, klasik, atau kendaraan antik tua tempo dulu.

Selain itu, ternyata beberapa jenis perhiasan batu permata dan batu mulia juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki modal lebih.

Beberapa Contoh Barang Perhiasan (Koleksi) yang Bisa Dipilih, Sebagai Berikut :
  • Akik
  • Delima
  • Giok
  • Biduri laut
  • Mata kucing
  • Bacan
  • Opal
  • Obsidian
  • Batu campaka
  • Ametis
  • Batu biduri bulan
  • Akuamarin
  • Berlian (Intan)
  • Blue sapphire
  • Zamrud
  • Dan lain-lain
Berbagai jenis perhiasan ini memiliki nilai harga khusus yang terus meningkat bahkan terkadang melebihi harga yang jauh lebih fantastis dari logam mulia "Emas".

Namun, jenis investasi fisik ini memang membutuhkan kehati-hatian dalam melakukannya. Tanpa pengalaman dan pengetahuan yang cukup, investasi Anda sebenarnya bisa menghabiskan banyak uang dan risikonya tinggi yang tidak Anda harapkan. Ingatlah hal itu sebelum melakukannya.

Itulah beberapa pilihan jenis investasi fisik yang aman dan mudah untuk Anda lakukan. Namun perlu diingat kembali bahwa apapun jenis investasinya dan apa pilihannya. Anda tetap harus kembali pada fakta investasi itu sendiri. Apapun jenis investasi yang dipilih, yang semuanya memiliki berbagai macam risiko yang mungkin dihadapi oleh siapapun yang terlibat di dalamnya, akankah Anda mendapat keuntungan atau sebaliknya.

Dalam hidup, jika Anda sudah berani mengambil langkah untuk mencoba hal baru untuk menata masa depan, itu sebenarnya hal yang baik. Tentang risiko itu adalah unsur alami dari makna hidup ini. Terapkan pada diri sendiri sebuah prinsip, saya lebih suka memulai kebiasaan dari hal-hal kecil yang baik dengan berinvestasi dalam menyiapkan apapun yang menjadi tujuan hidup bahagia dan indah.

Salah Sahabat Nirwana Tunggal

Baca juga :

Posting Komentar