Translate

Mengenal Investasi Pada Properti Hingga Tips Berinvestasi Dengan Baik

Investasi Properti: Pengertian, Jenis, dan Tips Berinvestasi Dengan Baik

Nirwana Tunggal - Memiliki banyak uang tentu membuat seseorang ingin membeli apa saja yang ia inginkan. Namun, ada sisi baiknya jika sebagian uang yang dimiliki dijadikan sebagai investasi jangka panjang berupa investasi properti.

Di mana investor akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari, sehingga uang yang ia investasikan dapat berkembang dan dapat menjamin finansialnya di masa depan. Kondisi ekonomi belakangan ini memang tidak bisa diperkirakan, apalagi ketika semua harga mulai mengalami kenaikan.
 
Banyak yang gagal saat ingin menerapkan strategi bisnis untuk perusahaan yang dikelola, hingga akhirnya mengalami kebangkrutan bahkan saat bisnis tersebut belum lama berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara, termasuk dengan melakukan investasi properti.

Investasi properti sendiri memiliki banyak jenisnya, mulai dari Properti Tanah, Properti Rumah Tapak, Properti Villa, Properti Apartemen, Properti Indekos/Kost, dan barang-barang bernilai jual sangat tinggi, bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang dalam bentuk properti.

Investasi dalam bentuk properti ini nyatanya masih menjadi favorit banyak orang karena pengelolaannya yang mudah dan tidak perlu mengurus hal-hal yang merepotkan. Tentunya, ada sisi negatif dan sisi positif yang nantinya akan dijelaskan.

Banyak orang yang menginginkan keuntungan cepat, akan tetapi tidak memikirkan bagaimana menyimpan keuntungan tersebut untuk masa depan alias simpanan jangka panjang.

Nah, dalam artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara melakukan investasi properti untuk menunjang kebutuhan mendesak Anda di masa depan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat ditimpa musibah atau harus memenuhi kebutuhan tertentu.

Investasi Properti Jangka Panjang: Pengertian

Sebelum menjelaskan detail mengenai apa saja keuntungan investasi properti untuk pribadi maupun atas nama kelompok atau perusahaan, ada baiknya untuk mengetahui apa itu investasi jenis properti. 

Investasi jenis ini sudah sering muncul di berbagai obrolan, banyak orang yang memperbincangkan topik dengan tema satu ini. Namun, beberapa masih kurang memahami tentang apa itu investasi jenis properti.

Investasi properti yaitu salah satu jenis investasi yang memiliki kaitan erat dengan transaksi pembelian, persewaan, pengelolaan, hak kepemilikan, serta penjualan real estate yang berfungsi untuk mengumpulkan profit sebanyak-banyaknya.

Dengan kata lain, dengan berinvestasi pada properti yang kita miliki atau dibeli, maka kita akan mendapatkan keuntungan atau profit dari barang tersebut.

Keuntungan di sini biasa disebut sebagai Return of Investment disingkat sebagai ROI, yang memiliki makna kurang lebih balik modal investasi. Modal yang kembali, bahkan sampai menghasilkan nilai untung bagi investor dapat berbentuk uang hasil sewa, penjualan kembali atas barang yang sama, atau keuntungan dari kedua faktor tersebut.

Investasi properti dapat dilakukan oleh siapa saja dalam bentuk properti apa pun. Di sisi lain, tidak hanya perorangan yang dapat melakukan investasi seperti jenis ini. Namun, Anda juga bisa melakukan investasi atas nama kelompok yang Anda miliki, baik organisasi resmi atau kelompok tidak resmi. Jika Anda memiliki perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, Anda juga bisa berinvestasi atas nama perusahaan.

Dari segi waktu, investasi jenis ini memang tidak terlalu membebani para investornya. Anda hanya perlu bersabar untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

Waktu untuk melakukan investasi jenis properti ini sangat tidak terbatas. Akan tetapi, jika Anda menginginkan investasi jangka pendek, tentu saja bisa. Dengan catatan, Anda juga harus memilih barang yang naik harganya dengan cepat, seperti cryptocurrency.

Alasan Tepat Untuk Memulai Investasi Properti

Jika dihitung dari sekian banyak orang, khususnya yang ada di Indonesia, mungkin sebagian besar akan memilih investasi properti karena tata caranya yang sangat sederhana dan bisa dilakukan kapan pun oleh siapa pun.

Karena prosesnya yang sangat sederhana ini, hampir semua orang telah melakukan investasi, meski ia sendiri tidak menyadari bahwa apa yang mereka lakukan sebenarnya adalah investasi.

Alasan lain banyak orang melakukan investasi jenis ini adalah kondisi yang stabil harga aset dari waktu ke waktu. Alasan yang satu ini memang tidak perlu dibantah lagi, sebab, kebutuhan aset memang tidak akan pernah berhenti.

Contohnya adalah aset rumah yang setiap orang pasti akan membutuhkannya. Atau emas yang semakin hari semakin naik, harga tanah, benda klasik, harga perusahaan, dan lain sebagainya.

Terutama untuk aset yang memiliki nilai sangat tinggi. Ya, bagi Anda yang memiliki barang bernilai sangat tinggi seperti benda-benda klasik, benda bersejarah yang Anda miliki seperti merk sepeda motor yang langka misalnya.

Anda bisa terus menyimpannya hingga harga barang tersebut mencapai nilai tertinggi yang Anda inginkan. Uang klasik misalnya, banyak orang yang siap membeli uang klasik dengan harga sangat tinggi.

Bagaimana jika seseorang memiliki jumlah investasi yang sangat banyak? Tentu tidak menjadi masalah bagi investor maupun pengelola aset yang ia investasikan. Hanya saja, ia perlu manajemen yang baik untuk melakukan pengelolaan yang rapi dan teratur.

Sebab, jika aset tidak memiliki pengelolaan yang baik, tentunya investor hanya akan mengalami kerugian karena aset tersebut akan mengalami kerusakan sehingga nilainya akan berkurang.

Macam-Macam Tips Sebelum Melakukan Investasi

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin melakukan investasi, terutama nilai harga jual dan potensi kenaikan pada aset yang Anda miliki.

Selain itu, untuk aset yang tidak dapat dipindahkan seperti rumah, tanah, atau perusahaan, Anda harus memastikan lokasi atau tempat aset tersebut. Pertimbangan ini sangat penting, mengingat nantinya Anda juga harus melakukan pengelolaan dengan bijak terkait aset tersebut.

1. Lokasi yang Menjanjikan Prospek Tinggi

Tips pertama untuk berinvestasi properti dengan aset yang tidak dapat dipindahkan ini adalah lokasinya. Jika Anda mendapatkan tawaran sebuah aset seperti tanah atau rumah, Anda harus meninjau di mana aset tersebut berlokasi.

Jika lokasi tersebut memiliki prospek serta potensi yang besar untuk meraup keuntungan yang tinggi, Anda bisa mulai membeli dan mengelolanya menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Salah satu lokasi yang menjanjikan keuntungan yang besar adalah lokasi strategis, yang berdekatan dengan akses perkotaan, tempat wisata, atau memiliki potensi kunjungan, dll.

Dengan begitu, Anda bisa mengelola dan menjadikannya sebuah investasi properti seperti membuka penginapan, villa, rumah mewah, atau layanan umum lainnya. Untuk itu, di antara sekian banyak lokasi, ada baiknya untuk memilih lokasi yang paling bagus.

2. Memiliki Anggaran Dana yang Lebih

Properti memiliki harga yang tentunya sangat mahal, seseorang perlu mengumpulkan anggaran yang banyak untuk membeli satu buah aset untuk memulai investasi properti.

Namun, anggaran dana sesuai patokan harga saja tentunya tidak cukup. Anda harus menyiapkan dana yang lebih dari harga aset yang ingin Anda dapatkan. Paling tidak, dana yang harus Anda siapkan adalah 2 kali lipat harga aset tersebut.

Ada banyak biaya tambahan yang harus Anda bayarkan ketika nantinya aset tersebut benar-benar Anda dapatkan. Terlebih jika Anda membeli aset berupa tanah yang sudah lama ditinggalkan atau rumah yang sudah tidak terawat.

Tentunya Anda harus mengeluarkan biaya tambahan yang banyak untuk melakukan perbaikan sebelum dapat mengelola aset tersebut dengan baik.

3. Memilih Pengelola yang Terjamin Kinerjanya

Membeli jenis properti untuk investasi seperti apartemen, rumah tapak, atau yang lain sejenisnya, tentu Anda membutuhkan pengembang yang terjamin.

Langkah pertama untuk mencari pengembang yang paling baik adalah mencari rekomendasi dari teman Anda atau orang lain yang memiliki pengalaman di bidang investasi di daerah Anda. Anda boleh bertanya langsung mengenai pengembang tersebut.

Memilih pengembang terpercaya untuk investasi properti memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah meminimalisir tindak penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Termasuk ketika ada yang menawarkan investasi kepada Anda secara langsung. Jangan diterima mentah-mentah, Anda bisa melakukan cross check, salah satunya dengan bertanya pada orang yang berpengalaman terkait investasi jenis ini.

Anda bisa meneliti, siapa saja yang ada di balik investasi yang ditawarkan kepada Anda. Jika harga aset yang mereka jual dengan harga pasaran terdapat kejanggalan, Anda bisa langsung menanyakan kejanggalan tersebut pada orang yang lebih berpengalaman.

Anda bisa mencari tahu siapa pengembang tersebut, ia terpercaya dan terbukti jujur ataukah hanya penipu yang berusaha mencari keuntungan dengan cara licik.

Jenis-jenis Investasi Properti yang Perlu Anda Ketahui

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan dibawa mengenali apa saja Macam-Macam Investasi Properti yang bisa Anda lakukan. Jika Anda tertarik untuk memulai investasi jenis ini, Anda bisa memilih, jenis properti investasi apa yang bisa Anda lakukan, tentunya dengan memastikan hal-hal sesuai tips di atas.

1. Investasi Properti Jenis Penyewaan Aset

Ada banyak cara untuk mengembangkan investasi jenis ini, salah satunya adalah membeli aset secara perorangan alias dengan uang pribadi. Akan tetapi, jika Anda hanya membeli kemudian memilikinya saja, tentu tidak ada prospek yang terasa secara cepat dan nyata.

Terlebih, jika Anda memiliki target keuntungan yang ingin Anda ambil dalam waktu singkat, tentu keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat sedikit.

Untuk itu, Anda bisa mengelola aset tersebut untuk digunakan orang lain dalam bentuk sewa. Seperti bangunan yang ada di sudut kota misalnya, Anda bisa menyewakan gedung tersebut untuk membuka bisnis misalnya, dengan penyewaan tersebut, Anda bisa mendapatkan profit selama satu tahun sekali. Atau Anda membeli apartemen dan menyewakannya dengan biaya sebulan sekali.

2. Investasi Jenis Flip Properti

Apa itu bisnis flip properti? Ia merupakan salah satu cara atau proses yang bisa dilakukan oleh seorang investor untuk mendapatkan rumah atau properti lain yang mereka inginkan. Baik secara mandiri atau kelompok.

Berbeda dengan penyewaan, flip adalah melakukan perbaikan pada aset yang terbengkalai, sehingga dari perbaikan tersebut investor akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Pelaku bisnis flip ini lebih sering disebut sebagai flipper ketimbang investor. Di mana saat mereka melakukan kegiatan pembelian, reparasi, dan penjualan tersebut, mereka menyebutnya dengan kegiatan flipping.

Meski demikian, kegiatan ini masih termasuk dalam kegiatan investasi jenis properti, karena di dalamnya melibatkan aset kepemilikan barang dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.

3. Properti Online

Tidak hanya dengan membeli properti yang nyata, akan tetapi bagi Anda yang menyukai dunia virtual, Anda juga bisa berinvestasi dengan membeli properti yang ada di dunia virtual atau online.

Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan kegiatan investasi ini. Anda akan terhubung dengan property asset management serta para investor yang tertarik dengan aset digital.

Demikian terkait informasi edukatif tentang investasi properti, mulai dari pengertian, jenis, alasan, hingga tips sebelum melakukan investasi properti.

Semoga dengan artikel ini menjadi formula baru bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi dibidang properti, pilihan investasi terbaik untuk Anda dan keluarga. Semoga bermanfaat!

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar