Translate

Perbedaan Asuransi Sosial dengan Asuransi Komersial

Perbedaan Asuransi Sosial dengan Asuransi Komersial

Nirwana Tunggal
- Setiap asuransi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk pada asuransi sosial dan asuransi komersial. Maka tidak heran kedua asuransi tersebut memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara asuransi sosial dan asuransi komersial tidak hanya terletak pada segi preminya saja.

Terdapat perbedaan lain yang mesti Anda pahami tentang kedua asuransi tersebut. Berikut Nirwana Tunggal jelaskan secara lengkap tentang perbedaan asuransi sosial dengan asuransi komersial.

Perbedaan Asuransi Sosial dan Asuransi Komersial

  1. Premi

Seperti yang sudah disinggung diatas perbedaan pertama dari kedua asuransi tersebut adalah dari segi iuran preminya. Asuransi komersial hadir untuk memberikan perlindungan kepada para nasabahnya serta mencari keuntungan bagi perusahaan. Keuntungan perusahaan asuransi diperoleh dari premi yang dibayarkan oleh nasabah. Maka, tidak heran jika premi dari asuransi komersial cenderung lebih mahal.

Sedangkan asuransi sosial merupakan perusahaan yang bertujuan untuk kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga keuntungan bukan poin utama dalam jenis asuransi ini.
 
Selain itu, pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah sehingga bebas biaya operasional. Hal tersebut berdampak pada biaya premi yang wajib dibayarkan anggota relatif lebih murah dibandingkan dengan asuransi komersial.
  1. Manfaat Asuransi

Tidak semua jenis penyakit atau beberapa hal lain ditanggung penuh oleh asuransi komersial. Bahkan, ada beberapa perusahaan asuransi kemersial yang tidak memberikan perlindungan untuk jenis penyakit bawaan.

Ditambah lagi terdapat pula asuransi komersial yang menerapkan konsep dana akan hangus jika peserta tidak melakukan klaim.

Berbeda dengan asuransi sosial yang lebih komprehensif, sebab semua jenis penyakit mulai dari ringan hingga berat ditanggung oleh pihak asuransi. Selain itu jangka waktu asuransi sosial lebih panjang bahkan ada yang seumur hidup.

Dibandingkan dengan asuransi komersial yang memiliki jangka waktu pendek atau lebih tepatnya sesuai dengan yang disepakati.

Baca Juga:

  1. Dana Pertanggungan

Perbedaan paling mencolok pada asuransi sosial adalah asuransi ini memberikan proteksi dan santunan yang lebih merata untuk semua anggota atau peserta sesuai dengan kemampuan pengelolaan masing-masing program. Sedangkan asuransi komersial hanya memberikan santunan kepada peserta yang memiliki nilai atau jumlah yang besar.

  1. Cara Klaim & Cara Bayar

Perbedaan selanjutnya premi asuransi sosial dibayarkan tanpa melihat riwayat dari penyakit, usia, dan juga jenis kelamin. Namun, akan ada penyesuaian kelas dengan perawatan rumah sakit yang dipilih. Premi untuk peserta yang memiliki riwayat penyakit kritis akan tetap sama dengan premi peserta lainnya.

Jika Anda masih aktif bekerja, maka perusahaan akan melakukan pendaftaran peserta dengan proses pemotongan iuran dari gaji bulanan.

Sedangkan asuransi komersial yang dilengkapi fitur cashless maka, Anda hanya perlu menggesek kartu untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Fitur tersebut sangat bermanfaat untuk mempermudah mendapatkan pelayanan kesehatan secara cepat, dan tepat.

Beberapa asuransi komersial biasanya telah dilengkapi dengan aplikasi yang akan mempermudah Anda untuk melakukan proses klaim. Namun, ada juga beberapa asuransi komersial yang menerapkan sistem reimbursement, semua hal tersebut mengacu pada peraturan masing-masing perusahaan asuransi komersial.

  1. Rumah Sakit Rekanan

Perbedaan terakhir yaitu dari segi penggunaannya, pada asuransi sosial Anda bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut ke rumah sakit, namun Anda harus melalui prosedur surat rujukan, kecuali dalam kondisi darurat.

Sistem perawatan asuransi sosial menggunakan alur jenjang, dimulai dari perawatan tingkat rendah hingga berlanjut perawatan tingkat tinggi. Hal itu yang menjadi dasar mengapa Anda sebagai pengguna asuransi sosial harus menggunakan fasilitas kesehatan tingkat 1 terlebih dahulu, baru ke tingkat berikutnya.

Berbeda dengan asuransi komersial, Anda bisa langsung memilih rumah sakit rekanan dan mendaftarkan diri Anda guna mendapatkan perawatan kesehatan sesuai yang dibutuhkan.

Demikian sekilas pembahasan tentang perbedaan antara asuransi sosial dan asuransi komersial yang dapat Anda ketahui sebagai warga negara Indonesia. Sebagi infomasi saja terdapat banyak jenis asuransi yang nantinya bisa Anda pilih, namun sebelumnya pastikan Anda sudah memahami jenis produk dari masing-masing asuransi yang tawarkan dari setiap perusahaan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar