Translate

Pengertian Asuransi Komersial, Manfaat dan Jenisnya

Definition of Commercial Insurance, Benefits and Types

Nirwana Tunggal
- Pengertian asuransi komersial, manfaat dan jenisnya merupakan hal dasar yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan asuransi yang tepat. Karena dalam menjalani kehidupan, tentunya ada banyak faktor risiko yang akan Anda hadapi.

Semua orang tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi di hari esok, apakah terjadi risiko kesehatan, kecelakaan, tertimpa bencana alam atau yang lainnya. Oleh karena itu menyiapkan dana darurat sangatlah penting.

Dana darurat bisa saja diambil dari dana tabungan, namun belum tentu hal tersebut dapat mencukupi. Anda membutuhkan asuransi untuk mengcover risiko yang tidak terduga tersebut.

Secara garis besar, asuransi dibagi menjadi dua jenis yaitu asuransi sosial dan komersial. Namun pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas tentang asuransi komersial mulai dari pengertian hingga manfaatnya.

Pengertian Asuransi Komersial

Asuransi komersial merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan finansial kepada nasabahnya sesuai dengan kebutuhan perlindungan masing-masing. Selain itu, dalam asuransi ini juga ada prinsip jual beli dan investasi.

Umumnya, asuransi komersial disediakan oleh perusahaan swasta. Jenis asuransi ini juga tidak bersifat wajib. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perlindungan dan bisa meminimalisir risiko hidup, maka tak ada salahnya beli polis asuransi komersial ini.
 
 
Perusahaan swasta sebagai penyedia layanan asuransi tidak berhak melakukan pemaksaan kepada calon nasabah untuk membeli dan mengikuti program asuransi mereka.

Jadi, semua keputusan dalam pembelian polis asuransi komersial ini diserahkan kepada Anda sebagai calon nasabah.

Manfaat Asuransi Komersial

Manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mengikuti program asuransi komersial ini berbeda-beda. Hal ini tergantung dari tujuan yang ingin Anda dapatkan dengan mengikuti asuransi komersial ini.

Selain itu, manfaat asuransi komersial juga bergantung pada jenis kelamin, tingkat risiko penyakit, hingga fasilitas dan pelayanan yang dipilih pemegang polis. Misalnya jika Anda dan orang tua ingin memiliki asuransi kesehatan.

Anda dapat memilih jenis asuransi kesehatan yang standar. Sementara orang tua butuh asuransi yang dapat mengcover penyakit yang diderita sekaligus fasilitas rumah sakit yang dibutuhkan.

Karena perbedaan tujuan tersebut, maka premi yang dibayarkan juga akan berbeda. Premi asuransi komersial juga lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi sosial. Namun, Anda akan merasakan banyak manfaat jika mengikuti asuransi komersial.

  • Pelayanan kesehatan maksimal

  • Fasilitas rumah sakit bagus dan sesuai kebutuhan

  • Merasa tenang karena sudah terlindungi

  • Biaya pengobatan dicover perusahaan asuransi

Keunggulan Asuransi Komersial

Jika dibandingkan dengan asuransi sosial, asuransi komersial cenderung lebih mahal. Setiap bulannya pemegang polis wajib melakukan pembayaran premi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Meskipun tergolong mahal, namun asuransi komersial memiliki keunggulan sebagai berikut.

  1. Pertanggungan Lebih Besar

Keunggulan pertama yang dimiliki asuransi komersial jika dibandingkan dengan asuransi sosial adalah pertanggungannya lebih besar. Perusahaan asuransi akan memberikan fasilitas kesehatan sesuai yang tertera di polis.

Dengan mengikuti asuransi komersial maka segala biaya pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi seperti rawat inap, rawat jalan, obat-obatan dan yang lainnya.
 
Sementara, pada asuransi sosial, manfaat kesehatan yang Anda dapatkan sangat terbatas. Anda tidak bisa memilih kelas rawat inap, tidak bisa memilih rumah sakit yang diinginkan, bahkan obat tidak bisa Anda dapatkan secara gratis semuanya.
  1. Peserta di Luar Negeri Bisa Tertanggung

Keunggulan selanjutnya dari asuransi komersial adalah dapat menanggung peserta yang berada di luar negeri. Hal ini tentu sangat berbeda dengan asuransi sosial yang hanya bisa digunakan di Indonesia.

Asuransi komersial bisa Anda manfaatkan jika Anda berada di luar negeri dan tiba-tiba jatuh sakit, maka Anda bisa menggunakan asuransi ini. Pasalnya, asuransi komersial sudah melakukan kerja sama dengan banyak rumah sakit di luar negeri.

  1. Produk Asuransi Komersial Lebih Banyak

Asuransi sosial umumnya hanya berfokus pada asuransi kesehatan dan jaminan hari tua. Namun, asuransi komersial memiliki banyak produk asuransi.

Karena perusahaan swasta mampu melihat dan memanfaatkan peluang apa saja yang dibutuhkan masyarakat. Berikut ini beberapa jenis produk asuransi komersial.

  1. Klaim Mudah

Hal yang paling penting dalam memilih asuransi adalah proses klaim yang mudah. Asuransi komersial memberikan banyak pilihan pertanggungan dengan proses klaim yang mudah.

Anda bisa memanfaatkan asuransi ini hanya dengan menunjukkan kartu kepesertaan di rumah sakit, bengkel, dan sebagainya. Atau bisa juga dengan menggesek kartu asuransi tergantung ketentuan dari perusahaan asuransi.

Baca Juga:

Jenis Asuransi Komersial

Asuransi komersial secara umum dibagi menjadi dua jenis berdasarkan pengelolaannya yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Berikut ini perbedaannya dan juga jenis produk asuransi terbaik di Indonesia.

  1. Asuransi Konvensional

Asuransi konvensional merupakan jenis asuransi komersial yang memiliki prinsip jual beli risiko. Cara kerja asuransi ini adalah nasabah membeli polis, dan diwajibkan membayar premi dengan tujuan untuk mendapatkan perlindungan.

Jadi, jika Anda memiliki jenis asuransi ini maka Anda akan sepenuhnya ditanggung perusahaan asuransi sehingga meminimalisir risiko ekonomi. Berikut ini beberapa produk asuransi konvensional terbaik di Indonesia.

Asuransi Umum

Asuransi Kesehatan/Jiwa

PT Asuransi Sinar Mas

PT Prudential Life Assurance

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

PT Asuransi Simas Jiwa

PT Asuransi Astra Buana

PT Asuransi Allianz Life Indonesia

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk

PT AIA Financial

PT Asuransi Central Asia

PT Indolife Pensiontama

PT Asuransi Bangun Askrida

PT Capital Life Indonesia

PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk

PT AXA Mandiri Financial Services

PT Asuransi Wahana Tata

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

PT Sompo Insurance Indonesia

PT Asuransi BRI Life

PT Asuransi Multi Arta Guna, Tbk

PT BNI Life Insurance

PT Asuransi Simas Insurtech

PT Panin Dai–ichi Life

PT Asuransi MSIG Indonesia

PT Asuransi Jiwa Sequis Life

PT BRI Asuransi Indonesia

PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia

PT Asuransi Tokio Marine Indonesia

PT Astra Aviva Life

PT Lippo General Insurance, Tbk

PT Sun Life Financial Indonesia

  1. Asuransi Syariah

Asuransi syariah merupakan asuransi komersial yang dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam. Artinya dalam asuransi ini mengedepankan prinsip tolong menolong dengan sesama nasabah asuransi.

Jadi premi yang dibayarkan setiap bulannya akan dikelola oleh perusahaan asuransi. Jika ada nasabah yang membutuhkan maka dapat menggunakan dana tersebut. Karena menggunakan prinsip syariah, maka asuransi ini jauh dari riba.

Berikut ini beberapa contoh asuransi syariah terbaik di Indonesia. 

  • Asuransi Syariah Keluarga Indonesia (ASKY)

  • Takaful Keluarga

  • PRUSyariah

  • Allianz Syariah

  • Sinar Mas Syariah

  • Astra Syariah

  • Adira Syariah

  • ACA Syariah

  • AXA Mandiri Syariah

  • CAR Syariah

  • Manulife Berkah Safelink

Demikian informasi tentang pengertian asuransi komersial, manfaat dan jenisnya. Asuransi komersial secara umum lebih unggul jika dibandingkan dengan asuransi sosial. Pasalnya, pertanggungannya lebih besar dan proses klaimnya mudah.

Dalam menentukan asuransi yang terbaik bagi Anda, Anda perlu mencari banyak informasi tentang asuransi tersebut agar bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan.

* Salam Sahabat Nirwana Tunggal

Baca Juga:

Posting Komentar