Translate

Seberapa Penting Asuransi Jiwa Untuk generasi Muda? Ini Penjelasannya!

Seberapa Penting Asuransi Jiwa Untuk generasi Muda? Ini Penjelasannya!

Nirwana Tunggal
- Meski dianggap belum terlalu penting, generasi muda juga perlu memberikan proteksi atas risiko yang mungkin terjadi kepada dirinya di masa depan. Risiko ini bisa berupa gangguan kesehatan atau masalah-masalah lain yang akan berpengaruh pada produktivitas dan finansial mereka. Salah satu proteksi yang perlu mereka miliki adalah asuransi jiwa.

Ini Alasan Asuransi Jiwa Penting Untuk Generasi Muda

Asuransi jiwa adalah salah satu produk yang akan memberikan jaminan perlindungan kepada ahli waris jika pemegang polis mengalami hal buruk seperti kecelakaan hingga cacat total atau meninggal dunia. Asuransi ini dianggap penting bagi generasi muda karena:

  1. Sebagai Bentuk Perlindungan Keuangan

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada kehidupanmu di masa depan. Saat ini kamu mungkin masih bisa bekerja dengan normal, namun siapa sangka di tahun berikutnya nasib justru berkata lain. 

Sebagai contoh, kamu mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan cacat permanen atau bahkan meninggal dunia. Apabila hal tersebut terjadi, maka sebagai kepala keluarga kamu tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 
Dari pertimbangan itulah, mengapa asuransi jiwa penting bagi generasi muda. Dengan memiliki asuransi jiwa, kebutuhan finansial dari keluarga selama kamu sakit atau bahkan meninggal bisa tetap terpenuhi karena mereka akan mendapatkan uang pertanggungan asuransi.

Biasanya, pengembalian uang pertanggungan tersebut akan diberikan pada pihak asuransi terhadap ahli waris dengan nominal mencapai 100% ketika tertanggung sakit atau kecelakaan, sehingga menyebabkan risiko kematian sesuai ketentuan polis.

  1. Bisa Membantu Mengatur Keuangan

Generasi milenial saat ini terkenal sebagai generasi yang boros, impulsif, serta memiliki manajemen keuangan yang kurang baik. Nah, dengan memiliki asuransi jiwa, akan membantu kamu memiliki manajemen finansial yang lebih baik.

Alasannya karena kamu harus membayar sejumlah premi kepada perusahaan asuransi secara berkala untuk bisa mendapatkan manfaat asuransi jiwa. Jadi, sewaktu-waktu terjadi risiko sakit atau kecelakaan, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk terus bekerja dan bisa beristirahat sejenak.

  1. Bisa Sedikit Mengurangi Kecemasan

Berdasarkan hasil penelitian yang terpublikasi dalam Journal of Development Economics, memiliki asuransi jiwa bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan mengurangi stress. Pasalnya, asuransi bisa memberikan manfaat menguntungkan dari segi kesehatan pikiran. Tentu saja, dari polis asuransi yang kamu beli, proteksinya akan mengurangi beban kecemasan dari kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

  1. Bentuk Mencintai Diri Sendiri

Terakhir, memiliki asuransi jiwa ternyata juga merupakan bentuk dari perlindungan kesehatan mental kamu loh. Asuransi jiwa dianggap sebagai bentuk perhatian terhadap diri sendiri (self love) selain dari kesehatan fisik.

Selain sebagai bentuk mencintai diri sendiri, produk perlindungan ini juga sebagai wujud kepedulian kamu terhadap keluarga. Alasannya karena bisa melindungi mereka saat terjadi risiko pada diri kamu di kemudian hari. Jadi, kamu tidak perlu mengorbankan cita-cita maupun hidup mereka.

Baca Juga:

Rekomendasi Asuransi Jiwa Untuk Generasi Muda

Kesadaran akan pentingnya asuransi bagi generasi muda memang masih terbilang minim. Hal ini karena mereka masih ragu untuk memilih produk asuransi jiwa terbaik dengan jaminan keamanan.

Nah, jika itu termasuk kamu, berikut beberapa rekomendasi asuransi jiwa untuk generasi muda:

  1. AIA

Rekomendasi polis asuransi jiwa murni terbaik berasal dari perusahaan AIA dengan produknya yang bernama AIA Critical Protection. Polis ini memberikan banyak manfaat, seperti uang pertanggungan meninggal dunia dan biaya perawatan atas risiko penyakit kritis hingga usia 99 tahun.

Selain itu, nasabah juga bisa memilih masa pembayaran premi sesuai keinginan, antara 10-20 tahun dengan manfaat loyalty bonus di akhir masa asuransi. Hanya saja, AIA Critical Protection ini tidak menawarkan manfaat sekaligus.

  1. Prudential

Kedua, ada perusahaan asuransi populer Prudential yang menawarkan polis asuransi jiwa terbaiknya bernama PRULink Generasi Baru. Polis tersebut tersedia dalam bentuk konvensional dan syariah yang bisa kamu pilih.

PRULink Generasi Baru tergolong asuransi unit link. Artinya, nasabah bisa mendapatkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia sekaligus nilai tunai investasi. Hanya saja, untuk memperoleh manfaat ini, premi asuransi unit link umumnya lebih mahal dari asuransi jiwa biasa.
 
Namun, di polis PRULink Generasi Baru, kamu bisa mendapatkan premi lebih murah yaitu mulai dari Rp 400 ribu per bulan. Tidak hanya itu, ada tambahan alokasi investasi 5% setelah 10 tahun pertama.

Satu kekurangan dari polis ini yaitu minimum uang pertanggungan tidak terlalu besar, yaitu mulai dari Rp 200 juta. Kendati demikian, kamu masih bisa mempertimbangkan polis asuransi ini untuk memperoleh manfaat asuransi sekaligus investasi.

  1. Manulife

Manulife juga termasuk perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi jiwa terbaik bernama Santunan Jiwa Proteksi. Manfaat produk asuransi ini mampu memberikan uang pertanggungan meninggal dunia dengan jumlah mencapai Rp 300 juta.

Selain itu, nasabah juga akan memperoleh manfaat pengembalian premi 100% di akhir masa polis. Manulife patut kamu pertimbangkan sebagai partner manajemen finansial di masa mendatang karena kesehatan keuangan perusahaan yang sangat baik. Meskipun, Santunan Jiwa Proteksi hanya menanggung usia nasabah hingga usia 65 tahun.

  1. BCA Life

Rekomendasi asuransi jiwa untuk generasi mudah berikutnya yaitu dari BCA Life dengan polisnya bernama BCA Life Protection Guard. Manfaat polis asuransi ini mampu memberikan uang pertanggungan hingga Rp 1 miliar dan pengembalian premi 50% di akhir masa polis.

Uang pertanggungan tersebut akan ahli waris peroleh, apabila nasabah mengalami risiko meninggal dunia, baik karena sakit maupun kecelakaan. Sayangnya, BCA Life Protection Guard ini hanya bisa diperpanjang sampai nasabah berusia 59 tahun.

  1. Allianz

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Allianz yang tidak kalah menawarkan produk asuransi jiwa terbaiknya bernama SmartLink New Flexi Account. Polis asuransi tersebut bisa memberikan proteksi hingga nasabah berusia 100 tahun dengan manfaat nilai tunai investasi sekaligus.

Tidak hanya sebagai Asuransi Unit Link, SmartLink New Flexi Account juga menawarkan berbagai manfaat tambahan (rider), antara lain pertanggungan penyakit kritis dan pembebasan premi.

  1. AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Produk asuransi jiwanya bernama AXA Mandiri Secure Plan sebagai salah satu polis asuransi jiwa murni terbaik dari AXA Mandiri.

Mengapa harus memiliki AXA Mandiri Secure Plan? Alasannya karena polis ini menawarkan perlindungan selama 10 tahun dan manfaat pengembalian premi 110 persen, apabila tidak ada klaim.
 
Perlu kamu ketahui, sangat jarang ada polis yang memberikan manfaat berupa pengembalian premi di atas 100%. Selain itu, Anda hanya membayar premi selama 5 tahun pertama saja untuk bisa memperoleh manfaat proteksi 10 tahun. Dengan kondisi kesehatan keuangan perusahaan yang sangat bagus, kamu tidak perlu khawatir soal kredibilitasnya.
  1. Sequis Life

Nah, bagi kamu yang sedang mencari asuransi jiwa mikro, maka bisa mempertimbangkan polis Asuransi Mikro Sequis Sejahtera dari Sequis Life. Jenis asuransi mikro ini menawarkan manfaat uang pertanggungan meninggal dunia sekaligus pertanggungan biaya pembedahan.

Keunggulan lainnya yaitu pada biaya preminya yang bersahabat. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki budget terbatas, Asuransi Mikro Sequis Sejahtera bisa menjadi pilihan yang sangat cocok. Namun, jangan kaget apabila uang pertanggungan tidak terlalu tinggi karena sebanding dengan premi yang dibayarkan.

  1. Cigna

Rekomendasi asuransi jiwa terbaik lainnya datang dari perusahaan asuransi Cigna yang menawarkan produk andalannya bernama Cigna Family Eazilife. Sesuai namanya, maka polis asuransi ini mampu menanggung tujuh anggota keluarga dalam satu polis dengan pengembalian premi di akhir masa asuransi.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan uang pertanggungan mencapai Rp 500 juta dengan masa perlindungan 10 tahun. Polis ini juga menanggung risiko penyakit kritis sekaligus. Sangat cocok sebagai referensi asuransi jiwa keluarga.

  1. Simas Jiwa

Perusahaan asuransi Simas Jiwa rupanya juga hadir meramaikan produk polis asuransi jiwa di tanah air dengan polis unggulannya bernama Siji Guard. Polis ini bisa menanggung hingga usia nasabah 69 tahun.

Manfaat uang pertanggungan akan ahli waris peroleh, apabila nasabah meninggal dunia karena sakit maupun kecelakaan. Selain itu, polis juga menanggung biaya perawatan nasabah di rumah sakit akibat kecelakaan. Simas Jiwa memiliki kesehatan keuangan yang sangat bagus, jadi tidak perlu khawatir terkait kredibilitasnya.

  1. Sunlife

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Sunlife yang menawarkan polis asuransi jiwanya bernama Sun Safety Life. Tidak hanya memberikan proteksi jiwa, produk ini juga menanggung risiko penyakit kritis dengan pengembalian premi hingga 50%.

Semua manfaat polis asuransi Sun Safety Life tersebut, bisa kamu peroleh hanya dengan menyisihkan uang premi mulai dari Rp 248 ribu per bulan. Kisaran uang pertanggungan juga terbilang cukup besar, mulai dari Rp 200 juta hingga Rp 1 miliar. Sayangnya, polis hanya bisa diperpanjang sampai usia tertanggung 75 tahun saja.

  1. Astra Life

Asuransi jiwa lain yang tak kalah menarik yaitu dari perusahaan Astra Life dengan polisnya bernama Flexi Life. Perusahaan ini berdiri sejak bulan Mei 2014 sebagai anak dari perusahaan PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama, dan Koperasi Astra International.

Astra Life hadir memberikan perlindungan dan layanan yang masyarakat Indonesia butuhkan. Tidak hanya asuransi jiwa, namun juga perlindungan lainnya berupa asuransi kesehatan, unit link, syariah, hingga DPLK.

Untuk asuransi jiwa, Astra Life menawarkan polis Flexi Life yang memberikan perlindungan mulai dari 1 tahun. Polis ini 100% bisa diproses secara online, mulai dari proses beli hingga klaim.

Nasabah juga bisa mendapatkan gambaran lebih jelas dan lengkap terkait produk ini melalui aplikasi simulasi dengan teknologi untuk menghitung proyeksi besaran premi. Keunggulan polis ini bisa memberikan uang pertanggungan hingga Rp 5 miliar tanpa pemeriksaan medis.

Selain itu, ada fleksibilitas dalam memilih maupun mengubah uang pertanggungan, masa pertanggungan, hingga masa pembayaran premi sesuai kebutuhan dan kemampuan nasabah.

  1. Generali Indonesia

Terakhir, ada Jiwa Generali Unit Link yang merupakan produk asuransi milik Perusahaan Generali Indonesia. Keunggulan dari produk ini adalah memberikan manfaat berupa uang pertanggungan mencapai Rp. 3 Miliar, pertanggungan penyakit kritis hingga pembebasan premi.

Tak hanya itu, Jiwa Generali Unit Link juga memiliki manfaat tambahan yaitu pengalokasian ke berbagai instrumen investasi dengan menggunakan sistem Auto Risks Management System (RoboARMS). Dimana ini merupakan sistem management risiko investasi secara otomatis berbasis Artificial Intelligence (AI).

Itulah beberapa alasan yang mendasari mengapa asuransi jiwa sangat penting untuk generasi muda. Yuk, segera miliki produk asuransi jiwa pilihan kamu sebagai bentuk perlindungan terbaik di masa depan.

*Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar