Translate

Alasan Kenapa Apartemen Selalu Jadi Pilihan Generasi Milenial

 
Beberapa alasan generasi milenial memilih tinggal di apartemen

Nirwana Tunggal - Apartemen di era milenial sekarang ini banyak dipilih new generation sebagai tempat tinggal favorit & special. Mengapa? Generasi milenial lebih suka memilih apartemen dikarenakan tempat tersebut berhubungan langsung dari segi financial namun memiliki kesan yang mewah dan nilai kesederhanaan. Milenial cenderung lebih menyukai apartemen daripada memilih tinggal dirumah-rumah besar seperti rumah tapak. Terlebih dikota-kota besar pada suatu daerah yang terkenal dengan kawasan elite.

Adapun hal lain yang menjadikan kaum milenial mau & suka tinggal di apartemen adalah dari kebutuhan pokok juga menjadi pilihan paling berkelas dalam memenuhi gaya hidup mereka. Bahkan, pilihan ini kini menjadi pilihan paling populer, terutama dalam pandangan mereka.

Mungkin yang menjadi pokok utama alasan kenapa apartemen selalu jadi pilihan oleh generasi milenial adalah dari konsep-konsep berpikir mereka yang lebih mengutamakan kenyamanan dan efisiensi dalam memilih atau menentukan hunian tempat tinggal. Itulah beberapa alasan yang cukup menarik juga terdengar sangat baik ditelinga. Hal ini dikarenakan properti apartemen lebih banyak dilirik oleh generasi muda dibandingkan dengan rumah tapak atau sejenisnya.

Selain yang telah disebutkan di atas ternyata ada alasan lain kenapa mereka memilih atau harus tinggal di apartemen adalah dari bentuk kenyamanan juga disuguhi manfaat lain yaitu dekat dengan keberadaan jalur transit oriented development (TOD) yang terintegrasi dengan baik. Meski pilihan ini merupakan pilihan yang cerdas, namun semua itu dari perkembangan pertumbuhan apartemen di suatu negara, khususnya di Indonesia yang selalu meningkat begitu pesat. Otomatis mengundang perhatian yang cukup besar di cermin kaum milenial.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan lebih lanjut untuk mengetahui alasan kenapa apartemen selalu menjadi pilihan milenial & mengapa orang lebih suka tinggal di apartemen.
  1. Dari Segi Harga & Berbagai Pilihan Konsep (In Terms of Price & Various Concept Options)
  2. High Level of Security (Tingkat Keamanan yang Tinggi)
  3. Low Maintenance Cost (Biaya Perawatan Rendah)
  4. Environmental Friendliness (Keramahan Lingkungan)
  5. Fasilitas Lengkap & Menarik (Complete & Attractive Facilities)
  6. Rasa Kebersamaan (A sense of togetherness) / Komunitas
  7. There are Advanced Technology Features (Ada Fitur Teknologi Canggih)
  8. Hubungannya dengan Lokasi Strategis (Relationship with Strategic Location)
  9. Relationship with Investment (Hubungannya dengan Investasi)
  10. Free flood (Bebas banjir)
Penjelasan

1. Dari Segi Harga & Berbagai Pilihan Konsep (In Terms of Price & Various Concept Options)

Pertama, alasan mengapa apartemen selalu menjadi pilihan generasi milenial karena apartemen memiliki ukuran yang beragam dan konsep yang variatif. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing orang. Apalagi bagi yang masih single, tinggal di apartemen dengan tipe studio biasanya terasa lebih nyaman dan juga sangat mengasyikkan. Daripada tinggal di rumah yang besar dan mewah dengan banyak kamar tetapi dengan aura yang kosong.

Selain itu juga banyak kamar tipe studio dengan harga terjangkau sesuai isi dompet offline maupun online. Dari segi harga, apartemen di kota-kota besar berkisar antara Rp. 15 juta - Rp. 40 juta untuk sewa pertahun. Tentu harga tersebut hanya sebagai acuan sebab ada jenis apartemen disuatu daerah dengan harga yang lebih rendah maupun lebih tinggi disesuaikan dari fasilitas yang ditawarkannya.

2. High Level of Security (Tingkat Keamanan yang Tinggi)

Inilah penyebab kenapa orang suka atau mau tinggal di apartemen adalah dari tingkat keamanannya yang terjamin (High Level of Security). Dimana seseorang memilih tempat hunian tentu adanya alasan yang menjadikannya khusus didalamnya tidak lain adalah dari keamanan yang disediakannya.

Ketika ada alasan, tentu ada titik pilihan. Dimanapun tinggal tentu akan menimbulkan rasa kecemasan jika tempat tinggalnya tidak memberikan diri merasa aman, tentram, & bahagia. Apartemen memiliki sistem keamanan tinggi yang membuat pemilik apartemen terasa lebih aman dalam beraktivitas, terutama pada malam hari. Dimana mereka tidak merasa aman menjalani kegiatan yaitu di saat mereka tinggalkan dan kembali dari lelahnya bekerja atau urusan lain kecuali mereka merasa aman dari tempat huniannya (Apartement).

Saat tinggal di apartemen, keamanan menjadi hal yang perioritas. Disinilah kelebihan ketika memilih tinggal atau membeli apartemen. Dalam gedung apartemen setidaknya ada beberapa sistem keamanan ketat yang umumnya sudah diterapkan didalamnya, seperti Personil keamanan 24 jam, adanya CCTV, serta sistem keamanan yang diberikan khusus bagi pemiliknya yaitu keamanan dengan menggunakan Akses Kartu (Card Access).

Itulah beberapa poin plus ketika memilih tinggal di apartemen yang dilirik generasi milenial, mereka tidak lagi takut karena setiap sudut ruangan tidak bisa dipisahkan dari kamera pengintai dan bentuk pengamanan lain yang sudah disebutkan.

3. Low Maintenance Cost (Biaya Perawatan Rendah)

Alasan orang lebih memilih tinggal di Apartemen daripada rumah yaitu dilihat dari segi biaya pemeliharaannya (Perawatan). Saat tinggal di apartemen, maka tidak perlu khawatir dengan biaya perawatannya. Terkait masalah Air, Listrik, Keamanan, Sampah dan lain sebagainya semua itu sudah diatur oleh pihak pengelola jadi tinggal bayar bulanan sesuai tarif yang sudah ditentukan sebelumnya.

Biaya perawatan adalah juga biaya yang dikeluarkan untuk perawatan fasilitas bersama seperti kolam renang atau gym, gaji penjaga pintu (supervisor), dan biaya utilitas untuk area umum (seperti lobi, koridor, dan lift) ditanggung oleh biaya perawatan itu sendiri. Biaya tersebut juga berbeda-beda dimana Anda memilih apartemen, namun biaya tersebut masih tergolong ringan sebanding dengan berbagai bentuk fasilitas memuaskan yang disediakan.

4. Environmental Friendliness (Keramahan Lingkungan)

Alasan kenapa apartemen selalu jadi pilihan oleh generasi milenial adalah mereka umumnya rela membayar lebih untuk kenyamanan huniannya, seperti mencari sesuatu yang lebih ramah lingkungan untuk tempat tinggalnya. Yang salah satunya membuat ramah lingkungan bisa diterapkan seperti dengan beralih ke bola lampu LED.

Meski cenderung lebih mahal dari lampu biasa, lampu LED lebih terang dan tahan lama. Hal ini tentunya akan mengurangi biaya tagihan listrik setiap bulannya.

Lampu LED terkenal dengan keamanan yang lebih dari lampu biasa, meskipun dinyalakan berjam-jam panas yang dihasilkan tidak seperti lampu biasa pada umumnya. Dengan begitu aman sudah dari yang namanya "Risiko kebakaran".

Maka akan sangat baik untuk mengganti jenis lampu LED di apartemen yang dimilikinya. Jenis lampu ini terbuat dari bahan yang tidak beracun. Berbeda dengan lampu fluorescent (Neon) yang menggunakan merkuri yang dapat menimbulkan bahaya bagi lingkungan.

Keunggulan lainnya adalah cara paling baik menjaga lingkungan, karena bisa didaur ulang kembali yang tentunya menjadi alasan tepat untuk memberikan yang terbaik demi keramahan lingkungan disekitarnya.

5. Fasilitas Lengkap & Menarik (Complete & Attractive Facilities)

Inilah hal-hal baru kenapa orang mau tinggal di apartemen khususnya mereka generasi milenial. Mereka memiliki bayangan mimpi yang segalanya terasa indah & sempurna, tapi mereka cukup malas untuk melakukan apapun. Kini, dengan tinggal di apartemen, mereka akan lebih mudah melakukan berbagai hal baru yang disenanginya seperti berolahraga, berbelanja, hingga bekerja.

Karena apartemen biasa dilengkapi dengan fasilitas lengkap yang menunjang aktivitas setiap penghuninya. Artinya, mereka akan menemukan banyak fasilitas pendukung di apartemen yang memanjakan dirinya atas segala apa yang diinginkannya. Fasilitas itu seperti adanya pusat perbelanjaan, minimarket, pusat kebugaran, fasilitas rekreasi, fasilitas khusus untuk anak, fasilitas olahraga, dan berbagai fasilitas lainnya dalam mencukupi model gaya hidup mereka.

6. Rasa Kebersamaan (A sense of togetherness) / Komunitas

Apa kamu tahu sebenarnya alasan kenapa apartemen selalu jadi pilihan generasi milenial adalah adanya rasa sebuah ikatan yang terbentuk dari rasa kekeluargaan atau persaudaraan, lebih dari sekedar bekerja sama atau hubungan profesional biasa. Karena kepentingan bersama lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi dalam waktu-waktu tertentu. Itulah mengapa kaum milenial lebih memilih tinggal di apartemen daripada rumah-rumah besar.

Ketika tinggal di apartemen, mereka akan bertemu dengan banyak orang, inilah alasan kenapa kaum milenial mau tinggal di apartemen. Bagi kaum milenial, rasa kebersamaan menjadi salah satu hal terpenting juga istimewa untuk dilakukan yang membuat mereka nyaman saat tinggal di apartemen.

Salah satu hal yang bisa membuat orang didalamnya dapat berkumpul & bertemu dengan senyuman manis saat mereka berada di fasilitas yang ada seperti bertemunya mereka saat berolahraga, berkumpulnya acara tertentu, atau bertemu hal yang menyilaukan mata seperti bertemunya saat berada dikolam renang, dan lain sebagainya.

7. There are Advanced Technology Features (Ada Fitur Teknologi Canggih)

Kurang lengkap rasanya, di dalam apartemen selain berupa keamanan terbaru, ternyata juga terdapat berbagai fitur yang membuat penghuninya terasa bagaikan raja & ratu. Didalam apartemen memang sudah dilengkapi berbagai model disesuaikan dengan kemajuan teknologi seperti smart home features (fitur rumah pintar) yang mempermudah dalam menjalani berbagai aktivitas di rumah. Apapun aktivitas sehari-hari akan terbantu dengan adanya fitur teknologi seperti ketika akan menyalakan televisi, mematikan lampu, mengunci pintu & masih banyak lagi hanya dengan smartphone yang digenggamnya.

Bagaimana? sangat menarik bukan? itulah salah-satu alasan generasi milenial memilih tinggal di apartemen. Jika belum pernah merasakannya mungkin dalam waktu dekat anda harus melakukannya betapa menyenangkannya diri anda mau memilih tinggal di apartemen. Terlepas dari kenyataan bahwa apartemen sudah memiliki berbagai asumsi oleh banyak orang untuk menjadi tempat terbaik yang dikenal karena kesan mewah dan terlihat keren, ada juga penilaian dari segi kekayaan meskipun bukan itu yang dimaksud.

8. Hubungannya dengan Lokasi Strategis (Relationship with Strategic Location)

Hal mendasar yang menjadi pertimbangan para pekerja muda milenial khususnya di kota-kota besar adalah memilih apartemen sebagai tempat tinggal.

Apartemen umumnya dibangun di kawasan bisnis, termasuk pengembang pengelola yang juga sudah memikirkan untuk membangun gedung apartemen dengan lokasi strategis kota, baik di tengah maupun di sudut kota yang mudah dijangkau dengan berbagai kepentingan lain yang tidak bisa dilakukan di dalam apartemen.

Di situlah pemenuhan kebutuhan gaya hidup modern dapat dengan mudah dicapai. Sehingga dapat menghemat biaya transportasi, waktu dan tenaga.

9. Relationship with Investment (Hubungannya dengan Investasi)

Memilih tinggal di apartemen terlepas dari berbagai kepentingan yang telah dijelaskan sebelumnya. Ada pula tujuan dari alasan memilih tinggal atau membeli unit apartemen karena hubungannya dengan dunia investasi.

Generasi muda sekarang lebih pintar dalam menyusun kebahagiaan masa datang yaitu dengan tinggal di apartemen yang memiliki nilai manfaat lain berupa asset berharga. Dengan tinggal di apartemen tetapi tidak digunakan untuk sementara waktu, dapat ditawarkan dalam bentuk sewa/kontrak kepada orang lain yang membutuhkan. Apartemen yang terletak di tempat-tempat strategis biasanya memiliki peminat yang cukup banyak.

Dengan langkah ini, pemilik apartemen bisa mendapatkan passive income dan tidak harus bekerja untuk memenuhi kebutuhannya, jika cukup tercover oleh profit cycle (Siklus Keuntungan).

Investasi dipandangan anak muda milenial bukanlah menjadi suatu kegiatan yang melulu hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dewasa & tua saja. Berupa pandangan berbeda sekarang tentang dunia investasi yang bisa dilakukan oleh generasi muda, apalagi investasi merupakan pelengkap lain dalam memenuhi gaya hidup mereka sekarang ini.

10. Free flood (Bebas banjir)

Hal ini mungkin menjadi terakhir alasan kenapa & mengapa apartemen selalu menjadi pilihan bagi kaum milenial adalah hilangnya rasa cemas diri terhadap masalah banjir yang selalu menjadi problem terutama di daerah rawan banjir seperti dikota-kota besar yang banyak dengan gedung-gedung pencakar langit.

Problem banjir disuatu kawasan tertentu ibarat tamu tanpa diundang datang dengan penuh kepercayaan dan tanpa rasa belas kasihan terhadap yang menerimanya.

Dengan memilih tinggal di apartemen menjadi titik solusi yang bisa dilakukannya. Sebab pengembang sudah memikirkan segala pertimbangan secara matang yang salah-satunya membangun gedung apartemen yang jauh dari kawasan rawan banjir. Maka ketika memilih tinggal di apartemen mereka dapat melindungi diri dari problem tersebut belum lagi hal lainnya seperti kerusakan dan apapun yang merugikan diri sendiri seperti penyakit tertentu dan lain sebagainya.
Demikian pembahasan terkait beberapa alasan kenapa apartemen selalu jadi pilihan oleh generasi milennial, dan apapun bentuk kekurangannya mohon untuk dimaklumi. Semoga informasi ini dapat membantu ya Sahabat.

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga :

Posting Komentar