Translate

Cara Mudah dan Tepat Klaim Asuransi AXA Mandiri

Cara Mudah dan Tepat Klaim Asuransi AXA Mandiri

Nirwana Tunggal
- Formulir klaim AXA Mandiri menjadi bagian penting jika Anda ingin melakukan klaim asuransi. Formulir klaim menjadi syarat wajib dalam pengajuan klaim. Tanpa adanya formulir klaim tersebut, maka pengajuan klaim asuransi tidak dapat diproses, meskipun telah ada dokumen lain seperti tagihan dari rumah sakit.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan formulir klaim asuransi AXA Mandiri? Dan bagaimana proses pengajuan klaim asuransi AXA Mandiri? Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Klaim Asuransi?

Bagi pemegang polis asuransi tentu sudah tak asing dengan istilah klaim asuransi. Klaim asuransi dapat diartikan sebagai tuntutan yang diajukan pemegang polis kepada perusahaan asuransi selaku penanggung asuransi untuk memenuhi hak pemegang polis sesuai yang tertera dalam polis asuransi.

Klaim asuransi merupakan hak bagi semua pemegang polis asuransi. Namun, terkadang ada pemegang polis asuransi yang merasa kesulitan untuk mengajukan klaim asuransi. Padahal sebenarnya, proses pengajuan klaim asuransi AXA Mandiri dapat dilakukan dengan mudah bahkan sudah dijelaskan di awal pembukaan rekening asuransi.

Dokumen Klaim Asuransi

Dalam proses pengajuan klaim asuransi, hal penting yang perlu Anda siapkan adalah dokumen klaim asuransi. Berikut ini dokumen yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan pengajuan klaim asuransi AXA Mandiri, terutama Asuransi Kesehatan.

  • Formulir klaim AXA Mandiri Kesehatan. Formulir ini wajib diisi dan ditandatangani oleh pemegang polis, namun jika pemegang polis berhalangan maka dapat diwakilkan oleh penerima manfaat.

  • Surat pernyataan dokter untuk klaim kesehatan. Surat ini diisi oleh dokter yang merawat tertanggung atau resume medis.

  • Kwitansi/bukti pembayaran asli, yang dilengkapi dengan rincian biaya perawatan termasuk biaya kamar rawat inap, obat-obatan, hasil dari pemeriksaan penunjang, dan lainnya

  • Fotokopi identitas pemegang polis, seperti KTP, paspor, KITAS. Jika yang melakukan pengajuan klaim adalah penerima manfaat maka disertakan lampiran tambahan yaitu fotokopi identitas dari penerima manfaat.

Tips Klaim Asuransi

Saat mengajukan klaim asuransi, tentunya Anda menginginkan proses yang cepat dan mudah. Agar proses klaim asuransi AXA Mandiri dapat berjalan lancar, Anda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Pastikan data sudah benar

Data pribadi yang Anda masukkan ketika melakukan pendaftaran asuransi merupakan hal yang sangat diperlukan untuk proses klaim asuransi. Data pribadi tersebut termasuk nama lengkap, alamat, nomor kontak, usia, kondisi kesehatan, dan sebagainya.

Jika ada data pribadi yang berbeda saat pendaftaran asuransi dan saat pengajuan klaim asuransi maka kemungkinan pengajuan klaim asuransi dapat ditolak. Oleh karena itu, pastikan Anda memasukkan data yang sama dengan saat pendaftaran asuransi.

  1. Polis masih aktif

Hal penting lainnya yang harus Anda perhatikan saat mengajukan klaim adalah polis asuransi Anda harus berada dalam keadaan aktif. Artinya, tidak boleh ada tunggakan premi dari nomor polis asuransi tersebut.

Perlu diketahui, jika Anda tidak melakukan pembayaran premi dalam waktu yang ditentukan, polis asuransi akan ditetapkan sebagai lapse atau batal. Hal ini dapat menyebabkan klaim asuransi AXA Mandiri ditolak oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada polis.

  1. Melewati masa tunggu asuransi

Ada beberapa jenis asuransi yang memiliki masa tunggu, seperti Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan. Masa tunggu merupakan periode dimana asuransi yang Anda miliki belum aktif. Adanya masa tunggu ini bertujuan untuk mengurangi kasus-kasus pre-existing conditions, atau kasus orang yang sudah sakit sebelum berasuransi.

  1. Ketahui kondisi yang bisa diklaim

Saat melakukan pendaftaran asuransi, Anda akan mendapatkan polis yang berisi tentang manfaat dan fungsi asuransi tersebut. Selain itu, juga dicantumkan pertanggungan biaya medis hingga syarat-syarat tertentu yang dijamin mendapatkan asuransi.

Dijelaskan juga tentang kondisi yang tidak di cover oleh asuransi. Oleh karena itu, Anda perlu membaca dengan cermat polis asuransi yang Anda miliki.

  1. Ajukan klaim tepat waktu

Dalam pengajuan klaim asuransi, Anda perlu memperhatikan tenggat waktu yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Pasalnya, jika Anda telat dalam mengajukan klaim maka kemungkinan besar klaim bisa ditolak.

Baca Juga:

Cara Klaim Asuransi

AXA Mandiri sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan dalam proses klaim asuransi AXA Mandiri. Berikut ini beberapa cara klaim asuransi AXA Mandiri.

  1. Lengkapi formulir klaim AXA Mandiri

Agar proses pengajuan klaim asuransi Anda dapat berjalan lancar, Anda perlu melengkapi formulir klaim AXA Mandiri. Anda bisa download formulir klaim asuransi melalui situs AXA Mandiri yaitu https://axa-mandiri.co.id/formulir.

Isi formulir dengan lengkap seperti data nomor ID/nomor paspor, nomor polis/nomor anggota, nama pemegang polis, dan sebagainya.

  1. Lengkapi dokumen asli, rekam medis dan tagihan

Untuk semua jenis klaim asuransi yang Anda ajukan perlu disertai dengan dokumen seperti tagihan/kwitansi, rekam medis asli atau fotokopi (dikeluarkan oleh dokter yang bersangkutan), dan dokumen-dokumen pendukung lainnya untuk klaim rawat inap atau perawatan medis.

  1. Ajukan dokumen klaim asuransi

Setelah Anda melakukan pengisian formulir klaim AXA Mandiri dan sudah memiliki dokumen pendukung yang lengkap, maka Anda bisa mengajukan klaim asuransi. Anda bisa membawa dokumen tersebut dan menyerahkan ke pihak AXA Mandiri.

Mengajukan klaim asuransi AXA Mandiri sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Yang terpenting saat mengajukan klaim asuransi tersebut adalah Anda telah mengisi formulir klaim AXA Mandiri dan juga melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan persyaratan lain sesuai dengan yang tertera pada polis asuransi.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar