Translate

Cara Investasi Emas Dengan Mudah dan Aman

Cara berinvestasi emas untuk pemula

Nirwana Tunggal
Ingin berinvestasi emas? Saat berinvestasi jenis ini, ada beberapa tips dan cara agar investasi berjalan lancar dan aman. Meskipun berinvestasi emas sebenarnya cukup mudah, ada banyak pilihan untuk membeli dan menyimpan emas secara bersamaan. Uniknya, logam mulia ini dari zaman peradaban kuno hingga era milenial sekarang, emas telah menjadi mata uang pilihan terbaik dunia. Emas adalah cara terbaik untuk berinvestasi yang menjanjikan saat nilai mata uang berada dalam ketidakpastian.

Seperti yang kita ketahui bersama, harga emas bisa naik turun, namun nilainya akan tetap terjaga. Karena itulah investasi ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang menginginkan jenis investasi dengan tingkat pengembalian yang stabil, cenderung meningkat namun dengan risiko yang minimal.

Sekilas kembali melihat perjalanan logam mulia ini, tepatnya pada tahun 1980-an ketika emas dicemaskan dengan inflasi dan resesi yang menyebabkan emas mencapai level tertinggi pada tahun itu. Dan kabar baiknya dari peristiwa tersebut menjadi penyebab emas sejak saat itu diperdagangkan dengan nilai yang lebih tinggi hingga sekarang.

Tips dan cara berinvestasi emas dengan mudah dan aman terutama bagi pemula atau yang baru mengenal logam mulia istimewa ini, rencanakan dulu dari sekarang apa tujuan berinvestasi dan mengapa emas menjadi pilihan.

"Easy tips for investing in gold for people who are new to this special precious metal is to plan from now what the purpose of investing is and why gold is the target of choice"

Perlu dipahami bahwa ketika orang sudah memiliki penghasilan dari pekerjaan sebelumnya, bukan berarti masa depan mereka dijamin bahagia dan baik-baik saja. Untuk memastikan masa depan yang lebih baik, langkah yang tepat adalah merumuskan masa depan seperti menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk diinvestasikan dan emas menjadi salah satu pilihan yang sangat direkomendasikan, mengingat emas memiliki banyak keunggulan dan dikenal kebal terhadap inflasi. .

Meskipun ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan, mulai dari investasi saham, deposito, berbagai bidang properti, dan lain sebagainya. Namun emas tetap menjadi pilihan investasi paling populer bahkan di seluruh dunia.

Perhiasan emas memang sudah sangat populer di berbagai kalangan terutama kaum hawa, di sisi lain ada kepuasan tersendiri ketika memilih investasi emas selain untuk perhiasan pribadi, pertanda kemakmuran dan kewibawaan. Emas juga diasosiasikan sebagai tanda cinta dan kasih sayang seseorang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa emas memiliki fakta unik yang nilainya semakin meningkat setiap tahunnya. Salah satu contohnya adalah ketika situasi ekonomi di suatu negara sedang tidak menentu. Harga emas cenderung meningkat signifikan dan selalu menjadi perhatian utama berbagai kalangan sebagai alat investasi teraman, termudah dan paling menjanjikan.

Dilihat dari popularitasnya yang cenderung meningkat, banyak orang memilih untuk beralih berinvestasi emas. Jadi tidak perlu khawatir jika memilih untuk berinvestasi pada logam satu ini yang sudah dipercaya banyak orang. Cara berinvestasi emas dengan mudah dan aman, terutama bagi pemula atau siapa saja yang belum memahaminya. Berikut ulasannya.

Cara Berinvestasi Emas Dengan Aman dan Mudah
Safe way to invest in gold for beginners
  1. Pastikan Tujuan Investasi Emas Anda
  2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala
  3. Beli emas di tempat terpercaya
  4. Lakukan Investasi Emas Dengan Menabung
  5. Memilih penyimpanan emas yang aman
  6. Fokus masa depan
Penjelasan

1. Pastikan Tujuan Investasi Emas Anda (Make Sure Your Gold Investment Goals)

Cara pertama yang mudah dan aman untuk berinvestasi emas adalah memastikan tahu apa yang akan diinvestasikan dan untuk tujuan apa melakukannya. Jadi hal terpenting atau cara paling aman untuk berinvestasi secara umum adalah mengetahui dengan baik tujuan awal dari sebuah investasi.

Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda. Banyak sekali tujuan yang bisa dibidik dalam berinvestasi, seperti untuk tujuan pernikahan, pendidikan atau mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

"Everyone has important goals in life and the most relevant choice is investment. You can have many goals that can be targeted in managing finances by investing in gold"

Misalnya, Anda telah menargetkan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Anda memilih untuk berhenti dari pekerjaan Anda dan memulai bisnis baru dengan mencoba sesuatu yang lain, mencoba hal-hal baru dalam bisnis yang Anda kuasai. Kemudian pendapatan dari sebagian gaji yang diperoleh disisihkan untuk diinvestasikan dalam emas.

Jika seseorang sudah memiliki tujuan yang jelas seperti di atas, maka secara otomatis akan mengetahui berapa banyak emas yang harus diinvestasikan setiap hari atau setiap bulannya. Itulah cara aman berinvestasi/memilih investasi emas, baik pemula maupun yang sudah lebih dulu melakukannya.

Termasuk ketika Anda memilih untuk berinvestasi emas secara online, perlu dipahami bahwa emas tergolong investasi jangka menengah dan panjang. Setiap hari harga emas bisa naik turun, namun nilainya tidak signifikan, apalagi jika nilai investasi emas masih tergolong kecil. Oleh karena itu sangat tepat jika Anda memilih emas sebagai alat investasi, tentunya pilihan ini sangat tepat untuk melindungi nilai kekayaan dalam waktu yang relatif lama.

2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala (Monitor the development of gold prices regularly)

Tips dan cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah adalah dengan memantau perkembangan harga emas setiap saat. Sekarang melihat harga emas sangatlah mudah. Ada banyak situs online yang bisa digunakan untuk menampilkan semua perkembangan harga emas saat ini dan masa lalu. Bahkan tersedia beberapa aplikasi khusus untuk ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas setiap saat.

Tujuan memantau perkembangan harga emas?
The purpose of monitoring the development of gold prices?

Meski dikenal sebagai alat investasi paling stabil dan aman, emas tetap saja mengalami penurunan harga karena faktor tertentu. Itu artinya investor memiliki kesempatan untuk membeli saat harga emas sedang turun. Kemudian ketika harga emas melonjak, Anda tidak punya pilihan yang bagus selain menjualnya.

Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jangka panjang minimal 5 sampai 10 tahun. Itulah cara cerdas dan aman berinvestasi/memilih investasi emas.

Di era modern sekarang ini emas sudah banyak tersedia secara online yang bisa dibeli dimanapun Anda berada dan saat situasi yang berbeda selama ponsel Anda masih terkoneksi dengan internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meski mudah, cara berinvestasi emas online namun tetap saja bagi investor pemula harus memantau harga emas karena nilainya fluktuatif.

Di era modern sekarang ini, emas banyak tersedia secara online yang dapat dibeli dimanapun Anda berada dan dalam situasi yang berbeda selama ponsel Anda terhubung dengan internet. Tidak ada batasan jam operasional. Meski mudah, cara berinvestasi emas secara online, Anda tetap harus memantau harga emas karena nilainya fluktuatif.

Itulah cara berinvestasi emas dengan mudah dan aman. Sampai di sini, Anda pasti sudah paham bahwa hal terbaik yang harus dilakukan adalah tidak menjual emas saat harganya di bawah harga beli sebelumnya, tanpa alasan lain untuk tidak rugi. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk mengamati pergerakan harga emas untuk dapat memilih momentum yang tepat untuk membeli emas saat harga turun. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan keuntungan pada target waktu yang telah ditentukan, misalnya untuk 5-10 tahun ke depan, nilai investasi emas Anda akan berlipat lebih besar.

3. Beli emas di tempat terpercaya (Buy gold in a trusted place)

Cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah khususnya untuk pemula harus mengetahui di mana mereka akan membelinya. Ada banyak tempat menarik yang menjual emas batangan untuk investasi. Namun akan lebih baik membelinya di tempat khusus menjual emas secara resmi dan terpercaya.

Resmi & terpercaya adalah transaksi yang didalamnya dilakukan jual beli emas dengan menyertakan surat dan sertifikat. Karena ada saja penjual emas yang menyediakan logam mulia dengan cepat namun tidak menyertakan sertifikat. Hanya emas dan selembar kertas kecil sebagai bukti pembelian dan tidak memiliki kekuatan yang cukup atas barang yang Anda beli tersebut.

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan dan menjadi salah satu cara terbaik untuk berinvestasi emas adalah dengan membelinya di PT ANTAM. Saat membeli emas dapat dilakukan secara langsung dengan mengunjungi outlet penjualan emas di kantor PT. ANTAM atau melalui situs e-commerce yang disediakan yang memang didalamnya menjual emas secara resmi dari PT tersebut.

Pilihan aman lainnya dalam memilih tempat beli emas, anda bisa mengunjungi tempat yang sudah terkenal aman yaitu anda bisa membelinya di Pegadaian. Kunjungi tempat tersebut dan anda bisa langsung melakukan pembelian dengan juga membuka rekening tabungan emas di PT. Pegadaian.

Melakukan pembelian langsung di di Pegadaian atau di PT Antam tentunya sudah terjamin karena merupakan Badan terpercaya, sehingga penjualan lebih dapat diandalkan. Dan tentunya Anda akan merasa lebih aman dalam berinvestasi.

Sementara itu, Pegadaian sendiri tidak lagi dimiliki oleh BUMN, namun status Pegadaian, kini menjadi anak perusahaan Bank BRI dengan kepemilikan saham 99,99%. Sedangkan 1 saham masih dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Apapun yang menjadi pilihan pembelian di antara keduanya, tentu keamanannya sudah tidak lagi diragukan.

4. Lakukan Investasi Emas Dengan Menabung (Invest Gold By Saving)

Tips dan cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah adalah dengan menabung sedikit demi sedikit, disesuaikan dengan keadaan financial pribadi. Cara ini bisa dilakukan dengan memilih tabungan emas melalui penyedia layanan seperti produk yang disediakan oleh Pegadaian untuk memudahkan seseorang dalam berinvestasi emas.

Cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah di pegadaian mirip dengan menabung di bank. Tabungan Emas di Pegadaian merupakan layanan simpanan bersaldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas didalamnya.

Berinvestasi emas di pegadaian juga mudah bagi pemula hanya dengan menyetorkan uang yang nantinya akan diubah menjadi gram emas. Anda dapat memulai setoran awal mulai dari 0,01 Gram atau Rp. 50.000, ditambah biaya lainnya yaitu biaya administrasi & penyimpanan.

Biaya ini bisa dikatakan cukup ringan sehingga tidak membebani seseorang yang ingin berinvestasi. Biaya administrasinya sendiri sekitar Rp. 10 ribu dan biaya pemeliharaan (penyimpanan) fasilitas selama 12 bulan sekitar Rp. 30 ribu. Bagaimana? Tentu hal ini sangat ringan jika melihat tingkat keamanan yang ditawarkan. Daripada membeli emas fisik dan menyimpannya sendiri di rumah.

5. Memilih penyimpanan emas yang aman (Choose safe gold storage)

Selanjutnya, cara aman dan mudah berinvestasi emas fisik juga mudah diikuti pemula adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara berinvestasi emas adalah dengan menyediakan tempat khusus untuk menyimpannya.

Caranya mudanya dengan menyimpannya di rumah atau membuat tempat khusus seperti menimbun di tanah dan sebagainya. Cara menyimpan emas yang paling direkomendasikan adalah mengikuti perkembangan zaman yang jauh lebih aman daripada harus menyimpannya sendiri. Cara penyimpanan emas modern saat ini adalah dengan menyimpannya di brankas atau safety box di bank yang khusus diperuntukkan bagi siapa saja untuk menyimpan barang-barang yang bernilai tinggi atau mahal.

Terserah Anda untuk memilih cara menyimpannya. Namun sangat disarankan untuk memilih cara modern yang sudah ada yang memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik seperti di pegadaian atau penyedia terpercaya lainnya yang tersedia.

6. Fokus masa depan (Future focus)

Tips dan cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah selanjutnya adalah fokus pada masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi emas adalah tabungan untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang, yang bisa dilakukan minimal 5 sampai 15 tahun.

Jadi ketika memilih untuk berinvestasi emas, Anda perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Dalam hal ini, investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru akan terasa setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Ingat, investasi yang Anda pilih adalah jenis investasi jangka panjang, tentunya berbeda dengan jenis investasi jual beli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat seperti jual beli saham secara cepat dan singkat yang disebutnya a pedagang saham (Trader).

Oleh karena itu, dalam berinvestasi emas, Anda harus tetap waspada dan fokus pada tujuan masa depan yang sesuai dengan apa yang ingin dicapainya. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara terbaik untuk berinvestasi emas yang dapat Anda terapkan dan pertahankan untuk mencapai apa yang Anda inginkan sebelumnya pada investasi tersebut.

Itulah tips berinvestasi emas dengan aman dan mudah yang bisa diikuti oleh pemula. Emas masih disukai oleh sebagian besar masyarakat dunia, terutama di Indonesia sebagai alat investasi khusus. Maka penting bagi Anda untuk mengetahui dan mempertimbangkan jenis investasi logam mulia ini.

Keuntungan Investasi Logam Mulia Emas
Gold Precious Metal Investment Benefits

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengapa tepat seseorang memilih berinvestasi emas, salah satu alasan kuatnya adalah karena harga emas relatif stabil bahkan cenderung naik. Selain dari bentuk kestabilan harga yang didapat, ada beberapa manfaat lain ketika seseorang memilih untuk berinvestasi emas. Berikut ulasannya.
  1. Mudah Dicairkan (Easy to sell)
  2. Melindungi Kekayaan (As protector of Wealth)
  3. Emas Dijadikan Diversifikasi Investasi (Gold Is Used As Investment Diversification)
  4. Tidak Adanya Potongan Bunga (No Flower Cut)
Penjelasan

1. Mudah Dicairkan (Easy to sell)
Keuntungan pertama berinvestasi emas adalah tingkat likuiditasnya yang tinggi atau sifatnya yang sangat mudah untuk diubah menjadi uang tunai. Artinya emas akan sangat mudah dicairkan menjadi uang tunai jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk keperluan tertentu atau berbagai kepentingan lain yang sebelumnya tidak terduga.

Jika Anda mempertimbangkan investasi lain seperti tanah atau rumah, tentunya emas memiliki tingkat likuiditas yang lebih tinggi dari kedua yang disebutkan.

Lantas jika muncul pertanyaan, apakah ada alat pembayaran selain uang? maka tepatlah dikatakan emas sebagai alat transaksinya. Bahkan dengan melihat sejarah, emas telah menjadi alat pembayaran dan pertukaran yang sah dalam kehidupan manusia. Bahkan sampai sekarang sudah menjadi hal biasa yang masih dilakukan oleh masyarakat dunia.

2. Melindungi Kekayaan (As protector of Wealth)
Tujuan saat berinvestasi tidak lain adalah cara untuk melindungi kekayaan. Dengan itu dapat dikatakan bahwa berinvestasi emas juga berarti melindungi kekayaan yang Anda miliki. Hal ini tentunya dapat dilihat dari harganya yang stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Ambil contoh, jika sewaktu-waktu terjadi inflasi atau krisis ekonomi, harga emas cenderung melambung tinggi. Hal ini akan sangat berbeda jika Anda hanya menyimpan uang secara tunai. Tentu saja, apa yang Anda dapatkan ketika ekonomi mengalami inflasi atau krisis, nilai mata uang yang disimpannya juga ikut melemah atau turun.

3. Emas Dijadikan Diversifikasi Investasi (Gold Is Used As Investment Diversification)
Dalam mencapai tingkat keuntungan dalam berinvestasi adalah dengan menyebarkan dana dari berbagai produk yang tersedia. Emas merupakan keputusan yang tepat saat mengambil tindakan dalam berinvestasi yaitu mengelola aspek keuangan dari portofolio investasi Anda. Hal ini merupakan strategi dan langkah untuk menghindari kemungkinan segala risiko yang mungkin terjadi.

Dengan membagi arus keuangan ke dalam investasi emas, maka akan meminimalkan semua kemungkinan risiko tinggi dari produk investasi lain yang sebelumnya dibeli. Saat produk lain mengalami penurunan/kerugian, aset/dana berupa emas tentu tidak mengalami hal yang sama.

Itulah mengapa emas menjadi pilihan diversifikasi investasi terbaik di dunia yang ada hingga saat ini. Kelebihan emas sendiri terkadang mengalami pergerakan harga yang berbanding terbalik dengan pergerakan pasar saham atau nilai mata uang.

4. Tidak Adanya Potongan Bunga (No Flower Cut)
Keunggulan lain yang berbeda dari yang lain dalam jenis investasi emas ini adalah tidak adanya potongan bunga. Meskipun sebagian simpanan emas masih menerapkan sistem bunga, namun sebagian tidak menerapkannya seperti yang diterapkan oleh perusahaan umum (Perum), seperti yang dilakukan di pegadaian. Siapa pun yang memiliki simpanan emas di dalamnya tidak akan mengalami kerugian karena bunga. Hanya saja ada biaya lain yang perlu Anda keluarkan yaitu biaya administrasi & penyimpanan emas.

Baca Juga :
Itulah beberapa manfaat yang harus anda ketahui ketika memilih untuk berinvestasi emas, selain kestabilan harga, masih banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Saat ini Anda pasti sudah memahami cara berinvestasi emas dengan aman dan mudah serta berbagai keuntungan yang menyertainya, tidak ada salahnya mencoba berinvestasi emas. Apalagi beberapa pilihan investasi emas yang disebutkan tidak sulit untuk diterapkan & dilakukan.

Ada hal lain yang perlu diingat bahwa segala bentuk investasi merupakan langkah penting untuk memastikan masa depan yang lebih baik. Selain memilih investasi emas, masih banyak pilihan jenis instrumen investasi yang bisa dijadikan alternatif dalam merencanakan masa depan Anda. Atau seperti dengan membuka rekening tabungan perencanaan di bank untuk memulai sejak dini dalam mempersiapkan masa depan yang cerah.

Baca Juga :

Posting Komentar