Translate

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik di Indonesia

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik di Indonesia

Nirwana Tunggal
- Asuransi pendidikan syariah merupakan salah satu produk asuransi yang menawarkan perlindungan jiwa sekaligus pendidikan namun tetap pada ketentuannya yaitu diatur atau dalam pengelolaan sesuai syariat Islam. Asuransi pendidikan syariah akan menggunakan prinsip gotong royong sehingga halal dan jauh dari unsur riba.

Bagi Anda yang masih bingung memilih produk-produk dari asuransi pendidikan syariah, berikut kami paparkan beberapa rekomendasi produk asuransi pendidikan syariah terbaik di Indonesia. Simak lebih lanjut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah Terbaik

Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi pendidikan syariah dengan berbagai manfaatnya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda mengetahui informasi lengkap tentang produk asuransi pendidikan syariah sebelum memutuskan.

Apakah Anda akan membelinya atau perlu dipertimbangakan lagi bersesuaian dengan kebutuhan Anda dengan produk Asuransi Pendidikan tersebut.
 
Berikut 5 rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik yang bisa Anda pertimbangkan:
  1. PRULink Edu Protection
  2. Takaful Dana Pendidikan
  3. Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah
  4. Asuransi Cerdas Amanah Syariah
  5. Mitra Iqra Plus Bumiputera Syariah

Penjelasan:

  1. PRULink Syariah Edu Protection

Rekomendasi pertama ada PRULink Edu Protection yang merupakan salah satu produk asuransi pendidikan dari Prudential Indonesia. Produk ini merupakan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan investasi (unit link).

Nantinya, premi yang dibayarkan oleh nasabah akan memberikan manfaat berupa perlindungan jiwa serta investasi dalam bentuk uang tunai. Dengan premi yang relatif terjangkau mulai dari Rp 500 ribuan/bulan, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat sekaligus sebagai berikut:

  • Mendapatkan perlindungan jiwa hingga usia 99 tahun

  • Mendapatkan proteksi untuk anak dan orangtua

  • Mendapatkan santunan jika terjadi cacat tetap atau cacat total hingga usia 70 tahun.

  • Memberikan keseimbangan akibat inflasi sebesar 15% per 3 tahun sekali.

  • Memberikan kemudahan kepada pemegang polis, agar mendapatkan aplikasi anak kedua.

  1. Takaful Dana Pendidikan

Takaful Dana Pendidikan merupakan produk asuransi pendidikan syariah dengan sistem penarikan yang bisa disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikan anak. Produk perlindungan ini merupakan bagian dari asuransi jiwa syariah yang terhubung dengan program tabungan pendidikan.

Keunggulan dari produk ini adalah membantu orangtua agar dapat melakukan penarikan dana sesuai dengan biaya pada jenjang pendidikan anak. Dimana untuk jenjang pendidikannya sendiri bisa dimulai dari TK hingga Perguruan Tinggi. Selain itu, Takaful Dana Pendidikan juga dilengkapi dengan beberapa manfaat lain seperti:

  • Dana pendidikan akan dikembalikan 100%, jika orangtua meninggal dunia.

  • Santunan meninggal dunia akibat dari kecelakaan berupa dana pendidikan bertahap sesuai jenjang.

  • 50% dari UP akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap total karena peristiwa kecelakaan.

  • Dana tahapan pendidikan akan diberikan sesuai dengan kebutuhan mulai dari pendidikan TK hingga perguruan tinggi.

  1. Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah

Asuransi pendidikan syariah juga bisa Anda temukan di Perusahaan Asuransi AXA Mandiri. Asuransi mandiri elite plan pendidikan syariah akan memberikan perlindungan secara menyeluruh dan mengoptimalkan perlindungan jiwa serta investasi masa depan.

Produk ini akan membantu perencanaan masa depan anak-anak Anda dengan ketidakpastian pergerakan ekonomi. Berikut beberapa manfaat yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Mendapatkan santunan asuransi tambahan jika nasabah meninggal dunia akibat dari kecelakaan saat melakukan ibadah umrah atau ibadah haji.

  • Mendapatkan santunan jika nasabah mendapatkan diagnosa salah satu dari 33 jenis penyakit kritis yang ditanggung.

  • Mendapatkan unit investasi sebesar 10% dari total kontribusi pada tahun pertama yang akan diberikan kepada nasabah setelah tahun kelima dan keenam, sesuai dengan berlakunya tanggal polis.

  • Nasabah dapat mengalihkan investasi tanpa dikenakan ujrah atau biaya pengalihan dana investasi.

  1. AXA Cerdas Amanah Syariah

Asuransi Cerdas Amanah Syariah merupakan produk asuransi dari PT AXA Financial Indonesia. Produk ini hadir untuk mempersiapkan masa depan terbaik dengan memastikan ketersediaan dana untuk pendidikan anak.

Serupa dengan produk asuransi lainnya, produk asuransi AXA Cerdas Amanah Syariah ini memberikan perlindungan jiwa yang optimal serta investasi masa depan. Berikut beberapa keunggulan yang akan Anda peroleh saat menggunakan produk Asuransi Cerdas Amanah Syariah:

  • Pemberian santunan asuransi tambahan jika nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan saat melakukan ibadah umroh atau ibadah haji.

  • Mendapatkan santunan jika nasabah mendapatkan diagnosa salah satu dari 33 jenis penyakit kritis yang ditanggung.

  • Mendapatkan unit investasi sebesar 10% dari total kontribusi pada tahun pertama yang akan diberikan kepada nasabah setelah tahun kelima dan keenam, sesuai dengan berlakunya tanggal polis.

  • Nasabah dapat mengalihkan investasi tanpa dikenakan ujrah atau biaya pengalihan dana investasi.

  1. Mitra Iqra Plus Bumiputera Syariah

Rekomendasi terakhir asuransi pendidikan syariah terbaik adalah Mitra Iqra Plus yang merupakan produk asuransi pendidikan dari Bumiputera Syariah. Produk ini dirancang khusus agar menjadi mitra belajar bagi anak. Sehingga anak bisa menerima dana pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan.

Selain itu, nasabah berhak memperoleh kesempatan untuk hasil investasi dan pengembangan dana kontribusi yang dibayar melalui sistem mudharabah atau bagi hasil. Adapun jumlah investasi dana tabarru' yaitu 70% dana tabarru' dan 30% perusahaan.

Baca Juga:

Manfaat Asuransi Pendidikan Syariah

Setiap produk asuransi pasti menawarkan berbagai manfaat untuk para nasabahnya, termasuk asuransi pendidikan syariah. Memiliki produk asuransi pendidikan syariah sangat bermanfaat untuk mempersiapkan dana pendidikan masa depan anak agar bisa terjamin dengan lebih baik.

Selain itu, sebagai orangtua terdapat beberapa manfaat lain yang bisa Anda peroleh, berikut diantaranya:

  • Menjamin dana pendidikan anak jika terjadi risiko yang tidak diinginkan misalkan orang tua sudah tidak bisa membiayai pendidikan anak, maka asuransi pendidikan syariah bisa menjadi salah satu solusinya.

  • Jika pemegang polis meninggal dunia, maka ahli waris tidak perlu khawatir tentang biaya pendidikan. Sebab pihak asuransi akan membayarkan dana pertanggungan dan biaya pendidikan sesuai dengan polis.

  • Dana yang dibayarkan sebagai premi setiap bulan akan dikelola sebagai bentuk investasi yang hasilnya bisa Anda manfaatkan saat masa asuransi berakhir.

  • Memberikan rasa tenang sebagai orangtua karena tidak perlu cemas dengan masa depan anak jika kemungkinan buruk terjadi di kemudian hari.

Kekurangan Asuransi Pendidikan Syariah

Asuransi pendidikan syariah memang cukup membantu dari segi finansial. Namun, sebelum menentukan pilihan sebaiknya Anda juga mengetahui beberapa hal kekurangan dari produk asuransi tersebut, berikut diantaranya:

  • Nilai Investasi yang Kecil

Umumnya, investasi dana pendidikan melalui jasa asuransi mempunyai nilai yang relatif kecil karena sistem pelayanan yang tidak bisa diprediksi atau tidak stabil. Karena ketidakpastian tersebut, maka Anda harus tetap mempunyai dana cadangan saat nilai investasi sedang turun.

  • Dana Tidak Bisa Diklaim Secara Tiba-Tiba

Pembayaran dana asuransi memang cukup fleksibel, namun dana asuransi pendidikan syariah tidak bisa dicairkan secara tiba-tiba. Semua harus melalui prosedur dan kesepakatan yang telah disetujui kedua belah pihak.

Terkadang proses klaim atau pencairan dana melewati batas waktu yang telah ditentukan. Sehingga Anda tidak bisa bergantung sepenuhnya pada dana asuransi pendidikan tersebut.
 
Anda akan mengalami kebingungan saat anak akan melakukan pendaftaran sekolah, namun proses pencairan dana belum berhasil dilakukan. Hal tersebut juga wajib Anda pertimbangkan.
  • Hilangnya Dana Karena Keterlambatan Bayar

Beberapa perusahaan asuransi pendidikan menerapkan peraturan. Bahwa pembayaran tidak boleh melebihi dari tanggal kesepakatan. Jika Anda terlambat membayar premi asuransi, Anda akan dikenakan denda atau bahkan proses klaim yang akan berjalan tidak lancar atau dana investasi akan hilang.

Sehingga, Anda harus memastikan kondisi ekonomi sebelum membeli produk asuransi khusus dalam hal ini asuransi pendidikan syariah. Hal ini juga berlaku pada semua jenis asuransi baik konvensional atau syariah.

  • Kelalain Saat Proses Klaim Dana

Pihak asuransi biasanya akan menjelaskan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk proses pencairan dana pendidikan. Anda harus mengetahui hal tersebut dan mencatatnya guna untuk mempermudah proses klaim atau pencairan dana.

Namun, ketentuan tentang proses pencairan dana terkadang sering tidak sesuai. Sehingga hal tersebut membuat proses pencairan dana asuransi berjalan dengan lambat atau tidak maksimal.

Sekian pembahasan terkait rekomendasi produk asuransi pendidikan syariah terbaik di Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan acuan dalam Anda memilih produk asuransi pendidikan syariah terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi financial Anda.

Tak hanya tentang pilihan produk asuransi pendidikan syariah saja, dengan ini Anda mendapat edukasi sebagai bahan pertimbangan terkait manfaat sekaligus kekurangan dari asuransi pendidikan syariah.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar