Translate

Asuransi Jasindo: Produk, Manfaat dan Kelebihannya

Asuransi Jasindo: Produk, Manfaat dan Kelebihannya


Nirwana Tunggal
- Perkembangan ekonomi yang fluktuatif membuat banyak orang sadar tentang pentingnya sebuah asuransi. Banyak produk asuransi yang beredar dan menawarkan berbagai kelebihan serta keunggulan masing-masing produknya, salah satunya Asuransi Jasindo.

Asuransi Jasindo merupakan salah satu perusahaan asuransi umum terbaik yang ada di Indonesia. Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jasindo hadir dengan premi yang sangat terjangkau bagi masyarakat terutama pada produk ritel.
 
Untuk informasi lebih lengkap tentang asuransi Jasindo, terkait produk, manfaat, serta keunggulannya, Anda bisa simak selengkapnya ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang Perusahaan Asuransi Jasindo

Sejarah tentang asuransi Jasindo cukup panjang sebab perusahaan ini telah berdiri sejak zaman kolonial yaitu pada 1845. Awalnya perusahaan ini adalah gabungan dari perusahaan asuransi Belanda dengan Inggris.

Pada 1945, saat Indonesia merdeka perusahaan asuransi tersebut mengalami pemindahan kekuasan menjadi milik pemerintah Indonesia dan berganti nama menjadi PT Asuransi Bendasraya.
 
Selanjutnya pemerintah Indonesia memutuskan untuk melakukan penggabungan antara PT. Asuransi Bendasraya dan PT. Umum International Underwriters (UIU) menjadi sebuah PT. Asuransi Jasa Indonesia atau yang disingkat PT. Asuransi Jasindo sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 9 Desember 1972.

Hingga saat ini PT. Asuransi Jasindo masih memegang nama sebagai salah satu perusahaan asuransi umum terbaik dan terbesar di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kantor cabang sebanyak 83 unit yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Produk dari asuransi Jasindo terbagi dua jenis yaitu produk Ritel dan produk Korporasi. Masing - masing dari produk tersebut memiliki manfaat yang berbeda, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Produk Ritel Asuransi Jasindo

Asuransi Jasindo memiliki 11 jenis produk ritel yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut penjelasan singkat tentang produk, harga premi, dan masing-masing manfaatnya:

  1. Jasindo Agri 

Jasindo Agri merupakan produk yang memberikan perlindungan kepada petani, peternak, dan juga nelayan, untuk keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan aktivitas mereka.

Perlindungan ini ditujukan untuk memberikan perlindungan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi seperti gagal panen, kekeringan, serta penyakit, dan gangguan organisme tanaman. Adapun harga preminya adalah sebagai berikut:

  • Premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP): Rp 180 ribu - bantuan pemerintah menjadi Rp 36 ribu

  • Premi Usaha Ternak Sapi (AUTS): Rp 200 ribu - bantuan pemerintah menjadi Rp 40 ribu

  • Premi Asuransi Nelayan: Rp 175 ribu - bantuan pemerintah 100% sehingga gratis.

  1. Jasindo Travel

Sesuai dengan namanya produk ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Jasindo Travel adalah produk yang memberikan perlindungan medis (reimbursement), bantuan darurat yang meliputi (evakuasi dan repatriasi), kecelakaan diri, hingga meninggal dunia yang diakibatkan karena kecelakaan.

Selain itu, terdapat manfaat lain untuk tertanggung saat melakukan perjalanan di dalam dan di luar negeri. Perihal premi dari produk ini disesuaikan dengan masing-masing individu saat pengajuan.
 
Anda bisa langsung mengisi formulir pendaftaran di situs resmi atau melalui link berikut Formulir Pendaftaran Asuransi Jasindo Travel. Nantinya pihak asuransi Jasindo akan menghubungi Anda dalam waktu maksimal 1x24 jam.
  1. Jasindo Health

Jasindo Health adalah produk asuransi kesehatan yang memberikan jaminan rawat jalan, rawat inap, perawatan gigi, melahirkan, kacamata, dan perawatan medical check up lainnya.

Jasindo Health menawarkan berbagai manfaat asuransi kesehatan yang cukup fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dibuktikan melalui pembuatan produk yang bersifat Tailor Made, sehingga dapat mengakomodasi permintaan yang bersifat Indemnity atau Managed Care.
 
Produk ini memberikan manfaat bagi Anda dengan memberikan penggantian biaya kesehatan hingga biaya santunan kematian.

Untuk informasi lebih lanjut terkait premi Anda bisa mengunjungi situs resmi Jasindo atau melalui link berikut https://www.jasindo.co.id/product/ritel/health, dengan melengkapi data di kolom yang telah tersedia. Nantinya Anda akan dihubungi oleh pihak asuransi Jasindo dalam waktu 1x24 jam.

  1. Jasindo Sekolah

Jasindo Sekolah adalah produk asuransi yang dikhususkan bagi pelajar atau mahasiswa dengan memberikan jaminan yang berupa ganti rugi dalam bentuk uang akibat dari kecelakaan.

Premi produk ini dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan dari risiko meninggal dunia, cacat tetap dan perawatan pengobatan.

  • Kelompok A – Rp10.000/per tahun

  • Kelompok B – Rp15.000/per tahun

  • Kelompok I – Rp6.750/per tahun

  • Kelompok II – Rp4.250/per tahun

  1. Jasindo Pengangkutan

Jasindo Pengangkutan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan terhadap risiko kerusakan dan kehilangan barang melalui proses pengangkutan darat, laut, dan udara. 

Jenis asuransi pengangkutan antara lain Land Transit, Air Transit, dan Marine Cargo. Informasi lebih lengkap tentang premi pada produk ini, Anda bisa langsung mengeceknya melalui situs resminya.

  1. Jasindo Kebakaran

Jasindo Kebakaran adalah produk asuransi yang memberikan proteksi diri dari risiko kerusakan harta benda yang disebabkan oleh peristiwa kebakaran. Tak hanya kebakaran yang dikarenakan api, melainkan kebakaran yang disebabkan petir hingga ledakan juga dapat tercover melalui produk ini.

Manfaat lainnya dari produk Jasindo Kebakaran adalah adanya perlindungan dari bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya.
 
Premi dari produk Jasindo Kebakaran Anda bisa cek secara langsung melalui situs resminya. Sebab, akan dilakukan penilaian terlebih dahulu untuk properti yang ingin diasuransikan. Nantinya, Anda akan dihubungi oleh pihak perusahaan dalam waktu 1x24 jam.
  1. Jasindo Lintasan

Jasindo Lintasan adalah produk asuransi yang memberikan Anda perlindungan saat melakukan perjalanan darat, laut dan udara. Perlindungan tersebut akan diberikan selama masa pertanggungan sesuai yang tercatat di dalam Kartu Peserta Lintasan.

Adapun beberapa perlindungan yang disediakan meliputi biaya pengobatan, biaya perawatan dokter, risiko cacat tetap, hingga meninggal dunia.

  1. Jasindo OTO dan OTO Plus

Jasindo OTO merupakan produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan untuk semua jenis kendaraan mulai dari kendaraan roda dua, truk, bis, dan alat berat.

Namun, jika Anda ingin memilih asuransi yang memberikan perlindungan kendaraan sesuai yang Anda butuhkan. Maka, Anda bisa pilih produk Jasindo OTO Plus (Non Paket). Manfaat produk yang diperoleh antara lain sebagai berikut:

  • Kerusakan serta kehilangan kendaraan bermotor

  • Tanggung jawab di bidang hukum terhadap pihak ketiga

  • Santunan pengemudi, maksimum hingga tiga orang penumpang.

Premi dari produk Jasindo Oto dan Oto Plus bisa Anda cek melalui situs resminya secara langsung.

  1. Jasindo Mikro

Jasindo Mikro adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu satu tahun terhadap risiko kebakaran diri dan kebakaran rumah tempat tinggal dengan biaya premi yang sangat terjangkau. Adapun manfaat yang diperoleh dari produk ini antara lain:

  • Santunan kecelakaan yang menyebabkan meninggal dunia senilai Rp20 juta

  • Penggantian biaya rumah sakit untuk rawat inap senilai Rp 100 ribu per hari.

  • Penggantian biaya pembedahan yang disebabkan oleh kecelakaan maksimal Rp 2,5 juta

Premi yang dibutuhkan untuk produk asuransi ini adalah Rp 50 ribu per bulan.

  1. Jasindo Pelangi

Jasindo Pelangi adalah produk yang memberikan proteksi saat pelayaran dan penerbangan mulai dari posisi di ruang tunggu sampai tiba di pelabuhan atau bandara tempat tujuan. Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari produk ini antara lain:

  • Premi penumpang Rp 25 ribu per penumpang, dan sekaligus bisa membeli empat untuk satu orang penumpang.

  • Pertanggungan akibat kematian maksimal senilai Rp 250 juta

  • Biaya perawatan akibat dari kecelakaan Rp 25 juta.

  • Kehilangan bagasi Rp 2 juta

  1. Jasindo Mudik

Bagi Anda yang melakukan aktivitas mudik setiap tahun, maka produk asuransi ini sangat cocok bagi Anda. Jasindo Mudik adalah produk asuransi yang memberikan proteksi perjalanan saat Lebaran, Natal, Tahun Baru, serta hari besar lainnya. Perlindungan ini akan diberikan H-10 hingga H+10. Berikut manfaat dari produk Jasindo Mudik

  • Pertanggungan kematian maksimal senilai Rp 25 juta

  • Pertanggungan sebesar Rp 2,5 juta akibat pencurian dan kebakaran.

  • Penggantian biaya rawat inap karena kecelakaan maksimal sebesar Rp 2,5 juta.

  • Premi mulai dari Rp 10 ribu dengan uang pertanggungan hingga Rp 25 juta.

Jenis Produk Korporasi Asuransi Jasindo

Terdapat 7 jenis produk korporasi Asuransi Jasindo yang bisa Anda ketahui. Berikut penjelasan lengkap masing - masing produk dan manfaatnya.

  1. Jasindo Kebakaran

Jasindo Kebakaran adalah produk asuransi yang memberikan proteksi atas kerugian dan kerusakan harta benda yang disebabkan oleh peristiwa kebakaran, ledakan, petir, hingga kejatuhan pesawat terbang.

Proteksi asuransi ini juga diperluas untuk dampak dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan yang lainnya. Adapun berbagai produk asuransi kebakaran meliputi :

  • Asuransi Gempa Bumi

  • Jasindo Graha

  • Property All Risk

  • Business Interruption

  • Karisma

Perihal premi dari setiap produk asuransi korporasi Jasindo Kebakaran, Anda bisa mengunjungi langsung pada website resminya.

  1. Jasindo Rekayasa (Engineering)

Jasindo Rekayasa merupakan produk asuransi yang memberikan proteksi khusus para pelaku industri di bidang teknik. Dengan adanya produk asuransi ini Anda akan mendapatkan perlindungan asuransi yang meliputi Erection All Risks (EAR), Contractor’s All Risks (CAR), Contractor’s Plan and Machinery (CPM), Electrical Equipment Insurance (EEI), dan Machinery Breakdown (MB).

  1. Jasindo Tanggung Gugat (Liability)

Jasindo Tanggung Gugat adalah produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga. Adapun untuk detail produknya sebagai berikut 

  • Automobile Liability (AL), Employers Liability (EL)

  • Workmens Compensation (WC), Profesional Indemnity (PI)

  • General Liability (CGL) / Public Liability (PL)

  • Directors & Officer Liability (D&O)

  • Moveable All Risk

  1. Jasindo Aviation dan Satelit

Jasindo Aviation dan Satelit adalah produk asuransi yang memberikan proteksi terhadap segala aktivitas penerbangan udara dari risiko yang dijamin dalam kondisi polis. Risiko yang dimaksud antara lain kondisi rangka pesawat, tanggung jawab hukum pihak ketiga,  lost of licence, personal accident, dan ground handling liability.

  1. Jasindo Surety

Jasindo Surety adalah produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pihak pemilik proyek kepada pelaksana proyek yang menyatakan kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kontrak.

Jenis jaminan ini meliputi jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan pemeliharaan, jaminan uang muka dan kontra bank garansi.

  1. Jasindo Bidang Kelautan

Jasindo Bidang Kelautan adalah paket asuransi yang memberikan proteksi atas kecelakaan dan segala konsekuensi yang timbul dari aktivitas pelayaran serta kegiatan pendukungnya. Jaminan yang diperoleh meliputi kerusakan fisik dan tanggung jawab hukum atas pihak ketiga.

  1. Jasindo Minyak Gas

Jasindo Minyak Gas adalah produk asuransi yang memberikan proteksi atau jaminan ganti rugi terhadap segala kerugian dan kerusakan yang disebabkan kegiatan industri minyak dan gas. Beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya produk ini antara lain perlindungan terhadap kerusakan properti, pengangkutan, kegagalan eksplorasi, hingga tanggung gugat pihak ketiga.

Baca Juga:

Keunggulan Memilih Asuransi Jasindo

Berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh dengan memilih atau menggunakan jasa asuransi Jasindo.

  • Perusahaan BUMN sehingga dari sektor keuangan secara otomatis sangat kuat.

  • Kualitas pelayanan sudah terbukti puluhan tahun

  • Produk dan jenis asuransi beragam disesuaikan dengan kebutuhan

  • Semua produk bisa dibeli secara online dan offline

  • Mendapatkan banyak penghargaan terpercaya

  • Terdapat aplikasi untuk pemegang polis seperti TKA, AKP, Virtual Claim, dan yang lain.

Demikian sekilas pembahasan tentang produk dan keunggulan dari asuransi Jasindo. Informasi lebih lengkap bisa Anda dapatkan melalui website resmi di www.jasindo.co.id , layanan pelanggan contactcenter@asuransijasindo.co.id, dan call center di 1500073.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar