Translate

Investasi Saham: Kelebihan dan Kekurangan serta Hal yang Wajib Dipersiapkan

Investasi Saham: Kelebihan dan Kekurangan serta Hal yang Wajib Dipersiapkan


Nirwana Tunggal
- Saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Meski investasi saham cukup banyak diminati, namun tidak sedikit orang yang benar - benar memahami pengertian, kelebihan dan kekurangan serta hal yang wajib dipersiapkan sebelum berinvestasi saham.

Umumnya, investasi saham dapat memberikan keuntungan yang cukup signifikan bagi penanam modal atau investor. Namun, tidak semua investasi saham dapat memberikan keuntungan tersebut. Tak jarang investasi saham juga bisa memberikan dampak kerugian.
 
Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui pengertian, kelebihan dan kekurangan investasi saham serta hal-hal apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk memulai investasi saham.

Pengertian Investasi Saham 

Secara umum, investasi adalah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengembangkan aset yang dimiliki dengan tujuan mencapai finansial yang lebih kuat. Investasi juga sering diartikan sebagai kegiatan penanaman modal agar mendapatkan keuntungan di masa depan.

Setelah memahami dengan jelas makna dari investasi, maka Anda bisa mulai mempelajari berbagai jenis produk investasi secara umum, salah satunya investasi saham.
 
Pengertian investasi saham secara umum adalah penanaman modal yang dilakukan oleh individu atau badan usaha, sehingga melalui instrumen tersebut baik individu atau badan usaha memiliki klaim atas aset dan penghasilan sebuah perusahaan. Banyaknya aset yang diperoleh tergantung dari besar atau kecilnya modal saat diinvestasikan.

Contoh dari investasi saham misalkan Anda menanamkan modal pada suatu perusahaan atau badan usaha X dengan nominal Rp100 juta, maka bisa diartikan bahwa Anda memiliki bagian atau aset dari perusahaan tersebut. Selain itu, Anda juga berhak mendapatkan laba atau keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Kelebihan Investasi Saham 

Investasi yang dilakukan oleh individu atau badan usaha pasti memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang. Hal ini juga berlaku pada investasi saham, jika Anda sudah memahami dengan jelas pengertian dari investasi saham.

Maka, sebagai seorang investor Anda juga harus mengetahui kelebihan apa saja yang mungkin bisa Anda dapatkan dengan melakukan investasi saham, berikut diantaranya:

  1. Mudah Dibeli

Di era digital saat ini membeli saham pada sebuah perusahaan merupakan hal yang mudah. Anda bisa membeli saham melalui broker, perencana keuangan, hingga aplikasi online.

Banyak aplikasi serta e-commerce yang menawarkan produk saham dengan fasilitas unggulan masing - masing. Hal ini menjadi salah satu keuntungan, terutama bagi kalangan pemula yang ingin mendalami dunia investasi. 

  1. Mudah Dijual

Selain mudah dibeli, investasi saham juga mudah dijual. Saat harga saham naik, dan memungkinkan Anda mendapatkan profit. Maka, Anda bisa menjual saham kapan saja dengan biaya transaksi sesuai dengan kebijakan masing - masing perusahaan.

Hal ini sering menjadi salah satu pertimbangan, sehingga banyak investor yang memilih produk investasi saham. Sebab, saat Anda membutuhkan dana darurat, maka Anda bisa menjual saham dengan mudah dan kapan saja.

  1. Capital Gain 

Capital Gain juga sering disebut profit yaitu keuntungan bagi seorang investor yang menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya. Seperti yang kita ketahui pergerakan nilai saham bisa dipantau dengan mudah melalui media digital.

Bahkan, Anda bisa memantau pergerakan nilainya secara real time, sehingga Anda bisa menentukan kapan akan mengambil kesempatan untuk meraih capital gain.

  1. Dividen 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa pemegang saham berhak mendapatkan laba atau keuntungan dari sebuah perusahaan. Jadi, saat Anda membeli saham dari sebuah perusahaan, maka Anda berhak mendapatkan pembagian keuntungan dari perusahaan tersebut.

  1. Fleksibel

Kelebihan lain dari investasi saham adalah lebih fleksibel sebab, untuk memulai investasi saham Anda bisa melakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, investasi saham juga tidak membutuhkan modal yang besar. Bahkan, beberapa aplikasi investasi menawarkan investasi saham mulai dari Rp100 ribu sehingga sangat cocok bagi kalangan pemula.

Kekurangan Investasi Saham

Selain membahas kelebihan, tentu Anda juga harus mengetahui kekurangan dari investasi saham. Sebab, hampir semua produk investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi saham, diharapkan Anda bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan. Sehingga Anda bisa menjadi seorang investor yang profesional. Berikut beberapa kekurangan dari investasi saham yang perlu Anda ketahui:

  • Capital Loss

Capital loss merupakan kebalikan dari capital gain yaitu saat investor menjual saham dengan harga jual yang lebih rendah dari harga beli. Biasanya hal ini disebabkan karena kondisi perusahaan yang tidak stabil, serta investor menjual saham saat kondisi nilai saham turun.

Tentu hal ini akan menimbulkan kerugian bagi investor, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui informasi keuangan dari sebuah perusahaan sebelum memutuskan untuk membeli saham di perusahaan tersebut.

  • Likuidasi

Selain dari capital loss, kekurangan berikutnya dari investasi saham adalah likuidasi atau bangkrut. Hal ini menjadi sebuah risiko tertinggi yang wajib dipertimbangkan saat melakukan investasi saham pada sebuah perusahaan.

Sebab, saat suatu perusahaan mengalami likuidasi maka perusahaan tetap wajib menyelesaikan atau membayarkan semua emiten. Kemungkinan paling buruk adalah jika tidak ada sisa aktiva di dalam perusahaan tersebut, maka Anda selaku pemegang saham tidak akan memperoleh apapun.

  • Emosi Tidak Stabil 

Mudahnya akses untuk melakukan pengecekan nilai saham, tak jarang membuat emosi para investor menjadi tidak stabil. Kebanyakan para investor pemula mudah terbawa emosi untuk menjual saham saat nilai saham tinggi padahal dividen yang diperoleh masih sedikit.

Padahal dalam menjalankan investasi saham sangat diperlukan pola pikir yang rasional. Sehingga Anda bisa memperoleh deviden yang maksimal dari investasi yang Anda lakukan.

Baca Juga:

Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Memulai Investasi Saham

Setelah mengetahui pengertian dan semua hal tentang investasi saham baik kelebihan dan kekurangannya. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai proses investasi saham, berikut diantaranya:

  • Pendapatan Lebih Besar Daripada Pengeluaran

Sebelum memulai investasi saham, pastikan bahwa Anda memiliki pendapatan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran. Bayangkan, jika Anda memiliki pengeluaran yang lebih besar dibandingkan pendapatan. Tentu, kemungkinan untuk melakukan investasi sangat sulit dilakukan.

  • Jumlah Hutang Tidak Lebih Dari 30% Pendapatan

Jika kondisi keuangan Anda tidak terbebas dari hutang, maka disarankan hutang yang ada tidak lebih dari 30% dari pendapatan yang Anda miliki. Sebab, semakin besar persentase hutang yang Anda miliki, maka semakin kecil peluang untuk mengalokasikan dana investasi.

  • Tentukan Tujuan Investasi 

Hal terpenting lainnya yang wajib dipersiapkan sebelum memulai untuk investasi saham adalah menentukan tujuan investasi sejak awal. Kebanyakan orang akan menjawab tujuan dari sebuah investasi adalah mendapatkan keuntungan agar bisa mendapatkan dividen yang tinggi.

Namun, perlu disadari bahwa sebenarnya tujuan utama adanya investasi adalah untuk perencanaan masa depan. Sebab, setiap manusia tidak akan selamanya produktif dan sebagai manusia kita tidak mengetahui kondisi keuangan di masa depan.

Demikian sekilas pembahasan tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan investasi saham serta hal - hal yang wajib dipersiapkan sebelum memulai proses investasi saham. Hal terpenting saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi saham adalah ingat dengan tujuan awal investasi, tidak terbawa emosi dan berpikir secara rasional dalam setiap keputusan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar