Translate

Rekomendasi Asuransi Pengangkutan (Cargo Darat, Laut dan Udara) Terbaik

Rekomendasi Asuransi Pengangkutan (Cargo Darat, Laut dan Udara) Terbaik

Nirwana Tunggal - Asuransi pengangkutan (cargo darat, laut dan udara) merupakan hal yang sangat penting bagi pengusaha yang bergerak di bidang eksportir, importir, logistik, freight forwarder, produsen, hingga perdagangan nasional dan internasional.

Dengan adanya asuransi pengangkutan maka Anda akan mendapatkan ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang dalam pengiriman lewat jalur darat, laut, maupun udara.

Jenis Asuransi Pengangkutan

Asuransi pengangkutan juga biasa disebut asuransi marine cargo dan asuransi pengiriman yang merupakan salah satu jenis asuransi yang dapat memberikan perlindungan terhadap barang yang dikirim baik melalui laut, darat, dan udara.

Perlindungan yang diberikan berupa ganti rugi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya, barang yang dikirim hilang, rusak, ataupun terkena imbas dari adanya bencana alam.
 
Dalam proses pengiriman barang, baik pengiriman dalam negeri maupun ke luar negeri, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam perjalanan. Oleh karena itu, dibutuhkanlah asuransi cargo atau asuransi pengangkutan.

Secara umum, asuransi pengangkutan (pengiriman) dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan jalur pengangkutannya, yaitu asuransi cargo darat, laut, dan udara.

  1. Marine Cargo

Asuransi marine cargo merupakan salah satu bentuk asuransi pengangkutan yang dapat memberikan perlindungan kepada barang yang dikirim melalui jalur air seperti laut, sungai, dan danau.

Jadi, jika Anda melakukan pengiriman melalui jalur air, maka Anda bisa memilih jenis asuransi marine cargo ini. Anda akan merasa tenang karena jika terjadi hal buruk maka barang sudah terproteksi atau sudah memiliki jaminan pengangkutan ini.

  1. Air Cargo

Pengiriman barang melalui jalur udara juga memiliki risiko yang sama besar dengan pengiriman jalur laut. Oleh karena itu, disediakanlah asuransi air cargo. Asuransi ini bermanfaat agar mendapatkan jaminan atas risiko pengiriman melalui jalur udara.

Asuransi ini akan mengcover semua pengiriman baik nasional maupun internasional sesuai dengan yang tertera pada polis asuransi.

  1. Good in land transit

Pengiriman melalui jalur darat juga tidak terlepas dari adanya risiko pengiriman. Risiko bencana alam hingga kehilangan bisa saja terjadi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan asuransi good in land transit.

Asuransi ini merupakan asuransi yang memiliki polis yang dapat memberikan jaminan atas risiko pengiriman melalui jalur darat.
 
Selain itu, berdasarkan area pengirimannya, asuransi pengangkutan dibagi menjadi dua jenis.
  1. New Marine Policy Form (NMPF)

Asuransi pengangkutan ini berfungsi untuk memberikan perlindungan barang yang dikirim ke luar negeri. Artinya, asuransi ini digunakan untuk pengangkutan antar negara (ekspor/impor).

  1. Polis Standar Asuransi Pengangkutan Barang Indonesia (PSAPBI)

Sementara, jika Anda melakukan pengiriman barang dalam negeri Anda bisa memilih asuransi PSAPBI. Asuransi ini adalah asuransi yang digunakan untuk pengangkutan nasional (dalam negeri).

Tips Memilih Asuransi Pengangkutan

Dalam memilih asuransi pengangkutan Anda perlu lebih cermat dan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Tujuannya adalah agar Anda bisa mendapatkan jenis asuransi yang tepat sesuai kebutuhan.

  1. Sesuaikan dengan risiko nilai kerugian cargo

Jika Anda mengirim kargo dalam jumlah besar, maka Anda perlu menyesuaikan risiko nilai kerugian kargo dengan uang pertanggungan asuransi yang diberikan.

Pastikan Anda memilih asuransi yang memberikan uang pertanggungan lebih tinggi dari perkiraan kerugian kargo yang dibutuhkan saat ini.

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan alat angkut

Saat memilih asuransi pengangkutan, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan alat angkut yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda memilih pengangkutan melalui jalur laut, maka Anda bisa memilih polis asuransi yang sesuai.

Sebenarnya hampir semua perusahaan asuransi pengangkutan bisa memberikan perlindungan untuk tiga jalur pengiriman, yaitu laut, udara, dan darat. Anda juga perlu memastikan asuransi tersebut memiliki pilihan alat angkut yang dibutuhkan.

  1. Cari tahu reputasi perusahaan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memilih asuransi pengangkutan (cargo) yang terbaik adalah dengan mencari tahu reputasi perusahaan tersebut. Anda juga bisa mempelajari laporan tahunannya yang tersedia di situs resmi perusahaan tersebut.

Jangan sampai Anda memilih perusahaan asuransi pernah tersandung kasus gagal bayar klaim atau pernah dicabut izin usahanya oleh OJK.

Baca Juga:

Rekomendasi Asuransi Cargo Terbaik

Di Indonesia ada banyak perusahaan yang menyediakan produk asuransi cargo. Umumnya, setiap perusahaan tersebut menyediakan asuransi pengangkutan untuk jalur darat, laut, dan udara.

Berikut ini beberapa rekomendasi asuransi pengangkutan (cargo) terbaik yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

  1. Asuransi Pengangkutan Sinar Mas

Sinar Mas merupakan salah satu perusahaan asuransi swasta yang menyediakan layanan asuransi pengangkutan. Jika Anda memilih menggunakan asuransi ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat berikut.

  • Marine Hull

Anda berhak mendapatkan pertanggungan atas kerugian jika terjadi kerusakan atau musnahnya badan kapal termasuk mesin dan peralatannya saat sedang berlayar akibat bahaya alam di lautan atau sebab-sebab lain.

  • Marine Cargo

Anda berhak mendapatkan pertanggungan atas risiko terhadap barang melalui suatu sarana pengangkutan/alat angkut baik darat, udara, maupun laut.

  • Aviation Insurance

Anda berhak mendapatkan pertanggungan jika terjadi risiko kerugian atau kerusakan pada rangka dan mesin pesawat terbang dan peralatan lainnya serta jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

  • Simas Kapal

Anda akan mendapatkan jaminan dari risiko kerusakan yang disebabkan bahaya laut, misalnya tabrakan, serta polusi yang diakibatkan tumpahnya bahan bakar kapal ke laut.

  1. Asuransi Pengangkutan Tokio Marine

Asuransi Tokio Marine merupakan salah satu jenis asuransi cargo yang terbaik dan banyak digunakan. Asuransi ini memberikan manfaat yang cukup luas bagi pemegang polis. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan.

  • Memberikan jaminan untuk pengiriman jalur laut, udara, dan darat

  • Menanggung kerugian akibat risiko umum hingga tabrakan antar kapal

  • Menanggung kerugian akibat kebakaran atau ledakan

  • Menanggung kerugian akibat alat angkut terdampar, kandas, tenggelam, atau terbalik

  • Menanggung kerugian akibat pembongkaran barang di pelabuhan darurat

  1. Asuransi Pengangkutan Asei

Asuransi pengangkutan Asei bisa Anda gunakan tidak hanya untuk pengiriman dalam negeri namun juga untuk pengiriman ke luar negeri. Dengan mengikuti asuransi ini, Anda akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

  • Mendapatkan ganti rugi jika barang yang diangkut/sedang dalam pengangkutan mendapatkan suatu risiko seperti kecelakaan.

  • Adanya jaminan asuransi cargo marine untuk memberikan perlindungan barang yang diangkut dengan alat angkut darat, laut, atau udara

  • Adanya jaminan kerugian jika terjadi risiko kecelakaan alat angkut atau kegiatan bongkar muat di pelabuhan darurat

  • Adanya jaminan kerugian jika terjadi kebakaran, sambaran petir, gempa bumi, dan letusan gunung berapi

  • Adanya jaminan jika terjadi pembuangan barang ke laut karena kondisi darurat

  • Adanya jaminan asuransi cargo lainnya seperti Marine/Air Cargo Inter Island (MACII), Marine Cargo Open Cover (MCOC), Marine/Air Cargo Export Import (MACEI), Marine/Air Cargo Inland Transit (MACILT).

Demikian informasi tentang asuransi pengangkutan (cargo darat, laut dan udara). Dalam memilih asuransi pengangkutan Anda bisa menyesuaikan dengan risiko nilai kerugian dan juga kebutuhan alat angkut.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu reputasi perusahaan asuransi cargo tersebut. Jangan sampai Anda salah dalam memilih asuransi pengangkutan karena akan membuat klaim asuransi menjadi rumit. Semoga bermanfaat...

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar