Translate

Kenali Lebih Jauh Tentang Investasi Saham

Investasi Saham: Hal-Hal yang Perlu Anda ketahui Dalam Berinvestasi


Nirwana Tunggal
- Banyak orang yang memiliki harta atau kekayaan yang lebih dari cukup memilih untuk menyisihkan harta mereka sebagai investasi, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Ada banyak opsi investasi yang dapat Anda lakukan, salah satunya adalah investasi saham.

Bagi sebagian orang investasi kadang memiliki kesan yang mengerikan karena risiko dan penipuan berkedok investasi yang marak terjadi di tengah masyarakat.

Sementara itu, investasi sendiri merupakan cara seseorang untuk mengembangkan aset yang ia miliki agar mendatangkan keuntungan atau profit yang lebih besar.

Dengan demikian, tidak ada yang salah dengan investasi selama di dalam prosedurnya memang dilakukan dengan cara yang benar dan tidak merugikan bagi pihak yang ada di dalamnya. Yakni investor, pengelola aset, serta lembaga yang mewadahi investasi tersebut.

Sedangkan untuk investasi saham sendiri, ia memiliki risiko yang membuat banyak orang memandang investasi sebagai kegiatan yang membahayakan.

Hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan dan pengalaman di dunia investasi, sehingga sedikit yang mengetahui cara meminimalisir kerugian investasi saham. Salah satu caranya adalah dengan memahami aset yang benar-benar Anda butuhkan untuk investasi.

Selain minimnya pengetahuan mengenai investasi jenis saham ini, terkadang orang-orang tidak memiliki kesabaran yang cukup untuk menjalani proses yang panjang. Memang, untuk meraih keuntungan dari kegiatan investasi ini tidaklah semudah berbisnis ringan seperti menyewakan rumah untuk tempat tinggal, menyewakan lahan untuk berdagang dan sebagainya. Investasi saham membutuhkan pengetahuan yang mendalam dan banyak kesabaran.

Bagi Anda yang merasa yakin untuk memulai sebuah investasi, Anda sudah memenuhi 50 persen apa yang Anda butuhkan untuk meraih sukses, yakni sebuah keyakinan. Sisanya, yang perlu Anda lakukan adalah seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, memperdalam pengetahuan tentang apa itu investasi, terutama investasi jenis saham.

Di mana kesuksesan yang bisa Anda raih dapat menjamin kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Pengertian Investasi Saham dan Jenisnya

Penting untuk memahami pengertian investasi secara mendalam sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi. Terlebih, jika nilai aset yang ingin Anda investasikan tersebut memiliki angka yang cukup besar.

Singkatnya, investasi adalah sebuah rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan modal dengan harapan meraih keuntungan di masa depan. Untuk jenis saham, tentunya Anda membutuhkan uang dengan jumlah banyak.

Investasi akan mengarahkan Anda pada pengembangan aset untuk menunjang kondisi finansial yang baik di masa depan. Sebab, penentuan jenis investasi yang pas nantinya akan membuat kondisi finansial tersebut semakin berkembang atau stabil dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kembali ke awal, butuh proses yang tidak singkat untuk merasakan seberapa jauh prospek investasi ini.

Investasi saham merupakan jenis investasi yang mudah, sederhana, dan perkembangan keuntungannya dapat dipantau. Penanaman modal dengan uang ini banyak dilakukan di kalangan para pemilik dana untuk membantu perintis usaha dengan membagi keuntungan mereka untuk para investor. Pastinya, kedua belah pihak akan merasakan keuntungan dari kerjasama tersebut, baik penanam modal maupun pelaku usaha.

Nantinya, uang yang Anda berikan sebagai langkah awal untuk investasi akan mengalami konversi dalam bentuk aset finansial berupa saham. Investasi dari aset finansial ini berdasarkan pada kemungkinan-kemungkinan untuk menghadirkan profit dari modal yang telah Anda berikan tersebut.

Bagi Anda yang menjadi pelaku investasi, biasanya akan disebut sebagai investor. Kegiatan yang dilakukan oleh para investor ini sebenarnya lebih mirip dengan kegiatan menabung. Di mana dana yang Anda alokasikan akan bisa Anda gunakan suatu hari nanti.

Bedanya, dana alokasi tersebut akan mengalami perkembangan berupa untung atau profit. Hal yang harus Anda lakukan sebagai investor adalah melakukan pemantauan dan memberi saran.

Jenis-Jenis Investasi

Untuk melakukan kegiatan investasi, khususnya jenis Investasi Saham, selain harus memahami apa itu investasi, Anda juga harus mengerti perencanaan yang baik untuk mencapai tujuan utama.

Apa tujuan utama dari kegiatan investasi? Yaitu untuk memperoleh keuntungan yang besar suatu hari nanti. Anda bisa memilih jenis investasi apa yang sekiranya cocok dan memang Anda butuhkan saat ini.

  1. Investasi Berjangka Pendek

Investasi jenis ini adalah investasi yang memiliki grafik atau skema yang akan membantu Anda meraih keuntungan dalam waktu yang singkat. Paling tidak, Anda harus menanti keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam kurun waktu 1 sampai 3 tahun sejak Anda melakukan penanaman modal investasi. Investasi jangka pendek sangat cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan dalam waktu dekat.

Ada beberapa contoh kebutuhan waktu singkat yang bisa Anda lakukan dengan investasi. Misalnya, Anda memiliki rencana untuk melakukan persalinan di tahun yang akan datang, Anda bisa melakukan investasi dari tahun sebelumnya.

Atau, untuk merencanakan pernikahan bersama calon pasangan Anda, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa berinvestasi dengan jangka pendek ini.

Dengan catatan, Anda harus benar-benar memiliki rencana yang matang untuk kebutuhan tersebut. Mulai dari jumlahnya, sisanya, jangka waktu, dan rencana cadangan apabila terjadi sesuatu yang darurat.

Segala persiapan harus direncanakan dengan sematang mungkin, karena investasi ini dilakukan dalam tempo yang singkat. Sementara itu, jika Anda berinvestasi, masih ada kemungkinan rugi, maka harus memiliki rencana yang baik.

  1. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan investasi jangka pendek, investasi yang satu ini memerlukan waktu yang cukup lama demi memperoleh profit yang menjadi tujuan utama investor.

Bagi para investor yang sudah berpengalaman, tentunya mereka memiliki lebih dari 1 saham sebagai aset investasi. Dengan begitu, mereka akan memperoleh keuntungan ketika pensiun atau saat tidak lagi bisa produktif.

Biasanya, para investor yang menerapkan investasi jangka panjang akan segera memperoleh keuntungan dari modal yang mereka tanam setelah 3 tahun hingga 15 tahun lamanya.

Bahkan, beberapa juga mencapai jangka waktu yang lebih lama dari waktu tersebut. Tergantung dengan tujuan yang ingin dicapainya. Jika memang untuk hari tua atau tabungan anak cucu, maka sah saja dengan waktu yang sangat lama.

Dibandingkan dengan investasi jangka pendek, jangka panjang akan menjanjikan keuntungan yang berlipat-lipat. Untuk itu, penantian selama bertahun-tahun hingga puluhan tahun tentunya tidak akan membuat investor menyesalinya.

Investasi Saham: Pengertian dan Tujuan Utamanya

Jika Anda sudah mengenali pengertian investasi secara umum, maka selanjutnya adalah investasi saham secara khusus. Ada banyak macam produk aset investasi yang bisa Anda gunakan sebagai investasi saham, baik jangka panjang maupun pendek, tergantung kebutuhan Anda.

Apa itu saham? Saham adalah tanda penyertaan penanam modal baik dari dana pribadi ataupun kelompok usaha.

Dengan mendaftarkan diri sebagai peserta penanam modal atau investor saham, Anda sebagai pihak investor memiliki hak atau klaim atas keuntungan yang diperoleh atas perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, investor juga memiliki hak atas aset perusahaan serta berhak hadir dalam rapat umum pemegang saham perusahaan (RUPS). Modal awal yang Anda tanam nantinya akan kembali seiring berkembangnya perusahaan.

Sebagai investor, tentunya harus cerdas dalam memilih perusahaan mana yang memiliki potensi besar untuk semakin berkembang. Keuntungan yang diambil di sini tidak semata-mata menjadi keuntungan pribadi bagi sang investor.

Namun, di sisi lain pelaku bisnis yang ada di Indonesia ini khususnya akan mengalami peningkatan dengan modal-modal yang ditanam oleh para pelaku investasi.

Dengan kata lain, pelaku investasi alias investor ini telah memiliki peran besar dalam menjalankan roda perekonomian di Indonesia. Karena perusahaan-perusahaan berdiri dan berkembang pesat, maka akan terbuka lapangan pekerjaan yang semakin luas, sumber daya manusia yang terjaring akan semakin naik, juga distribusi pangan di negara akan semakin merata. Nah, itu dia sedikit pengertian mengenai investasi saham.

Macam-Macam Investasi Dari Jenis Saham

Saham yang menjadi aset investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek datang dari berbagai sektor ekonomi. Untuk menentukan mana yang menjadi aset paling cocok untuk kebutuhan Anda, pastinya Anda harus mengetahui dan memahami jenis-jenis saham.

Setidaknya, dalam Bursa Efek Indonesia terdapat lebih dari 700 perusahaan yang mempunyai saham teregistrasi yang terbagi menjadi 9 jenis.

Dari sembilan jenis saham tersebut di antaranya adalah Agriculture atau pertanian, mining yakni pertambangan, pembuatan mesin berat dan ringan yang memiliki komponen seperti mesin pengolah makanan, properti, bangunan, real estate, infrastruktur, serta transportasi. Selanjutnya ada saham keuangan, yang meliputi trading, service, serta investment.

Selain itu investasi saham ini ada dua jenis lainnya yakni saham biasa dan juga saham preferen. Dua saham ini memiliki perbedaan, saham biasa merupakan aset berupa surat-surat berharga kepemilikan pribadi atas bagian dari perusahaan. 

Sementara saham preferen adalah saham dari pemegang yang mempunyai prioritas tinggi pada pembagian dividen ketimbang investor di saham yang umum.

Salah satu keuntungan berinvestasi dengan saham preferen yakni Anda akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan keistimewaan hak berupa keputusan untuk kebijakan perusahaan. Dengan kata lain, jika Anda memiliki saham preferen di sebuah perusahaan, maka Anda memiliki suara atau keputusan yang berhak diterapkan di perusahaan tersebut.

Untuk memperkecil risiko pada investasi saham, Anda dapat memilih untuk menginvestasikan dana yang Anda miliki pada reksa dana saham.

Reksa dana adalah salah satu jenis saham yang memudahkan Anda untuk mendapatkan serta memilih investasi saham yang dikelola oleh suatu perusahaan melalui pihak manajemen. Di mana pihak tersebut mempunyai peran penting dalam pengelolaan aset yang Anda berikan.

Pada umumnya, investasi yang satu ini terjadi dan dilakukan oleh pihak bank serta pihak yang menyediakan layanan asuransi. Kemudian, Anda tinggal memantau pergerakan serta perkembangan investasi yang Anda tanam sambil menyuplai dana yang berguna untuk meninggikan nilai investasinya. Menentukan tujuan melalui perencanaan finansial menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan investasi.

Manfaatnya adalah agar seseorang dapat mengetahui bahwa keuntungan memang tidak dapat diperoleh hanya dalam waktu yang singkat. 

Sebabnya, menentukan tujuan dalam investasi ini, yakni lewat reksadana saham benar-benar perlu supaya Anda bisa membangun kondisi keuangan yang baik di masa mendatang. Terimakasih semoga bermanfaat!.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar