Translate

Rekomendasi Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Pasangan Baru Menikah

Rekomendasi Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Pasangan Baru Menikah

Nirwana Tunggal
- Bagi pasangan baru, memiliki asuransi kesehatan adalah satu langkah tepat untuk meminimalisir kemungkinan buruk terkait risiko kesehatan di masa depan. Meski menderita suatu penyakit adalah hal yang tidak kita inginkan, namun risiko ini mungkin akan tetap ada di kemudian hari.

Selain mempengaruhi dari segi fisik, jatuh sakit juga akan menimbulkan kesenjangan finansial jika tidak dikelola dengan baik. Apalagi, biaya perawatan medis terus mengalami kenaikan sesuai tahunnya. Maka dari itu, mendaftar asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru menikah memang harus disegerakan. 

Asuransi Kesehatan ibarat payung yang baru bekerja saat dibawa sebelum hujan. Artinya, asuransi kesehatan hanya bisa Anda miliki saat sehat dan akan lebih baik jika dimiliki di usia muda. Dengan demikian, risiko jatuh sakit dan kematian masih kecil, sehingga premi yang harus Anda bayar terjangkau.

Pertimbangan Saat Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pasangan Baru

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan asuransi kesehatan untuk pasangan baru, pastikan Anda sudah mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
  1. Tentukan Jumlah Tertanggung dalam Asuransi Kesehatan

Langkah pertama adalah mempertimbangkan jumlah anggota keluarga yang akan di cover dalam satu polis asuransi. Biasanya, jumlah tertanggung sangat bergantung pada jumlah anggota keluarga saat ini. 

Artinya, jumlahnya bisa berubah sewaktu-waktu seiring dengan kelahiran anak dalam keluarga tersebut. Bagi pasangan yang baru menikah, maka anggota keluarga yang perlu dilindungi hanya dua orang saja yaitu suami dan istri.
 
Sementara bagi keluarga yang sudah berjalan beberapa tahun dan memiliki anak, anggota keluarga yang perlu dilindungi akan bertambah yaitu mencakup orangtua dan anak-anak mereka. 

Selain menentukan jumlah tertanggung, pastikan untuk mengecek apakah ada orang tua atau saudara kandung yang perlu Anda ikutkan dalam perlindungan. Hal ini bertujuan agar semua anggota keluarga bisa tercover dan menikmati manfaat asuransi kesehatan.

  1. Pahami Kebutuhan untuk Menentukan Plan

Setelah menentukan jumlah tertanggung dalam polis, langkah berikutnya yaitu mengecek masing-masing kebutuhan dari anggota keluarga. Baru selanjutnya sesuaikan dengan plan dan manfaat yang ditawarkan oleh polis asuransi kesehatan.

Plan merupakan fasilitas program kesehatan yang ingin Anda peroleh. Berdasarkan cakupan perlindungan, plan terbagi menjadi dua yaitu indemnity dan managed care. Plan Indemnity adalah penggantian biaya pengobatan ganti rugi yang dibatasi oleh limit per kejadian atau per tahun. Sedangkan Plan Managed Care adalah penggantian biaya pengobatan secara menyeluruh.
 
Secara umum, plan yang bisa Anda pilih terdiri dari kelas rawat inap, tindakan medis, metode pembayaran (cashless atau reimbursement), limit per kejadian atau sesuai tagihan dengan batasan tahunan, cakupan wilayah atau negara pertanggungan, dan sebagainya.
  1. Cek Asuransi Kesehatan yang Sudah Dimiliki

Sebelum memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru, tidak ada salahnya untuk mengecek apakah anggota keluarga termasuk dalam pertanggungan dari perusahaan atau tidak.

Jika sudah ditanggung, cek kembali manfaat apa saja yang bisa keluarga nikmati. Pertimbangkan fasilitas yang bisa Anda peroleh dari kantor, apakah mempengaruhi asuransi kesehatan yang akan Anda beli secara mandiri.

  1. Pertimbangkan Manfaat Tambahan

Selanjutnya, pertimbangkan manfaat tambahan. Biasanya, setiap asuransi kesehatan menawarkan manfaat dasar (basic) dan manfaat tambahan (rider). Selain manfaat dasar, Anda bisa mempertimbangkan manfaat tambahan berupa rawat jalan, rawat gigi, manfaat kehamilan dan persalinan, kacamata, no claim bonus, dan sebagainya.

  1. Pelajari Manfaat dan Pengecualian dalam Polis

Kelima, cek polis sebelum Anda membeli asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru, terutama bagian pengecualian. Alasannya, dalam asuransi, tidak semua risiko bisa dilindungi.

Nah, risiko yang tidak mendapat perlindungan itu disebut pengecualian. Beberapa pengecualian dalam asuransi, seperti jika tertanggung sudah memiliki riwayat penyakit sebelum memiliki pertanggungan asuransi, memiliki kelainan bawaan, dan sebagainya.

  1. Lakukan Perbandingan

Untuk mendapatkan produk asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru terbaik, tidak ada salahnya melakukan perbandingan antara beberapa produk asuransi kesehatan. Jangan sungkan bertanya pada agen pemasar, terkait manfaat yang akan Anda terima sekaligus premi yang harus Anda bayar.

  1. Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Terakhir, pilih perusahaan asuransi terpercaya dengan mengecek rekam jejak perusahaan dari beberapa sisi, seperti berapa lama perusahaan asuransi tersebut berdiri, reputasi dalam pembayaran klaim nasabah, pelayanan agen pemasaran, kemudahan akses klaim, dan sebagainya.

Baca Juga:

Daftar Asuransi Kesehatan yang Cocok untuk Pasangan Baru

Nah, setelah mempertimbangkan berbagai hal di atas, kini saatnya Anda mencari tahu perusahaan asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru. Sebagai gambaran, berikut ini kami berikan referensinya.

  1.  Asuransi Kesehatan Allianz

Rekomendasi asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru di nomor 1 berasal dari perusahaan Allianz. Produk asuransi kesehatan tersebut bernama Allianz SmartHealth Maxi Violet.

Produk ini merupakan asuransi kesehatan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan karena menawarkan berbagai manfaat, antara lain:

  • No claim bonus yaitu premi yang tidak diklaim selama masa pertanggungan, maka akan dikembalikan sebesar 20%

  • Memberikan 8 jenis plan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dengan manfaat rawat inap hingga Rp 1 juta per hari.

  1. Asuransi Kesehatan Manulife untuk Keluarga

Selain Allianz, ada juga produk asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru dari Manulife. Manulife merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia dengan produk asuransi kesehatan cashless terbaik bernama MiUltimate Healthcare (MiUHC).

Beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari harga asuransi kesehatan Manulife, antara lain:

  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di Indonesia maupun Malaysia, mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 3 juta per hari

  • Pertanggungan biaya kamar rawat inap rumah sakit di luar Indonesia dan Malaysia mulai dari Rp 3 juta sampai dengan Rp 9 juta per hari

  • Pertanggungan biaya kamar ICU sesuai tagihan

  • Pertanggungan biaya kunjungan dokter umum atau spesialis sesuai tagihan, serta

  • Pertanggungan biaya pembedahan sesuai tagihan.

Tentu saja, manfaat yang Anda ambil dari polis asuransi ini akan mempengaruhi biaya asuransi Manulife yang harus Anda bayar.

  1. Asuransi Kesehatan Prudential

Alternatif berikutnya yaitu asuransi kesehatan dari Prudential bernama Prudential PRU Prime Healthcare Plus. Produk ini merupakan asuransi kesehatan rawat jalan terbaik dari Prudential. Sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  • Pertanggungan biaya kamar rumah sakit dan akomodasi mencapai Rp 20 juta per hari

  • Pertanggungan biaya pendamping

  • Limit manfaat tahunan mencapai Rp 65 miliar

  • Manfaat santunan duka dan HIV/AIDS mencapai Rp 15 juta

  • Polis asuransi yang bisa digunakan di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat

  • Usia tertanggung utama, mulai dari 1 tahun hingga 65 tahun

  • Polis asuransi yang bisa diperpanjang hingga 99 tahun.

  1. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Daftar asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru berikutnya yaitu berasal dari perusahaan AXA Mandiri. Produk asuransi kesehatan yang AXA Mandiri tawarkan yaitu AXA Mandiri Smartcare Executive.

Berbagai manfaat yang akan Anda peroleh, seperti manfaat askes, rawat jalan, dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan. Adapun manfaat lain dari asuransi ini, antara lain:

  • Premi bulanan yang terjangkau, mulai dari Rp 421.235

  • Santunan tunai harian bagi tertanggung yang menjalani rawat inap di rumah sakit, dan sebagainya.

  1. Simas Sehat Gold

Rekomendasi asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru berikutnya yaitu Simas Sehat Gold. Produk ini mampu mengatasi risiko finansial yang mungkin timbul akibat kecelakaan, sakit, maupun pembedahan. Beberapa manfaat dari Simas Sehat Gold, antara lain:

  • Premi terjangkau, mulai dari Rp 77.000 per bulan

  • Peninjauan polis selama 15 hari

  • Biaya pertanggungan konsultasi dokter umum atau spesialis

  • Biaya pertanggungan rawat jalan darurat sesuai tagihan rumah sakit

  • Santunan harian rawat inap di rumah sakit

  • Menanggung hingga usia 75 tahun

  • Limit asuransi mencapai Rp 400 juta.

  1. Astra Garda Healthtech

Selanjutnya, ada rekomendasi asuransi kesehatan keluarga untuk pasangan baru yaitu Astra Garda Healthtech. Asuransi ini bekerjasama dengan Halodoc, sehingga memudahkan nasabah untuk melakukan konsultasi online dengan dokter. Beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari Astra Garda Healthtech, antara lain:

  • Biaya premi mulai dari Rp 500.000 per tahun

  • Manfaat mencapai Rp 3.200.000

  • Konsultasi online sebanyak 14x dengan dokter terpercaya melalui aplikasi Halodoc

  • Konsultasi tatap muka sebanyak 7x dengan rujukan dokter umum/spesialis

  • Biaya pertanggungan resep obat

  • Tersedia tiga pilihan paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. BRI Life Dasetera

Asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru berikutnya berasal dari perusahaan BRI Life dengan produknya bernama BRI Life Dasetera. Manfaat BRI Life Dasetera yang akan Anda peroleh, antara lain:

  • Harga premi terjangkau, mulai dari Rp 55.000 per bulan

  • Santunan harian rawat inap mencapai Rp 1.500.000

  • Santunan harian ICU mencapai Rp 3.000.000

  • Santunan pembedahan dan santunan luka

  • Pengembalian premi sebesar 100%, apabila tidak ada klaim selama 5 tahun

  • Penggantian biaya rawat inap dengan metode reimbursement

  • Waktu maksimal perawatan di rumah sakit selama 120 hari.

Sampai juga kita di akhir pembahasan terkait rekomendasi asuransi kesehatan yang cocok untuk pasangan baru. Silakan tentukan pilihan Anda dan jangan lupa sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda ya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar