Translate

Alasan Pentingnya Asuransi Bagi Para Pekerja. Ini Penjelasannya!

Alasan Pentingnya Asuransi Bagi Para Pekerja. Ini Penjelasannya!

Nirwana Tunggal
- Sebagian besar masyarakat terkadang masih sering mempertanyakan seberapa pentingnya Asuransi bagi pekerja? Sebenarnya, pertanyaan tersebut muncul karena tidak semua pekerja memperoleh atau mendapatkan asuransi dari pihak kantor atau perusahaan tempat bekerja.

Padahal, segala jenis asuransi pasti memiliki banyak manfaat yang juga bisa digunakan oleh para pekerja. Jenis atau produk asuransinya pun juga beragam, mulai dari Asuransi Kesehatan hingga Asuransi Kecelakaan Kerja.

Berbagai Jenis Asuransi tersebut tentunya memiliki manfaat masing-masing bagi para pekerja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak informasinya dalam artikel ini tentang pentingnya asuransi bagi para pekerja. 

Pentingnya Asuransi Pekerja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asuransi memiliki manfaat yang penting bagi pekerja. Berikut ini beberapa manfaat asuransi yang dapat dirasakan oleh pekerja. 

  • Kerja dengan Nyaman

Dengan memiliki asuransi saat bekerja, Anda akan merasa lebih nyaman. Sebab, Anda mendapatkan perlindungan dari segala risiko yang mungkin terjadi.

Misalnya saja jika Anda bekerja di sektor pertambangan dan alat berat, pekerjaan yang Anda jalankan tentunya memiliki risiko yang sangat tinggi. Namun, jika Anda memiliki asuransi maka Anda bisa menjadi lebih tenang, sebab risiko sudah dicover lewat asuransi pekerja.
 
Meskipun Anda bekerja bukan pada sektor pertambangan dan alat berat, tentunya Anda tetap membutuhkan Asuransi Kesehatan maupun Asuransi Jiwa. Sehingga, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka bisa dicover dengan adanya asuransi untuk pekerja tersebut.
  • Meminimalisir Risiko

Asuransi pekerja juga dapat memberikan manfaat berupa meminimalisir risiko dan memberikan perlindungan kepada pekerja. Salah satu hal yang paling utama adalah kesehatan saat bekerja. Oleh karena itu, asuransi kesehatan merupakan hak dan hal yang utama bagi pekerja.

Selain memberikan manfaat bagi para pekerja, dengan adanya asuransi kesehatan maka perusahaan juga diuntungkan. Perusahaan dapat merasakan manfaat berupa produktivitas karyawan atau pekerja yang lebih tinggi.

  • Tabungan Pekerja

Manfaat selanjutnya dari asuransi pekerja yang dapat Anda rasakan adalah jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak jika menjadi pemegang polis asuransi. Artinya, karyawan bisa mendapatkan tabungan jika memiliki asuransi pekerja.

Bahkan, asuransi yang diperlukan untuk investasi itu juga akan memberikan kelonggaran dalam masa pertanggungan yang diberikan. Umumnya, terdapat tiga jenis pilihan waktu masa pertanggungan nasabah polis dari 5 tahun hingga 10 tahun.
 
Oleh karena itu, dengan menjadi pekerja Anda juga bisa memilih asuransi yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ada beberapa jenis asuransi pekerja yang bisa Anda pilih dan terkadang ada yang memberikan kompensasi dan memberikan jaminan biaya akibat kecelakaan kerja seperti biaya pengobatan santunan cacat tetap hingga santunan kematian karena kecelakaan.

  • Kesejahteraan Meningkat

Manfaat asuransi yang terakhir bagi para pekerja adalah dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja. Misalnya jika seorang pekerja memiliki asuransi seperti asuransi kesehatan yang bisa digunakan ketika Anda sakit dan sangat membutuhkan biaya pengobatan. 

Apabila ditanggung oleh perusahaan asuransi, maka Anda tidak perlu membayar lagi di rumah sakit. Sehingga uang yang semestinya untuk pengobatan bisa digunakan untuk hal lain seperti untuk kesejahteraan keluarga.

Adanya peningkatan kesejahteraan pekerja juga akan mendorong kualitas kerja dari karyawan agar lebih fokus. Karena pekerja tidak perlu memikirkan biaya tambahan yang harus keluar dari dompet pribadinya untuk keperluan pengobatan.

Selain itu karyawan akan menjadi lebih loyal karena merasa sudah terpenuhi kebutuhan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja.

Baca Juga:

Jenis Asuransi Pekerja

Seperti yang telah diketahui, bahwa asuransi bagi pekerja memiliki peranan yang sangat penting. Mulai dari memberikan rasa aman dan nyaman bagi pekerja hingga dapat dijadikan investasi bagi pekerja.

Asuransi pekerja tidak hanya sebatas pada asuransi kesehatan, namun ada beberapa jenis asuransi yang penting dimiliki oleh pekerja, diantaranya sebagai berikut. 

  1. Asuransi Kecelakaan

Jenis asuransi pertama yang penting dimiliki oleh pekerja adalah Asuransi Kecelakaan. Asuransi kecelakaan memiliki manfaat jika tertanggung atau pekerja mengalami musibah kecelakaan yang bisa mengakibatkan cacat dan luka-luka.

Jika seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja dan mengalami cacat seumur hidup maka semua biaya akan diambil alih oleh pihak asuransi. 

  1. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua juga termasuk salah satu jenis asuransi yang wajib dimiliki oleh pekerja. Pasalnya, sebagian besar perusahaan swasta tidak memberikan dana pensiun bagi pekerjanya.

Oleh karena itu, asuransi hari tua ini akan memproteksi diri di masa yang akan datang terutama saat sudah tidak bekerja kembali atau tidak lagi produktif.

Anda perlu menyiapkan asuransi hari tua ini jauh-jauh hari, agar di masa mendatang Anda dapat menikmati masa pensiun dengan nyaman tanpa memikirkan biaya untuk kehidupan sehari-hari.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan juga tak kalah pentingnya dari jenis asuransi lainnya. Dengan memiliki asuransi kesehatan maka Anda dapat lebih tenang dan nyaman dalam bekerja.

Asuransi kesehatan ini juga akan sangat membantu apalagi jika penyakit yang diderita sangat serius dan membutuhkan penanganan yang intensif seperti menginap berhari-hari di rumah sakit maupun operasi dan berbagai tindakan medis lainnya.

Hal ini dikarenakan, semua biaya pengobatan tersebut akan dicover oleh pihak asuransi. Sehingga Anda bisa lebih fokus pada pemulihan sakit yang dialami.

  1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pekerja adalah Asuransi Jiwa. Terlebih jika pekerja tersebut merupakan tulang punggung keluarga, maka asuransi jiwa sangat penting manfaatnya.

Asuransi jiwa akan diberikan ketika seseorang meninggal dunia dan ahli waris berhak menerima asuransi tersebut sesuai dengan nilai premi yang telah dibayarkan sebelumnya.

Demikian informasi tentang seberapa pentingnya asuransi bagi pekerja. Oleh karena itu, pekerja wajib memiliki beberapa jenis asuransi agar nyaman dalam bekerja dan menjalani kehidupan sehari-hari.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar