Translate

Asuransi Penyakit Kritis, Perlindungan Kesehatan Masa Depan

Asuransi Penyakit Kritis, Perlindungan Kesehatan Masa Depan

Nirwana Tunggal
- Penyakit kritis adalah sebuah kondisi yang kemungkinan untuk sembuh kurang dari 50%. Selain itu, biaya pengobatan khusus untuk kategori penyakit level akhir ini juga tidak bisa dikatakan murah.

Hal tersebut dikarenakan usaha penyelamatan yang dibutuhkan lebih besar, baik dari segi obat-obatan ataupun penanganan dokter. Jika sudah demikian, peran asuransi penyakit kritis begitu sangat dibutuhkan.

Asuransi Penyakit Kritis sendiri merupakan salah satu produk perlindungan yang bisa mengcover risiko yang ditimbulkan ketika seseorang mengidap sebuah penyakit berat atau kritis.
 
Manfaat memiliki asuransi ini adalah membantu pembiayaan pengobatan selama Anda sakit. Jenis pembiayaan ini bisa berupa medical check up, rawat inap, rawat jalan, tindakan operasi besar dll.
 
Berbagai jenis penyakit kritis yang sering ditanggung oleh perusahaan asuransi ialah stroke, kanker, diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal dan lain sebagainya. Selain butuh penanganan khusus, jenis penyakit tersebut juga membutuhkan biaya perawatan yang sangat besar.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mendaftar Asuransi Penyakit Kritis?

Sebagai perlindungan atas risiko buruk dari sebuah penyakit, tentu kita tidak boleh menunda terlalu lama untuk memiliki asuransi penyakit kritis. Terlebih jika Anda adalah orang yang masuk ke dalam beberapa kriteria berikut ini:

  1. Memiliki Riwayat Penyakit Turunan

Anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit keturunan? Jika iya, 90% dari penyakit tersebut akan diturunkan kepada Anda.

Karena berpeluang lebih tinggi untuk menderita penyakit yang sama, maka harus ada upaya jaga-jaga salah satunya membeli produk asuransi penyakit kritis. Hal ini bertujuan untuk memberikan ketenangan terkait biaya jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan yang diturunkan oleh anggota keluarga sebelumnya.

  1. Pencari Nafkah

Jika Anda adalah seorang tulang punggung keluarga atau pencari nafkah, memiliki asuransi untuk penyakit kritis adalah hal yang wajib. Kenapa demikian?

Karena jika suatu hari menderita penyakit kritis, Anda pasti akan dianjurkan untuk istirahat total oleh dokter. Hal ini tentu akan mengganggu laju perekonomian bahkan mempersulit pembiayaan karena tidak lagi bisa bekerja.
 
Oleh karena itu, Anda diminta untuk segera mendaftar asuransi kesehatan penyakit kritis. Tujuannya tidak lain yaitu agar mendapat solusi jika hal buruk terjadi suatu hari nanti.
  1. Sudah Masuk Usia 40 tahun

Usia 40 tahun adalah fase baru dimana kita akan sering mengalami berbagai macam keluhan kesehatan. Selain karena faktor usia, gaya hidup juga mempengaruhi kondisi kesehatan kita seperti mulai cepat lelah hingga terserang penyakit tertentu.

Selain tetap berusaha menjaga kesehatan, mendaftar produk asuransi penyakit kritis adalah pilihan yang tepat. Karena tak sekadar dapat meminimalisir kondisi kesehatan lewat sebuah perawatan medis, asuransi ini juga memberikan jaminan terkait dengan biaya pengobatan selama sakit.

Jenis-Jenis Penyakit yang Akan dicover Oleh Asuransi Penyakit Kritis

Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa ditanggung oleh asuransi penyakit kritis:
  • Kanker
  • Jantung
  • Stroke
  • Diabetes
  • Gagal ginjal
  • Penyakit saraf
  • HIV/AIDS
  • Hepatitis
  • Meningitis
  • dll

Rekomendasi Perusahaan Asuransi Penyakit Kritis Terbaik

Berikut 7 rekomendasi perusahaan asuransi penyakit kritis terbaik di Indonesia yang bisa Anda jadikan pilihan:

  1. FWD Critical Illness

FWD Critical Illness menjadi rekomendasi produk asuransi penyakit kritis pertama yang bisa Anda pilih. Produk dari perusahaan FWD ini memiliki manfaat kepada penggunanya dari usia 1 bulan sampai 80 tahun. Selain itu, FWD Critical Illness juga dilengkapi dengan manfaat lain seperti:

  • Memberikan perlindungan terhadap 49 jenis penyakit kritis

  • Santunan mencapai Rp. 2 miliar.

  • Uang pertanggungannya 80% dari jumlah pertanggungan pokok

  • Mendapatkan pengembalian premi secara penuh jika tidak pernah terdiagnosa penyakit kritis

Terakhir, jika tertanggung terdiagnosa penyakit kritis, maka akan dibebaskan dari premi untuk fokus pada pemulihan saja.

  1. AIA Critical Protection

Selanjutnya ada AIA Critical Protection yang merupakan produk unggulan milik perusahaan asuransi AIA. Sebagai produk perlindungan terhadap penyakit kritis, pemegang polis akan mendapatkan manfaat klaim hingga usia 99 tahun. Dimana manfaat yang diberikan oleh produk ini antara lain:

  • Perlindungan atas sebuah penyakit dari tahap awal, menengah dan akhir

  • Santunan penghasilan untuk penyakit tahap akhir seperti kanker, jantung, stroke sebesar 1% dari uang pertanggungan selama 100 tahun

  • Jika dirawat di ruang ICU akan mendapatkan 50% uang pertanggungan

  • Tambahan uang pertanggungan untuk penyakit kritis tahap awal, minimal hingga kritis.

Selain beberapa manfaat di atas, AIA Critical Protection memiliki keunggulan berupa pembayaran uang premi yang hanya berlangsung mulai dari 10-20 tahun saja. Asuransi ini juga memberikan biaya perawatan terhadap 60 jenis penyakit kritis dan risiko kematian. 

Usia untuk bisa mendaftar pada asuransi ini adalah 1 bulan sampai 60 tahun. Setelah mendaftar, perusahaan akan melakukan audit terkait daftar penyakit yang akan ditanggung sebelum memutuskan menyetujui pendaftaran polis.

  1. MiUltimate Critical Care

MiUCC atau MiUltimate Critical Care adalah salah satu produk asuransi untuk penyakit kritis yang ditawarkan oleh Perusahaan Asuransi Manulife Indonesia. Produk ini memberikan perlindungan atas 50 penyakit kritis selama 20 tahun.

Masa pembayaran premi pada produk ini selama 5 tahun dengan angsuran dapat dilakukan tahunan, bulanan, semesteran ataupun kuartalan. Dengan mendaftar produk MiUltimate Critical Care, calon nasabah akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

  • 100% uang pertanggungan ditambah 100% total premi yang sudah dibayarkan akan didapat pada perlindungan penyakit kritis tahap akhir.

  • Ketika sudah masuk pada masa akhir pertanggungan akan mendapatkan 160% dari total premi yang telah ditambahkan selain premi tambahan

  • Untuk yang memiliki penyakit Angioplasti akan mendapatkan 25% uang pertanggungan dengan maksimal 200 juta rupiah

  • Jika nasabah meninggal dunia, akan mendapatkan 160% dari total premi yang sudah dibayarkan kecuali premi tambahan.

  1. Cigna for Your Serenity

Cigna menanggung 10 penyakit kritis yang banyak diidap oleh masyarakat, yaitu kanker, gagal ginjal, gagal hati, koma, luka bakar berat, penggantian katup jantung, stroke, transplantasi organ, dan lain sebagainya. Asuransi ini akan memberikan manfaatnya pada nasabah dari usia 18-55 tahun.

Uang penanggungan yang didapat nasabah cukup tinggi yaitu mencapai Rp. 400 juta. Selain itu, Cigna for Your Serenity juga memberikan santunan saat meninggal dunia dengan nilai yang sama. Baik meninggal karena sakit berat ataupun kecelakaan.

  1. Sunlife – Sun Critical Medicare

Perusahaan asuransi Sunlife memberikan salah satu produk untuk asuransi penyakit kritis terbaik dan terpercaya yaitu Sun Critical Medicare. Manfaat yang didapatkan jika mendaftar produk ini adalah perlindungan seumur hidup hingga usia 100 tahun. Selain itu, asuransi ini juga memiliki manfaat lain berupa:

  • Memberikan perlindungan secara komprehensif setiap tahap perawatan

  • Dapat diklaim saat dibutuhkan dengan angka Rp. 4 miliar per tahun

  • Premi hanya sebesar Rp 3.000 perhari

Masa asuransi ini hanya berlaku satu tahun saja, namun bisa diperpanjang sampai usia 100 tahun. Dan usia yang diizinkan untuk mendaftar produk ini adalah bayi berusia 30 hari sampai 70 tahun untuk orang yang ditanggung biayanya. Sedangkan untuk orang yang akan menanggung biaya pengobatan, usia pendaftaran mulai dari 18 tahun sampai 80 tahun.

  1. Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider

Asuransi Sequis Life merupakan salah satu asuransi yang bisa digunakan untuk penyakit kritis. Asuransi ini memiliki produk bernama Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider yang bersifat rider atau tambahan. 

Asuransi ini menanggung 113 jenis penyakit kritis dengan penanggungan mencapai 3 miliar rupiah. Karena merupakan rider, nasabah harus membeli polis pokoknya terlebih dahulu agar bisa menggunakan produk ini.

  1. Asuransi Allianz

Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang memiliki beberapa produk untuk proteksi penyakit kritis seperti CI Plus, CI 100, CI Accelerated, Flexi CI, dan Flexi CI Syariah.

Keunggulan dari produk asuransi ini adalah memberi perlindungan bagi 100 penyakit yang sudah terdaftar di dalam polis, baik untuk tahap awal, tengah maupun akhir (kritis). Selain itu, Anda sebagai pemegang polis juga akan mendapatkan manfaat lain berupa:

  • Masa pertanggungan sampai berusia 100 tahun.

  • Usia pendaftaran dari 5-70 tahun

  • Untuk mengcover penyakit kritis tidak akan mengurangi uang pertanggungan dasar

  • Bisa melakukan klaim berkali-kali sesuai ketentuan.

  1. Prudential – PRUearly Stage Crisis Cover Plus

Prudential merupakan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang memiliki banyak produk perlindungan salah satunya untuk penyakit kritis. 

Dengan nama PRUearly Stage Crisis Cover Plus, produk ini bakal memberikan pertanggungan sesuai stadium penyakit yang diidap, mulai dari 50 sampai 100 persen. Selain itu, ada sekitar 112 penyakit berat, 3 stadium (awal, menengah dan akhir) dan 7 penyakit kritis yang akan dilindungi oleh asuransi ini. 

Dimana tujuh penyakit kritis tersebut adalah angioplasti, komplikasi diabetes, kanker, serangan jantung ekstensif, stroke parah, transplantasi jantung dan paru-paru, serta kelumpuhan.

PRUearly Stage Crisis Cover Plus juga akan memberikan santunan hingga 200 juta rupiah tanpa mengurangi pertanggungan dasar. Asuransi ini juga dilengkapi dengan proteksi meninggal dunia tanpa menghitung masa bertahan hidup. 

  1. AVA Proteksi Optima 117

Terakhir, ada AVA Proteksi Optima 117 yang merupakan produk perlindungan penyakit kritis milik perusahaan Asuransi Jiwa Astra. Dalam produk ini, ada tiga tahap perlindungan yaitu awal menengah dan juga lanjut.

Selain itu, AVA Proteksi Optima 117 juga menjamin atas risiko yang disebabkan oleh komplikasi diabetes dan penyakit kritis katastropik. Dengan membeli produk AVA Proteksi Optima 117, Anda sebagai pemegang polis juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti:

  • Usia yang ditanggung mulai 30 hari sampai 65 tahun

  • Masa pertanggungan mulai dari satu tahun dan bisa diperpanjang sampai 85 tahun

  • Masa pembayaran juga berlaku sama dengan masa pertanggungan

  • Premi per tahun hanya Rp. 220.000/bulan

Tips Memilih Asuransi Penyakit Kritis

Agar manfaatnya benar-benar bisa kita rasakan, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum membeli asuransi penyakit kritis:

  1. Kenali Kebutuhan Diri Sendiri 

Kenali kebutuhan diri sendiri saat hendak membeli asuransi penyakit kritis. Artinya Anda harus mengetahui riwayat penyakit yang dimiliki, atau keluarga. Jika anggota keluarga memiliki riwayat penyakit seperti kanker, diabetes, darah tinggi atau jantung, maka tak perlu menunggu segera beli polis asuransi penyakit kritis sebelum terlambat. 

  1. Sesuaikan Premi Penghasilan

Hal ini adalah hal terpenting untuk membayar premi setiap bulannya. Pastikan premi yang dibayarkan sesuai dengan penghasilan yang Anda dapat, sehingga tidak akan kewalahan dalam pembayarannya.

  1. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Pastikan pilih perusahaan asuransi yang terpercaya yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain sudah mengantongi izin resmi, perusahaan tersebut juga harus terbuka soal premi, hak kewajiban nasabah dan masalah lainnya. 

  1. Masalah Uang Pertanggungan Asuransi

Mengingat penyakit kritis perlu biaya yang tidak sedikit, pastikan Anda juga memperhatikan soal Uang pertanggungan asuransi. Pastikan Anda memilih asuransi yang memberikan uang pertanggungan yang cukup sesuai kebutuhan. 

Demikian tentang pembahasan terkait asuransi penyakit kritis sebagai bentuk perlindungan diri dan keluarga di masa depan. Bagaimana, sudah yakin untuk memilih salah satu produk asuransi diatas?

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar