Translate

Seberapa Penting Asuransi Gigi? Ini Penjelasannya!

Seberapa Penting Asuransi Kesehatan Gigi? Ini Penjelasannya!

Nirwana Tunggal
- Asuransi gigi adalah salah satu jenis perlindungan pada asuransi kesehatan yang sepertinya masih jarang diminati. Padahal, selain anggota tubuh yang lain, memperhatikan kesehatan gigi sama pentingnya loh. Lantas seberapa penting asuransi gigi untuk kita miliki?

Apa Itu Asuransi Gigi

Sebelum kita membahas apakah penting memiliki asuransi gigi, sebaiknya cari tahu dulu pengertian dari produk perlindungan risiko yang satu ini.

Jadi, asuransi gigi adalah salah satu jenis asuransi yang bakal memberikan perlindungan dan pertanggungan untuk biaya perawatan gigi baik basic, kompleks hingga pemasangan gigi palsu. Selain itu, ada juga manfaat lain yaitu sebagai perlindungan untuk perawatan gigi berlubang, gigi tanggal ataupun implan.
 
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi ini adalah bagian dari produk asuransi kesehatan yang bisa diperoleh sebagai manfaat tambahan. Artinya, Anda harus mendaftarkan sebagai pemegang polis asuransi kesehatan, baru akan mendapatkan tambahan yaitu asuransi gigi.
 
Namun meski demikian, beberapa perusahaan asuransi terbaik di Indonesia kini juga sudah memiliki produk asuransi gigi yang bukan rider alias berdiri sendiri.

Seberapa Penting Asuransi Gigi Untuk Kita Miliki?

Semua bentuk produk perlindungan amat sangat penting untuk kita dapatkan tak ubahnya asuransi kesehatan gigi. Alasannya, karena kita tidak akan pernah tau kapan akan mengalami masalah kesehatan terutama pada gigi.

Selain itu, biaya pengobatan dan perawatan gigi juga tidak bisa dikategorikan murah terlebih jika sudah masuk ke tindakan pembedahan. Dengan memiliki produk asuransi gigi terbaik, setidaknya kita sudah memiliki payung perlindungan dari risiko keuangan akibat mahalnya biaya perawatan. Terakhir, dengan asuransi gigi, Anda juga akan mendapatkan fasilitas, rumah sakit dan perawatan terbaik.

Kategori Produk Asuransi Gigi Terbaik

Di Indonesia, produk asuransi gigi terdiri dalam dua macam kategori yaitu asuransi kesehatan+gigi dan asuransi gigi stand alone. Berikut penjelasan dari masing-masing jenisnya:

  1. Asuransi Kesehatan + Gigi

Sesuai dengan namanya, ini merupakan produk rider atau tambahan dari asuransi kesehatan. Jadi untuk Anda yang tidak mau ribet, bisa langsung membeli produk asuransi kesehatan dan nantinya akan include dengan asuransi perlindungan gigi.

  1. Asuransi Gigi Stand Alone

Berbeda dengan sebelumnya, jenis asuransi ini tidak mengharuskan Anda untuk membeli asuransi kesehatan. Asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki produk asuransi kesehatan namun belum include dengan asuransi kesehatan gigi.

Baca Juga:

Jenis Produk Asuransi Gigi

Dari kategori, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu tentang jenis produk asuransi gigi. Berbeda dengan kategorinya, jenis produk asuransi gigi terbagi dalam tiga macam yaitu:

  1. Perawatan Dasar (Basic Care)

Ini merupakan jenis perawatan paling basic atau dasar yang akan menanggung semua biaya perawatan gigi seperti gigi berlubang, pencabutan gigi dan perbaikan akar gigi.

  1. Perawatan Compleks (Major Care)

Dengan jenis ini, nasabah akan mendapatkan manfaat berupa penanganan pada perawatan gigi khusus. Contoh perawatan khusus ini antara lain pembedahan dan implan gigi. Jenis asuransi ini biasanya diberikan untuk mereka yang mengalami kerusakan gigi akibat kecelakaan.

  1. Pemasangan Gigi Palsu

Untuk jenis asuransi gigi yang satu ini sudah masuk ke dalam pertanggungan asuransi. Dimana manfaat akan diberikan jika pasien sudah direkomendasikan agar dipasang gigi palsu oleh dokter. Sehingga segala tindakan yang akan dilakukan benar-benar sudah mendapat persetujuan dari dokter.

Wah, ternyata alasan pentingnya memiliki asuransi gigi memang tidak bisa disepelekan ya. Bagaimana, apakah Anda masih enggan menggunakan produk perlindungan kesehatan yang satu ini? Pikir-pikir dulu ya.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar