Translate

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik (OJK) Lengkap

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik (OJK) Lengkap

Nirwana Tunggal
- Masyarakat saat ini memiliki kesadaran yang semakin tinggi terhadap kepemilikan asuransi, salah satunya asuransi jiwa. Hal ini juga dibarengi dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia. Untuk menghindari dari penipuan, kami sampaikan daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK).

Asuransi Jiwa sendiri merupakan salah satu produk perlindungan untuk semua anggota keluarga jika terjadi hal-hal buruk terhadap pemegang polis. Asuransi ini juga dianggap sebagai perlindungan finansial untuk ahli waris ketika si tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia. 

Mengingat perannya yang sangat penting, maka asuransi jiwa sangat perlu dimiliki oleh tulang punggung keluarga. Pasalnya, manfaat pertanggungan bisa dirasakan langsung oleh para ahli warisnya sehingga kehidupan mereka akan tetap terjamin meski telah ditinggalkan oleh tulang punggung utama keluarga. Secara umum, manfaat kepemilikan asuransi jiwa ada tiga, diantaranya:

  • Memberikan santunan saat pihak tertanggung meninggal dunia dengan jumlah 100% atau lebih dari Uang Pertanggungan (UP),

  • Memberikan santunan cacat permanen total dengan jumlah mencapai 100% dari jumlah UP, serta

  • Memberikan santunan cacat permanen sebagian atau hilangnya fungsi sebagian anggota badan, seperti lumpuh kaki, dengan total UP sesuai dengan proporsional yang tertulis di polis asuransi.

Jenis-jenis Asuransi Jiwa

Sebelum mengetahui daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK), berikut jenis-jenis asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui:

  1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Jenis asuransi jiwa yang pertama yaitu Asuransi Jiwa Berjangka (term life). Sesuai namanya, maka produk asuransi jiwa ini akan memberikan manfaat perlindungan dalam kurun waktu tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebagai contoh, asuransi jiwa term life hanya akan memberikan manfaat perlindungan dalam jangka waktu 1, 5, 10, 20, atau paling lama 30 tahun. Dengan manfaat perlindungan dalam waktu terbatas tersebut, sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan proteksi berjangka pendek.
 
Kelebihan asuransi term life yaitu memiliki biaya premi yang relatif terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan. Selain itu, UP juga terbilang cukup tinggi mencapai ratusan miliar serta memberikan manfaat tambahan sesuai kebutuhan.
  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Jenis asuransi jiwa yang kedua yaitu Asuransi Jiwa Seumur Hidup (whole life). Produk ini akan memberikan manfaat perlindungan seumur hidup terhadap nasabahnya. Untuk jangka waktu polisnya tergantung kebijakan dan ketentuan penyedia layanan. 

Biasanya, asuransi jiwa whole life mampu menyediakan pertanggungan hingga pemegang polis berusia 90 sampai 100 tahun. Salah satu keunggulan asuransi ini yaitu jaminan perlindungan seumur hidup dan manfaat nilai tunai.
 
Dengan kelebihan tersebut, asuransi jiwa seumur hidup sangat cocok bagi Anda yang sedang mempersiapkan kebutuhan hidup selama pensiun maupun rencana finansial lainnya. Hanya saja, biaya premi asuransi ini cenderung mahal hingga dua kali lipat premi asuransi jiwa berjangka.
  1. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi Jiwa Unit Link merupakan produk asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan dari berbagai risiko dan manfaat investasi. Mengingat asuransi ini mengkombinasikan dua produk sekaligus, maka premi yang harus nasabah bayarkan juga akan dibagi dengan rasio tertentu ke manfaat asuransi dan investasi sekaligus.

Dengan cara kerja tersebut, maka asuransi jiwa unit link bisa Anda uangkan kembali ketika tidak pernah mengajukan klaim perlindungan. Namun, saat Anda tidak mampu membayar premi, bisa mengalihkan sebagian dana investasi untuk melunasinya.
 
Semua keuntungan dari aktivitas investasi ini bisa Anda peroleh tanpa perlu repot mengelola modalnya. Namun, kekurangannya, manfaat investasi ini tidak bisa dirasakan secara optimal karena harus terpotong oleh biaya asuransi. Selain itu, risiko kerugian investasi juga bisa mempengaruhi saldo asuransi dan menurunkan manfaatnya.
  1. Asuransi Jiwa Dwiguna

Terakhir, ada jenis Asuransi Jiwa Dwiguna. Produk ini memberikan manfaat perlindungan yang dilengkapi dengan tabungan. Hampir sama dengan jenis asuransi sebelumnya, produk ini akan membagi sebagian premi ke tabungan dan sisanya ke manfaat perlindungan asuransi.

Keunggulan asuransi jiwa dwiguna berupa kemudahan dalam mencairkan dana asuransi sebelum durasi atau masa asuransinya berakhir. Selain itu, apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa aktif asuransi, maka seluruh UP bisa dikembalikan.
 
Dengan keunggulan tersebut, maka asuransi jiwa dwiguna ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tujuan keuangan jangka panjang dan bersifat primer, seperti biaya pendidikan atau biaya pensiun.
 
Hanya saja, kekurangan asuransi jiwa dwiguna yaitu memiliki nominal premi cenderung mahal. Bahkan, ada premi yang mencapai angka jutaan rupiah setiap bulannya.

Baca Juga:

Mengapa Harus Memilih Perusahaan Asuransi yang Terdaftar OJK

Nah, setelah mengetahui pengertian sekaligus jenis-jenis asuransi jiwa, saatnya Anda mencari tahu daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK) yang akan Anda pilih. Namun, tahukah Anda mengapa harus perusahaan asuransi yang terdaftar OJK?

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) merupakan lembaga independen yang berupaya memberantas perusahaan di sektor finansial yang “nakal”. Tujuannya untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut bekerja sesuai undang-undang dan hukum yang berlaku, termasuk perusahaan asuransi.

Nah, salah satu bentuk literasi asuransi pemerintah melalui OJK yaitu merilis daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK) yang mereka awasi. Dengan demikian, masyarakat bisa memilih perusahaan tersebut dan merasa aman setiap membeli produk asuransi. Berikut ini adalah sejumlah manfaat memilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK:

  • Terhindar dari Penipuan Asuransi

Manfaat memilih asuransi OJK pertama yaitu terhindar dari penipuan atau tindakan curang. Biasanya, perusahaan yang memiliki motif ini, pada dasarnya sudah bermasalah. Dengan memastikan perusahaan tersebut diawasi OJK akan mencegah Anda dari penipuan asuransi ilegal/bodong.

  • Terhindar dari Penolakan Klaim

Manfaat kedua yaitu terhindar dari penolakan klaim. Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa terjadi penolakan klaim. Namun, salah satu yang patut diwaspadai yaitu karena perusahaan asuransi tersebut tidak memenuhi syarat likuiditas yang diajukan oleh OJK.

Nah, ketidakmampuan dalam memenuhi syarat tersebut, membuat perusahaan tidak dimasukkan dalam daftar perusahaan asuransi OJK.

  • Proses Menuntut Lebih Mudah

Terakhir, proses penuntutan akan menjadi lebih mudah. Umumnya, proses penuntutan dari pemegang polis selalu ditangani dengan baik dan profesional oleh perusahaan. Namun, masih ditemukan perusahaan dengan prosedur yang panjang dan berbelit-belit.

Nah, adanya alur klaim yang ribet tersebut menjadi salah satu perhatian OJK. Untuk memastikannya, OJK akan meminta setiap perusahaan asuransi memberikan prosedur tuntutan yang ringkas dan jelas.

Baca Juga:

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik (OJK)

Kini, Anda bisa mengakses daftar perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK dengan mudah melalui situs resmi OJK. Nah, bagi Anda yang sedang mencari daftar perusahaan asuransi jiwa di Indonesia yang terdaftar di OJK, berikut kami sajikan beberapa pilihannya.

  1. AIA Financial

Daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK) yang pertama yaitu AIA Financial. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dan sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK.

AIA di Indonesia sendiri merupakan anak perusahaan AIA Group yang mulanya merupakan PT AIG Life dan sudah berubah nama pada tahun 2009.

  1. Allianz

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Allianz. Perusahaan ini memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan pada tahun 1981. Kemudian, di tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia sebagai perusahaan asuransi umum.

Menginjak tahun 1996, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan, serta dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Kini, perusahaan ini sudah memiliki lebih dari 1.400 karyawan dan 20.000 tenaga penjualan di 100 kantor pemasaran di 53 kota.

  1. AXA Mandiri

Contoh perusahaan asuransi jiwa (OJK) berikutnya yaitu AXA Mandiri. Berawal dari kesuksesannya di bisnis asuransi jiwa pada tahun 2004, AXA Mandiri melanjutkan membangun bisnis asuransi umum pada tahun 2011.

Kini, AXA Mandiri semakin lengkap dan kuat untuk terus berfokus menyediakan berbagai solusi sesuai kebutuhan nasabah, baik dari segi layanan keuangan, investasi, maupun perlindungan jiwa dan aset.

AXA di Indonesia merupakan bagian dari AXA Group dan menjadi salah satu perusahaan asuransi serta manajemen aset terbesar di dunia. Perusahan ini juga telah memiliki 166.000 karyawan dan melayani lebih dari 103 juta nasabah di 64 negara.

Tidak mengejutkan juga bahwa AXA sudah diakui oleh interbrand sebagai merek asuransi nomor satu di dunia selama delapan tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2009 hingga 2016.

  1. Cigna

Deretan asuransi jiwa terdaftar OJK berikutnya yaitu Cigna. PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan anak perusahaan dari Cigna Corporation dan berdiri sejak tahun 1990. Perlu Anda ketahui, Cigna Corporation merupakan perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat.

Kini, Cigna telah tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Keunggulan perusahaan ini yaitu mampu menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung.

  1. FWD

Selanjutnya, ada PT FWD Life Indonesia sebagai perusahaan asuransi jiwa patungan dan bagian dari FWD Group. Selain di Indonesia, FWD Group juga memiliki jaringan usaha di negara lain, seperti Hongkong, Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam, hingga Jepang.

Selain asuransi jiwa, FWD Group menawarkan produk asuransi lainnya berupa asuransi kesehatan, asuransi umum, dan employee benefits di beberapa negara. Kini, FWD tengah berfokus dalam mengembangkan pengalaman konsumen baru dengan menghadirkan produk yang mudah dipahami dan didukung oleh teknologi digital terdepan.

  1. Generali

Daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK) keenam yaitu Generali. PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia merupakan bagian dari Generali Group, sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1831 di Italia.

Generali Group menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Eropa dan dipercaya sebagai penyedia jasa asuransi terkemuka. Tak heran, Generali berhasil menjadi pemain utama dalam industri asuransi jiwa dan investasi di Indonesia dengan strategi bisnis yang jelas.

Saat ini, Generali sudah didukung oleh lebih dari 11.000 agen pemasar dan kantor agen di hampir seluruh wilayah Indonesia.

  1. Manulife

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Manulife Indonesia atau PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Perusahaan ini sudah berdiri sejak 1985 dan menjadi bagian dari Manulife Financial Corporation, sebuah grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang beroperasi di Asia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Selain asuransi jiwa, Manulife juga menawarkan produk asuransi kecelakaan dan kesehatan, layanan investasi, serta dana pensiun bagi nasabah individu maupun pelaku usaha di Indonesia.

Kini, Manulife telah memiliki jaringan lebih dari 9.000 karyawan dan agen profesional yang tersebar di 24 kantor pemasaran. Sementara, jumlah nasabahnya sudah lebih dari 2,3 juta di Indonesia.

Selain daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK) di atas, masih ada lagi Panin Dai-chi, Prudential, Great Eastern, Sinarmas, Jiwasraya, Avrist, BNI Life Insurance, BCA, dan sebagainya.

Nah, setelah mengetahui daftar perusahaan asuransi jiwa terbaik (OJK), saatnya Anda menentukan perusahaan asuransi jiwa yang ingin Anda jadikan partner berasuransi. Pastikan, manfaat yang diperoleh sebanding dengan premi yang Anda bayarkan ya!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar