Translate

Daftar Asuransi Kesehatan Dengan Premi Murah

Daftar Asuransi Kesehatan Dengan Premi Murah

Nirwana Tunggal
- Nikmat sehat merupakan salah satu anugerah yang harus disyukuri. Meski pada kenyataannya, tetap saja ada risiko sakit di masa depan yang tidak pernah bisa kita prediksi. Nah, sebagai upaya preventif, memiliki asuransi kesehatan adalah solusi terbaik guna mengcover berbagai risiko tersebut. Terlebih, saat ini sudah ada banyak sekali daftar asuransi kesehatan dengan premi murah dengan manfaat yang tak main-main. 

Sekilas tentang Asuransi Kesehatan

Meski dianggap sebagai upaya preventif, namun masih ada saja orang yang kurang yakin dengan adanya asuransi kesehatan. Alasan mereka karena premi dari jenis asuransi ini terbilang mahal. 

Padahal, biaya premi tersebut pasti sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Apalagi, jenis asuransi kesehatan kini sudah banyak tersedia dengan premi yang jauh lebih terjangkau.
 
Dengan memiliki asuransi kesehatan, maka akan memberikan manfaat perlindungan dan jaminan biaya perawatan kesehatan bagi nasabah tertanggung. Berbagai biaya tersebut meliputi biaya rawat jalan, rawat inap, pengobatan, dan lainnya sesuai kesepakatan polis.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Ada banyak daftar asuransi kesehatan dengan premi murah dengan keunggulannya sendiri. Namun, banyaknya pilihan tersebut justru membuat Anda semakin bingung untuk menentukan produk asuransi kesehatan mana yang paling baik untuk dipilih.

Lantas, apa saja jenis asuransi kesehatan yang tersedia di perusahaan asuransi? Yuk, simak!

  1. Asuransi Rawat Inap

Jenis asuransi kesehatan pertama yaitu asuransi rawat inap. Produk asuransi ini akan memberikan penggantian biaya rawat inap saat tertanggung dirawat di rumah sakit. Sesuai namanya, maka manfaat produk asuransi ini didapat apabila nasabah tertanggung harus menjalani perawatan rawat inap selama masa tanggungan asuransi.

Setiap produk asuransi pasti memiliki syarat dan ketentuan untuk mekanisme klaim manfaat ini. Nah, untuk itu, sangat penting bagi Anda memahami dan memperhatikan kesepakatan polis sebelum melakukan klaim klaim asuransi rawat inap.

  1. Asuransi Rawat Jalan

Selain manfaat pertanggungan rawat inap, jenis asuransi berikutnya yaitu asuransi rawat jalan. Produk ini akan memberikan pertanggungan untuk rawat jalan. Manfaat asuransi rawat jalan meliputi biaya pengobatan, diagnosa, rehabilitasi, pengamatan, serta pelayanan kesehatan lainnya.

  1. Asuransi Personal

Ketiga, ada jenis asuransi personal. Jenis asuransi ini berdasarkan pihak yang ditanggung dalam polis asuransi. Sesuai namanya, maka asuransi personal akan memberikan manfaat perlindungan, pertanggungan, dan penjaminan untuk satu orang saja sesuai nomor keanggotaan polis yang terdaftar.

  1. Asuransi Kelompok

Jika ada asuransi personal, maka ada asuransi kesehatan kelompok. Produk ini akan memberikan manfaat perlindungan, pertanggungan, penjaminan bagi satu keluarga atau kelompok tertentu. Bisa jadi kelompok karyawan di suatu perusahaan atau organisasi.

Meskipun asuransi kelompok, namun manfaat asuransi yang diperoleh tetap akan diberikan secara personal sesuai kebutuhan masing-masing individu. Bahkan, setiap individu akan membayar premi sendiri-sendiri. Hanya saja, premi asuransi kelompok cenderung lebih murah daripada asuransi personal.

  1. Asuransi Swasta

Jenis asuransi berikutnya yaitu asuransi swasta yang diselenggarakan oleh pihak swasta. Kelebihan asuransi ini yaitu memiliki fitur riders, dimana nasabah bisa memilih manfaat tanggungan tambahan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dengan demikian, nasabah tertanggung bisa mendapatkan manfaat pertanggungan secara maksimal dari asuransi.

  1. Asuransi Pemerintah

Terakhir, asuransi pemerintah yang diselenggarakan oleh pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga negara dibidang kesehatan. Dibanding asuransi kesehatan swasta, biaya premi asuransi pemerintah biasanya lebih murah.

Pasalnya, biaya premi asuransi tersebut berasal dari subsidi pemerintah. Selain itu, produk asuransi kesehatan pemerintah lebih aman karena resmi dari pemerintah. Contohnya, asuransi kesehatan BPJS.
 
Baca Juga:

Daftar Asuransi Kesehatan dengan Premi Murah Terbaik

Meskipun BPJS dikenal sebagai asuransi kesehatan murah, kenyataannya masih banyak asuransi kesehatan murah selain BPJS yang direkomendasikan. Saat ini, banyak daftar asuransi kesehatan dengan premi murah yang bisa Anda pilih.

Namun, jangan sampai Anda salah pilih produk karena harus memastikan bagaimana reputasi perusahaan, proses klaim yang mudah, dan rating positif dari nasabahnya. Nah, sebagai referensi, mari simak rekomendasi daftar asuransi kesehatan dengan premi murah berikut.

  1. Sinarmas

Daftar asuransi kesehatan dengan premi murah yang pertama yaitu Sinarmas. Perusahaan ini mengeluarkan beberapa produk asuransi kesehatan yaitu asuransi kesehatan individu dan asuransi kesehatan kelompok.

Produk asuransi kesehatan tersebut antara lain:
  • Asuransi Kesehatan Simas Sehat Gold
  • Asuransi Kesehatan Simas Sehat Income
  • Asuransi Kesehatan Simas Sehat Executive
  • Asuransi kesehatan Simas Sehat Platinum
  • Asuransi Kesehatan Simas Sehat Corporate.
Masing-masing pilihan produk asuransi kesehatan Sinarmas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, secara umum, harga asuransi kesehatan Sinarmas relatif terjangkau dengan manfaat pertanggungan yang cukup bagus.

Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan Sinarmas dengan biaya premi murah mulai dari Rp 77.000 per bulan dengan manfaat pertanggungan hingga Rp 200 juta.

  1. FWD

Daftar asuransi kesehatan dengan premi murah kedua yaitu FWD. Sebelumnya, perusahaan ini dikenal dengan nama PT Commonwealth Life dan baru resmi bergabung dengan PT FWD Life Indonesia pada 1 Desember 2020 lalu.

FWD termasuk salah satu perusahaan asuransi dengan produk asuransi kesehatan keluarga yang cukup recomended. Salah satu produknya bernama asuransi FWD Bebas Handal. Biaya preminya cukup terjangkau hanya sebesar Rp 75.000 saja dan Anda akan mendapatkan manfaat pertanggungan yang menarik.

Berbagai manfaat pertanggungan tersebut antara lain biaya perawatan rawat inap, biaya obat, biaya cek laboratorium, biaya dokter, serta biaya perawatan lainnya.

  1. AIA

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi AIA yang menawarkan produk asuransi kesehatannya bernama Power Pro Life. Produk asuransi dengan premi murah ini memberikan manfaat pertanggungan hingga 10 tahun dengan usia maksimal tertanggung hingga 75 tahun.

Sementara, untuk bisa bergabung dengan AIA asuransi kesehatan Power Pro Life, usia tertanggung harus minimal 18 tahun saat mendaftar.

  1. Cigna

Cigna juga termasuk dalam daftar asuransi kesehatan dengan premi murah berkualitas. Produk asuransi kesehatan Cigna bernama Cigna Health Protection. Anda bisa merasakan berbagai manfaat pertanggungan asuransi kesehatan Cigna ini hanya dengan membayar premi bulanan sebesar Rp 36.000 saja.

Meskipun biaya premi asuransi Cigna Health Protection ini sangat murah, namun manfaat pertanggungan yang diberikan sangat maksimal, diantaranya biaya santunan perawatan rumah sakit hingga Rp 1 juta per harinya.

Lalu, apabila selama 2 tahun masa pertanggungan, Anda tidak ada mengajukan klaim manfaat pertanggungan, maka akan mendapatkan bonus 25% dari total keseluruhan premi yang sudah dibayarkan. 

  1. AXA Mandiri

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi AXA Mandiri dengan produk asuransi kesehatannya bernama AXA Hospital Plus Life. Biaya premi produk ini mulai dari Rp 140.000 per bulan dengan manfaat pertanggungan berupa penggantian biaya perawatan rawat inap hingga Rp 2.000.000 per hari.

Manfaat pertanggungan dari AXA Hospital Plus Life bisa tertanggung nikmati hingga usia 65 tahun.

  1. Allianz

Daftar asuransi kesehatan dengan premi murah selain BPJS berikutnya yaitu Allianz. Salah satu produk asuransi kesehatan Allianz bernama SmartHealth Maxi Violet. Keunggulan produk ini yaitu menyediakan pilihan plan paling sesuai dengan kebutuhan dari 8 plan yang ditawarkan.

Selain itu, SmartHealth Maxi Violet akan memberikan manfaat lainnya berupa no claim yang akan Anda peroleh apabila tidak mengajukan klaim selama masa pertanggungan. Besaran no claim yaitu 20% dari premi asuransi kesehatan Allianz yang sudah Anda bayarkan.

  1. Prudential 

Prudential asuransi kesehatan juga termasuk dalam daftar asuransi kesehatan dengan premi murah. Produk asuransi Prudential terbagi menjadi beberapa produk yaitu:
  • PRUPrime Healthcare
  • PRUprime Healthcare Syariah
  • PRUhospital & Surgical Cover Plus, dan
  • PRUhospital & Surgical Cover Plus Syariah.
Dari berbagai pilihan asuransi kesehatan Prudential di atas, Anda bisa memilih dan menentukan jenis produk asuransi dengan premi yang terjangkau sesuai kebutuhan.
  1. Manulife

Daftar asuransi kesehatan dengan premi murah kedelapan yaitu Manulife. Perusahaan asuransi ini berasal dari Kanada dan telah melayani kebutuhan asuransi di Indonesia sejak tahun 1989.

Manulife menawarkan produk asuransi kesehatan terbaik, salah satunya bernama Manulife MiUltimate HealthCare atau MiUHC. Produk tersebut memberikan manfaat pertanggungan berupa biaya rawat inap, biaya rawat jalan, bedah, melahirkan, perawatan gigi, hingga konsultasi psikologi.

Manulife MiUltimate HealthCare atau MiUHC ini bisa nasabah miliki dengan usia minimal 30 hari.

  1. Sun Life

Selanjutnya, ada perusahaan asuransi Sun Life yang sudah berdiri sejak tahun 1865. Salah satu produk asuransi kesehatan yang ditawarkan yaitu Sun Medical Platinum. Produk ini bisa memberikan manfaat pertanggungan untuk perawatan penyakit kanker.

Premi asuransi Sun Medical Platinum relatif murah yaitu mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 270.000 per bulan. Besaran premi pastinya akan disesuaikan dengan jenis asuransi beserta manfaat pertanggungan asuransi yang akan nasabah peroleh.

  1. BRI Life

Kesepuluh, ada perusahaan asuransi BRI Life yang menawarkan produk asuransi kesehatan bernama BRI Life Simply HealthCare. Produk ini masuk dalam deretan daftar asuransi kesehatan dengan premi murah yaitu Rp 300.000 per bulan.

Dengan membeli produk asuransi ini, Anda akan memperoleh berbagai manfaat, seperti pertanggungan rawat inap, rawat jalan, hingga manfaat pengobatan lainnya. Selain itu, BRI Life juga bekerjasama dengan Halodoc yang memungkinkan nasabahnya untuk berkonsultasi online dengan dokter spesialis secara gratis.

Selain 10 daftar asuransi kesehatan dengan premi murah di atas, masih banyak pilihan lainnya seperti Asuransi Kesehatan Lippo Insurance, Asuransi Kesehatan Takaful, Asuransi Kesehatan Bumiputera, Asuransi Kesehatan Avrist, dan sebagainya.

Baca Juga:

Kelebihan Asuransi Kesehatan Murah

Dengan membeli produk asuransi kesehatan dengan premi murah, Anda akan menikmati sejumlah kelebihannya, antara lain:

  • Biaya premi terjangkau (tidak membebani)

  • Memiliki rangkaian cara daftar asuransi kesehatan beserta syarat yang lebih sederhana

  • Menawarkan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih mudah terjangkau

Kekurangan Asuransi Kesehatan Murah

Namun, selain kelebihan, setiap produk asuransi pasti memiliki kelemahan. Berikut ini adalah sejumlah kekurangan asuransi kesehatan premi murah yang perlu Anda waspadai dan cermati.

  • Produk asuransi cenderung kurang fleksibel

  • Manfaat pertanggungan akan disesuaikan dengan besaran premi yang Anda bayarkan

  • Manfaat pertanggungan cenderung terbatas

  • Manfaat pertanggungan standar dengan fasilitas sesuai dengan kelas yang dipilih

  • Umumnya, manfaat asuransi hanya bisa digunakan untuk layanan kesehatan dalam negeri.

Sekian informasi seputar daftar asuransi kesehatan dengan premi murah terbaik, jenis asuransi, kelebihan dan kekurangan, serta cara klaimnya. Kira-kira, perusahaan asuransi manakah yang akan Anda pilih? Silakan tulis di kolom komentar ya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar