Translate

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Syariah Buat Anak

Tips on choosing the best sharia education insurance

Nirwana Tunggal
- Tips memilih asuransi pendidikan syariah buat anak adalah informasi yang perlu diketahui orang tua. Pasalnya, asuransi pendidikan dapat memberikan manfaat dan perlindungan bagi masa depan anak.

Biaya pendidikan yang terus mengalami peningkatan menjadi salah satu faktor yang membuat asuransi pendidikan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Faktor ekonomi yang tidak menentu juga memperkuat alasan pentingnya asuransi ini.

Namun, ternyata masih banyak juga yang beranggapan bahwa mengikuti asuransi pendidikan hanya membuang-buang uang. Terlebih ada anggapan juga bahwa asuransi pendidikan dan asuransi lainnya adalah riba.

Di Indonesia, asuransi pendidikan dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi pendidikan konvensional dan asuransi pendidikan syariah. Asuransi pendidikan syariah merupakan asuransi yang dapat menjamin biaya pendidikan anak dan berdasarkan syariah.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Syariah

Sebagai orang tua sudah sepatutnya Anda mencari banyak informasi dan mendengar beberapa opini serta mempelajari penawaran asuransi pendidikan dengan seksama.

Jika Anda tidak melakukannya, maka Anda mungkin tidak akan mendapatkan asuransi pendidikan yang terbaik bagi anak yang bisa memenuhi kebutuhan. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi pendidikan.

  1. Sesuaikan dengan Dana

Tujuan utama mengikuti asuransi pendidikan tentunya adalah untuk mempersiapkan dana pendidikan anak di masa depan. Dengan adanya asuransi pendidikan, maka orang tua telah memiliki simpanan yang cukup untuk membayar uang sekolah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar dana pendidikan yang dimiliki dapat mencukupi kebutuhan pendidikan anak.

  • Memiliki gambaran dimana anak akan bersekolah

Jika Anda telah merencanakan pendidikan anak, termasuk dimana anak Anda akan bersekolah, maka Anda dapat menghitung biaya masuk sekolah tersebut. Sehingga dana simpanan yang Anda miliki cukup untuk digunakan membayar.

  • Ketahui kenaikan biaya sekolah

Biaya pendidikan tentunya akan naik setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui berapa kenaikan biaya sekolah pada sekolah yang dituju. Dengan cara tersebut, Anda bisa memperkirakan biaya masuk sekolah anak.

  • Hitung biaya sekolah

Setelah mengetahui kisaran biaya masuk sekolah yang akan dituju, Anda dapat menghitung dan memperkirakan biaya sekolah nanti saat anak Anda mulai masuk sekolah.

  1. Pahami Risiko Asuransi Pendidikan

Salah satu produk dalam asuransi pendidikan adalah menggabungkan manfaat asuransi dan investasi. Jika Anda memilih jenis asuransi ini, maka perusahaan asuransi akan menginvestasikan pembayaran premi yang Anda lakukan ke dalam investasi.

Dalam memilih jenis instrumen investasi Anda dapat memilihnya sendiri atau dibantu oleh agen asuransi. Masing-masing pilihan instrumen investasi tentunya memiliki risiko. Anda bisa sesuaikan dengan tujuan investasi Anda.

  1. Jangan Mudah Percaya

Saat akan melakukan pendaftaran program asuransi pendidikan, Anda mungkin akan dibantu oleh agen asuransi untuk mengetahui jenis asuransi yang tepat. Informasi yang diberikan oleh agen asuransi penting untuk Anda ketahui.

Namun, di samping itu Anda juga perlu menggali lebih lanjut tentang kebenaran informasi tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi tentang produk asuransi dengan mudah di internet maupun media sosial.

Anda juga perlu bersikap kritis dan skeptis kepada agen asuransi atas proposal dan polis asuransi pendidikan yang ditawarkan. Karena tentunya tujuan agen asuransi adalah closing pembelian dengan pembayaran premi asuransi.

  1. Ketahui Uang Pertanggungan Asuransi

Selain sebagai tabungan pendidikan, asuransi pendidikan juga bisa memberikan manfaat berupa perlindungan pendidikan bagi anak. Misalnya jika terjadi musibah bagi pencari nafkah, yaitu orang tua yang tidak bisa membiayai uang sekolah.

Maka perusahaan asuransi akan menjamin pendidikan anak dengan melanjutkan memberikan nafkah apabila risiko tersebut terjadi. Dana yang diberikan tersebut merupakan uang pertanggungan.

Anda bisa mengetahui asuransi pendidikan yang bagus dari uang pertanggungan yang diberikan apakah memadai atau tidak. Besarnya nominal uang pertanggungan bisa Anda lihat pada polis asuransi.

Baca Juga:

Rekomendasi Asuransi Pendidikan Syariah

Ada beberapa asuransi pendidikan dengan prinsip syariah yang bisa Anda jadikan pertimbangan asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak Anda. Berikut daftarnya.

  1. PRUlink Syariah Edu Protection

Rekomendasi asuransi pendidikan syariah pertama adalah PRUlink Syariah Edu Protection. Produk asuransi ini merupakan gabungan asuransi pendidikan dengan investasi atau disebut juga asuransi unit link atau asuransi unit link syariah.

Dengan premi bulanan Rp500 ribu, maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari asuransi ini. Asuransi ini akan memberikan perlindungan untuk orang tua dan anak. Selain itu, akan mendapatkan perlindungan hingga berusia 18 atau 25 tahun.

Sementara dana investasi dalam asuransi ini akan terus berkembang sesuai dengan jenis investasi yang Anda pilih. Sehingga, akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu proteksi pendidikan dan investasi.

  1. Takaful Dana Pendidikan

Dengan mengikuti program Takaful Dana Pendidikan maka Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu produk asuransi jiwa syariah dan program tabungan pendidikan.

Jika sewaktu-waktu membutuhkan dana pendidikan maka Anda bisa melakukan penarikan dana. Penarikan dana bisa disesuaikan dengan kebutuhan biaya pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi.

Takaful Dana Pendidikan sangat bermanfaat untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak hingga Perguruan Tinggi. Bahkan jika orang tua tertimpa musibah meninggal dunia atau cacat tetap total dalam masa perjanjian.

Anda tidak perlu khawatir dengan adanya riba dalam asuransi ini. Pasalnya, Takaful Dana Pendidikan dikelola sesuai dengan prinsip syariah Islam. Anda juga dapat melakukan pembayaran secara bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan.

  1. AXA Cerdas Amanah Syariah

Salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia yaitu PT AXA Financial Indonesia, juga memiliki produk asuransi pendidikan syariah yaitu AXA Cerdas Amanah Syariah.

Asuransi ini selain sebagai tabungan pendidikan, juga bisa Anda gunakan sebagai investasi yang berdasarkan prinsip syariah (islam). Premi yang ditetapkan cukup terjangkau yaitu Rp300 ribu, selain itu bisa juga top up premi berkala Rp100 ribuan.

Pembayaran premi juga sangat fleksibel dengan pilihan pembayaran secara tahunan, semesteran, kuartalan atau bulanan. Dana investasi yang Anda miliki juga bisa dilakukan penarikan kapanpun Anda butuhkan.

  1. Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah

Pilihan asuransi pendidikan syariah selanjutnya adalah Asuransi Mandiri Elite Plan Pendidikan Syariah.

Dengan mengikuti program asuransi ini maka Anda akan mendapatkan perlindungan menyeluruh untuk membantu perencanaan masa depan. Selain itu, Anda juga terbebas dari ketidakpastian (gharar), riba, maupun barang haram.

Persyaratan untuk mengikuti progam asuransi ini adalah pemegang polis harus berusia 18 hingga 70 tahun. Sementara, untuk pesertanya mulai usia 15 hari sampai dengan 70 tahun. Nominal premi yang wajib dibayarkan juga beragam, mulai dari Rp25 juta per tahun.

Demikian tips memilih asuransi pendidikan syariah buat anak dan rekomendasi asuransi pendidikan syariah terbaik. Beberapa jenis asuransi tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih asuransi pendidikan terbaik bagi anak Anda.

Namun, sebelum Anda menentukan asuransi pendidikan yang tepat, maka Anda perlu menggali dengan jeli informasi serta keuntungan yang ditawarkan. Jangan sampai Anda salah dalam memilih asuransi dan tertipu asuransi bodong, untuk itu baca tips hindari asuransi bodong (ilegal) sebelum membeli produk asuransi.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar