Translate

Asuransi Jiwa Seumur Hidup: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Asuransi Jiwa Seumur Hidup: Pengertian, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Nirwana Tunggal - Whole life insurance atau Asuransi Jiwa Seumur Hidup merupakan salah satu jenis asuransi jiwa dengan manfaat berupa pemberian santunan jika tertanggung meninggal dunia pada usia yang masih sesuai dengan ketentuan polis.

Konsep dari asuransi ini adalah sebagai bentuk perlindungan ketika tertanggung meninggal dunia dan meninggalkan warisan kepada ahli waris. Asuransi jiwa seumur hidup juga bisa disandingkan dengan dana pensiun karena manfaatnya yang tak jauh berbeda.
 
Selain sebagai bentuk perlindungan seumur hidup, Whole life insurance rupanya juga mengandung konsep investasi. Dimana premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan ke dalam instrumen investasi yaitu obligasi dan saham.

Manfaat Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi ini dipilih oleh mereka yang ingin merencanakan keuangan jangka panjang atas risiko yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Tak sekadar itu saja, asuransi jiwa seumur hidup juga mempunyai manfaat lain yang pastinya akan berbeda dengan term life insurance atau Asuransi Jiwa Berjangka. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Adanya jaminan uang tunai yang tidak dipengaruhi oleh pergerakan pasar. Sehingga ketika inflasi naik atau turun, uang yang dibayarkan jumlahnya tetap. 

  • Uang tunai yang diberikan nantinya berdasarkan premi yang telah dibayarkan oleh nasabah.

  • Premi yang dibayarkan ini nantinya tidak akan hangus selama tidak ada klaim dari ahli waris. 

  • Mengganti uang sepenuhnya untuk kasus kematian selama ada di masa kontrak. 

  • Mendapatkan nilai tambah dari hasil investasi di asuransi ini.

Perbedaan Asuransi Jiwa Seumur Hidup dengan Asuransi Term Life

Pada dasarnya asuransi berjangka (term life) dan seumur hidup merupakan dua jenis Asuransi Jiwa. Namun keduanya memiliki perbedaan, baik dari segi masa pertanggungan maupun besarnya premi. Inilah perbedaannya:

Asuransi jiwa berjangka (term life)

  • Jangka waktu pertanggungan: 1-30 tahun

  • Uang pertanggungan: Ya

  • Nilai tunai: Tidak ada

  • Premi: Lebih terjangkau, namun jumlahnya bisa berubah saat mengajukan perpanjangan polis

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)

  • Jangka waktu pertanggungan: Seumur hidup

  • Uang pertanggungan: Ya

  • Nilai tunai: Ya

  • Premi: Nilainya di atas premi asuransi jiwa berjangka dan jumlahnya tetap tanpa ada perubahan

Jenis Polis Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Jenis-jenis asuransi dibedakan berdasarkan pembayaran premi dan bagaimana risiko polis dialokasikan. Inilah jenis-jenisnya:

  1. Polis Jiwa Seumur Hidup Langsung

Jenis polis asuransi ini tergolong cukup mahal namun sudah ada di berbagai wilayah Indonesia. Dalam sistemnya, pemegang polis harus tetap membayar premi hingga tertanggung meninggal dunia atau hingga berusia 100 tahun. Setelah masa ini berakhir maka tertanggung akan mendapatkan uang tunai sebesar premi yang dibayarkan. 

  1. Polis Jiwa dengan Pembayaran Terbatas

Sesuai dengan namanya, produk asuransi ini cocok untuk mereka yang tidak ingin membayar premi seumur hidup. Jadi, proses pembayaran premi ini diberikan batasan hingga jangka waktu tertentu.

Nantinya, pemegang polis hanya akan membayar premi untuk usia atau jangka waktu yang ditentukan. Meski demikian, dari segi manfaat tertanggung tetap akan mendapatkan perlindungan seumur hidup. 

  1. Polis Asuransi Seumur Hidup Yang Tidak Berpartisipasi

Biasanya polis asuransi jenis ini memiliki premi yang lebih murah. Dalam polis non-partisipasi suatu perusahaan asuransi tidak perlu membayar dividen atau keuntungan perusahaan kepada pemegang saham meskipun mereka mempunyai keuntungan di tahun itu.

  1. Polis Berpartisipasi

Pada polis ini, pemegang polis punya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan asuransi. Hanya saja, mereka harus membeli premi asuransi tambahan di perusahaan tersebut.
 
Polis berpartisipasi ini juga mengharuskan nasabah untuk membayar uang tambahan diluar uang premi. Dimana nantinya, Anda akan mendapatkan bonus tambahan pada setiap tahunnya.
 
Untuk bonus yang akan didapatkan ini tidak ada ketentuan karena semua tergantung dari keuntungan di perusahaan tersebut. Jika perusahaan mendapatkan keuntungan besar maka jumlah bonusnya pun juga besar.
  1. Asuransi Seumur Hidup Yang Dimodifikasi

Ini kebalikan dari jenis pembayaran terbatas. Pada jenis polis ini, pemegang polis membayar premi lebih rendah di tahun-tahun awal (2-3 tahun), kemudian premi akan meningkat di tahun-tahun berikutnya. Jenis ini cocok bagi Anda yang yakin mampu membayar premi lebih mahal di tahun-tahun berikutnya, misalnya karena peningkatan pendapatan.

  1. Polis Asuransi Seumur Hidup Dengan Premi Tunggal

Polis ini membayar premi sekaligus di awal saat Anda mendaftar asuransi. Dengan demikian, cukup membayar polis sekali saja, Anda bisa mendapatkan jaminan asuransi jiwa seumur hidup. Namun dengan sistem ini tentunya premi yang harus dibayarkan cukup tinggi.

  1. Polis Asuransi Seumur Hidup Yang Diindeks

Kemudian, ada jenis yang terkait dengan alokasi dana, bukan sistem pembayaran premi. Asuransi seumur hidup terindeks adalah asuransi jiwa dengan manfaat investasi atau unit link, dengan dana investasi yang sepenuhnya dikelola oleh perusahaan asuransi.

  1. Variabel Asuransi Seumur Hidup

Jenis yang satu ini juga terkait dengan sebuah asuransi jiwa unit link. Jika asuransi jiwa unit link memungkinkan nasabah untuk memilih sendiri alokasi investasinya, maka polis asuransi ini disebut asuransi whole life variabel.

Kelebihan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Selain unggul dengan manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, asuransi jiwa seumur hidup juga dilengkapi dengan berbagai kelebihan seperti:

  • Pemegang polis akan mendapatkan manfaat berupa uang tunai dari pembayaran premi yang dilakukan setiap bulan. 

  • Premi ini tidak akan pernah hangus selama nasabah tidak mengajukan klaim. Bahkan uang tersebut bisa dinikmati ketika masa pertanggungan telah selesai.

  • Premi yang dibayarkan pemegang polis bersifat flat. 

  • Uang yang dibayarkan nantinya bisa didapatkan ketika kontraknya habis. 

  • Pembayaran premi bisa memilih sesuai keinginan baik per bulan, tiga bulan atau tahunan. 

  • Rentan usia yang bisa mendapatkan polis ini antara 1 bulan hingga 70 tahun ke depan. 

Kekurangan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Meskipun demikian, asuransi jiwa seumur hidup ternyata juga memiliki kekurangan yaitu premi yang dibayarkan cukup mahal. Selain itu, ada kekurangan lain yang dimiliki oleh jenis asuransi ini yaitu:

  • Uang pertanggungan kecil dan terbatas dengan jumlah maksimal 500 juta

  • Tidak cocok untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas.

  • Harus terlebih dahulu memahami produk asuransi jiwa seumur hidup agar dapat mengetahui dengan benar apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Dari kekurangan yang dijelaskan, asuransi ini memang tidak cocok untuk mereka yang baru merintis karir. Sebab dari segi premi yang dibayarkan per bulan atau tiga bulan ini tergolong mahal dari asuransi yang lain. 

Cara Menghitung Jumlah Premi Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Cara menghitung premi asuransi whole life sama dengan term life, yaitu dihitung berdasarkan beberapa faktor, antara lain usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, pekerjaan, dan juga riwayat penyakit dalam keluarga.

Ini juga termasuk ada tidaknya penyakit kritis dan catatan penggunaan narkoba dan status merokok. Penting untuk diingat, semakin muda Anda mendaftar asuransi, semakin murah premi yang harus dibayarkan. Kemudian, uang pertanggungan akan disesuaikan dengan premi, begitu pula sebaliknya.

Siapa Yang Cocok Memiliki Asuransi Seumur Hidup?

Bagi mereka yang memiliki tujuan finansial jangka panjang, asuransi seumur hidup cocok untuk dimiliki. Karena untuk mendaftar produk ini diperlukan komitmen jangka panjang untuk membayar premi. 

Namun, Anda juga akan mendapatkan jaminan finansial hingga hari tua. Jika Anda ingin mewariskan warisan untuk pasangan dan keluarga tercinta, maka produk ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

3 Rekomendasi Produk Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Setelah membahas serba-serbi asuransi jiwa seumur hidup, mari kita lanjut ke pembahasan terakhir yaitu tentang rekomendasi produknya. Di Indonesia, perusahaan asuransi yang menawarkan produk Whole life insurance ada banyak macam.

Namun yang benar-benar memberikan manfaat dan jaminan jelas mungkin hanya ada beberapa. Dan jika Anda masih ragu, berikut beberapa rekomendasi produk asuransi jiwa seumur hidup yang bisa dipilih:

  1. Manulife

Manulife adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dan sudah berdiri sejak 1985. Komitmen utama dari perusahaan ini adalah memberikan pelayanan terbaik dengan menghadirkan produk-produk asuransi salah satunya Manulife Essential Assurance.

Manulife Essential Assurance sendiri merupakan produk asuransi jiwa seumur hidup yang bisa memberikan perlindungan kepada nasabah hingga berusia 99 tahun. Selain itu, calon pemegang polis juga akan mendapatkan jaminan tunai yang tidak dipengaruhi fluktuasi pasar. 

  1. Cigna

Kedua ada Cigna Second Life yang merupakan salah satu produk asuransi milik perusahaan Cigna. Keunggulan dari produk ini adalah memberikan manfaat kepada pemegang polis dengan rentan usia 55 hingga 80 tahun.

Cigna Second Life juga menawarkan manfaat lain seperti perlindungan asuransi hingga usia 100 tahun lebih dan bonus dari perusahaan. Dengan pemberian manfaat yang sedemikian rupa, menggunakan Cigna Second Life sebagai perlindungan seumur hidup adalah pilihan tepat.

  1. AXA Mandiri

AXA Mandiri termasuk perusahaan asuransi paling populer di Indonesia dan telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perusahaan ini juga menyediakan produk asuransi jiwa seumur hidup yaitu Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera dan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah.

Keunggulan dari produk asuransi ini adalah pemegang polis berhak atas manfaat perlindungan hingga usia 100 tahun. Tak hanya itu, premi yang Anda bayarkan juga akan dialokasikan ke dalam berbagai instrumen investasi dengan keuntungan menjanjikan.

Syarat Pengajuan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Mulai tertarik menggunakan asuransi jiwa seumur hidup? Segera lakukan pendaftaran dengan mengikuti beberapa prosedur berikut ini:

  • Usia masuk harus memenuhi persyaratan maksimum yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi
  • Kartu Keluarga
  • Fotokopi atau scan KTP
  • Akta kelahiran
  • Mengisi formulir aplikasi asuransi
  • Dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh perusahaan asuransi

Tips Membeli Produk Asuransi Seumur Hidup

Masih ragu dengan keputusan Anda dalam memilih produk asuransi jiwa seumur hidup? Tenang, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan acuan agar Anda tidak salah langkah dalam menentukan dan memilih produk asuransi jiwa jangka panjang ini:

  1. Tentukan Tujuan Anda Membeli Asuransi

Sebelum benar-benar yakin, sebaiknya tanya ke diri Anda apa tujuan utama memilih asuransi jiwa seumur hidup. Apakah sebagai bentuk perlindungan terhadap anggota keluarga pasca ditinggal meninggal oleh pemegang polis atau untuk manfaat lain yaitu investasi. 

  1. Sesuaikan Dengan Keadaan Finansial Anda

Untuk mendapatkan manfaat perlindungan sesuai yang dijanjikan, nasabah diwajibkan untuk aktif dalam membayar premi. Besaran premi ini biasanya disesuaikan dengan manfaat dan keuntungan yang akan kita dapatkan.

Semakin banyak manfaat dan keuntungan, maka semakin besar pula jumlah premi yang dibebankan kepada nasabah. Oleh karena itu, sebelum membeli produk asuransi jiwa seumur hidup pastikan Anda sudah menyesuaikan dengan keadaan finansial saat ini. 

  1. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Jangan salah pilih perusahaan asuransi jika tidak ingin mengalami kerugian di masa depan. Pilih perusahaan yang memang memiliki trade record baik dan kredibel dalam pelayanan maupun pemberian manfaat.

Ciri perusahaan yang kredibel biasanya transparan dalam segala hal baik premi, manfaat maupun alokasi dana. Selain itu, perusahaan tersebut juga diawasi oleh OJK dan memiliki badan hukum.

Sekian pembahasan terkait asuransi jiwa seumur hidup mulai dari pengertian, manfaat hingga rekomendasi produknya. Yuk tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda untuk dapatkan manfaat dan keuntungan di masa mendatang.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar