Translate

Asuransi AXA Mandiri: Jenis Produk, Manfaat, dan Cara Klaim

Asuransi AXA Mandiri: Jenis Produk, Manfaat, dan Cara Klaim

Nirwana Tunggal
- Asuransi AXA Mandiri sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. AXA Mandiri merupakan perusahaan gabungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan National Mutual International Pty. Limited (AXA Group).

AXA Mandiri memiliki dua anak perusahaan yaitu PT AXA Mandiri Financial Services yang menawarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan, serta PT. Mandiri AXA General Insurance (MAGI) menawarkan produk asuransi umum.

Di bawah naungan AXA Mandiri, kedua perusahaan tersebut berusaha menawarkan berbagai macam produk asuransi yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Selain itu, keduanya juga telah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Produk Asuransi AXA Mandiri

Sebagai calon nasabah, tentunya sebagian orang akan penasaran dengan produk yang dimiliki oleh Asuransi AXA Mandiri. Untuk itu, berikut Nirwana Tunggal akan mengulas beberapa jenis produk dari asuransi AXA Mandiri beserta manfaatnya:

  1. Asuransi Kesehatan

AXA Mandiri termasuk salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi yang cukup lengkap. Salah satu produk yang dimilikinya adalah asuransi kesehatan.

Asuransi ini akan memberikan pertanggungan bagi nasabah yang mengalami sakit baik rawat jalan maupun rawat inap. Berikut ini beberapa jenis produk asuransi kesehatan yang dimiliki oleh AXA Mandiri. 

  • AXA Mandiri Asuransi Kesehatan SmartCare Executive

AXA Mandiri Asuransi Kesehatan SmartCare Executive merupakan jenis asuransi yang dimiliki oleh AXA Mandiri yang memberikan manfaat asuransi kesehatan, rawat jalan, dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.

Adapun manfaat pertanggungan yang akan diterima oleh nasabah diantaranya santunan harian jika nasabah dirawat inap sesuai tagihan rumah sakit, mendapatkan biaya sebelum dan sesudah rawat inap, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan, dan biaya rawat jalan. Bahkan limit tahunan yang dimiliki oleh produk asuransi ini mulai Rp100 juta per tahun. 

  • Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis

Jenis produk asuransi kesehatan selanjutnya adalah Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis. Jenis asuransi ini memberikan manfaat asuransi kesehatan atas risiko penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, lalat, dan lain-lain.

Selain itu, jika Anda memilih jenis produk asuransi ini sebagai asuransi kesehatan, Anda juga akan mendapatkan manfaat pertanggungan biaya rumah sakit, dan pengembalian premi 30% jika tidak ada klaim hingga polis berakhir. 

  • Asuransi Mandiri Kesehatan Prima

Jika Anda ingin memilih asuransi kesehatan keluarga, AXA Mandiri juga memiliki produk Asuransi Mandiri Kesehatan Prima. Jenis asuransi ini merupakan asuransi kesehatan keluarga yang tidak mengharuskan Anda untuk melakukan medical check up terlebih dulu.

Artinya, asuransi ini akan menanggung kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition). Adapun manfaat yang akan Anda peroleh dari asuransi jenis ini adalah berupa santunan harian atas risiko rawat inap di rumah sakit. 

  • AXA Mandiri Kesehatan International Exclusive

Jika kondisi kesehatan Anda mengharuskan Anda untuk berobat ke luar negeri, Anda tak perlu khawatir karena AXA Mandiri memiliki produk AXA Mandiri Kesehatan International Exclusive.

Produk asuransi ini tidak hanya bisa Anda manfaatkan di dalam negeri saja melainkan hingga ke luar negeri. Manfaat yang akan Anda terima dari jenis produk asuransi ini adalah santunan harian atas rawat inap sesuai tagihan rumah sakit, biaya perawatan gigi, dan biaya perawatan mata. 

  1. Asuransi Penyakit Kritis

Beberapa asuransi kesehatan umumnya memiliki syarat medical check up untuk mengetahui riwayat penyakit seseorang. Jika seseorang diketahui memiliki penyakit kritis, maka tidak bisa mengajukan asuransi kesehatan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir Anda bisa memilih produk asuransi penyakit kritis yang dimiliki oleh AXA Mandiri:

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Jenis produk asuransi penyakit kritis yang pertama adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera. Jenis asuransi ini akan memberikan Anda manfaat berupa santunan atas risiko diagnosis penyakit kritis sejak stadium awal, dan santunan meninggal dunia. 

  • Asuransi Mandiri Proteksi Jantung

Khusus bagi nasabah yang memiliki riwayat penyakit jantung maka bisa memilih jenis produk Asuransi Mandiri Proteksi Jantung.

Asuransi ini akan memberikan manfaat berupa santunan harian rawat inap di rumah sakit akibat sakit jantung, dan santunan meninggal dunia akibat penyakit jantung. Selain itu, asuransi ini juga dapat menanggung nasabah hingga berusia 60 tahun. 

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Jenis produk asuransi penyakit kritis terakhir yang dimiliki oleh AXA Mandiri adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera. Asuransi ini dapat memberikan manfaat berupa santunan atas risiko diagnosis penyakit kritis sejak stadium awal, dan santunan meninggal dunia. 

  1. Asuransi Pendidikan

Jika Anda sedang merencanakan pendidikan anak, maka Anda bisa memilih salah satu jenis produk asuransi pendidikan yang dimiliki oleh AXA Mandiri. 

  • Asuransi Mandiri Tabungan Rencana

Asuransi Mandiri Tabungan Rencana merupakan jenis produk asuransi dari AXA Mandiri yang berguna untuk mempersiapkan rencana masa depan, baik pernikahan, sekolah, ibadah, wisata, dan pensiun. 

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera (Solusi Dana Pendidikan)

Jenis asuransi pendidikan yang selanjutnya adalah Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera - Solusi Dana Pendidikan. Jenis asuransi ini dapat memberikan santunan meninggal dunia berupa dana pendidikan kepada ahli waris. 

  • Asuransi Mandiri Elite Plan

Asuransi Mandiri Elite Plan merupakan produk asuransi berbalut investasi yang dapat digunakan sebagai jaminan finansial kepada ahli waris.

  1. Asuransi Jiwa

AXA Mandiri juga memiliki produk asuransi jiwa yang bisa Anda manfaatkan untuk memberikan jaminan terhadap kerugian finansial tak terduga. Berikut ini beberapa jenis produk asuransi jiwa yang dimiliki oleh AXA Mandiri:

  • Asuransi Mandiri Legacy Plan Platinum

Produk asuransi jiwa AXA Mandiri yang pertama adalah Asuransi Mandiri Legacy Plan Platinum. Produk ini merupakan produk unggulan yang dapat memberikan perlindungan kepada Anda maupun keluarga.

Anda akan memperoleh beberapa manfaat dari produk asuransi ini, diantaranya yaitu perlindungan meninggal dunia atau cacat karena kecelakaan, perlindungan meninggal dunia karena kecelakaan penerbangan nasional, asuransi tambahan untuk penyakit kritis, terdapat bonus berupa alokasi investasi serta loyalty bonus. 

  • Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium

Asuransi Mandiri Legacy Plan Titanium memiliki manfaat yang sama dengan Asuransi Mandiri Legacy Plan Platinum. Jenis produk asuransi ini juga dapat memberikan perlindungan bagi Anda dan keluarga.

Hanya saja, untuk besaran premi, uang pertanggungan awal, besaran loyalty bonus serta alokasi investasi yang diberikan berbeda dengan produk asuransi sebelumnya. 

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera dapat memberikan manfaat yaitu perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun, dan perlindungan kepada nasabah jika terjadi risiko meninggal dunia karena sebab apapun.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan loyalty bonus seumur hidup mulai dari tahun ke-7 hingga usia 100 tahun.  

  • Asuransi Mandiri Secure Wealth

Jenis produk Asuransi Mandiri Secure Wealth memberikan manfaat bagi Anda berupa biaya pertanggungan dasar jika terjadi risiko meninggal dunia karena sebab apapun.

Bahkan produk ini akan memberikan tambahan sebesar 50% dari pertanggungan dasar jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan seseorang meninggal dunia.

  • Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah

Dengan memilih produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah maka Anda akan mendapatkan manfaat perlindungan hingga 100 tahun dengan loyalty bonus seumur hidup mulai dari tahun ke-7 hingga usia 100 tahun. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan tambahan surplus underwriting (sesuai ketentuan polis) dan juga fitur wakaf. Hal ini dikarenakan, produk Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah menggantikan dasar syariat Islam dalam pelaksanaannya.

Baca Juga:

Syarat Pengajuan Asuransi AXA Mandiri

Sebelum Anda bisa mendapatkan manfaat dari asuransi AXA Mandiri, Anda perlu melakukan pengajuan terlebih dulu. Berikut ini syarat pengajuan asuransi AXA Mandiri. 

  • WNI, dibuktikan dengan identitas diri seperti KTP.

  • Usia nasabah yang mengajukan asuransi minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun.

  • Sementara untuk usia yang tertanggung dapat dimulai dari usia 15 hari hingga 70 tahun.

  • Melengkapi dokumen dan mengisi formulir data pribadi yang diminta.

  • Melakukan pembayaran biaya awal atau premi awal sesuai dengan pilihan produk asuransi yang dipilih serta ketentuan polis yang disepakati.

Cara Bayar Premi Asuransi AXA Mandiri

Setelah Anda terdaftar sebagai nasabah asuransi AXA Mandiri, maka Anda memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran premi sesuai dengan polis yang telah disepakati.

Secara umum, cara pembayaran premi asuransi AXA Mandiri dapat dilakukan dengan dua cara autodebet dari rekening dan pembayaran melalui transfer.
 
Cara pembayaran premi asuransi AXA Mandiri menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan dengan autodebet dari rekening Mandiri Anda. Sebelum dilakukan autodebet, maka Anda perlu mengisi surat kuasa pendebetan.
 
Pembayaran dengan sistem autodebet ini hanya dapat dilakukan untuk pembayaran premi lanjutan. Untuk pembayaran premi awal, Anda bisa melakukan pembayaran secara langsung saat pengajuan asuransi AXA Mandiri.
 
Selain dilakukan autodebet dari rekening Mandiri, Anda juga bisa melakukan pembayaran premi dengan cara transfer manual. Anda bisa transfer ke nomor rekening AXA Mandiri 070-000-499999-6 (USD) atau 070-000-466666-0 (IDR).

Cara Klaim Asuransi AXA Mandiri

AXA Mandiri tergolong asuransi yang mudah dicairkan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini jika Anda berniat untuk mengajukan klaim asuransi AXA Mandiri. 

  1. Lengkapi Formulir Pengajuan Klaim

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat akan mengajukan klaim asuransi AXA Mandiri adalah mengisi formulir pengajuan klaim. Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan klaim sesuai dengan jenis produk asuransi yang Anda miliki.

Pastikan data yang dimasukkan sesuai meliputi nomor dan nama identitas, nomor anggota, nama pemegang polis, dan lain sebagainya. 
  1. Lengkapi Dokumen

Selain diminta untuk mengisi formulir pengajuan klaim, Anda juga diminta untuk melengkapi dokumen pengajuan klaim asuransi. Umumnya, dokumen yang diminta berupa resep, tagihan rumah sakit, rekam medis asli, surat kematian, hingga dokumen pendukung lainnya.

Pastikan Anda juga telah memfotokopi semua dokumen tersebut agar Anda memiliki duplikat jika dokumen asli diserahkan pada pihak asuransi. 

  1. Ajukan Klaim Asuransi

Setelah Anda mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang diminta, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa mengajukannya ke AXA Mandiri secara langsung atau melalui email untuk setiap produk atau jenis klaim.

Kemudian, pihak asuransi akan menghubungi Anda untuk melakukan verifikasi. Proses pencairan dan klaim asuransi membutuhkan waktu beberapa hari kerja saja yang nantinya akan diinfokan lebih lanjut oleh pihak AXA Mandiri.
 
Demikian informasi tentang asuransi AXA Mandiri. AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang memiliki beragam produk asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Selain itu, proses pencairan dan klaim asuransi bisa Anda lakukan dengan cepat dan mudah.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar