Translate

Cara Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Pentingnya Asuransi

Cara Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Pentingnya Asuransi

Nirwana Tunggal
- Cara meningkatkan pemahaman masyarakat pentingnya asuransi adalah hal yang sudah seharusnya dilakukan. Pasalnya, asuransi bukan menjadi satu hal baru dalam kehidupan masyarakat.

Namun, masih banyak masyarakat yang ragu dan kurang tertarik dengan asuransi. Padahal asuransi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat. Semua orang tentu tidak akan tahu tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Bisa saja terjadi pasang surut kehidupan maupun finansial. Atau mungkin saja terjadi hal yang tak terduga dalam kehidupan Anda.

Oleh karena itu, asuransi menjadi sangat penting untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan dari kejadian yang tak terduga tersebut.

Pentingnya Asuransi Bagi Masyarakat

Asuransi memiliki beragam manfaat bagi kehidupan seseorang. Dengan memiliki asuransi maka Anda akan mendapatkan rasa aman. Rasa aman tersebut yang membuat Anda dapat hidup dengan lebih nyaman dan tenang.

Selain itu, masih ada manfaat lain dari asuransi. Manfaat tersebut menjadi alasan pentingnya asuransi bagi masyarakat.

  1. Mengurangi Dampak Kerugian Individu

Alasan pentingnya asuransi yang pertama adalah dapat mengurangi dampak kerugian individu. Dalam menjalani kehidupan, Anda bisa saja mengalami hal yang tidak terduga seperti kecelakaan, kebakaran, maupun jatuh sakit.

Saat mengalami hal tersebut, tentunya Anda akan mengalami kerugian yang besar. Jika Anda memiliki asuransi, maka Anda telah berusaha untuk melindungi diri dari kerugian tersebut.
 
Pasalnya, asuransi yang Anda miliki akan mengcover kerugian dari kejadian yang tidak terduga tersebut.
  1. Hidup Lebih Tenang

Asuransi mampu mengcover kerugian yang ditimbulkan karena kejadian tak terduga. Jika Anda telah memiliki asuransi, maka Anda akan menjadi lebih tenang karena asuransi mampu meringankan beban yang Anda alami.

Contohnya, ketika Anda sakit dan butuh pengobatan, jika sudah memiliki asuransi maka Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk membayar biaya pengobatan.

Sehingga Anda akan lebih fokus pada penyembuhan dibandingkan memikirkan biaya berobat.

  1. Investasi dan Tabungan

Asuransi memiliki jenis yang beragam. Ada jenis asuransi yang mendapatkan jaminan pengembalian investasi di akhir kontrak. 

Jika memilih jenis asuransi ini maka akan mendapatkan kelonggaran dan fleksibilitas untuk memilih waktu pertanggungan misalnya lima, tujuh, bahkan sepuluh tahun.
 
Anda tetap melakukan pembayaran premi bulanan yang berguna sebagai tabungan masa depan.
  1. Membantu Mengelola Keuangan

Sebagai pemegang polis asuransi, Anda berkewajiban untuk melakukan pembayaran premi setiap bulannya. Hal ini tentu saja menuntut Anda untuk menyiapkan anggaran khusus untuk pembayaran premi.

Sehingga secara tidak langsung, Anda akan lebih disiplin dalam mengatur keuangan.

  1. Membantu Mewujudkan Impian Masa Depan

Setiap orang tentu memiliki impian masing-masing. Dan tentunya ingin agar impian tersebut dapat terwujud. Anda dapat memanfaatkan asuransi untuk mewujudkan impian Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki keinginan agar anak Anda dapat mengenyam pendidikan tinggi, maka Anda bisa mengikuti program asuransi pendidikan.

  1. Memberikan Rasa Aman dalam Perjalanan

Alasan pentingnya asuransi yang selanjutnya adalah mampu memberikan rasa aman selama Anda dalam perjalanan. Anda dapat memilih program travel insurance seperti asuransi haji dan umrah, asuransi kecelakaan, ataupun asuransi pekerja.

Dengan mengikuti jenis asuransi ini, maka Anda tidak perlu merasa khawatir jika kehilangan barang atau mengalami kecelakaan saat perjalanan.
 
Pihak asuransi akan bertanggung jawab penuh untuk mengganti kerugian yang Anda alami dalam perjalanan tersebut. Hal ini dapat membuat Anda akan merasa lebih aman selama perjalanan.
  1. Melindungi Keluarga

Selain pemegang polis, keluarga juga akan menerima manfaat dari asuransi. Misalnya, jika pemegang polis merupakan seorang kepala keluarga dan mengalami kecelakaan kerja yang membuatnya tidak bisa bekerja kembali.

Maka asuransi jiwa yang dimiliki bisa diklaim untuk menjamin kehidupan keluarga.

Penyebab Masyarakat Minim Berasuransi

Banyaknya manfaat yang diberikan asuransi tidak lantas membuat masyarakat menjadi sadar pentingnya asuransi dan kemudian mengikuti program asuransi.

Namun, masih ada sebagian masyarakat yang masih ragu untuk mengikuti program asuransi. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor berikut ini.

  1. Pendapatan yang Rendah

Salah satu penyebab minimnya minat masyarakat mengikuti program asuransi adalah karena memiliki pendapatan yang rendah. Oleh karena itu, masyarakat belum terpikirkan untuk menjadikan asuransi sebagai sebuah kebutuhan.

Mereka lebih mengutamakan kebutuhan lain yang sifatnya lebih mendesak. Apalagi menjadikan asuransi sebagai suatu bentuk investasi, banyak orang yang belum terpikirkan sampai sejauh itu.

Sehingga akan sulit untuk menyisihkan sebagian dana setiap bulannya untuk membayar premi asuransi.

  1. Faktor Budaya

Faktor budaya juga menjadi salah satu penyebab minimnya minat masyarakat untuk berasuransi. Faktor budaya yang dimaksud adalah pola pikir masyarakat bahwa masa depan tidak perlu dipikirkan sekarang.

Yang terpenting saat ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak orang yang kurang memperhatikan bagaimana masa tuanya kelak. Bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup ketika sudah dalam usia tidak produktif.

Jika masyarakat sadar akan hal tersebut, maka kesadaran untuk mengikuti program asuransi juga akan meningkat.

  1. Sosialisasi Tentang Asuransi

Sosialisasi yang kurang tentang produk asuransi dan pentingnya asuransi juga menjadi faktor yang menyebabkan masyarakat kurang tertarik dengan asuransi. Masyarakat merasa bahwa asuransi adalah hanya jual janji manis saja.

Sebagian besar masyarakat juga beranggapan bahwa proses klaim asuransi sangatlah susah. Padahal, jika masyarakat mengikuti prosedur dan juga melengkapi dokumen yang diperlukan maka proses klaim asuransi dapat mudah dilakukan.

  1. Infrastruktur Perusahaan Asuransi

Jika dibandingkan dengan perusahaan perbankan, infrastruktur perusahaan asuransi masih kalah jauh. Jika perusahaan perbankan mudah ditemukan bahkan sampai ke pelosok daerah.

Perusahaan asuransi hanya bisa ditemukan di wilayah perkotaan saja. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat masih awam atau minim tentang asuransi. Masyarakat juga menjadi kurang memahami pentingnya asuransi.

Baca Juga:

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Berasuransi

Rendahnya minat masyarakat terhadap asuransi merupakan hal yang harus dibenahi. Lalu bagaimana cara meningkatkan pemahaman masyarakat pentingnya asuransi?

Hal ini sebenarnya bisa dilakukan jika semua pihak berperan serta, terutama perusahaan asuransi. Seluruh komponen industri asuransi perlu membangun kesadaran masyarakat berasuransi.

Tujuannya adalah untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik, menyediakan perlindungan diri dan aset-asetnya. Pasalnya, sampai saat ini pemerintah belum mampu menyediakan jaminan sosial yang memadai bagi seluruh masyarakat.

Sehingga masyarakat secara mandiri diharapkan mampu menyiapkan perlindungan diri untuk masa mendatang. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berasuransi, kunci utamanya adalah pada perusahaan asuransi sendiri.

Perusahaan asuransi perlu berbenah dengan menyampaikan informasi asuransi, dan menjelaskan produk-produknya kepada masyarakat secara jelas, jujur, dan transparan.

Demikian juga dengan agen asuransi perlu lebih agresif dan berpengetahuan. Hal ini akan menambah minat masyarakat untuk mengikuti program asuransi.

Selain itu, perusahaan asuransi perlu meningkatkan pelayanan terhadap klaim yang dilakukan nasabah dengan cara yang profesional dan tidak dipersulit.

Sehingga nasabah akan merasa puas dan dengan senang hati merekomendasikan perusahaan asuransi yang bersangkutan kepada rekannya yang mencari asuransi.

Demikian informasi cara meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi. Perusahaan asuransi memegang peranan penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya asuransi bagi kehidupan.

Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar