Translate

Asuransi Pendidikan Konvensional Terbaik di Indonesia

Asuransi Pendidikan Konvensional Terbaik di Indonesia

Nirwana Tunggal
- Asuransi pendidikan konvensional terbaik di Indonesia bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang sedang mempersiapkan dana pendidikan untuk anaknya kelak. Sebagai orang tua, tentu ingin memberi yang terbaik untuk anak, termasuk pendidikan. 

Setiap tahunnya biaya pendidikan terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, orang tua perlu mempersiapkan dana khusus untuk pendidikan. Tujuannya adalah agar anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai cita-cita orang tua. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan. Mulai dari menabung, investasi, dan juga mengikuti program asuransi pendidikan. 

Apa Itu Asuransi Pendidikan?

Asuransi pendidikan adalah salah satu program asuransi yang bertujuan untuk memberikan proteksi terhadap pendidikan anak di masa depan.

Umumnya, program asuransi pendidikan juga disertai dengan investasi yang akan menguntungkan nasabah. Anda tidak hanya mendapatkan manfaat dari dana pendidikan tetapi juga manfaat dari investasi.
 
Selain itu, Anda juga bisa memilih produk asuransi pendidikan yang tidak hanya menawarkan investasi, tetapi juga perlindungan jiwa bagi orang tua atau pencari nafkah.

Secara umum, fungsi dari asuransi pendidikan ini adalah sebagai jaminan biaya pendidikan anak hingga menempuh tingkat tertentu. Asuransi pendidikan sangat berperan penting dalam pembiayaan pendidikan. 

Terutama jika orang tua atau tulang punggung keluarga sudah tidak mampu lagi mempersiapkan dana pendidikan anak, maka asuransi pendidikan akan melanjutkan mendanai sekolah anak Anda. 

Sehingga anak dapat melanjutkan pendidikan tanpa perlu memikirkan biaya pendidikan yang cukup besar. Jaminan yang diberikan oleh asuransi pendidikan ini merupakan dana yang sudah terhimpun dari pembayaran premi setiap bulannya.

Rekomendasi Asuransi Pendidikan

Sebagai salah satu jenis asuransi, asuransi pendidikan penting untuk dimiliki demi perencanaan pendidikan anak di masa depan.

Sebenarnya ada banyak produk asuransi pendidikan yang ada di Indonesia, baik itu yang murni asuransi pendidikan ataupun yang gabungan dengan investasi. Selain itu, produk asuransi juga terbagi berdasarkan dua pilihan yaitu asuransi syariah maupun asuransi konvensional.
 
Berikut ini beberapa rekomendasi asuransi pendidikan konvensional terbaik di Indonesia.
  1. Asuransi Pendidikan BRI Life

Sebagai sebuah perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, BRI Life memiliki produk asuransi pendidikan konvensional terbaik di Indonesia. Jenis produknya juga beragam dan bisa Anda manfaatkan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. 

BRI Life menawarkan program asuransi pendidikan dengan premi tahunan sebesar Rp5 juta rupiah dengan jangka waktu 10 tahun. Dengan mengikuti program asuransi ini, anak Anda akan mendapatkan rencana dana pendidikan sebesar Rp50 juta.

Selain itu, produk asuransi ini akan otomatis diberlakukan bebas premi jika tertanggung meninggal dunia. Sementara, dana pendidikan akan disalurkan sesuai kesepakatan yang tertera dalam polis asuransi. 

  1. Asuransi Pendidikan Prudential

Pilihan asuransi pendidikan terbaik selanjutnya adalah asuransi pendidikan dari Prudential. Ada tiga jenis produk asuransi pendidikan yang dimiliki yaitu PRUlink Edu Protection, PRUlink Syariah Edu Protection dan PRU Cerah.

Dari ke-3 produk tersebut yang berbasis konvensional dan cukup populer adalah PRUlink Edu Protection. Premi bulanan yang dimiliki jenis asuransi ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp500 ribu per bulan. Selain mendapatkan jaminan biaya pendidikan anak, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan investasi sebesar 15 persen per 3 tahun sekali. 

Jenis asuransi ini termasuk asuransi pendidikan unit link. Sehingga Anda akan mendapatkan banyak manfaat termasuk proteksi jiwa serta investasi. 

  1. Asuransi Pendidikan Allianz

Asuransi Pendidikan Allianz juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan asuransi pendidikan di Indonesia. Asuransi pendidikan dari Allianz ini juga menawarkan premi bulanan yang rendah yaitu mulai dari Rp300 ribu. 

Selain itu, asuransi pendidikan ini memiliki sistem dwiguna. Artinya, jika tertanggung meninggal dunia, maka dana pendidikan tidak akan dikurangi dan akan tetap diberikan kepada ahli waris sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi.

  1. Asuransi Pendidikan Manulife

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, Manulife Indonesia juga menawarkan produk asuransi pendidikan. Ada dua jenis asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih, yaitu Manulife Education Protector dan Manulife ProGraduate.

Jika Anda berkeinginan mengikuti program asuransi pendidikan sekaligus investasi, maka Anda bisa memilih Manulife Education Protector. Asuransi ini merupakan asuransi pendidikan unit link. 

Artinya, nilai dana pendidikan yang didapatkan bisa berubah, tergantung dari persentase kenaikan atau penurunan unit dari instrumen investasi yang dipilih.

Anda juga bisa memilih produk ProGraduate yang sifatnya seperti tabungan pendidikan dengan manfaat proteksi jiwa. Manfaat tersebut ditulis dengan jelas dalam polis asuransi. 

  1. Asuransi Pendidikan AXA Mandiri

Jika Anda mencari asuransi pendidikan dengan premi terjangkau, maka Anda bisa memilih asuransi pendidikan dari AXA Mandiri yaitu Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas.

Premi asuransi pendidikan ini sangat terjangkau yaitu hanya Rp2,5 juta per tahun. Dengan mengikuti program asuransi ini, maka Anda berhak mendapatkan loyalty bonus yang akan diberikan pada akhir tahun kelima senilai 1,5 persen.

Asuransi pendidikan ini juga dapat menanggung biaya pendidikan maksimal hingga anak berusia 25 tahun. 

  1. Asuransi Pendidikan BCA

Asuransi pendidikan BCA yaitu Maxi Kid Investa adalah salah satu jenis produk asuransi pendidikan yang cukup recommended. Pasalnya, produk asuransi ini menggabungkan asuransi dengan investasi. 

Asuransi pendidikan dari BCA termasuk jenis asuransi pendidikan unit link. Dengan mengikuti program asuransi ini, maka Anda berhak mendapatkan uang pertanggungan yang mencapai Rp1,5 miliar.

Nilai investasi yang ditawarkan juga cukup tinggi. Bahkan kenaikan investasi diproyeksikan mencapai sekitar 13,5 persen per tahun.

  1. Asuransi Pendidikan BNI Life

Rekomendasi produk asuransi pendidikan konvensional yang terakhir adalah BNI Life Solusi Pintar. Produk asuransi pendidikan ini dimiliki oleh BNI Life. Produk asuransi ini cukup fleksibel dalam pembayaran premi. 

Anda bisa memilih pembayaran premi secara bulanan, triwulan, semester, maupun tahunan. Besarnya premi yang perlu dibayarkan oleh nasabah juga cukup terjangkau. 

Jika Anda mengikuti program asuransi pendidikan ini, maka Anda akan mendapatkan manfaat berupa jaminan dana pendidikan di semua tingkatan pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

Selain itu, jika tertanggung meninggal dunia dan polis masih berlaku, maka dana pendidikan akan tetap disalurkan kepada ahli waris. Selain itu, juga bebas pembayaran premi serta berhak atas uang pertanggungan. 

Demikian informasi tentang asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia (konvensional). Dalam memilih produk asuransi pendidikan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan mengikuti program asuransi tersebut. 

Anda hanya ingin menabung untuk dana pendidikan atau juga ingin sekaligus melakukan investasi. Selain itu, Anda juga perlu mempelajari dengan detail polis asuransi yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan asuransi. 

Jika Anda memilih jenis asuransi pendidikan murni, maka akan lebih rendah risikonya jika dibandingkan dengan asuransi pendidikan unit link. 

Dengan mengikuti asuransi pendidikan, maka Anda akan lebih siap dengan biaya pendidikan anak di masa depan. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan anak, karena asuransi pendidikan akan mengcover biaya tersebut.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar