Translate

Mengenal Asuransi TLO, Asuransi Mobil dengan Biaya Super Murah

Mengenal Asuransi TLO, Asuransi Mobil dengan Biaya Super Murah

Nirwana Tunggal
- Biaya asuransi mobil baru TLO (Total Loss Only) belakangan ini mendapatkan perhatian khusus dari beberapa kalangan pengguna mobil. Pasalnya, asuransi mobil TLO cenderung memiliki premi yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Diketahui mobil merupakan salah satu aset yang mengalami penurunan harga sesuai dengan masa pakainya. Sehingga, asuransi mobil memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan proteksi terhadap segala risiko atau hal yang tidak terduga.

Salah satu Jenis Asuransi yang cukup banyak diminati oleh pemilik mobil baru adalah asuransi mobil TLO. Namun, tak sedikit orang yang ternyata belum mengetahui informasi asuransi mobil TLO secara spesifik, seperti pengertian, perihal biaya, serta manfaatnya. Berikut Nirwana Tunggal akan bahas secara lengkap semua aspek tentang asuransi mobil baru TLO.

Apa Itu Asuransi Mobil TLO?

Asuransi TLO atau total loss only merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan proteksi dari risiko kehilangan serta memberikan perlindungan kerusakan yang mencapai 75% dari kondisi mobil.

Namun, untuk kerusakan ringan atau di bawah dari 75% maka tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan tersebut. Asuransi mobil TLO sangat cocok bagi Anda yang ingin memberikan proteksi pada mobil baru yang berlokasi di wilayah rawan bencana alam.

Sebagai ilustrasi saat mobil mengalami kerusakan karena bencana alam atau kecelakaan yang mengakibatkan kerusakan parah. Sehingga membutuhkan biaya sekitar Rp 150 juta, padahal harga mobil tersebut ditaksir sekitar Rp 200 juta.

Maka, perbaikan dari kerusakan tersebut akan ditanggung oleh asuransi TLO. Sebab biaya untuk perbaikan telah sesuai mencapai atau lebih dari 75% dari kondisi mobil.

Biaya Asuransi Mobil Baru TLO

Asuransi TLO sering dijadikan perbandingan dengan asuransi jenis lainnya terutama dari segi premi. Kisaran biaya asuransi TLO ditentukan oleh dua hal yaitu taksiran harga mobil dan persentase penetapan premi sesuai wilayah yang telah diatur oleh OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Berikut tabel perhitungan yang bisa Anda jadikan sebagai acuan biaya asuransi mobil baru total loss only.

Harga Mobil 

Wilayah 1

Wilayah 2

Wilayah 3

Maks. Rp 125 juta

0,47% – 0,56%

0,65% – 0,78%

0,51% – 0,56%

Rp 125 - Rp 200 juta

0,63% – 0,69%

0,44% – 0,53%

0,44% – 0,48%

Rp 200 - Rp 400 juta

0,41% – 0,46%

0,38% – 0,42%

0,29% – 0,35%

Rp 400 - Rp 800 juta

0,25% – 0,30%

0,25% – 0,30%

0,23% – 0,27%

Diatas Rp 800 juta

0,20% – 0,24%

0,20% – 0,24%

0,20% – 0,24%

Keterangan:

  • Wilayah 1 meliputi Pulau Sumatera dan Sekitarnya

  • Wilayah 2 meliputi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta

  • Wilayah 3 meliputi semua wilayah diluar wilayah 1 dan 2

Simulasi Perhitungan Biaya Asuransi Mobil TLO

Melalui tabel persentase di atas, maka Anda bisa membuat simulasi atau perhitungan biaya asuransi mobil baru TLO. Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan rumus sederhana yaitu persentase premi X harga mobil.

Contohnya Anda berlokasi di Lampung, lalu membeli sebuah mobil dengan harga Rp 800 juta. Maka biaya asuransi mobil baru TLO yang harus Anda bayarkan adalah 0,25% X Rp 800 juta = Rp 2 juta/tahun atau sekitar Rp 167 ribu/bulan. Biaya premi tersebut belum termasuk biaya polis, administrasi, meterai, dan yang lainnya.

Baca Juga:

Mengenal Produk Asuransi Sepeda Motor

Manfaat Asuransi Mobil TLO

Tertarik menggunakan asuransi TLO untuk mobil baru Anda? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat memilih dan menggunakan produk asuransi mobil TLO.

  1. Proteksi Mobil Hilang atau Dicuri

Setiap pemilik mobil, tentu tidak ingin mengalami kondisi kehilangan mobil kesayangannya. Namun, Anda tidak akan pernah mengetahui risiko tersebut bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. 

Dengan menggunakan asuransi TLO, Anda tidak perlu khawatir dengan semua risiko tersebut. Seandainya terjadi, maka Anda bisa mengajukan klaim dengan memberikan bukti pendukung misalnya rekaman CCTV atau surat keterangan kasus mobil hilang dari pihak kepolisian.

  1. Tanggungan Biaya Perbaikan

Selain proteksi akibat kehilangan, Anda juga bisa mengajukan klaim untuk biaya perbaikan. Hal tersebut berlaku saat mobil Anda mengalami kerusakan parah akibat kecelakaan atau terjadinya bencana alam.

Saat mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau bencana alam, tentu biaya yang harus Anda keluarkan relatif lebih banyak dibandingkan dengan biaya perawatan.
 
Oleh sebab itu, dengan menggunakan asuransi TLO, maka Anda dapat mengajukan klaim biaya perbaikan mobil sehingga tidak akan mengganggu kondisi finansial atau anggaran Anda yang lain.
  1. Premi Murah

Premi atau biaya asuransi TLO relatif lebih murah dibandingkan dengan Asuransi All Risk atau jenis asuransi mobil lainnya. Hal ini membuat banyak pemilik mobil memilih dan menggunakan asuransi TLO.

Kapan lagi Anda bisa mendapatkan proteksi mobil dengan premi yang terjangkau? Biaya asuransi TLO akan membuat Anda lebih hemat dibandingkan harus melakukan perbaikan mobil dalam jumlah yang besar dengan waktu yang tidak tentu.

  1. Aman Saat Berkendara dan Aman Secara Finansial

Hal yang bisa Anda rasakan saat menggunakan asuransi mobil TLO adalah Anda bisa lebih nyaman dan aman saat berkendara. Anda tidak perlu khawatir akan munculnya risiko yang tidak diinginkan.

Selain itu, menggunakan asuransi TLO akan membuat Anda aman secara finansial. Sebab, jika mobil mengalami kerusakan parah dan harus melakukan perbaikan. Maka, Anda tidak perlu mengganggu anggaran biaya yang lain.

Demikian sekilas pembahasan tentang biaya asuransi mobil baru TLO dan manfaatnya yang bisa Anda rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Sejatinya, semua hal yang tidak bisa diprediksi di masa depan membutuhkan sebuah proteksi atau adanya perlindungan salah satunya mobil kesayangan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar