Translate

Jenis Asuransi Syariah dan Manfaatnya

Jenis Asuransi Syariah dan Manfaatnya

Nirwana Tunggal - Asuransi syariah berkelompok menjadi salah satu jenis asuransi syariah yang banyak dipertimbangkan saat ini. Jenis asuransi ini memungkinkan Anda untuk mengikuti program asuransi berbasis syariah dengan premi lebih murah.

Dalam pelaksanaannya jenis asuransi syariah tidak hanya asuransi syariah berkelompok, namun ada juga jenis produk lainnya. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Selain itu, dengan mengikuti program asuransi syariah juga memiliki banyak manfaat. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena asuransi ini dijalankan sesuai dengan syariat Islam. Untuk lebih memahami tentang asuransi syariah dan jenisnya, sahabat nirwana bisa simak artikel berikut.

Produk Asuransi Syariah

Di Indonesia, secara garis besar ada dua jenis asuransi yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang memiliki kesepakatan tertentu serta hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Dalam asuransi syariah, penyedia asuransi dan peserta asuransi mengikuti ketentuan yang berdasarkan prinsip syariah. Jadi, asuransi ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ragu dengan konsep asuransi konvensional.
 
Di dalam pelaksanaannya, ada beberapa jenis produk asuransi syariah. Mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, hingga asuransi unit link syariah.
  1. Asuransi Jiwa Syariah

Produk asuransi syariah yang pertama adalah asuransi jiwa syariah. Asuransi ini ditujukan untuk Anda yang ingin memiliki perlindungan jiwa namun dengan berbasis syariah (Islam).

Dengan memiliki jenis asuransi ini, maka Anda dapat memastikan bahwa keluarga tercinta tidak akan mengalami kesulitan finansial setelah tertanggung atau pemegang polis meninggal dunia.

Ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan dana santunan yang berasal dari dana tabarru' atau dana bersama. Dana ini dikumpulkan dan kemudian dikelola oleh penyedia asuransi.

  1. Asuransi Pendidikan Syariah

Produk asuransi syariah cukup lengkap termasuk salah satunya adalah asuransi pendidikan syariah. Asuransi ini sangat bermanfaat untuk menyiapkan dana pendidikan bagi buah hati Anda. 

Terlebih asuransi ini juga berdasarkan prinsip syariah. Asuransi ini akan memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus tabungan untuk dana pendidikan.
 
Asuransi pendidikan syariah juga menggunakan prinsip gotong-royong, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya riba di dalamnya.
  1. Asuransi Kesehatan Syariah

Dalam bidang kesehatan, asuransi dengan prinsip syariah juga diterapkan. Cara kerja asuransi ini adalah dengan saling melindungi serta tolong menolong antar peserta asuransi.

Premi yang Anda bayarkan setiap bulannya bukanlah milik perusahaan asuransi melainkan seluruh peserta asuransi yang menjadi anggota. Sehingga dengan mengikuti asuransi jenis ini, dapat meminimalisir bahkan terhindar dari adanya riba.

Di Indonesia juga telah banyak jenis asuransi kesehatan syariah. Anda bisa membandingkan beberapa produk asuransi syariah dari berbagai perusahaan asuransi.

Sehingga, Anda akan tahu apa saja manfaat serta kelebihan & kekurangan produk-produk asuransi tersebut. Dan Anda bisa memilih asuransi yang tepat bagi Anda dan keluarga tercinta.

  1. Asuransi dengan Investasi (Unit Link) Syariah

Tidak hanya asuransi konvensional saja yang memiliki produk asuransi dan investasi. Asuransi syariah juga memiliki produk asuransi unit link syariah. Jika Anda mengikuti program asuransi ini maka Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus. 

Pertama, Anda mendapatkan perlindungan dari asuransi tradisional, dan Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari investasi. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir karena porsi dana investasi akan ditempatkan berdasarkan prinsip syariah. 

  1. Asuransi Kerugian Syariah

Produk asuransi syariah selanjutnya adalah asuransi kerugian syariah. Konsep dari asuransi kerugian syariah ini hampir sama dengan asuransi kerugian konvensional. Namun, dalam pelaksanaannya asuransi ini menggunakan prinsip syariah. 

Asuransi kerugian syariah bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang diakibatkan oleh kejadian berbahaya. Asuransi ini ditujukan pada objek tertentu seperti tempat usaha, gedung, aset pribadi, dan lainnya.
 
Dengan memiliki asuransi ini maka Anda akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi jika terjadi kerugian dan kerusakan objek serta kehilangan keuntungan. Anda juga akan mendapatkan perlindungan hukum pihak ketiga.
  1. Asuransi Syariah Berkelompok

Asuransi syariah berkelompok merupakan produk asuransi syariah yang memberikan Anda banyak keuntungan. Asuransi ini memberikan Anda perlindungan sekaligus untuk beberapa orang tanpa mengesampingkan syariat Islam. 

Jadi, dalam asuransi ini perlindungan dapat diberikan kepada sejumlah orang dalam satu akad asuransi yang mempunyai hubungan dengan peserta asuransi atau tertanggung.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan tepat bagi pengusaha yang ingin memberikan perlindungan pada karyawan. Anda tak perlu khawatir karena prinsip asuransi ini sesuai dengan syariah Islam dan jauh dari riba.

  1. Asuransi Haji dan Umrah

Produk asuransi syariah yang tidak dimiliki oleh asuransi konvensional adalah asuransi haji dan umrah. Jenis asuransi ini akan memberikan perlindungan kepada Anda saat melakukan ibadah haji maupun umrah. 

Asuransi ini tergolong ke dalam asuransi perjalanan dan bukan asuransi jiwa meskipun menanggung beberapa risiko. Jadi, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi jika terjadi beberapa hal berikut ini. 

  • Kehilangan bagasi atau harta pribadi

  • Pembatalan atau penundaan penerbangan

  • Perawatan di rumah sakit

  • Terjadi kecelakaan, dan

  • Meninggal dunia

Manfaat Asuransi Syariah

Setiap produk asuransi syariah memiliki fungsi masing-masing. Namun secara umum, berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengikuti program asuransi berbasis syariah. 

  1. Tidak Ada Sistem Dana Hangus

Asuransi syariah memiliki konsep yang berbeda dari asuransi konvensional. Dalam asuransi syariah, tidak ada sistem dana hangus. Pasalnya, asuransi ini memiliki konsep dana titipan atau wadi'ah.

Artinya, Anda sebagai nasabah asuransi syariah akan tetap mendapatkan dana yang telah diinvestasikan. Namun, dana tersebut telah dipisahkan dari rekening aset atau tabarru'.

  1. Terhindar dari Praktik Riba

Asuransi syariah memiliki keunggulan yaitu menggunakan prinsip dan syariah Islam dalam pelaksanaannya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir karena sudah pasti tidak ada unsur riba di dalamnya. 

Selain itu, Anda juga akan merasa lebih nyaman dan tenang karena investasi yang dilakukan dalam asuransi ini tidak bersifat gharar atau dana tidak jelas.

  1. Perlindungan Tidak Berubah

Manfaat terakhir yang akan Anda dapat jika menjadi nasabah dari salah satu asuransi syariah adalah mendapatkan perlindungan atau proteksi yang tidak berubah.

Dalam asuransi ini menggunakan konsep tolong menolong. Jadi, ketika Anda tengah mengalami kesulitan dalam membayar premi, Anda akan tetap memiliki perlindungan yang sama dengan nasabah lainnya.

Cara Kerja Asuransi Syariah

Cara kerja atau konsep dari asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Hal ini bisa dilihat dari segi kepemilikan dana dan bentuk investasi yang dilakukan. 

Dalam asuransi syariah, premi yang Anda setorkan setiap bulannya merupakan hak dan "kewajian" Anda sebagai nasabah. Anda memiliki hak penuh atas kepemilikan dana tersebut. Sementara perusahaan asuransi hanya mengelola dana tersebut. 

Sedangkan dalam hal investasi, asuransi syariah fokus pada bagi hasil. Dana investasi akan disalurkan kepada lembaga keuangan berbasis syariah. 

Demikian informasi tentang jenis asuransi syariah baik itu asuransi syariah berkelompok dan jenis-jenis produk asuransi syariah lainnya lengkap dengan manfaat dan keunggulannya. Asuransi syariah adalah program asuransi yang mengedepankan konsep tolong-menolong, berdasarkan syariah (Islam) dan menjauhi riba.

Karena menggunakan dasar Islam, maka jenis asuransi tersebut selain jauh dari riba juga aman untuk Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar