Translate

Seberapa Penting Asuransi Kesehatan? Berikut Alasannya

10 Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan

Nirwana Tunggal
- Seberapa penting asuransi kesehatan adalah pertanyaan yang kerap diajukan saat akan melakukan pendaftaran program asuransi. Asuransi kesehatan menjadi salah satu jenis asuransi yang penting untuk dimiliki.

Bukan hanya untuk masyarakat menengah ke atas saja namun untuk seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, asuransi kesehatan dapat membantu mengcover biaya pengobatan jika suatu saat pemegang polis mengalami jatuh sakit. 

Sebagian besar masyarakat masih menganggap asuransi kesehatan mahal dan menguras pengeluaran bulanan. Padahal, ada banyak alasan pentingnya asuransi kesehatan untuk Anda miliki.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan jaminan biaya pengobatan kepada tertanggung. Biaya pengobatan tersebut meliputi, biaya medis, operasi atau pembedahan, obat-obatan, hingga biaya perawatan gigi.

Besarnya biaya pengobatan yang ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan kesepakatan yang ada dalam polis asuransi. Polis asuransi tersebut telah disepakati antara dua belah pihak, yaitu perusahaan asuransi dan nasabah.
 
Dalam polis asuransi juga umumnya dijelaskan tentang risiko penyakit yang ditanggung, besaran uang pertanggungan, manfaat asuransi kesehatan yang diberikan, hak dan kewajiban perusahaan asuransi, hingga tata cara klaim asuransi.

Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan kesehatan dari perusahaan asuransi, maka Anda wajib membayar premi asuransi kesehatan setiap bulannya. Besarnya premi asuransi juga akan disesuaikan dengan jenis asuransi kesehatan yang dipilih. 

Pentingnya Asuransi Kesehatan

Setiap orang tentunya ingin selalu sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Namun, Anda juga tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, asuransi kesehatan hadir untuk memberikan proteksi kesehatan Anda. 

Selain itu, ada banyak alasan tentang pentingnya asuransi kesehatan yang membuat Anda wajib untuk memilikinya. 

  1. Proteksi Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

Asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki. Pasalnya, jika Anda memiliki asuransi kesehatan, maka Anda dan keluarga juga akan mendapatkan jaminan kesehatan.

Misalnya, jika suatu saat Anda butuh perawatan serta pengobatan, maka asuransi kesehatan akan mengcover kebutuhan tersebut. Anda tentu tidak akan tahu apakah Anda akan jatuh sakit atau tidak karena sakit adalah kejadian yang tidak terduga.
 
Namun, dengan memiliki asuransi kesehatan maka Anda akan menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Anda juga tidak perlu khawatir harus mengeluarkan dana besar untuk biaya berobat karena telah dicover asuransi.

Saat sakit pun, Anda juga akan lebih fokus pada proses penyembuhan dibandingkan memikirkan biaya pengobatan. 

  1. Mengurangi Risiko Biaya Kesehatan yang Besar

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya kesehatan dan pengobatan cukup besar. Sehingga tak jarang Anda harus mengeluarkan banyak biaya jika Anda atau anggota keluarga sakit. 

Namun, dengan memiliki asuransi kesehatan, maka Anda akan menjadi lebih tenang. Karena asuransi kesehatan akan mengcover biaya pengobatan tersebut.

Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak yang dapat membuat Anda bisa mengalami kerugian secara finansial. Anda cukup membayar premi bulanan, dan risiko bangkrut akibat mahalnya biaya kesehatan dapat diminimalisir.

  1. Perencanaan Keuangan Menjadi Lebih Matang

Saat Anda mengikuti program asuransi kesehatan, Anda wajib melakukan pembayaran premi setiap bulan sesuai dengan yang tertera di polis asuransi. Secara tidak langsung hal ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengatur keuangan. 

Anda dapat mengatur keuangan sedemikian rupa agar premi asuransi tetap terbayar tanpa mengganggu pos pengeluaran lainnya. Sehingga, Anda akan belajar bagaimana merencanakan keuangan dengan baik. 

Selain itu, premi asuransi yang Anda bayarkan setiap bulannya akan menjadi tabungan bagi Anda di masa depan dan dapat mengcover jika terjadi masalah kesehatan pada Anda atau keluarga Anda. 

  1. Sebagai Jaring Pengaman dalam Kondisi Tidak Terduga

Meskipun setiap bulannya Anda perlu mengeluarkan uang untuk pembayaran premi asuransi kesehatan. Namun pada kenyataannya, asuransi kesehatan dapat menjadi jaring pengaman jika terjadi kondisi tidak terduga. 

Misalnya saja, jika Anda jatuh sakit dan perlu dirawat di rumah sakit, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan karena telah dicover oleh asuransi.

Anda juga tidak perlu menggunakan dana darurat yang Anda miliki untuk keperluan pengobatan. Anda juga akan menjadi lebih tenang dalam menjalani hidup, bukan?

  1. Mendapatkan Fasilitas Kesehatan Terbaik

Memiliki asuransi kesehatan juga dapat membantu Anda mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan yang terbaik. Anda bisa memilih dokter dan rumah sakit yang terbaik yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang Anda miliki.

Anda bisa mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan mulai dari rawat inap, biaya kamar ICU, dokter spesialis, pengobatan penyakit kritis, penggantian biaya obat dan resep, rawat jalan, hingga santunan meninggal.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan fasilitas yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, dimana dokter dan rumah sakit telah ditentukan oleh sistem. Sehingga Anda tidak dapat memilih sesuai keinginan. 

  1. Efisiensi Waktu dan Cara Pembayaran

Asuransi kesehatan memberikan pelayanan yang maksimal bagi nasabahnya. Dengan memiliki asuransi kesehatan Anda akan merasa nyaman serta efisien dalam berobat.

Saat Anda sakit, maka Anda akan segera mendapatkan penanganan tanpa perlu memikirkan biaya lagi. Anda cukup menunjukkan bukti berupa kartu asuransi dan nantinya rumah sakit akan melimpahkan beban pembayaran kepada pihak asuransi.

  1. Merasa Aman, Tenang, dan Nyaman

Anda akan merasa lebih aman, tenang, dan nyaman jika memiliki asuransi kesehatan. Rasa was-was atau takut jika terjadi hal tidak terduga di masa depan juga dapat Anda minimalisir.

Pasalnya, asuransi kesehatan dapat memberikan perlindungan atau proteksi kesehatan yang dapat dipakai kapan saja jika dibutuhkan.
 
Selain itu, Anda juga tidak akan takut merepotkan keluarga maupun orang terdekat jika harus mengeluarkan biaya pengobatan dalam jumlah banyak. Karena biaya pengobatan akan dicover oleh asuransi kesehatan.

  1. Mengurangi Stres

Ketika tiba-tiba Anda jatuh sakit dan butuh biaya pengobatan yang tidak sedikit, maka akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis Anda. Anda mungkin akan merasa tertekan memikirkan biaya pengobatan tersebut. 

Namun, jika Anda memiliki asuransi kesehatan maka Anda akan merasa lebih nyaman, tekanan dan stres dapat berkurang. Hal ini dikarenakan, nantinya pihak asuransi akan meng-cover biaya pengobatan Anda.

  1. Disiplin Dalam Mengatur Pengeluaran

Pembayaran premi asuransi kesehatan yang Anda lakukan setiap bulan memiliki manfaat tersendiri. Anda akan menjadi lebih disiplin dalam mengatur pengeluaran.

Anda perlu cermat dan disiplin dalam mengatur keuangan agar pos premi asuransi tidak mengganggu pos-pos pengeluaran yang lain. Anggap saja saat ini Anda sedang menabung dan mengumpulkan uang untuk masa depan.

  1. Investasi Masa Depan

Selain sebagai dana perlindungan bagi kesehatan Anda, memiliki asuransi kesehatan juga dapat Anda jadikan sebagai investasi masa depan. Anda bisa memilih jenis asuransi kesehatan yang juga menyediakan fitur investasi. 

Sehingga, nantinya Anda akan mendapatkan dua manfaat yaitu perlindungan kesehatan dan investasi  yang bisa Anda cairkan dalam jangka waktu tertentu. 

Demikian informasi tentang seberapa penting asuransi kesehatan bagi masyarakat. Dalam kehidupan, tentunya tidak ada yang bisa memberikan jaminan bahwa Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki asuransi kesehatan yang dapat memberikan manfaat perlindungan kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar