Translate

Asuransi Cash Plan: Cara Kerja, Manfaat dan Tips Sebelum Membeli

Mengenal Asuransi Cash Plan, Cara Kerja, Manfaat, serta Tips Sebelum Membeli

Nirwana Tunggal
- Di era modern saat ini, masyarakat semakin sadar tentang kebutuhan proteksi kesehatan. Sebab, tak bisa dipungkiri saat seseorang mengalami sakit, maka secara otomatis akan berdampak pada kondisi finansial.

Bahkan, tak jarang biaya perawatan di rumah sakit terkadang menguras harta atau kekayaan yang selama ini disimpan. Oleh sebab itu, banyak yang memilih produk asuransi kesehatan sebagai jaminan kesehatan di masa depan.

Biasanya, produk asuransi kesehatan memberikan perlindungan untuk para nasabah menghadapi risiko sakit, kecelakaan, dan perawatan medis yang dibutuhkan. Secara umum, terdapat dua jenis program asuransi kesehatan yaitu santunan biaya medis (hospital benefit) dan santunan perawatan harian atau yang lebih dikenal asuransi hospital cash plan.
 
Penting untuk diketahui bahwa setiap perusahaan asuransi menghadirkan produk asuransi kesehatan yang berbeda-beda. Berikut Nirwana Tunggal akan ulas secara lengkap tentang asuransi cash plan, cara kerja, manfaat dan tips untuk memilih produk asuransi cash plan.

Sekilas Tentang Asuransi Cash Plan

Asuransi Hospital Cash Plan atau asuransi Cash Plan adalah salah satu jenis produk asuransi kesehatan yang memberikan santunan harian kepada tertanggung ketika menjalani rawat inap di rumah sakit.

Contohnya, saat seorang pasien bernama Ayu harus menjalani rawat inap di rumah sakit selama 5 hari. Sebelumnya, Ayu telah melakukan pembayaran premi asuransi cash plan dengan kontrak perjanjian Rp 1 juta per hari untuk biaya rawat inap.
 
Hal ini berarti, Ayu berhak mendapatkan Rp 5 juta sebagai fasilitas atau manfaat dari asuransi cash plan yang telah ia miliki. Terlepas dari berapa jumlah biaya yang dikeluarkan Ayu untuk rawat inap di rumah sakit lebih besar atau lebih kecil.

Perusahaan asuransi akan tetap memberikan Rp 5 juta untuk masa 5 hari rawat inap tersebut. Dengan kata lain, jika biaya yang sebenarnya dikeluarkan lebih kecil. Maka sisa dari dana tersebut bisa Ayu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

Meski demikian, perusahaan asuransi tidak akan mengalami kerugian. Sebab, semua hal telah diperhitungkan secara matang mulai dari biaya inflasi tahunan, riwayat kesehatan nasabah, dan yang lainnya.

Cara Kerja Asuransi Cash Plan

Cara kerja asuransi cash plan sangat sederhana dan mudah dimengerti. Sebab, untuk proses pencairan dana santunan menggunakan sistem reimbursement. Metode sistem ini mengharuskan kita untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit.

Selanjutnya, kita hanya perlu melakukan duplikat atau fotokopi dari kuitansi bukti bayar medis untuk diserahkan kepada pihak asuransi guna proses pencairan dana atau reimbursement.
 
Dana yang akan diterima melalui proses reimbursement ini sesuai dengan premi atau perjanjian awal yang telah disepakati oleh nasabah. Dana tersebut sangat berguna untuk mengurangi beban biaya selama menjalani rawat inap di rumah sakit.
 
Menariknya, meski biaya telah ditanggung oleh asuransi cash plan, kamu tetap bisa melakukan klaim ke produk asuransi kesehatan lainnya misalkan BPJS. Sebab, untuk proses pencairan dana santunan asuransi cash plan hanya membutuhkan bukti fotokopi kuitansi pembayaran selama rawat inap saja.

Manfaat Asuransi Cash Plan

Setelah mengetahui cara kerja asuransi cash plan, tentu Anda memiliki sedikit gambaran umum tentang beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dengan menggunakan asuransi cash plan, berikut diantaranya:

  • Asuransi cash plan sangat cocok digunakan sebagai pelengkap dari asuransi kesehatan yang telah Anda miliki. Dengan adanya asuransi cash plan, Anda bisa memiliki dana cadangan jika plafon dari asuransi kesehatan lainnya tidak mencukupi untuk biaya rawat inap di rumah sakit.

  • Jika Anda telah terdaftar sebagai peserta BPJS, maka Anda bisa menggunakan asuransi cash plan sebagai dana tambahan untuk melengkapi biaya di masa pemulihan.

  • Asuransi cash plan bisa dijadikan sebagai pengganti penghasilan selama Anda menjalani rawat inap di rumah sakit. Produk asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki profesi harian seperti pedagang, wiraswasta, dan profesional lainnya.

  • Proses pencairan dana santunan lebih mudah karena hanya membutuhkan fotokopi bukti kuitansi pembayaran selama menjalani rawat inap di rumah sakit.

  • Nominal uang santunan yang diberikan sesuai dengan program yang telah dipilih dan dibayarkan. Meski biaya rawat inap di rumah sakit di bawah dari biaya tersebut. 

Kekurangan Asuransi Cash Plan

Meski asuransi cash plan memberikan beberapa manfaat, namun ada beberapa hal kekurangan dari produk asuransi ini.

Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih produk asuransi kesehatan. Berikut beberapa kekurangan dari asuransi cash plan, yang bisa Anda ketahui.

  • Pilihan Metode Klaim Terbatas

Metode klaim asuransi cash plan hanya bisa dilakukan dengan proses reimbursement. Artinya Anda harus mengeluarkan dana pribadi terlebih dahulu untuk membayar biaya rawat inap di rumah sakit. Selanjutnya, melalui metode reimbursement pihak asuransi akan menggantinya.

  • Manfaat Asuransi Terbatas

Secara umum, asuransi cash plan tidak memberikan perlindungan untuk asuransi gigi, asuransi melahirkan, dan beberapa jenis asuransi lain selain pertanggungan asuransi kesehatan dasar saja.

Baca Juga:

Tips Memilih Asuransi Cash Plan

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi cash plan, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membeli produk tersebut, berikut diantaranya:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan
Asuransi cash plan hanya cocok dijadikan sebagai salah satu jenis asuransi sekunder. Anda bisa membuat perhitungan sebagai salah satu contoh prediksi. Misalnya biaya inflasi rumah sakit mengalami kenaikan menjadi Rp 2 juta per hari.
 
Sedangkan Anda memiliki asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap Rp1 juta per hari. Maka, Anda bisa menambahkan dengan membeli asuransi cash plan dengan biaya santunan Rp1 juta per hari.
 
Dengan demikian segala kebutuhan finansial Anda akan tercover dengan adanya asuransi kesehatan + asuransi cash plan.
  1. Sesuaikan dengan Anggaran

Tips selanjutnya sebelum membeli asuransi cash plan adalah sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Umumnya, biaya asuransi dikatakan ideal jika menghabiskan 10% dari jumlah penghasilan Anda.

Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan anggaran biaya yang harus Anda keluarkan dalam membeli asuransi cash plan. Jangan sampai saat Anda membeli sebuah produk asuransi dapat mengganggu anggaran dana untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Pilih Produk dengan Proses Klaim Paling Simpel

Tips terakhir sebelum membeli produk asuransi cash plan adalah Anda bisa pilih asuransi cash plan dengan proses klaim yang paling simpel. Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa sistem klaim asuransi cash plan adalah menggunakan metode reimbursement.

Sehingga Anda harus membayarkan terlebih dahulu semua biaya rawat inap selama di rumah sakit. Selanjutnya Anda baru bisa mengajukan proses klaim, biasanya proses klaim tersebut membutuhkan waktu maksimal 14 hari kerja.

Agar Anda bisa memperoleh proses klaim yang paling simpel atau sederhana, maka Anda bisa pilih perusahaan asuransi terpercaya yang menyediakan produk asuransi cash plan.

Demikian sekilas pembahasan tentang produk asuransi cash plan, cara kerja, manfaat serta beberapa tips untuk membeli asuransi cash plan. Diharapkan dengan mengetahui semua aspek tentang asuransi cash plan, Anda bisa mempertimbangkan segala keunggulan dan kelemahan produk tersebut agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal di masa depan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar